Tuesday, April 22, 2014

Kenalan Sama Dokter Gigi

Drg. Teja Natakusumah
Sebetulnya ini bukan kali pertama aku ke dokter gigi, sekitar setahun lalu, aku pernah ke dokter gigi buat cabut gigi di puskesmas. Niat hati mau cabut 2 gigi, tapi karena sedikit 'insiden' waktu pencabutan gigi pertama, akhirnya aku engga mau-mau lagi deh cabut gigi. Lagian, emang cuma gigi itu yang bolongnya udah parah, yang lain masih dikit-dikit bolongnya.

Jadi selama 21 tahun ini, baru 1 tahun terakhir ini aja aku menyadari betapa selama ini terlalu cuek sama diri sendiri. Dari mata yang minus sampai gigi yang bolong-bolong, aku akuin itu karena aku gak pinter menjaga dan merawat apa yang aku punya.

Waktu kecil, aku maleeees banget gosok gigi, apalagi kalau pas bulan puasa, malesnya tambah double. Pasti sih gegara itu akhirnya gigi aku bolong-bolong dan tumbuh juga karang gigi. Dan hal itu aku sadari sejak, aku
menyadari kalau gigi depan aku itu keropos bagian belakangnya, aku takut aja lama-lama bisa patah. Secarakan, gimanaa gitu kalau gigi depan patah >.<

Akhirnya, aku mutusin buat ke nambal gigi. Sebelumnya, aku juga googling dulu, buat tau berapa kira-kira budget yang aku butuhin buat nambal gigi ini. Yang ternyata, dari hasil googling aku dapetin harga yang fantastis. Maksudnya sangat fantastis buat nguras dompet aku --" *satu gigi aja bisa ratusan ribu gituuu

Singkat cerita, aku dapet info kalau ada dokter gigi yang biaya tambal giginya itu relatif terjangkau, cukup puluhan ribu aja satu gigi. Namanya, Drg. Teja, yang buka praktek di rumahnya setiap Sabtu-Minggu dengan jadwal Sabtu jam 17.00-selesai, dan Minggu jam 08.00-Selesai, sisanya katanya sih Dokter praktek di Jakarta.
dokter gigi teja

Sabtu, 12 April 2014, akhirnya aku berhasil juga ketemu dokter ini. Ternyata, orangnya ramaaaah banget, asik diajak ngobrol lagi. Jadi, aku yang tadinya malu-malu mau buka mulut, jadi gak malu lagi.
Tapi untuk gigi depan ini, ternyata engga bisa maksimal bersihin dalemnya [jadi kalau dari luar, masih keliatan garis hitamnya], itu karena, keroposnya itu hampir nembus ke daerah syarafnya jadi pembersihannya gak bisa maksimal. Dan gak bisa langsung tambal permanen, jadi harus tambal sementara dulu.
Selain itu, aku juga nambal gigi taring [bolong juga], karena diluarnya, jadi bisa langsung tambal permanen.

Untuk 2 gigi ini, aku bayar seharga 85.000, ditambah obat jadi 95.000. Karena pas dibersihin yang berasa kaya di gerindra itu rasanya ngiluuuu bangeeet, makanya aku minta obatnya juga.
Sambil tanya-tanya juga berapa biaya buat bersihin karang gigi, dan ternyata biayanya juga cuma puluhan ribu, padahal dapet hasil googling itu sampe ratusan ribu lho.

Hari itu selesai, dan untuk penambalan permanen gigi depan bisa dilakuin minggu depannya.

***Selang 1 minggu***

Sabtu, 19 April kemarin, aku dateng lagi kesana, untung dokternya udah sampe dan aku pasien pertama, jadi engga perlu nunggu deh.
Pertamanya pembersihan karang gigi, ini juga sedikit ngilu sih, tapi gak begitu banget kok.
Antara sisi kanan sama kiri ternyata lebih banyak di sisi kiri, karena sebelah kiri itu emang jarang banget dipake ngunyah itu juga karena yang kirikan giginya udah dicabut satu, jadi engga enak kalau dipake ngunyah. Sementara yang kanan, sering dipake ngunyah, karang giginya cuma sedikit.

Selesai bersihin karang gigi, kita ngobrol-ngobrol dulu tuh kan. Yang ternyata, aku baru tau, kalau efek dari pencabutan gigi setahun lalu itu, berakibat pergeseran-pergeseran gigi. Contohnya, gigi taring bawah *yang sebelahan sama gigi yang dicabut* mulai bergeser dan akhirnya ada jarak ke gigi sebelahnya lagi >.< Dan menurut dokter, lama-lama bisa berakibat semua gigi bawah itu bergeser bahkan bisa bikin posisinya berantakan. Belum lagi, gigi atas bisa menurun, karena gak ada lawannya itu. Waduuh, kok dokter yang dipuskesmas gak kasih tahu ya waktu itu kalau efeknya bisa kaya gitu. Salah aku juga sih, gak nyari tau dulu.

Akhirnya, dokter nyaranin aku buat pasang gigi palsu atau pasang kawat gigi. Buat pasang kawat gigi kayanya engga deh, hehe. Cobalah aku tanya biaya pasang gigi, dan harganya cukup bikin keleyengan, 800.000 untuk 1 gigi geraham. Hmm, langsung deh nyanyi, andai aku anak orang kaya, punya uang berjuta-juta, hihi. Lumayan shock juga dengernya dan bikin aku 'mikir' ternyata satu gigi itu berharga bangeeet, mulai deh datang penyesalan kenapa dulu cueeek banget sama perawatan gigi T.T

Sambil nerusin nambal gigi depan, aku juga minta gigi bawah sebelah kanan yang 3 berderet itu bolong sedikit-sedikit, karena bisa langsung ditambal permanen.
Selesai nambal gigi yang depan yang dari awal aku tau hasilnya gak akan maksimal banget. Dokter juga nyaranin, kalau mau keliatan lebih bagus lagi, bisa dipakein 'jaket' gigi, aku lupa istilahnya itu apa.

Jadi kaya ditutupin aja gitu garis hitamnya, jadi mulus lagi, menurut dokter sih itu demi nilai estetika alias keindahan. Dan itu biayanya seharga 850.000 *nambah shock* 850rb teh uang semua yaa? hihi

Jadi untuk bersihin karang gigi dan penambalan 4 gigi itu, aku bayar 250.000.
Sebetulnya masih ada satu gigi bawah sebelah kiri sama satu gigi atas sebelah kanan yang mesti ditambal. Tapi kayanya gak bisa langsung semua, lagian pegel juga lama-lama mangap terus hihi. Ditambah lagi, mau tau dulu tambalan yang ini awetnya berapa lama. Karena denger dari yang udah pernah tambal sih, awet setahun, sementara kalau kata dokternya, tergantung kita perawatannya.

Dan untuk saran dokter, yang paling aku pertimbangin sih yang pasang gigi palsu buat gantiin gigi yang dicabut itu. Tapi, kayanya mau cari yang harganya dibawah itu aja deh. Gak sangguup rasanya ngeluarin uang segituu buat gigi mendingan buat beli sepeda kayanyaa *ehhh Yaa, cari yang sesuai kantong aja deh yah, hehe

Untuk gigi depan yang gak kembali sempurna ini, minimal resiko patahnya berkurang. Kalau keindahannya sih yaa, mulai belajar aja senyum tanpa keliatan gigi! Jadi, mesem-mesem doang gituu yah, kaya foto ini nih.. hihi #NarsisTerselubung :p
Raniisaputra.blogspot.com

36 comments:

  1. hahahahahahaha, ntr sekali mesem gigi ilang kaya nenek2 donk..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk ya jangaaan dong, hororrr

      Delete
    2. hahahahahaha, lgian blm kenalan ma sakit kepala , dah kenalan duluan ama gigi,,,, :D :P

      Delete
  2. biasanya kalau ke dokter gigi aku cari dokter yang ramah dan baik,apalagi kalau buat ana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mak, kalau dokternya jutek malah malesin yahh..

      Delete
  3. Lumayan masih dapet mesemnya,
    sayang nggak keliatan giginya...:)
    #sambil mesam-mesem liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sengaja biar gak keliatan giginya hhi

      Delete
  4. Semoga giginya tetap sehat. Tapi sepertinya lebih manis senyum tanpa kelihatan giginya. *ehm...

    ReplyDelete
  5. Kpn hr aku tanya psg 1 gigi geraham di dokter langgananku sekitar 400-600rb mbak rani...mgkn beda2 ya setiap dokter...enaknya klo dokter langgananku...bayarannya dibelakang...maksdnya..bila perwatan gigi hrs 3x kunjungan, ya dikunjungan trakir br bayar...hehe...baik bener nih dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, segituan juga masih wow yahh harganya mak >.<
      Gak ada yg lebih murah apa yah hehe

      sekali bayar, tapi setiap kunjungan tetep berbayar kan ya mak :D

      Delete
  6. Aku juga sama. 2 tahun lalu baru sadar juga gara gara pulang dari dokter gigi. Yang tadinya gosok giginya jarang jarang banget, kini pokoknya tiap mandi, pasti gosok gigi. Hahaha

    Sifat manusia memang, yang berubahnya harus nunggu 'musibah' dulu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus nunggu sakit dulu yah baru nyadar hihi

      Delete
  7. Paling takut sama dokter gigi,,, menurut aku si mendingan di suntik dari pada harus di cabut giginya haduh rasanya kaya gimana yah hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabut gigi kan awalnya di suntik juga.. dan disuntiknya itu makjleb banget rasanya hhi

      Delete
    2. di suntiknya dimananya kalo di cabut gigi,,, masa di gusi di suntiknya, keburu kabur deh :D

      Delete
  8. Urusan gigi yang butuh perlakuan khusus mahal, mbak. beberapa bulan yang lalu saya juga bermasalah di gigi graham, mbak. wua, ngilunya sampai ke kepala. setelah ke dokter gigi malah dirujuk ke RS untuk dicabut. soalnya bukan cabut biasa, karena posisi miring. dan saran drg RS itu untuk rongen dulu rontgen, setelah diberitahu harga pencabuannya 10x lipat dari cabut gigi normal, huaaa, mak cetar, sejutaan lebih :D. ampun, itu harga buat nyicil sepeda motor bisa *eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus, akhirnya tetep jadi tapi cabut giginyaa?

      gileee, pake rontgen segala lagi yaah o.O?
      biaya mahal bangeeet lagi, haduuh, kalau aku mah gak sanggup keknya..

      Delete
  9. senyuman yg cantik ada gigi maupun nggak karena dasarnya emang cantik,,jadi pengen bersihin karang gigi juga nih,,,sebelum terlambat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh kaka bikin idung melayang aja hehe

      iyaa ka, sebelum jadi lubang, mnding dibersihin dr sekarang..

      Delete
  10. yahhh , , mbak rani ompong ya , , , hehehe
    yaa mulai sekarang mesem mesem terus aja mbak , ,

    esemmanee iku lhoo . . .bikin ati trenyuh , , wkwkwkwk
    (yang gak ngerti bersabar ya ) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ompong satu ajaa, ytg depan engga ko :D
      cuma nyariis somplek,

      emang gak ngerti *pura2 gak baca wess :p

      Delete
  11. Aku paling serem kalo ke dokter gigi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal dokternya gak galak sih, gak masalah mak hehe

      Delete
  12. Mbak, jacket 850ribu?? Itu kayaknya murah deh. Secara di sini 1jutaan ^^; huhuhuhuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya ya, lbh murah di sini ya, tp sampai skg aku blm pasang juga sih jaketnya hehe

      Delete
  13. Iya kmren aku nanya jacket d klinik gigidaerahku sejutaan. Oya aku mau nambal gigi depanku jg ni. Ada lobangnya. Uh jd gak pede senyum kliatan gigi. Kalau mau tmbal ggi depan yg lobangnya dkiiit bngt. Gigi depan kita itu dikikisnya bnyak gak yaa mbak? Please jwabannya. Soalnya bsok mau k dokter ggi lg ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahiya berarti harganya memang segituannya..

      Kemaren yg aku, lumayan banyak juga sih dikikisnya..terus karena keroposnya udah deket k sistem syarafnya, jd bersihin dlmnya gak maksimal.
      Hasilnya, jadi adaa garisnya gitu :( hiks, kurang cakep lah kalo dr segi estetik, tapi mau gimana lagi ya, drpd patah hehe

      Delete
  14. tambalan giginya sampai sekarang masih bagus engga mba ? trs apa harus bulak balik untuk konsultasi ? oya kalo boleh tau temapatnya itu taman sari daerah ciapus bkn mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang masih bagus kok, pdahal udah setahunan lebih nih :)
      baiknya sih konsultasi 6 bulan sekali, tapi aku sih belum ke sana2 lagi hehe.

      tau daerah ciapus? Ini dokter giginya masuk daerah nyalindung-cimanglid kok..

      Delete
  15. halo mba, makasi ya atas tulisannya. jadi tau deh ada drg yg terjangkau. tapi ini dokter gigi beneran kan mb? soalnya takut rada abal2 kalo murahnya jauh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai maaf ya baru balas, iyaa insyaAllah ini dokter giginya beneran kok :))

      Delete
  16. Mbak dokter teja alamat lengkapnya mna donk. Aq pgen kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pic kartu nama di atas ada alamat lengkapnya :)

      Delete
  17. Kalo boleh tau ini lokasi dokter giginya dimana? Nyalindung belah mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tau Jimmy Hantu, patokan gangnya persis sebrang rumahnya Jimmy Hantu :)

      Delete