Wednesday, November 27, 2013

Sehari Tanpa Gadget : Apa Untungnya?

Setelah menelusuri Om Google untuk mencari pengertian gadget, akupun menemukan artikel bagus tentangnya.
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Dulu waktu masih sekolah, aku mengenal satu istilah baru, yaitu 'gadget freak'. Semacam istilah untuk orang yang gak bisa jauh-jauh dari gadgetnya, yaa pokoknya bergantung banget deh sama gadgetnya. Ada acara resmi atau sakral bahkan penting sekalipun, tetep gadget yang jadi prioritasnya.
Sekarang kalau sehari tanpa gadget, kira-kira apa aja ya keuntungannya?


Biasanya, sedetik aja gak buka facebook ngerasa jadi manusia paling gak up-to-date sedunia. Sehari minimal 3x harus update status, baik penting maupun gak penting (penting gak penting itu relatif ya).
Dengan sehari tanpa gadget, minimal kita udah berusaha untuk tidak terlalu bergantung sama yang namanya facebook. Lumayan juga lho, jadi gak punya tempat 'ngeluh' rata-rata media sosialkan dipakai untuk ajang ngeluh ya *termasuksaya*

Apalagi kalau lagi kumpul sama temen-temen, rasanya enggak gaul banget kalau yang lain sibuk sama gadgetnya sementara aku cuma duduk manis nontonin mereka, jadi yaa ikutan juga 'sok-sok' sibuk mainin hp. Padahal sih ya gak ngapa-ngapain juga, hehee.
Sehari tanpa gadget, kumpul sama temen jauuuh lebih mengena tujuannya. Kalau kumpul tapi masih sibuk sama dunia masing-masing, ya ngapain juga bikin acara kumpul-kumpul?

Lebih parahnya lagi, pemandangan itu juga jadi semakin sering aku lihat di angkutan umum. Setiap kali penumpangnya ABG atau ABG kelewatan dikit, pasti aja baru duduk langsung ngeluarin gadgetnya. Ada yang emang kebutuhan mungkin, tapi sih kebanyakan cuma biar gak bosen aja ya di angkot. Tapi berkesan sesama penumpang cuek gitu ya.
Sehari tanpa gadget, sesama penumpang angkot, bisa kali ngobrol-ngobrol. Yaa gak bermaksud sok kenal juga sih, tapi minimal ada interaksi antara penumpang yang satu dengan yang lainnya. Lagian kalau gak pada mainin hp di angkot, tindak kriminal kaya pencopetan di angkot juga bisa berkurangkan atau bahkan gak ada. Kan kata bang Napi juga, tindak kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tapi karena adanya kesempatan. Jadi sehari tanpa gadget, bisa lebih waspada juga ^^

Saking gadget freaknya di waktu makan juga masih mainin hp, makan yang seharusnya beres 10menit aja bisa berjam-jam kelarnya. Kadang, gak jarang juga, bikin males makan, telat makan, sakit deh.
Sehari tanpa gadget, kita bisa lebih menikmati makanan yang masuk kedalam tubuh kita dengan baik. Pasti juga berdampak baik buat kesehatan kitakan?

Terakhir,
Menjelang tidur biasanya mau gak mau pasti mainin gadget dulu. Entah ngecek notif atau cuma bacain status-status yang bertebaran di timeline, chitchat di whatsapp atau bahkan main game. Dan bisa dipastikan efeknya itu jadi susah tidur. Nanti bangun pagi dengan keadaan kurang tidur, bisa berakibat sakit juga atau minimal menurunkan tingkat konsentrasi beberapa persen.
Lagi-lagi, sehari tanpa gadget kita jadi bisa tidur lebih awal, dan membuat tidur kita jauh lebih nyaman lho.

Jadi, gadget itu memang penting, mengingat kemajuan tekhnologi yang semakin maju. Tapi, jangan sampai juga tergantung kebangetan sama gadget, bukannya sesuatu yang berlebihan itu selalu gak bagus ya? Jadi tetep harus seimbang ^^
Dan aku pribadi, udah nyoba untuk gak jadi 'gadget freak' lagi, alhamdulillah bisa kok :D
Cukup gunain gadget sesuai porsinya...

*554 kata




"Tulisan ini ikutan GA keren Sehari Tanpa Gadget di blog Keajaiban Senyuman lhooooo"

20 comments:

  1. Mampir Ke gadget aku Juga ya

    http://www.tian.web.id/2013/11/sehari-tanpa-gadget-apa-itu-gadget.html

    ReplyDelete
  2. saiyaaaa... Belum ikutan.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada waktu 3 hari, ayo ikutan ka, mau baca cerita kakaa :D

      Delete
  3. Sehari tanpa gadget, bebas menikmati hidup :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, benerr banget kak, setujuuu *tosss*

      Delete
  4. belum ikutan juga yg ini,, bookmark udah dari jaman kapan tapi nulisnya belum dapet2 idenya.....ahahhaa....

    sukses ngontesnya ya, ran......

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo siap-siap berburu ide ka, 3 hari lg DLnya
      mksh yaa kaa ^^

      Delete
  5. setuju sekali.. dan lebih ga setuju bila gadget disalahgunakan.. sudah banyak yang rusak gara-gara menjadi korban gadget atau mengorbankan dirinya untuk gadget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iyaaa itu jugaa, aduh jgn sampai ya ...

      Delete
  6. Kalau saya sudah bertahun-tahun tanpa Gadget –karena memang belum punya. hehe... tapi saya bersyukur sekali dengan keadaan ini. Teman-teman di sekitar saya banyak yang punya gadget, tapi kurang bisa memanfaatkan semua fitur-fitur yang ada di dalamnya. Mereka juga tidak tahu menahu dunia per-bloggeran, semoga sukses... ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi masuknya mubazir yaaa kaa :D
      judulny smartphone, tapi cuma dipake sms'n sama telponan, yaa atuh hp biasa juga bisaaa ya, hehee

      Delete
  7. Hahaha rasanya merdeka yaaa, sehari terlepas dari gadget.. ini artikel emang dipersiapkan untuk ikutan GA yaa, sangat komplit dan memberi wawasan. Sukses ya untuk GA-nya, non :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ka, merdekaa bangett deh hehe
      makasih yaa ka :D

      Delete
  8. he-eh ... emang susah lepas dari yg namanya gadged freak... apalagi quiz freak kayak saya >.< kudu ganti kuis, nyari di koran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo sehari mah pasti bisa ya ka, kan sehari puas ngkuisnyaaa :D

      Delete
  9. Halo Ranii... Umi mampir sebagai juri ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo Umikuu..
      aduuh deg-deg-an niih tulisannya diniali Umi, hehee

      Delete
  10. Semakin canggih barang2 yang kita miliki, kok hidup kita malah semakin terganggu bukannya terbantu :(

    aku kalo mainin gadget sambil mau tidur, yang ada malah basah tuh gadget sama ilerku,, ,hahha... aku ini nempel (kasur) tidur.. :P

    makasih dah ikutan,,, juri udah datang mencatat ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terganggu kalau berlebihan ya ka :)
      haha, liat kasur aja lgs ngantuk ya ka ..
      sama-samaa, iyaa udah, udah liat pngumumannya juga ^^

      Delete