Monday, March 11, 2013

Berkelana dengan Handphone

Berbagai macam handphone jadul
Setelah beberapa posting tentang Internet dan teman-temannya, kali ini aku mau posting tentang Handphone disingkat HP atau dalam bahasa indonesia Telepon genggam.

Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.

Itu tuh sedikit ulasan tentang HP.
Kalau aku, dulu pertama kali punya HP itu waktu SMP kelas 2 sekitar tahun 2005. HP pertama yang kupunya adalah Samsung SGH N620. Waktu itu harganya 500rb, aku dibeliin kaka ipar aku.
Samsung SGH N620
Yang aku suka dari Hp ini, lampu Lcdny yang bisa berkedap kedip jg beberapa warna^^
aku sering banget ganti-ganti no hp. Gara-gara dulukan kalau gratisan cuma ke sesama aja. Jadi, aku selalu ngikutin provider yang dipake temenku. Orang-orang yang ganti Hpnya kalau aku nomernya :P

Seiring perjalanan, ada rasa pengen juga ganti HP. Sekitar tahun 2006, ada Hp yang aku lirik, nokia 6600. Tapi sayangnya harga Hp ini masih jauh dari kemampuanku mengumpulkan uang dari uang jajan. Dengan sedikit 'merayu' bapaku akhirnya aku berhasil berganti HP dengan Nokia 3650, harganya 800rb second.
Nokia 3650

Diakhir kelulusan, sekitar pertengahan 2007 hp ini rusak dan kuganti dengan Nokia 6585, tapi aku lupa harganya berapa.
Nokia 6585
Aku suka Hp ini karena ada radionya^^

Pertengahan tahun 2008, aku ganti lagi HPku ini. Aku membeli Nokia 7600, Hp unik berbentuk seperti ketupat. Harganya 800rb, mungkin harusnya Hp ini udah turun harga. tapi yang jual bilang kalau hp jenis ini sudah susah dipasaran.
Nokia 7600
Tapi sayang, cuma beberapa bulan aja. Hpku ini rusak, Keypad.nya gak berfungsi dengan baik. Pacarku saat itu membawanya ke tempat service langganannya. Dengan biaya 100rb, Hpku normal kembali dan kuniatkan untuk menjualnya. Dan terjual hanya 300rb aja :(

Karena Nokia 6600 tlah turun harga maka kuputuskan untuk membelinya seharga 900rb. Tapi, sayang seribu sayang. Saat itu HP berjenis symbian 60 sedang marak terkena virus dan salah satunya terkena HP baruku. Dan membuat Simcard-ku sempat di Blokir oleh pihak provider. Aku mengembalikannya ke konter Hp dimana aku membelinya.
aku hanya mendapatkan uang 800rb saja.
Dan, akhirnya semenjak saat itu aku tidak berani lagi membeli HP second. Mengingat aku pun tak pandai membedakan mana HP second yang masih bagus.

Sekitar tahun 2009. aku membeli HP LG KG 270. No Camera, No MP3, just Radio :D hhi
Aku suka sama ukurannya yang mini harganya pun murah. Hanya di bandrol 300rb aja, Gress
HP LG KG 270
Tapi sayang banget, baru dua bulan kugunakan HP ini harus kuikhlaskan karena hilang di ambil orang tepat di Hari Raya Idul Fitri :(
Karena takut dimarahi Bapak atas hilangnya HP LG itu, ibu menyuruhku membeli lagi HP dengan uangnya. Saat itu ia memberiku uang 500rb. dan ku belikan HP Samsung keluaran teranyar, samsung B200. Yang iklannya Cinta Laura itu looh.
Ini juga sama, tanpa kamera dan tanpa MP3. Tapi, aku sukaa banget sama HP ini, bahkan sayang, karena HP ini murni uang Ibu. Aku berjanji untuk menjaganya, selaluu..
Samsung B200

Sampai saat ini HP ini juga masih ada, meski kini performa.nya sudah jauh menurun.
Tetapkan jadi kenangan buatkuu...


Sumber foto : Hasil Googling

3 comments:

  1. Wahh.. koq bisa ya kita hampir memiliki cerita yang sama ya mbak, saya juga pertama x punya HP ya Samsung SGH N620, kedua Nokia 3650 second dan ketiga Nokia 6600 :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakah? waah bisa gitu ya, hihi *tos dulu deh ya*

      Delete
  2. Haha dulu pengen banget punya hape yang bentuknya kaya ketupat itu. Soalnya mirip sama digi-device (itu loh kaya hape yang dipegang ama anak-anak terpilih yang punya digimon) :D

    ReplyDelete