Friday, July 12, 2013

Indahnya Persahabatan Masa Kecil

Kepalan tangan sahabatsumber foto dari sini


Cerita ini aku tulis selain untuk ikut berpartisipasi di acara Giveaway-nya UnTu, juga untuk mengenang sahabat-sahabat masa kecil dulu...
Jujurnya, aku kangen banget sama mereka. Dari kecil banget kita udah main sama-sama, karena emang rumah kita berdekatan.

Kita itu terdiri dari aku, Cucu, Iir, Peby, Aji, dan Mbot. Umur kita gak terpaut jauh, yang paling ‘tua’ itu Iir umurnya terpaut dua tahun diatasku, sedangkan Cucu, Peby dan Aji terpaut satu tahun diatasku, hanya aku dan Mbot yang seumuran.
Kita semua juga satu sekolah waktu SD, tentunya banyaaak banget kenangan manis yang udah kita lewatin sama-sama.


Dulu kita sering main masak-masakan di kebunku, seringnya kita masak martabak mie. Beli bahannya patungan, masaknya bareng-bareng, makannya juga bareng-bareng. Kalo gak ada yang mau bawa kompor biasanya kita masak pake hau alias pake kayu bakar gitu.
Karena tinggal di desa, jadi yah mainnya juga ala-ala anak desa. Ya main cing sumput (petak umpet), cing benteng, dan yang paling seru itu main cing galasin atau kadang disebut galah asin. Ini paling seru banget, apalagi kalo maennya pas hujan-hujan, hehe bisa ketawa puas kalo ada yang jatoh, jahaat bangeeet :p

Dan hal yang paling gak bisa aku lupain itu, waktu mereka ngerayain hari ulang tahun aku dengan bikin jebakan. Sepulang sekolah seperti biasa mereka udah kumpul di rumahku, tapi gak semua. Terus Ibunya Aji ngajakin aku ngobrol gitu, eh tiba-tiba aja aku dapet siraman hujan lokal. Ada yang guyur aku pake aer, masih kaget di guyur aer dengan leluasa mereka nabur terigu di rambut aku dan gak ketinggalan beberapa telor terceplok bebas di kepalaku. Yaampuun, itu pertama kalinya aku ulang tahun dikerjain begitu, waktu itu aku masih di kelas 3 SD. Keingetan banget sampe sekarang, biarpun sebel karena mereka bikin rambutku bau amis tapi aku seneng banget karena itu bentuk perhatian mereka buatku :’)

Kalo bulan Ramadhan tiba, biasanya abis saur kita keluar rumah main petasan subuh-subuh atau kadang jalan-jalan aja sekalian nyubuh. Waktunya shalat tarawih kita juga pergi bareng-bareng ke mesjid, tapi selalu pulang lebih awal dari yang lain. Gegaranya abis ikutan shalat tarawih yang cuma setengah itu kita biasanya ‘mangkal’ di tukang baso. Hehe

Sampai kita udah gak satu sekolah lagi, kita tetep kompak, ceritanya jadi ABG bareng-bareng. Iir, Peby dan Mbot sekolah di SMPN  1Tamansari, sedangkan Cucu dan Aji masuk SMPN 9 Bogor, dan aku sendiri sekolah di SMP Al-Irsyad.

Kita sering nongkrong-nongkrong(sok jadi anak gede gitu:p), gak jauh sih paling di warung aku, atau juga di rumahnya Iir. Terus kita-kita ini gabung sama komplotan anak-anak seKiaralawang(nama daerah tempat aku tinggal), yang waktu kecilnya gak kita kenal dan malah akrab pas kita udah umur belasan. Kalo lagi kumpul semua, banyaakan banget! Banyaknya yah anak cowok, tapi seru. Hampir tiap malem warungku diramein sama mereka, enak banget jadi banyak temen jagain warungnya.
Kadang malam minggu kita masak-masak, bikin nasi liwet bareng-bareng. Sampai akhirnya ABG habis masanya, hhe. Peby dan Iir udah nikah dan dibawa sama suami-nya masing-masing, Cucu sibuk sama kuliahnya, Aji dan Mbot sibuk sama kerjanya, Aku juga pelan-pelan punya kesibukan lain. Kita jadi jarang kumpul bahkan sekarang nyaris gak pernah lagi.

Paling cuma sama Cucu yang sering ketemu itu juga gegara dia itu saudara sepupu dan rumah kita bersebelahan. Kalo sama Aji biasanya pergi bareng bertiga kalo ke undangan doang, Mbot sibuk banget sama kerjaannya, Peby sekarang lagi merantau ke Bengkulu, dan Iir setelah menikah kita udah gak pernah denger kabarnya lagi.

Dan yang tersisa sekarang yah, kenangan-kenangan manis itu...


Aku harap suatu waktu aku sama mereka bisa kumpul lagi, buat sekedar nginget kenangan manis ini sama-sama. Kalo mungkin bisa di ulang, seruu kali yah :D

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway 'Sweet Moment' yang diselenggarakan oleh UnTu"

11 comments:

  1. kenangan waktu kecil itu emang buaanyaakkk dan tak terlupakaan..

    Makasih udah share ceritanya..
    OK. Tercatat sebagai peserta ^^

    ReplyDelete
  2. Wah, ada yang merantau ke Bengkulu :p hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ada tan, katany dket2 pantai tp ak gk tau pantai mana hhe

      Delete
  3. kenangan yg kayak gini gak bakal bisa terlupa.. :)

    ReplyDelete
  4. masa kecil itu masa yang indah nggak perlu mikir besok mau ulangan lah uts lah uas lah :D

    ReplyDelete
  5. aduuuh, sweeet :') masa kecil saya temannya gonta-i :D jadi lupa nama2nya :p

    moga menang, yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya jadi makin banyak ka temennya kl gonta-gantii :p

      aamiin, hhe
      kaka jugaa ikutan dong ka..

      Delete
  6. terus warungnya sekarang masih ada kan ? hehehe btw persahabatan itu memang akan teruji ketika kita semua sudah py kesibukan masing2 atau bahkan sudah menikah :D

    ReplyDelete