Monday, March 11, 2013

Gara-gara Internet Jadi Bersosial Media

sejarah penemu internet

Dari beberapa pemaparan kecil tentang Sosial media yang aku ikutiin. Sekarang aku mau bahas tentang "internet" itu sendiri. Karena Tanpa dia, apalah artinya semua itu.

Apa dan gimana sih awal mulanya Internet itu?

Yuk, Cekidot



SEJARAH ASAL MULA INTERNET

Internet pada awalnya terbentuk dari lingkungan militer, dibawah naungan Departemen Pertahanan Amerika dengan proyek yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPA). Jaringan komputer terbentuk pertama kali pada tahun 1969. Pada saat itu jaringan komputer tersebut hanya terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel dan selanjutnya disebut dengan ARPAnet. ARPAnet sendiri dibangun dengan tujuan membuat jaringan komputer yang tersebar sehingga informasi tidak terfokus di satu titik yang diperkirakan akan mudah dihancurkan bila terjadi peperangan. Apabila satu bagian dari jaringan terputus, jalur yang melalui jaringan itu secara otomatis dipindahkan ke jalur lainnya.

Pada tahun 1977, lebih dari 100 komputer mini dan mainframe yang sebagian besar berada di universitas terkoneksi ke ARPAnet. Hubungan komputer ini dimanfaatkan oleh dosen-dosen dan mahasiswa untuk berbagi informasi. Pada awal 1980-an, ARPAnet dibagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan milnet. Milnet merupakan jaringan militer, namun keduanya memiliki suatu hubungan sehingga dapat saling terkoneksi. Jaringan interkoneksi ini disebut dengan DARPA Internet, tetapi selanjutnya hanya disebut Internet. Pada awalnya Internet hanya bisa diakses oleh komputer mini dan mainframe. Setelah dibukanya layanan Usenet dan BITNET, Internet dapat diakses oleh Personal Computer (PC). Kini dengan semakin berkembangnya teknologi perangkat mobile seperti “hape”, PDA, Tablet PC dan Smartphone, bahkan televisi dan berbagai macam alat telekomunikasi lainnya, kita dapat terhubung dengan sangat mudah ke Internet dengan suatu sistem yang disebut WAP (Wireless Aplication Protocol).


Jadi gitu tuh sejarah awal mulanya internet. Berawal dari sebuah lingkungan militer di Amerika, sampai menjadi hal yang bermanfaat untuk manusia dan perkembangan Dunia. Canggih, hebaaat !!!
Tahun-tahun selanjutnya kira-kira ada apa lagi yah, hhehhe

Perlu berterimakasih nih sama yang pertama kali membuat sistem internet, gak lupa juga yang nemu Komputer berdasarkan sejarah adalah Charles Babbage, baca selengkapnya disini.
Charles Babbage

Juga terimakasih buat penemu listrik Michael Faraday, baca selengkapnya klik disini
Michael faraday


Sumber : Asal Mula Internet,penemu komputer,penemu listrik
Sumber foto : Hasil Googling

No comments:

Post a Comment