Saturday, March 9, 2013

Awal Mula Kenalan dengan Google

Sejarah Berdirinya Google

Pertama kali kenal dengan internet yang sekaligus juga kenalan pertama dengan Google itu sekitar tahun 2007. Entah saat itu berapa banyak pengguna internet yang jelas sih belum sebanyak sekarang ini.
Yang aku ingat, dulu ada temen SMP yang sering banget ke Warnet (Warung Internet). Aku tuh gak paham, orang di warnet tuh pada ngapain. Aku sempet-sempetnya bilang, "kurang kerjaan banget sih orang ke warnet".
Secara, kan aku tau Internet aja tuh baru-baru. Dan yang aku tau cuma buka Google aja. Itu pun aku gak tau pasti kegunaannya tuh apa, tujuannya untuk apa.


Tapi, setelah beberapa tahun terakhir ini PDKT dengan Internet. Baru malem ini aku searching cari Sejarah Awal Mula Berdirinya Google. Jadi, dikutip intinya aja deh yaaaah :)

Google adalah mesin pencari di Internet yang berbasis di Amerika Serikat. Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer di web dan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap hari melalui situsnya dan situs-situs web kliennya seperti American Online (AOL). Kantor pusat Google berada (di “Googleplex”) di Mountain View, California.

Iya seperti dikutip di atas, Google yang aku maksud ini Mesin Pencarian atau Search Engine. Bahkan ada yang bilang kalau Google itu Tahu segalanya. hmm, masa sih? Gak percaya? Coba deh Google, terus ketik deh kata kunci yang kamu cari. Asal jangan tanya tentang "siapa jodohku?", "kapan menikah?" hhe. Karena Google ini bukan Tuhan, pencariannya pun sebatas informasi yang ada dari pengguna yang lain.
Jadi, yang kita dapatkan itu yah... "cerita" dari orang lain juga.

Kadang nih, aku kalau cari informasi tentang benar atau tidaknya "sesuatu" suka malah bimbang. Karena beragam bangetkan Testimoni orang tentang "sesuatu" itu. Alhasil, harus menyimpulkan sendiri tapi setidaknya kita punya dasar untuk menyimpulkannya.

Karangan Lain Mengenai Sejarah Google.
Google…
unik namanya, unik sejarahnya

Google dengan dua “o” pun unik, sebab jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah “o” akan muncul sebanyak Web yang didapat oleh mesin pencari.

Kata Google berasal dari kata Googlo. Kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta, Ponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika dari AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.

Tapi tahukan Anda, Google tak hanya unik dari asal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumnus Universitas Michigan , yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.

Pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus.
Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Pertemuana mereka terjadi pada pagi buta di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto. Larry dan Sergey memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama.

Melalui demo itu Andy setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park,California.

Misi Google adalah, “untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna.” Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don`t be evil”, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai.

Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika, dengan jumlah pegawai sekitar 10 ribu orang.


Dari sekian kutipan diatas yang paling aku suka adalah,
Kerja harus menantang dan tantangan itu harus menyenangkan
Dengan kata lain, kita harus melakukan pekerjaan yang menyenangkan. Atau mungkin kita harus menyenangi pekerjaan kita.

Sejarah,memang banyak banget pelajaran yang di dapat. Gak salah kalo ada yang bilang, Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Dan pengalaman itu tidak sebatas pada pengalaman kita, tapi bisa juga pengalaman dari orang lain. :)

Sumber :
http://pandri-16.blogspot.com/2010/01/sejarah-awal-mula-berdirinya-google.html
Sumber Foto : Sejarah Berdirinya Google
*Maaf cuma menyertakan satu sumber,karena emang googlingnya dari itu aja :D

No comments:

Post a Comment