Sunday, March 10, 2013

Friendster Sosial Media Pertama

Sejarah Berdirinya Friendster

Yapp.. Friendster disingkat jadi FS mungkin emang bukan media sosial pertama yang ada di dunia tapi ini jadi sosial media pertama buatku. Pertama kali buat FS itu sekitar pertengahan tahun 2008. FS gak perlu alamat email yang valid karena kita bisa mengkreasikan sendiri alamat email yang kita mau. Yang aku ingat, dulu aku buat alamat email semacam nie_scolie@yahoo.com, atau seperti niemanniest@kacamata.com. Pokonya berbagai macam kreasi alamat Email telah kucoba sesuka hatiku. Seru !!! hhe
Tapi sayangnya, kini Friendster udah merancang ulang layanannya. Menjadi situs permainan dan musik.


Sejarah Unik - Friendster didirikan oleh programmer komputer Jonathan Abrams pada tahun 2002. Sebelum ditiru oleh MySpace (2003), Facebook (2004), dan lainnya. Friendster adalah salah satu situs jaringan sosial pertama untuk mencapai lebih dari 1 juta anggota, meskipun didahului oleh beberapa situs lain yang lebih kecil jaringan sosial seperti SixDegrees.com (1997)

Nama Friendster itu portmanteau dari "teman" dan Napster (jadi portmanteau itu adalah g abungan kata kyknya... soalnya search di Google juga susah artinya. Jadi Friendster itu berasal dari gabungan Friend dan Napster jadilah Friendster lanjut ke artikel.) Napster saat itu adalah rekan rekan File Sharing yang Kontroversial, layanan internet ini diluncurkan pada tahun 1999. Pada tahun 2000, "Napster" itu bisa dibilang sebuah kata rumah tangga, berkat beberapa profil tinggi tuntutan hukum diajukan terhadap itu pada tahun itu. situs lama dari Friendster didirikan pada Mountain View, California oleh Jonathan Abrams di tahun 2002 Friendster berdasarkan lingkaran pertemanan (jaringan sosial) teknik untuk jaringan komunitas virtual personal dan menunjukkan fenomena di dunia kecil

Nah itu tuh kutipan sejarah tentang Friendster. Tapi, dulu buka Fs gak bisa dari HP. Bisa sih cuma gak semudah buka Facebook saat ini. Jadi kadang aku betah berlama-lama di warnet hanya sekadar untuk upload foto juga ber'curhat-curhat' ria dg Fs.
Bahkan, konyolnya aku pernah membuat akun di Fs untuk seorang mantan yang masih kusayang dan kuberi padanya saat dia berulang tahun. Yang aku ingat alamat emailnya tertera Ndutkecil_...@.. (yang titik-titik itu aku lupa). Yang jelas, Ndut itu untukku dan Kecil itu untuk dia. Entah saat itu dia membuka nya apa engga.

Yah, itu lah ulasan kecil tentang friendster.
Tentang online diaryku yang pertama.. yang membuatku jatuh cinta pada Dunia Maya :)



Sumber : http://situsklopedia.blogspot.com/2012/03/sejarah-friendster.html, DetikForum
Sumber foto : media.kompasiana.com

No comments:

Post a Comment