Wednesday, November 6, 2013

Gaji Pertama : Lebih Dari Sekedar Uang

gaji pertama
gmbr dr sini
Pengalamanku waktu dapet gaji pertama itu rasanya nano-nano banget. Bukan karena aku dapat gaji besar terus bisa traktir sana-sini, sama sekali engga. Justru, nilai uang yang aku dapet gak seberapa, tapi aku dapet yang lebih dari itu. Pengalaman dan pembelajaran hidup..
Kerja bukan sebatas cari uang ajakan? Buat aku yang waktu itu baru banget lulus dari SMA, kerja itu cari pengalaman. Sebelumnya aku pernah training jadi sales, produknya itu regulator. Seminggu training, ternyata aku baru tahu kalau kerjanya pakai acara tahan ijazah, ya masa jadi sales aja mesti tahan ijazah sih. Ya udah, aku berhenti, enggak dapet gaji pastinya, tapi aku dapat banyak ilmu loh dari sana. Aku jadi tahu cara memasang regulator ke tabung dengan benar, cara merawat selang kompor, dan beberapa tehnis dasar tentang pemakaian kompor dan tabung gas. Sampai cara bersihin atau servis ringan kompor gas, jadi kalau kompor gas di rumah gimana-gimana, Ibu gak perlu panggil tehnisi lagi :p


Berhenti jadi sales, sempet kerja part time di restoran, cuma dua hari sih. Aku kerja dibagian Cheker, memastikan kalau pesanan sudah siap tanpa kurang satu apapun adalah tugasku. Gampang memang, tapi jadi terasa lelahnya kalau keadaan restoran lagi rameee banget. Perlu tenaga yang ekstra, dan gerakan yang gesit buat melayani seabrek pesanan.
Dua hari kerja, lumayan bikin badan aku remuk. Baru kerasa sendiri kalau omongan Ibu bener, kerja di restoran capeknya bangettt.
Dan di hari kedua akhirnya, aku ngerasain juga dapet amplop gaji pertama. Di tengah perjalanan pulang, aku sempet intip isinya, dan isinya uang senilai 60.000. Waktu itu rasanya, seneng tapi ngerasa terharu juga, hehe. Akhirnya, bisa juga punya uang hasil keringet sendiri dan buat pertama kalinya juga aku bisa beli makanan kesukaan Ibu pake uang aku sendiri. Bangga? Iya dong, biasanyakan bisanya cuma minta aja :p
Satu lagi, pengalaman bertambah di hidup aku, cari uang itu gak gampang. Untuk itu, aku gak boleh boros buat hal-hal yang gak penting. Harus mulai bisa mengatur keuangan sendiri, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

*327 Kata*



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Berbagi Inspirasi Bersama First Salary yang diadakan oleh www.wamubutabi.blogspot.com"

30 comments:

  1. Harusnya salah satu duite dilaminating mbak.. biar awet dan jadi kenangan

    sukses GAnya yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh, saya gak kepikiran kesana mas >.<

      makasih yaa^^ ayoo ikutan jugaaa :D

      Delete
    2. Segitunya kah dirimu Mas???
      Pelit iki rek...

      Delete
  2. waah...salut nich, yang pertama kepikir pasti ortu ya, Ran....hehee....

    Goodluck ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya ka, terutama Ibu :D
      makasih ya ka, ayoo ikutaan juga ^^

      Delete
  3. sipp bener banget Mbak..
    cari uang itu memang nggak gampang..
    perlu kerja keras dan usaha..

    oleh karena itu kita harus pintar2 ngatur keuangan kita..
    apalagi sebagai calon istri kan yaa.. :p

    Makasih ya udah ikutan GA ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu banget ka (y)
      sama-sama yaa kaa ^^

      Delete
  4. Saya ikut ditraktir dooong. :D
    Selamat eaa. Semoga rizqinya tetap barokah. Salam kenal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah udah abis mas skg mah uangnya juga >.<
      aamiin, makasih ya,
      salam kenaaal juga :D

      Delete
  5. ciyeee
    semoga tetep semangat yak, bukan nilai uangnya tetapi proses kemandiriannya :)

    Ganbatte Ranii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippoo hehe
      semangatt juga buat kaka :D

      Delete
  6. Cheker? Aku baru tahu pas baca kalimat selanjutnya Mbak :)
    Sukses ya untuk GA-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ka, bukan ceker kaki ayam lho yaa :p
      makasih ka, ayoo ikutan juga ka ^^

      Delete
  7. Aku lupa tepatnya kapan gaji pertama aku terima karena dari sekolah aku udah biasa kerja, meski ada beberapa kerjaan merupakan kerjaan niaga alias jualan gitu...
    Tapi, gaji pertama meski tak banyak aku sempat kasih Bunda deh....sambil minta di do'ain dapat kerjaan yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe aku juga wktu sekolah suka jualan tuh ka :D
      iyaa, yg diinget pertama kali biasanya ibu ya :)
      ayo ikutaan GA-nya kaa

      Delete
  8. gaji pertama saya, kalau gak salah tahun 1979 mbak. dapat hadiah duit maksudnya. 1000 perak kalau tidak salah. itupun diberi dari guru. aslinya saya kurang tahu. nomor 2 baca puisi/deklamasi se-kabupaten. (harga semangkuk bakso saat itu cuma 15-25 perak saja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1979? tahun itu uang 1000 masih bernilai gedeee yaa mas >.<
      jamannya Ibu saya masih kecil ituu sih, hhi

      Delete
  9. kenapa kok pake tahan ijazah segala dan itu ijazah asli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mksudnya biar kalau saya mau berenti kerja jadi susaah kali yaa, hehe
      iyaa, ijazah asliii

      Delete
  10. wah, gua belum pernah kerja. jadi gak pernah dapat gaji pertama. hiks.
    keren tulisannya ya. semoga tetap mandiri trus.

    sukses buat ga nya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaa ^^

      kalau mau ikutan bisa jugaa kok, biarpuun belum ada pengalaman dapet gaji pertama, tetep bisa ikutaan, cek ajaa deh di Blog penyelenggaranya..

      Delete
  11. aaaah gaji pertama ya?
    hihi, Rani kerjanya serem, pasang regulator. saya aja takut. kalau LPG udah mulai bunyi2, saya langsung nyingkir dan panggil bapak-yang-biasa-ngirim-LPG :P
    Wiiih part time di resto, mauuuu dooong. Pasti gemuk ya? Boleh nyicip2 dikit kan? :p Tapi ya capek sih, apalagi kalau disuruh hilir mudik bawain pesanan. Kalau saya mgkn udah jatuh semua piringnya :p

    seruuu deh ^^,) jd pengalaman tak terlupa ya Ran ^^,)
    good luck, moga menang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah kalau sekarang panggil aku ajaa ya ka Tha *kejauhaaan* hehe
      gemuknya mah udah bawaan lahir kaa --"

      aamiin, makasih ya kaa..
      ayoo kaka ikutaan juga yaa ^^

      Delete
  12. Tetep semangat ya..
    walaupun ane belum kerja, tapi kalau ane udah kerja gaji pertama ane buwat keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksih ya :)
      iyaa pastinya yaa, ceritaiin aja dulu terus ikutan deh nih Giveawaynya, hehe

      Delete
  13. Benar sekali. Emang gimana gitu rasanya waktu dapat uang hasil kerja keras sendiri. Hahaha

    ReplyDelete
  14. Eh syaratnya itu harus nulis hanya 327 kata aja? Wow, kamu emang berbakat jadi penulis. Serius. Soalnya kamu bisa ngerangkum ceritanya kamu itu dalam 327 kata. Nggak banyak orang yang bisa. 0_o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gak gituu kok >.<
      Syaratnya maksimal 500 kata, jadi selama masih dibawah 500 masih bisaa, gituu :)

      Delete