Tuesday, March 26, 2013

Spesifikasi My Acer Aspire One 722

Waktu pengen beli laptop, sebelumnya aku mencari tahu dulu bedanya Netbook, Notebook dan Laptop. Maklumlah, meski lahir ditahun 90'an aku tetep aja Gaptek (Gagap Tekhnologi), hhehe

Laptop. Laptop adalah sebutan umum untuk Notebook dan Netbook. Jadi Laptop dapat diartikan sebagai netbook maupun notebook. Atau bisa juga dikatakan Laptop terdiri atas dua jenis yaitu Notebook dan Netbook. Asal katanya tetap sama yaitu merujuk pada komputer yang digunakan di pangkuan

Perbedaan Notebook dan Netbook.


Dari segi ukuran, Netbook biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Notebook. Biasanya berukuran antara 7-12 inci. Nah, sedangkan Notebook sendiri ukurannya lebih besar, biasanya mulai dari 12 inci ke atas.
Dari segi performa, Netbook biasanya didesain untuk melakukan kinerja ringan seperti mengolah data Word, spreadsheet (Excel), slide (Powerpoint), internetan, memainkan permainan ringan, dan sebagainya. Sedangkan Notebook, menawarkan performa yang lebih berat, misalnya kecepatan pengolahan data yang lebih cepat dan kemampuan multimedia yang handal.
Dari segi harga, Harga Netbook biasanya relatif lebih murah, sekitar 2 jutaan. Sedang Notebook harganya paling tidak ada di kisaran 4 jutaan dengan spesifikasi diatas standar.
dari segi penggunaan, Notebook lebih cocok digunakan oleh orang yang bekerja “maksimal”, misalnya untuk proses editing, atau desain kreatif lainnya. Sementara Netbook lebih cocok untuk pengguna yang kegiatannya lebih banyak mengolah data ringan sampai sedang, menjelajah internet, dan menonton video.


Nah, awalnya yang aku tau. Kalau Laptop itu Ukurannya sekitar 14" juga ada DVD-Roomnya, kalau Notebook/netbook ukurannya 11,6"/10" dan gak ada DVD-Roomnya. Ternyata keduanya sama-sama laptop yah, hehe. Mau beli yang 14" rasanya kegedean yah kalau dibawa-bawa, kalau yang 10" takutnya kekecilan kasiankan mataku yang udah minus ini, jadi kuputuskan untuk membeli yang berukuran 11,6".
Yah, pilihanku jatuh pada Acer Aspire One 722.

Akhir bulan Juni aku pergi ke Jambu 2, setelah sebelumnya bertanya sana-sini toko mana yang terpercaya, hehe.
Muter-muter aku cari toko itu, ternyata toko bernama DAS Comp itu ada di pojok dan ujuuuunng, pantess aja. Tapi memang keadaan tokonya rame banget. Kulihat harga yang ada di brosurnya laptop incaranku 2.900rb, aku tawar dan dapat harga 2.800rb.
Sebelum deal, kutanyakan juga bisa urus garansi apa engga. Dan Mbak.nya bilang bisa. Aku lega. Karna kata temenku aku harus pastika dulu toko itu bisa urus garansi apa engga.
Sekalian juga kubeli modem, mouse dan cooling pad, sama flashdisk, semuanya pass pass banget 3,2 hhi.

Akhirnya kumiliki juga laptop ini..
Mari kita lihat spesifikasinya lebih jauh..

Acer Aspire One 722. Layar 11,6”, prosesor baru, memori yang memadai, bobot ekstra ringan, dan daya tahan baterai baik adalah senjata utamanya. Mari kita tinjau lebih jauh, bagaimana kemampuan laptop mungil ini.

Apa itu AMD C-50?

Prosesor AMD yang digunakan pada Aspire One 722 adalah salah satu prosesor Fusion pertama dari AMD, C-50. Prosesor Fusion ini ada hasil penggabungan dari prosesor dan VGA. Ya, AMD C-50 adalah gabungan dari sebuah prosesor AMD dual-core dengan sebuah VGA AMD (Radeon HD 6250). AMD menyebut hasil gabungan CPU dan VGA ini sebagai APU (Accelerated Processor Unit).
Gambar APU Acer AO722
AMD C-50 adalah APU yang dirancang untuk netbook dan bahkan tablet. APU ini memiliki 2 core yang berkecepatan 1 GHz. Jangan salah sangka. Meski hanya 1 GHz, C-50 ini memiliki sistem kerja seperti prosesor modern. C-50 menggunakan metode eksekusi out-of-order, dimana perintah dapat dikerjakan berdasarkan prioritas dan urutan yang paling tepat untuk memastikan proses berjalan secepat mungkin.

Ace AO722 Blue
Aspire One 722 hadir dengan kemampuan multimedia yang mantap. Laptop ini dapat dengan mudah menjalankan video Full HD 1080p. Sisi VGA dari prosesor AMD C-50 yang digunakannya, adalah bagian yang mendukung kemampuan spesial Aspire One 722 ini.

Acer Aspire One 722 ini dilengkapi dengan port HDMI, dan layarnya pun cukup lega yaitu 11,6”. Untuk ukuran layar yang nyaris mencapai 12”, resolusinya pun cukup tinggi, 1366×768 pixel. Resolusi yang sama, kerap kita temui pada layar notebook 14”.

Ukuran layar yang lebih besar membuat ukuran bodi Aspire One 722 juga sedikit lebih besar, sehingga membuatnya bisa menggunakan keyboard yang lebih besar. Hasilnya, mengetik dengan Aspire One 722 terasa lebih nyaman.

Dengan sistem grafis yang jauh lebih baik, maka Windows7 juga bekerja dengan sangat baik pada laptop ini. Karena, Windows7 bisa memanfaatkan VGA yang baik untuk meringankan tampilan.

Selain itu, RAM 2 GB yang menjadi standarnya, membuat laptop ini mampu menawarkan performa yang lebih baik.

**Performa
Berdasarkan hasil pengujian, RAM 2 GB pada Aspire One 722 berhasil mendongkrak performa laptop ini. Namun, apabila Anda memerlukan laptop yang menunjang produktivitas dengan bujet lebih tinggi, maka Anda dapat mempertimbangkan notebook Acer Aspire 4253 (AMD E-350) Review Acer Aspire 4253

**Kemampuan VGA
VGA yang ada di dalam Aspire One 722 performa grafisnya ternyata sangat baik. APU AMD C-50 pada Aspire One 722 ini jelas memiliki tenaga untuk menjalankan beragam aplikasi multimedia yang berhubungan dengan video. Akan tetapi, dengan nilai yang diperolehnya, game yang bisa dimainkan memang terbatas pada game flash dan game 3D lawas yang ringan. AMD Radeon HD 6250 pada laptop ini memang tidak dirancang untuk memainkan game 3D yang berat.

**Memutar Video Full HD (1080p)
Memutar video High Definition (HD) adalah hal yang susah dilakukan apabila laptop Anda tidak memiliki performa grafis yang baik. Bagaimana dengan Acer Aspire One 722?
Acer Aspire One 722 tidak mengalami masalah sama sekali dalam menjalankan video Full HD dalam format apapun. Selama player Anda bisa memanfaatkan VGA yang tersedia (DXVA), Anda bisa memutar film apapun yang tersedia di pasaran saat ini tanpa masalah yang berarti.

**Pengujian daya tahan baterai
Dari hasil pengujian, Acer Aspire One 722 mampu bertahan hidup hingga 375 menit atau sekitar 6 jam 15 menit. Ini berarti daya tahan baterainya sangat baik untuk laptop dengan harga kisaran sangat terjangkau ini. Efektifnya sistem penghematan daya, tampak membuat AO722 mampu menyuguhkan ketahanan baterai yang sangat baik.

**Mungil, Nyaman, dan Irit
Acer Aspire One 722 ini dijual dengan harga amat terjangkau, Rp 2.799.000 (versi Linux) dan Rp 3.149.000 (versi Windows7 Starter). Performanya terbukti sangat baik untuk kelas harganya. Layar 11,6” dan keyboard yang cukup besar membuatnya nyaman digunakan. Sementara itu, daya tahan baterainya yang sangat baik membuatnya bisa diandalkan di perjalanan. Jika Anda menginginkan laptop dengan layar berkisar 12”, keyboard lega, kecepatan baik, namun tetap nyaman dibawa kemana-mana, Aspire One 722 adalah jagoannya.

Jadi, kesimpulannya

**Sebagai PC kedua, Acer Aspire One 722 adalah pilihan yang menarik. Meski tidak semungil netbook 10”, laptop ini masih sangat mudah dibawa-bawa. Laptop ini tidak akan menghabiskan ruang di dalam tas bawaan sehari-hari, dan meja cafĂ© Anda tidak akan terasa penuh sesak karenanya.

**Sebagai PC utama, Aspire One 722 memang bukanlah PC yang berkinerja ekstra kencang. Akan tetapi, dengan RAM 2 GB dan APU AMD yang memiliki VGA kencang, Aspire One 722 sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan pengguna pada umumnya.

Dengan notebook ini aku jadi lebih mudah jika ingin menulis dan tentunya menyalurkan hobiku, online. hehe

Terimakasih yaa Allah, atas rezeki ini, terimakasih juga buat Bapak dan Ibu yang rela membelikanku notebook ini, aku janji akan menjaganya sebisaku :D, terhitung udah 9bulan notebook ini bersamaku, alhamdulillah gak pernah rewel :). Soalnya jarang aku otak-atik juga, abis gak ngerti sih :p aplikasinya juga cuma sedikit,hhe
Dan Notebook ini kuberi nama Langit :)

^^

Sumber : Acerid, Perbedaan Note/netbook dan Laptop

51 comments:

  1. Bu ,apakah acer ao722 masih berfungsi dengan baik

    ReplyDelete
  2. mksudny acer punya saya? alhamdulillah, masih kok :)

    ReplyDelete
  3. nice share sis...
    ijin follow, jangan lupa follback ya...
    tq...

    "URL SUBMITTER"

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ^^

      oke sipp.. di folback ^^

      Delete
  4. Sama ama netbook sya ni mbak,,
    Beda warna aja,, nyaman pakenya.
    Tapi yg agak mmbingunkan 2 port usb di sisi kanan terlalu deket jaraknya, klo sya colokin modem yg sblahnya ga bs di colokin flasdisk, mgkin harus pke flsdisk yg mungil kali ya,,, Salam blogger..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, batrenya juga gk cepet abis yah..
      beneeer bangeeeet.. saya kalo modem di usb yg ketiga tapi cepet panas --"

      Delete
  5. sama, gw jg pny persis kyk ini,cuma black series, malah gw pake buat mendukung usaha servis handphone, mantap gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa juga yah, jadi bermanfaat .. bisa cari uang sambil bantu orang ^^

      Sukses yah buat usaha service hp.nya.

      Delete
  6. hmmm.....setelah denger cerita dari mba rani ini, saya mulai yakin nih buat beli ini laptop, makasih ya mba rani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah bagus dong kalo gt, jgn lupa tanya "garansi" mas yah..hhi

      Delete
  7. Sudah dua tahun saya pakai Acer ao722, sampai sekarang masih handal dan tidak ada penurunan peforma sedikitpun, high recomended, meski terus2an dibawa keluar kota, kejepit di dalam kabin pesawat, tapi sampai dua tahun masih bandeell

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju deh :)
      gak terlalu berat lagi yah,.
      nyaman dibawa kemana-mana.
      keren !

      Delete
  8. Ram nya apa bisa ditambah....???
    Sodim memorinya ada berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf yah mas, saya gak tau kalau hal itunya..
      Gak ngerti, hehe
      langsung aja tanya ke Dr Acernya yah,disini http://www.acerid.com/2011/07/acer-aspire-one-722-layar-lebih-lebar-performa-lebih-mantap/

      Delete
  9. mantap mbak, dari kmren aneh puyeng mo bli nb yg easy going.. stlah bca sharenye mbak, kyakny ok jga ni acer 722 :D
    tngkyuu

    ReplyDelete
  10. netbook kita sama ya mbak.
    tapi punya aku AMD C60.
    OS nya pake apa mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama yah? sama juga amd c60..
      aku pake win 7 hhe

      Delete
    2. ya sama aku juga pakai win7 ultimate.
      bagus nih netbook, kecil kecil bandel. hehe

      Delete
  11. hallo rani.....netbooknya sama nih...sy sdh pke satu tahun....
    tp sy ada satu masalah.... yaitu kenapa ya ao 722 ku gk comptble denga printer hp d1600, awalnya os bawaan adalah win7 home premium, trus coba sy ganti dg ultimate sblmnya sy backup dulu, trus sy coba win 8, kembali ke ultimate, dan sekarang pake yg original home premium, tp semua os tadi gk bisa pake hp d 1600. mungkin mbak rani atau kawan2 yg lain bisa share di sini... trims sebelumnya

    ReplyDelete
  12. kelemahan netbook ini terletak pada keyboardnya :(

    ReplyDelete
  13. mantabs mbak... sngat mmbantu skali coz sy lagi nyari2 juga buat anak skolahan saya, thanks yaa mbak...

    ReplyDelete
  14. hihi....lucu...tp keren nih reviewnya, baca2 bwt referensi mau nyariin adik. thanks share nya :) (y)

    ReplyDelete
  15. bagus mba, saya juga pakai netbook ini

    ReplyDelete
  16. Lumayan nih buat online browsing & update blog.. ^^ thx infonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan lumayan lagi, tapii manteeep dehh (y)

      Delete
  17. nice ,,, very nice,, like you rani saputra....

    BTW , aq juga punya versi terbarunya
    bedanya adalah AMD C-60 integrate AMD radeon HD 6290...
    sekedar kabarnih yg paling gw banggain dr laptop yg sering gw cium setelah menggunaknnya ini adalah, selain mampu memutar filem-film HD, untuk main game kelas beratpun jalan dan lancar jaya measki ram hanya 2GB, hehehe
    contoh ni
    sniper ghos warrior 2, lancar
    farcray 3 lancar
    dan semua keluarga game counter strike lewat semua, test by windows 7. dan sekarng ganti wind 8 malah semakin membara kekuatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah punya saya masih win 7, hehe
      gak dipake gaming juga >.<
      cuma dipake onlen doang :p

      Delete
  18. ganti dong wind 8, sini aq instalin gratis untuk rani, hahah (just kidd)

    saya hanya melakukan tes saja rin ama lepi aq., ini juga karna buat ngerjain skrpsi doang aq belinya.
    ternyata patut di banggakan,, banyak review yg membicarakan AO722 kita
    contoh http://www.kaskus.co.id/thread/51fd5088faca176c6e000009/main-berbagai-game-pc-hanya-dengan-bermodalkan-acer-aspire-one-722/
    daannn disini
    http://www.jagatreview.com/2011/06/review-netbook-acer-aio-722-tetap-murah-dengan-layar-semakin-besar/


    sukses dah buat ngeblognya.....

    ReplyDelete
  19. Halo sahabat2ku..
    Sya juga pakai acer ao 722 juga, AMD C60 APU AMD RADEON HD 6950, Win 8 Pro, 320 GB, 4 GB RAM....
    huh perfomanya luar biaso.... MAAAAANNNNNNTAAAAAAPPPP........

    ReplyDelete
  20. Saya sangat berterima kasih atas infonya, ini semacam referensi lengkap bagi saya yang memang sedang mengincarnya. Thanks banget! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa-samaa pak, saya cuma share aja kok ^^

      Delete
  21. Replies
    1. wah maaf kurang tau saya kalau itu, saya gak pake buat game soalnya ^^

      Delete
  22. Punya saya jga ao 722 neh sudah saya upgrade win8.1 enterprise hasil nya memuaskan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg saya ini malah belum di upgrade2 mas :D

      Delete
  23. D722 bawaanya pke windows starter apa windiws7 ultimate.... Klo Onya Ane kkuranganya di Microphone... klo dpake video call pake skype Suaranya kurang jelas padahal pngaturan mikrophon udah maximal Malah klo db+ dinaikin ke angka 40 ada Eho nya Pas video call.

    ReplyDelete
  24. saya juga pake nih aspire one 722
    tapi di saya ini amd c-60 dan ininya 1,3 ghz

    emang bagus sih tapi sekarag udah suka ngehang sendiri....

    ReplyDelete
  25. Harga acer aspire one 722 terbaru berapa sekarang? Mohon bantu jawab, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Netbook acer AO722 udah gak diproduksi lagi, paling beli second hand.

      Delete
  26. bisa upgrade cpu gak?.. ane punya laptop acer ao722 c50 udah upgrade windows 10..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Netbook/Notebook beda sama pc, gak bisa upgrade processor.
      Netbook AO722 cuman bisa upgrade ram, kalo mau nambah performa, paling beli ssd.
      Cuman lumayan mahal harganya.

      Delete
  27. Game yang cocok buat netbook AO722 apa aja gan...
    Trims

    ReplyDelete
  28. Ane coba windows 10 ntap no lag banget..tapi kalau pake gam belum tau tuh lag gak yah kalau main COD????

    ReplyDelete