Wednesday, May 7, 2014

Looking New : Zam Zam Tirta Bogor



kolam renang Zamzam tirta
Zam Zam Tirta, tempat wisata air di Bogor yang terletak di wilayah Barat kabupaten Bogor ini hari Minggu lalu sanggup bikin aku berdecak kagum. Pasalnya, tempat ini sekarang udah beda bangeeeet dari terakhir kali aku kesini (sekitar 4 tahun yang lalu).

Waktu SMP, aku rajin banget berenang dengan harapan bisa punya tinggi yang semampai. Tapi, setelah masuk SMA, kegiatan renang ini jadi berkurang, bahkan setelah lulus dari SMA aku nyaris gak pernah berenang lagi --" Alasan klasik sih, males liat kulit jadi belang setiap kali abis berenang, terlebih harapan buat nambah tinggi badan pupus setelah masa pertumbuhan berakhir, hiks hiks hiks.

Dan sekarang, rasa kangeeen berenang itu menghampiri lagi, biarpun aku ini berenangnya gak masuk kategori jago, cuma bisa doang, itu juga di kolam yang dalemnya cuma semeter!!hiihi
Akhirnya, aku niatkan buat berenang lagi sekalian ngajak adik sepupu yang juga suka main air. Sementara, untuk mengantisipasi ke'belang'an yang dikhawatirkan, aku pake baju renang muslimah gitu (biasany pake kaos lengan pendek :p).

Dari rumah sekitar jam 10 pagi pas cuaca lagi panas-panasnya (tiap sore seringnya Bogor hujan, makanya gak berani pergi sore, padahal sore itu jam 'aman' dari matahari).
loket zam zam tirta
Loket Karcis Zam Zam Tirta, Senin-Jumat 15rb, Sabtu-Minggu 25rb dan GRATIS untk anak dengan tinggi dibawah 80 Cm
tiket gratis untuk anak
Pas masuk, udah ramee aja tuh pengunjungnya. Aku langsung cari-cari tempat kosong buat naro tas. Ohiya, di Zam Zam ini, sekarang udah ada beberapa Gazebo yang disewakan dengan harga 70rb sampai puas. Tapi, pihak Zam Zam juga masih menyediakan tempat lesehan yang GRATIS dan banyaaak (jadi gak harus nyewa gazebo).
Ini dia beberapa jepretan tempatnya,
Nyesel banget nih gak nyobain wahana ini, gak ada temennya u.u

kolam renang setengah meter

wahana emeber tumpah
Ember tumpah

kolam renang 1 meteran

zam zam tirta

tumpah ruah pengunjung

kolam renang depan

kolam renang 1 meter
Nah, aku berenang di kolam yg ini nih..

tempat penitipan barang
Sekarang udah ada tempat penitipan barang lho disini, sebelahnya itu toilet sekaligus ruang bilas dan ganti, tempatnya juga udah jauuuh lebih bagus, TOP

vadya di zam zam
Vadya cape berenang, malah main air di wahana ember tumpah --"

zam zam tirta bogor
Digelarin karpet ijo, jadi anti-licin jalannya

Fasilitas lain di Zam Zam Tirta
mushola di zam zam tirta
Mushola

tempat bermain anak
Salah satu spot bermain anak, jadi selain berenang bisa rekreasi juga. Lahan ini juga cukup luas, jadi kalau gak dapet tempat duduk di pinggir2 kolam, bisa duduk-duduk di rumput2 ini (dikasih pinjem tiker juga lho)

pelataran parkir
Kayanya sih tempat parkir mobil yaa
Untuk makanan karena aku bawa bekel dari rumah, jadi cuma pesen beberapa makanan aja. Tapid ari deretan harga termasuk terjangkau kok harganya.
daftar harga makanan zam zam

makanan di zam zam
Aku cuma pesen nugget goreng yang lebih mirip terigu goreng (ga berasa kalo ini tuh nugget --") seharga 8rb, Jus Strawberry 8rb, sama Es Jeruk 5rb, total 21rb. Vadya yang sukanya makan burger, beli 1 burger ukuran besar 8rb (yg kecil 5rb) burgernya enaaak, sama kentang goreng yang dililit-lilit gitu 7rb satunya, tapi kentangnya gak renyah nyaris keras.

Selain tempat berenang, zam zam juga punya fasilitas tempat latihan futsal.
tempat latihan futsal
Sama satu lagi, gedung serba guna yang masih dalam tahap pembangunan.

Overall, buat harga tiket yang masih masuk kategori terjangkau, menurut aku tempat ini udah bagus dan fasilitasnya memuaskan.
Termasuk pilihan tepatlah buat menghabiskan akhir pekan disini, soalnya airnya jenih dan seger karena aliran langsung dari pegunungan ^^

Untuk menuju tempat ini enaknya pake kendaraan pribadi sih.
Dari Bogor kota bisa ambil arah ke Empang, dari Empang ambil arah yang ke Pancasan sampai pertigaan Pasir kuda, ambil arah Ciomas, Sampai pertigaan Ciomas ambil arah kiri dari situ luruuuus aja, ntar ketemu tempatnya.

Kalau naik umum, dari Empang bisa naik angkot 14 sampai Pasir kuda, sambung angkot 05 (tapi masalahnya angkot ini gak lewat ke Zam-zam, cuma sampai pertigaan Ciomas) Mungkin bisalah minta dianterin ke zam-zam dengan ongkos ekstra yaaa.

Tambahan : Berhasil gak bikin kulit belang (cuma telapak tangan) tapi berhasil bikin muka gosong maksimal :@

52 comments:

  1. Aku berenang beberapa bulan yg lalu aja kulit masih belang Ran..ahaha
    ayoo sini ajakin aku berenang, ntr kita maen wahananya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehiyaa ka, kapan yak beranang bareng kitaa :D

      Delete
  2. Saya sudah sering ke kolam renang, tapi yang ada mainannya seperti itu belum pernah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah sini cobain yang di bogor yuuuk :D

      Delete
  3. wah,,liburan ya,,sepertinya seru nih tempatnya,,,kalau renang,,duh takut deh,,takut belang dek Ran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, samanya kita ka, aku juga takut belang emang, tapi kalo gitu gak berenang2 malah..

      Delete
  4. Walah.. aku kok nggak pernah tau yah? 5 tahun di bogor loh.. hadoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee. hayoo kemana aja dong kalau gituu :D

      Delete
  5. Wah kalo ngomongin tempat wisata daerah Bogor mah emang keren banget mbak, banyak banget tempat wisatanya, baik yang cuma sekedar buat hiburan ampe yang bersifat edukatif semua ada disana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, sebenernya emang banyak yah, saya aja orang bogor belum tau semua --"

      Delete
  6. mudah mudahan airnya anget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhi, alhamdulillah airnya dingiiin mas :D

      Delete
  7. Keren... enak ya, ada papan seluncurnya gitu. Di asrama'ku ada kolam renang tapi gak ada papan seluncurnya.. pengen... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, tapi aku nyesel kemaren gak cobain :(

      Delete
  8. uwaaaa asik bgt kolam renangnyq mbk... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, enak juga nih tempatnya

      Delete
  9. wahh, seru sekali ya. Tapi sayangnya muka yang photo2 itu ngga ada :D
    dan terlebih ada tempat futsalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, gak ada yang potoin soalnya *alesan --v

      Delete
  10. wah kayaknya seru asyik .. untung menghilangkan Bete :D

    Kunjungan perdana ., salam kenal + ijin follow :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, buat refreshing juga enak kok tempatnya..

      salam kenal juga, maaf lho yaa baru dibales :D

      Delete
  11. Wuah HTM lumayan murah dan kolamnya menarik. Jadi pengen ke sana deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ayo ka, cobain main kesini kaa kalau main2 ke bogor yahhh

      Delete
  12. Sebagai warga baru Kab. Bogor, ini info menarik banget Mak ;)
    Ma kasiiih. Kalau dedek udah lahir dan gedean bisa dibawa ke sini sesekali ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeess ada yang samaan dari kabupaten bogor, hehe
      iya mak, moga lahirannya lancar yaaa nanti ^^

      Delete
    2. yeess ada yang samaan dari kabupaten bogor, hehe
      iya mak, moga lahirannya lancar yaaa nanti ^^

      Delete
  13. keren banget mak.. di tempat saya belum ada kolam renang begitu.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti nanti pasti ada deh mak, atau mau coba main ke bogor? :D

      Delete
  14. Andai Gazebo trmsuk fasilitaz gratis ya, Ran. #ngarep. :D

    Tiap wiken bsa ke sini tuh. Olahraga. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, pada lgs milih ke gazebo dong ka kalo gratis..

      iyaah, kalau ada temennya mah enaak

      Delete
  15. Udah lama, gue nggak liburan :D

    ReplyDelete
  16. Wah suasananya seru en adhem banget meski cuaca siang yang terik bingit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, gak gersang bangeet sih emang :D

      Delete
  17. Kok jadi inget si kecil kalo liat postingan seperti ini..pengin liburan...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, insting orang tua atau sinyal dr dede kecil yg pngn diajak liburan mak :D

      Delete
  18. Hi Mak salam kenal, seru banget tempatnya. Sayang jauh banget dari rumahku di Depok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mak, salam kenal juga :D maaf syekalii baru balas..
      ah depok sama bogor kan masih tetanggaan mak, ayolah main keisni :D

      Delete
  19. Harus sedia sunblock berarti.

    ReplyDelete
  20. Rame banget kolam renangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kebetulan weekend jadi ramee :D

      Delete
  21. wah, seperti atlantisnya ancol ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya masih jauuuh deh ka kalau dibandinginnya sama itu.. eh tapi aku blum pernah ding ke atlantis *yaa buka kartu deh* hehe

      Delete
  22. mak raniii, baru mampir nih. waduh aku belum pernah kesana, cuma lewat doang, sering diajak temen berenang kesana kalo abis pulang kerja, tapiiii udah sore bingitss, temen2 senengnya berenang sambil ujan2an. pastesan mereka seneng bolak balik kesana krn tempatnya bagus bingitsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang enaknya berenang sore maak, antibelang jadinya :D
      aku juga suka deh berenang sambil ujanan asal gak ada petir aja yah, hehe

      Delete
  23. wah pasti seru nih. kolam renang nya ada ember / air tumpah, cocok untuk ponakan dan anak yg masih kecil kecil, kan anak dengan tinggi dibawah 80cm gratis ya :D. Berarti yang bayar orangtua aja tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, untuk rekreasi keluarga lah yaaah :D
      murah meriah lagi, hhi

      Delete
  24. Harga tiket masuk sekarang berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir ke sini sih weekday 15rb, weekend 25rb :)

      Delete
  25. Yo zam zam air bersih malah yg nekad suka minum langsung dr keran yang mana air keran dan kolam satu sumberan mata air, waterboom nambah lagi tuh, tengok deh ada Volcano slide di zam zam, yo have some fun, Refresh & Entertain, Salam kenal ya All

    ReplyDelete