Tuesday, January 21, 2014

Memaknai Arti Kata Dandan

Membaca artikel Pakdhe yang berjudul Wanita Berdandan Untuk Siapa?, membuat aku teringat akan nasehat Ibu waktu dulu. Nasehat itu seperti satu suara sama tulisan pakdhe yang ini,
Sesibuk apapun, wanita sebaiknya tetap berpakaian rapi di rumah. Tak elok jika suami datang dari kantor sang isteri berpakaian daster penuh minyak dan baunya merangsang sukma, bukan. Belum lagi rambut masih awaut-awutan dan bodinya full koyok. 
Menurut ibu, kalau istri di rumah gak merhatiin dandanannya, jangan heran kalau suami akhirnya gak betah di rumah, atau bahkan nekat melirik wanita lain. Aku yang diberinya nasehat cuma manggut-manggut manis sambil berpikir "iyaa juga sih, pantesan Ibu rajin dandan di rumah, hihi"


Dan setelah berkali-kali membaca betul-betul artikel ini, inti yang aku tanggap adalah.. Bahwa kita, meski di rumah tetep harus Dandan. Tapi dandan disini lebih keartian Rapi dari segi pakaian juga penampilan. Dandan bukan berarti muka full make-up, minimal rambut sisiran sama muka terkontrol(seger), yaa minimal gak cemong-cemong gitu deh mukanya . Terus baju juga gak yang 'asal' pake aja meski keadaanya di rumah.

Aku termasuk jarang banget dandan sih di rumah, abis dandan buat siapa dong? :p
Yang pentingkan untuk waktu dan keadaan tertentu, aku bisa dandan meski gak pinter. Seperti kata pakdhe, "Sesuaikan dengan waktu, tempat dan acara kita berada"

*207 kata



Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway 2 Hari Pakdhe Cholik

51 comments:

  1. kalo suami pulang harus rapi dong,seger gitu hehe

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. hehe, yg penting rapi aja kaa :)

      Delete
  3. Dandan sewajarnya aja kalau saya, gak bisa yang dandan yang komplit, gak tahu soalnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaa ka yg pntg rapii ya :)

      Delete
  4. dandan? aku jarang dandan, palingan bedakan doang :D

    ReplyDelete
  5. Hiiehiehei kata orang kalau memang dasarnya sudah Cantik biar tidak dandan tetap saja cantik heiheiheiheie. Tapi saya sepakat dengan mba Ani, dandan lebih kepada dalam penafsiran RAPIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener kang,kalau aslinya cantik gak dandan juga cantik ya hehe..

      Delete
  6. Aku nggak suka dandan, paling seadanya, cuma pelembab doang. Kalau ada acara hajatan pernikahan, suka risih kalau harus didandanin, yang ada malah dihapus lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya aku jg di rumah mah pake pelembap doang de.. kalo kondangan yaa mau gak mau deh :p

      Delete
  7. saya berdandan untuk diri sendiri :D
    good luck ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, lebih bagus berdandan untuk diri sendiri :))

      Delete
  8. Sama banget.. Mamaku juga selalu bilang begitu. Sekarang sebagai istri, sebisa mungkin tampil indah di depan suami walopun di rumah. Biar suami betah.. hahaha

    Masak kondangan aja dandan setengah mati buat suami dikasih cemong..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mama kita sama yaa ka, hehe :D

      Delete
  9. hehe biasanya kalo udah emak-emak rempong, ran. rempong sama kerjaan rumah, kecuali suaminya itu nyediain pembantu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya sih, tapi ada jg kok ka, yg tetep bisa tanpa pembantu hhi *aku bisa gak ya :p*

      Delete
  10. kalo masalah dandan aku gak bisa komen nih. hahahaaww

    sukses giveawaynya ya ranii :D

    ReplyDelete
  11. Setuju sama IBU nya kamuu :) dandan buat pasangan itu perlu. biar ga lirik rumput tetangga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhi iyaaa ka, bener berarti yaa :D

      Delete
  12. Baru tahu setelah baca daftar peserta lomba ternyata yg punya blog ini bernama lengkap "Ranii Novariany" :)

    ReplyDelete
  13. Waaa Waaa Waaaajiiib mak Rani, wajib bangeeet,,,

    ReplyDelete
  14. Karena dandan itu bersih dan kebersihan itu sebagian dari iman,, haha... Semoga sukses ya GA-nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betuul, setuju deh :D
      aamiin, mksh yaaaa

      Delete
  15. Istri itu harus lebih cantik di dalam rumah ketimbang di luar rumah :)

    ReplyDelete
  16. Oke gue jadi tau ran..
    gue juga lagi ada kuis kecil2an hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sipp.. tadi udh mampir kesitu, bingung jawabny :p

      Delete
  17. semoga menang mbak GA nya mbak
    ijin follow dan ditunggu follbacknya
    hehhe

    ReplyDelete
  18. kalo sbagai istri dandan drumah memang harus, pake make up jg dibolehkan, asal jnagn ketika keluar rumah dandan di rumah sndri nggak .. kasian suaminya.. yg awalnya sdh ngebet liat penampilan istri jadi hilang seketika ... hehehe

    ReplyDelete
  19. kalau udah cantik alami ngapain dandan :D

    ReplyDelete
  20. pake baju seksih dong, hehe

    ReplyDelete
  21. yah kalo masih single buat kesehatan dan kedisiplinan diri :)

    ReplyDelete
  22. buat suami hehehe. Maaf ya Ranii aku baru bisa mampir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ka, gpp kok, yg pntg kaka baik2 ajaaa :))

      Delete