Wednesday, March 20, 2013

Sejarah dan Istilah Futsal

Sejarah dan istilah Futsal

Hari ini pengen posting tentang Futsal. Kenapa Futsal? yah, pengen tau lebih jauh ajaaa tentang futsal. Soalnya aku kurang suka sama sepak bola karena apa? karena lapangannya terlalu luas, orangnya terlalu banyak, dan mataku yang terlalu pusing liatnya, juga ter ter yang lainnya. Yah terlebih, emang dasarnya aku kurang paham sama yang namanya main bola, hhehe


kalo futsalkan enak liatnya, lapangannya lebih kecil, orangnya juga cuma dikiit, meskipun aku tetep gak paham tentang aturan permainannya. Pokoknya yang penting GOL !!hhe
Dari ketidaktahuan itulah kenapa aku bikin postingan ini.

Jadi katanya, Futsal adalah versi baru dari olahraga sepakbola,tapi futsal lebih efisien dan tidak memerlukan lapangan yang luas seperti sepak bola,jadi cocok untuk kota-kota besar yang jarang memiliki lapangan. Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California. Futsal The Rule of The Game

Nah itu dia sejarah singkat tentang futsal.
Sekarang aku mau belajar tentang Istilah-istilah dalam permainan futsal ini

Backpass – Merupakan operan yang diberikan pemain, kembali kepada kiper setelah sebelumnya kiper memberikan operan kepada pemain yang menjadi satu tim.

Blunder – Kesalahan yang dilakukan oleh pemain dimana mengakibatkan hal yang berbahaya bagi tim.

Body Contact – Kontak yang terjadi dalam bentuk benturan, tackle atau saling beradu antara para pemain.

Cleansheet – Istilah yang digunakan dimana hal ini terjadi ketika gawang dari tim tidak kebobolan.

Corner Kick (Sepak Pojok) – Biasa juga disebut tendangan penjuru, hal ini terjadi ketika pemain tim kita menyentuh bola sebelum akhirnya bola keluar dari lapangan, segaris terhadap samping gawang.

Deflect – Kejadian dimana tendangan dari peman lawan membentur suatu hal, lazimnya karena membentur pemain satu tim sehingga bola berubah arah. Dan hal ini amat sulit untuk diantisipasi oleh seorang kiper futsal.

Delay – Salah istilah untuk kejadian mengulur-ulur waktu pertandingan.

Direct Free Kick (Tendangan Bebas Langsung) – Salah satu keputusan dari wasit, dimana bola boleh ditendang langsung ke arah gawang (satu sentuhan) dan sah sebagai GOL jika masuk ke gawang.

Drop Kick – Tendangan yang dilakukan oleh kiper futsal yang dimaksudkan untuk mencetak gol atau untuk membuang bola. Namun ada ketentuan khusus dalam melakukannya yaitu harus dalam posisi Open Play atau bola hidup. Dimana keadaan ini terjadi ketika kiper berhasil menguasai bola dan sebelum waktu 4 detik hitungan selesai.

Foul – Istilah pelanggaran dalam futsal, dan jika salah satu tim telah melakukan 5 kali pelanggaran maka tim lawan berhak mendapat hadiah Second Penalty jika tim lawannya melakukan pelanggaran ke-6.

Cuma dapet segini istilah-istilahnya :(
Pastinya masih banyak yah istilah yang lain..
Yang mungkin berminat nambahin boleh nambahin di Komentar yah, biar aku makin banhyak ilmu :D

^^

Sumber : http://www.blogger.com/id.wikipedia.org/wiki/Futsal, http://www.blogger.com/www.kiperfutsalpost.net/kamus-istilah-futsal-a-g

Sumber foto : http://unknown-mboh.blogspot.com/2012/10/asal-usul-dan-sejarah-futsal.html

No comments:

Post a Comment