Sunday, December 15, 2013

Ayo Mengenal Lingkar PPBY

Sebelum membahas tentang judul diatas, aku mau curhat yaaa 'sedikit'. Beberapa hari yang lalu, aku sempet baca dari blog sahabat tentang salah satu 'resep' agar hati menjadi tenang dan damai. Tapi, aku lupa lagi di blognya siapa (maaf) jadi aku cari-cari lagi deh di google.
Jadi, resep ini dari hadits Rasulullah SAW, seperti ini :
"Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai."(HR. Thabrani)
 Setelah membaca hadits diatas, hatiku mulai berkata "ooh, itu kuncinya.. yaa..yaa" Baru membacanya saja hatiku merasa tenang, apalagi melaksanakannya, yaa kan?
Dan postingan kali ini ada sangkut pautnya sama hal diatas.
Lingkar PPBY, mungkin ada yang udah tahu apa itu lingkar PPBY, mungkin ada juga yang belum tahu, karena aku juga baru tau :) Yuk ah, ikutan gaul sama komunitas keren yang satu ini

Lingkar PPBY
Lingkar PPBY merupakan kepanjangan dari Pelaksana Program Beasiswa Yatim Dhuafa, yang mana komunitas ini merupakan organisasi mahasiswa AKA(Akademi Kimia Analisis) Bogor yang berdiri sejak 1986, dan bergerak dibidang sosial keagamaan yang berfokus pada anak-anak yatim dhuafa yang berada di sekitar kampus.

Program utama sekaligus program unggulan dari kegiatan PPBY adalah memberikan bantuan dana pendidikan untuk anak-anak yatim dhuafa yang memiliki minat besar untuk belajar dan sekolah namun terkendala masalah dana, termasuk fasilitas-fasilitas yang mendukung pembelajaran (buku, alat tulis, dsb). Hingga uang saku perbulannya bagi yang sangat membutuhkan, termasuk juga untuk biaya kesehatannya. Dan bantuan ini diberikan secara terus menerus pada adik asuh (sebutan untuk anak yang dibantu) yang sama dari SD hingga lulus SMA nanti. Waw.. Keren bangeeet yaaa programnya gak setengah-setengah loh ini.

Mungkin ada yang bertanya-tanya juga, dari mana ya dananya untuk bisa menyekolahkan adik-adik dari SD sampai SMA beserta segala keperluannya? Ternyata, dananya itu didapat dari donatur tetap, donatur tidak tetap, alumni beserta para dosen AKA. Minat jadi donatur atau jadi kakak asuh? Baca terus yaaaa...

Selain itu, PPBY juga punya program-program kerja yang lain seperti PPBY mengajar yang dilaksanakan tiap minggu ini sebagai bentuk dari pembinaan keislaman bagi adik-adik asuh. Mereka juga mengadakan acara forum silatuhrahmi (FOSIL) yang bertujuan mempererat tali silaturahmi antara kakak asuh dengan adik asuh serta juga dengan orangtua adik asuh. Baca selengkapnya disini. Ada juga program-program seperti, orasi dan iftor, studi banding dengan komunitas lain, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Dalam waktu yang relatif dekat, mereka juga akan mengadakan sebuah event besar yaitu
program PPBY
Peduli Yatim Dhuafa Fair 2014
Menurut Rahma(narasumber sekaligus staff Humas PPBY), acara ini bertujuan untuk mengajak para pemuda/pemudi khususnya yang berada di kota Bogor agar lebih peka dan peduli terhadap dunia anak-anak, pendidikan dan Indonesia tentunya.
Acara ini juga bekerja sama dengan beberapa komunitas sosial lainnya di Bogor seperti Taman Hijau Ceria (THC)Sekolah Bersama Yuk (Sebersy), dan beberapa komunitas sosial lainnya.

Acara ini sendiri akan berlangsung pada,
Hari/Tanggal : Sabtu dan Minggu/18-19 Januari 2014
Tempat : Gedung GWW (Graha Widya Wisuda) IPB(Institut Pertanian Bogor), Darmaga.
(Ssst, aku juga di undang lho, yuk dateng yuuuk)

Gimana? Tertarik ikut event besar ini? Yuk, siapkan waktu seluang-luangnya dari sekarang.
Dan untuk yang berminat menjadi kakak asuh atau ingin menyumbangkan sebagian rezekinya, bisa mendonasikannya langsung ke rekening dibawah ini :

BANK MUAMALAT Cab Bogor.
0138017761 a.n DANI FERAWATI QQ PPBY

Selain donasi berupa uang bisa juga lho donasi berupa buku dan alat tulis, yang bisa diserahkan langsung ke sekretariat PPBY yaitu di kampus AKA.
Atau bisa hubungi humasnya langsung, dengan Rahma (08562872105).

Mau tau lebih lengkap tentang PPBY ?
Kunjungi websitenya di http://lingkar-ppby.weebly.com.
Facebook : Lingkar Ppby
Twitter : @LINGKARPPBY

Dan dibawah ini beberapa foto dokumentasi mereka..

anak yang berhasil lulus sekolah atas bantuan PPBYgmbr dari sini
“Semoga PPBY terus berlanjut dalam mencerdaskan adik-adik seperti kami. Saya dari kelas 4 SD sampai lulus SMA dididik dan dibesarkan oleh PPBY, semoga perjuangan kakak-kakak tidak hanya sampai disini.” Ujar salah satu adik asuh dalam sambutannya.

Forum silaturahmi
Forum Silaturahmi (FOSIL)

PPBY mengajar
PPBY Mengajar

PPBY ifthor
Keg. Ifthor

* Yuk aaah banyak-banyak bergaul sama anak yatim yang diwujudkan dengan tindakan nyata, Inshaa Allah membantu meringankan 'beban' mereka sekaligus mendapat berkah yang luarrr biasa dari pergaulan yang satu ini * :)



"Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel"

37 comments:

  1. asyik ya, ran. apalagi ada ifthor bareng juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ka pasti asik nih kegiatan-kegiatannyaa..

      Delete
  2. Susah gak tuh cari donatur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sih susaah, tapi buat niat baik psti selalu ada jalannya :)

      Delete
  3. nice pos Rani Saputra, keren sekali tulisannya. mudah-mudahan tak hanya menang GAnya, namun juga menggerakkan hati pembacanya untu melakukan hal yang sama..

    subhanallah, para mahasiswa sudah mampu menjai "lampu" bagi lingkungannya, yang menerangi lingkungannya. sungguh sebuah contoh yang patut kita coba.

    iya, anak yatim haruslah kita peduli. benarkan kita tak mau peduli kepadanya, sedangkan mereka tanpa orang tua; tanpa orang yang mereka kasihi. sungguh, malulah kita bila kita tak peduli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa mas Agha :)

      iyaa skg udah banyaaak mahasiswa2 yang turun aktif membantu duia pendidikan ^^

      setuju banget mas, menyayangi anak yatim tuh harus yaaa

      Delete
  4. salut banget nih,,semoga makin banyak yg peduli ya mba :) salam kenal,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaaa ya mba :D
      aamiin, iya smoga makin bnyak yg peduli ^^

      Delete
  5. Replies
    1. makasih yaaa Intan syang :D ayoo ikutan juga taan...

      Delete
  6. Keren keren keren
    Saya suka nih program komunitas dan gerakan ini
    Mari sayangi anak yatim :)
    Salut!

    Asyik akhirnya bisa komen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, saya juga tertarik sama program komunitasnya..

      Iyaaa :D udah di benerin,, mksh lho kang udh kasih tau :)

      Delete
  7. waah organisasi yang patut kita apresiasi dengan baik, sebelumnya saya menemukan organisasi atau gerakan lah tentang kepedulian juga. yaitu gerakan BHSB, sebuah gerakan tentang buku yang disumbangkan untuk para anak - anak yang lebih membutuhkan disana ( khususnya di luar jawa ).

    Begitupun halnya dengan lingkar PPBY, yang tidak lain tentang kepedulian juga. semoga organisai ini mampu meberikan manfaat bagi para kamu dhuafa, Aminn.. Salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, skg udah bnyak sih komunitas2 kaya gini, dan harus kita dukung pastinya :)

      aamiin, semogaa ya mas :D

      Delete
  8. Subhanallah .komunitas yang keren. Semoga berkah dan panjang umur komunitasnya

    ReplyDelete
  9. nah ini contoh anak muda Indonesia yang baik, organisasi yang sangat positif bisa membantu sesama, semoga komunitasnya ada terus dan bermanfaat, oya kkaya gitu susah ga sih cari donaturnya?

    oya salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      kalau sepengalamanku ya? pasti susaaaah, tapi niat baik selalu ada jalannya kok :)

      Salam kenal jugaa yaaa ^^

      Delete
  10. wowww ...terimakasih ka' Rani =D

    ReplyDelete
  11. aduh pengen gabung^^ sesuai dengan resolusi saya^^

    ReplyDelete
  12. Subhanallah, dari PPBY mengucapkan terima kasih mbk Rani :)
    Ditunggu kedatangannya di PYD Fair :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa-samaa :D
      iyaa, inshaa Allah mau dateng :))

      Delete
  13. itu hanya ada di Bogor ya???Surabaya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ka, ini cuma ada di Bogor aja..
      kalau yang komunitas THC (Taman Hijau Ceria) ada di Jogja ka..

      Delete
  14. iya lingkar PPBY hanya ada di Bogor
    add fb Lingkar ppby atau @Lingkarppby

    ReplyDelete
  15. Yang sayang anak yatim, pasti disayang Allah. Semoga komunitas hebat ini bisa terus maju dan diberi kemudahan. Saluut. Semoga sukses dengan kontesnya :)

    ReplyDelete
  16. kereen, tulisannya mengispirasi mak ranii....semoga dirimu pemenang gadget keren ituh ya aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin..
      makasih yaah mak doanyaa :D
      smoga jodohan nih sama gadgetnya..

      Delete
  17. Yeeaayyy mak Rani masuk... moga tembusss 3 besar ya... dan dapat hadiahnya...aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasih yaa mak doanya :D

      Delete
  18. semoga tulisan ini bisa menggerakkan hati banyak orang utk selalu membantu anak yatim. sukses ya Rani dengan tulisan ini :)

    ReplyDelete
  19. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    ReplyDelete