Tuesday, June 11, 2013

Mudahnya Membuat SIM

gmbr dr sini
Sebelum aku punya pengalaman sendiri tentang membuat SIM. Seringkali kudengar teman-teman mengeluhkan susahnya membuat SIM, sampai tidak sedikit yang memilih jalur “Nembak”. Lebih praktis, gak buang-buang waktu katanya. Ada juga yang bilang, tes membuat SIM itu cuma ngabis-ngabisin uang, soalnya pasti gak dilulusin sama petugasnya biar kita terus-terusan bayar buat pendaftaran. Bener gak sih segitu susahnya bikin SIM ??
Ternyata semua itu terbantahkan oleh pengalamanku sendiri. Sebetulnya gak ribet, cuma yaa memang makan waktu yang laaaamaaaa banget. Tiap harinya gak satu dua orang yang daftar bikin SIM, banyak pake bangeet!!


Kalo katanya sengaja gak dilulusin biar terus terusan keluar uang buat daftar, enggak juga tuuh. Kan pembayaran dilakukan kalo kita udah dinyatakan lulus. Jadi selama masih dalam tahap Test, gak ada pembayaran apapun.

Testnya terbagi menjadi dua bagian, selayaknya ujian. Ada ujian praktek juga ujian teori.
Test pertama itu praktek, kita harus melewati jalan lurus, zigzag dan angka 8. Disisi-sisinya diberi pembatas jalan. Waktu petugas memberi penjelasan, ada kata-kata yang menurutku lucu. Jadi katanya, itu pembatas jalan diibaratkan orang. Kalo kita nabrak itu pembatas sampe jatoh atau bahkan mental, itu artinya kalo nabrak orang pasti langsung mati orangnya, sedangkan kalo cuma kesenggol yah berarti gak nyampe nabrak. Hhii

Di sana disediain tiga macam motor, ada motor kopling, gigi, dan matic. Khusus cowo gak boleh pilih matic, karena aku seringnya bawa motor gigi, yaudah aku pilih aja motor gigi. Di ujian praktek ini, dikasih kesempatan sampai tiga kali buat cewe, kalo buat cowo sekali apa dua kali gitu lupa lagi.

Pas pertama tuh gugup juga, soalnya banyak yang liatin >.< maluuuu. Jadi aja gak seimbang, gak nabrak sih cuma kakinya nyentuh tanah pas mau masuk area zigzag. Kesempatan kedua aku mulai fokus dan gak peduliin keadaan sekitar, alhamdulillah berhasil. Ternyata kuncinya yaitu konsentrasi dan jangan gugup, PD ajalah... Kalo perlu lakuin test kaya gini aja di rumah sampai lancar. Test berikutnya ujian teori, menurutku lebih ke logika sih. Jadi tuh kaya ulangan aja gitu, dikasih soal dan dimeja ada tombol-tombol untuk pilihan jawaban. Aku gak sempet belajar dulu, jadi ya dibayangin aja gitu. Soalnya tentang hukum-hukum berkendara aja. Misal kalau mau ngeduluin harus gimana, kalo dipertigaan mesti gimana. Intinya tetep jangan panik, santai aja. Kalo pikiran tenang insyaAllah pasti enak juga jawabnya. Bawa motorkan bukan cuma gimana jagonya berkendara tapi juga tentang hukumnya sendiri. Contoh kecilnya, kalo mau belok harus nyalain lampu sign, kaya gitu aja. Alhamdulillah, ditahap ini juga aku lulus. Kalo dua tahap ini udah lulus, tinggal isi data diri dan nunggu. Dibagian ini butuh ekstra sabar, pas udah masukin data, baru deh disitu giliran bayar. Dulu masih 100.000, denger kabar terakhir sekarang bayarnya 125.000. Sesi terakhir difoto, sumpah fotonya ENGGA banget !!hehe Nunggu lagi bentaran daan Taraaa jadii deh SIMku :D SIM dengan nomer 921113250224 yang berlaku sampai 21-11-2016 dan dibuat tertanggal, 07 Januari 2011. Aah, aku suka angka 7 :D Belum punya SIM? Coba deh.. gak usah nembak-nembak deh, sayang looh uangnyaa :)
Tulisan ini diikutsertakan dalam Kinzihana's Giveaway

19 comments:

  1. aduuuh saya sakit hati kalau inget pengalaman bikin SIM :D
    kamu kok lancar? syaa harus mengerahkan jurus rahasia biar lancar :p Eh bayarnya perasaan gak ampe ratusan ribu deh, berapa yaaa? Lupa :p


    Semoga menang ya Raniii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, , lancarr waktu itu hehe

      Tapi kaka lulus kan ujian sim.nya?

      Aamiin,
      kaka juga ikutan doong :D

      Delete
  2. nice lovely blog <3

    xoxo
    http://singingthumbelina.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. nah gini nih generasi muda harapan bangsa, keren abis. jadi malu soalnya dulu SIMku juga nembak sih, ntar mau kupraktekkan ah klo anakku udah mau bikin SIM (masih sepuluh tahun lagi) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehe, gak sedikit sih ka yg lbih milih nembak, apalagi kalo yg jrg ada waktu luuang, rata2 kendala di waktu..

      Asiikaasiik ^^
      Emang skg anaknya umur berapa kaa?

      Delete
  4. kalau syaratnya lengkap pasti mudah mbak
    dulu saya juga cepat siap SIM nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ka, syaratny kan emg cuma surat ket sehat sama lulus tes aja yaa :D

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mudahnya Buat Sakit Hati Aja hehehe

    Kunjugi n komen juga ya

    http://bukutian.blogspot.com/2013/06/menyemai-cinta-from-batang-with-love.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn lah kalau itu, haha nyess banget :p

      Delete
  7. Bunda jadi langsung bewe kesini nih Rani. Tinggal klik aja linknya. qiqiqi...

    Hebat nih Rani langsung lulus. Kakak ipar bunda sampai 3 kali test ga lulus juga, sampai sekarang jadi belum punya SIM deh dia.

    ReplyDelete
  8. makasih ya bunda, udah baca hehe:D

    dicoba lagi aja gt bun :D
    latihan terus aja buat test praktek n tulisnyaa, pasti deh lama2lulus ..

    ReplyDelete
  9. Wahhh hebat yaaa.. lancar jayaaa.. ,mak

    makasih sudah berpartisipasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sama-sama mak Hana, terimakasih udah bacaa hhe:D

      Delete
  10. Makasiih kaaa sarannya :) asli jadi ga gugup :) do'ain ka biar pas aku tes nanti bisa lulus juga O:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru kebaca inii..
      Semoga sukses yaaah dapetin SIMnya ^^

      Delete