Wednesday, February 18, 2015

Temu Puluhan Blogger di Acara #KopiSusuWB

foto milik Ayah Dian Kelana
Tanggal 24 Januari 2015 lalu, salah satu komunitas blogger menggelar kopdar perdana di salah satu Mal yang ada di Jakarta. Kopdar bertajuk KopiSusuWB alias Kopdar Suka-suka Warung Blogger ini dihadiri puluhan blogger dan tentu para admin yang selama ini aktif di grup FB, twitter, maupun web Warung Blogger.

Acaranya sendiri diadakan di Outback Steakhouse yang ada di Kuningan City Mall jam 12 siang. Tapi panitia meminta peserta datang lebih awal untuk keperluan registrasi. Karena aku agak terlambat berangkat dari rumah, aku sampai di sana sekitar jam 12 kurang sedikit. Wah! udah rame nih ternyata, beruntungnya acara baru aja di mulai dengan memperkenalkan para admin WB.

Pas masuk ke tempat acara, aku sempat kaget campur seneng karena menemukan muka seseorang yang udah lama pengen ketemu tapi aku gak tau kalau bakal ketemu di acara ini. Parahnya lagi aku gak tau kalau ternyata kaka yang satu ini salah satu adminnya Warung Blooger *apalah aku ini. Dia adalah, ka Idah Ceris, duuh siapa sih yaa kan yang gak kenal sama ka Idah. Selain itu, aku juga liat ada duo kembar, ka Eva sama Ka Evi, sama ada Teh Nchie Hanie. Biarpun mereka gak kenal aku, tapi seneng aja gitu yah kalau ketemu orang yang kita kenal dan emang pengen ketemu. Abis ketemu ngapain? Yaa foto aja dulu, hahaha *macam jumpa fans yaah
Dari kiri aku sama Teh Nchie | Tengah sama duo kembar | kanan sama ka Idah
Setelah sesi perkenalan admin, kita diajak buat makan siang sama menu-menu yang udah disediain sama Outback Steakhouse. Ada sup jamur, daging sapi, ikan salmon dan ayam panggang, kentang goreng, sayuran, lengkap sama pilihan saus dan kudapan manis.
Selesai makan dan sholat, acara baru dimulai sekitar pukul 1 siang yang dibuka sama salah satu sponsor acara, yakni Accesstrade. Accesstrade adalah salah satu platform afiliasi yang menghubungkan pengiklan (advertiser) dengan pemasang iklan (publisher) dengan sistem CPA (cost per action). Info lebih lanjut silakan googling aja yah teman-teman.

Sesi selanjutnya diisi sama Mak Shinta Ries, yang menjelaskan tentang konten kreatif dan blog desain. Menurut Mak Shinta, konten kreatif itu terdiri dari beberapa kategori, video, gambar, informasi, sudut pandang, pengalaman pribadi dan pemecahan masalah. Dan dijelaskan secara rinci, per kategorinya.
Selebihnya, tentang prinsip desain blog, yang terdiri dari lisensi, pemilihan layout, font, warna dan konten. Juga dijelaskan kesalahan dasar dalam desain blog, diantaranya, pemilihan layar efek yang dramatis dan pemilihan font yang standar.

Selesai materi dari Mak Shinta, ternyata ada sharing dari salah satu publisher Accesstrade yang udah berpenghasilan puluhan juta dari blognya. Dibagikan juga tips-tips dasar untuk bisa berhasil di bidang afiliasi ini. Seperti, pengunjung yang tertarget, konten yang memikat (judul membuat penasaran, isi konten sesuai, dan ada call to action), membuat database, dan mengikuti program member get member.

Sesi terakhir diisi sama Kang Argun dari DEWA SEO, dan aku baru tau kalau kepanjangan DEWA SEO itu adalah Dedikasi dan Wacana Search Engine Optimization. Menurut Kang Argun, sebetulnya gak cukup waktu satu atau dua jam buat jelasin secara rinci tentang SEO, tapi karena waku yang disediakan memang terbatas, jadi kang Argun kasih materi-materi inti. Seperti, macam-macam konsep SEO, penjelasan tentang SEO blogging onpage (content seo friendly) & offpage (friendshif link & blogwalking) dan social signal (social network & social media)

Gak terasa, jam sudah menunjukkan pukul 5 sore, acara ditutup dengan pengumuman lomba live blogging dan live tweet, dan juga pembagian doorprize. Setelah itu, baru deh kita foto bareng di depan Mal yang sampai hampir nutup akses jalan pengunjung mal, hihi.
doorprize sama hadiah-hadiah niih, banyak yah!
Perform dari emak-emak nih, suaranya merduuu
Nah, buat teman-teman yang kemaren gak sempat ikut kopdar perdananya Warung Blogger, gak usah sedih. Karena katanya akan ada kopdar selanjutnya, yang pasti lebih seru, kita tunggu aja yah infonya ^^
Foto atas (ki-ka) : Mak Nunik, aku, Tari, ka Nisa
Foto bawah aku sama ka Mia (lama kenal tp baru ketemu kali itu)

15 comments:

  1. wahhhhh ,,,, sy gak aktif sih di wb ,,, jadi gk dpt infonya ,,, pdahal tpt sy deket tuh dri kuningan ,,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sama ngga aktif2 amaat, tapi cuma kebetulan tau infonya ajah kali yah, jadi ikut daftar hehe

      Delete
  2. seru iya bisa bersilaturahmi dengan sahabat blogger hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru banget, nambah temen. nambah ilmu juga ))

      Delete
  3. Aku ga ikut, Ran.
    Seru ya acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seruu kaak, ramean soalnyah :D

      Delete
    2. seruu kaak, ramean soalnyah :D

      Delete
  4. Hampir di dominasi oleh kaum wanita ya.. banyak banget yang antusias...jadi pengen ikutan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa banget, hayuuk nanti ikutan lagi di event WB selanjutnya yah..

      Delete
  5. wah, aku gak ikut waktu itu padahal udah daftar -,-

    ReplyDelete
  6. Aku kapan bisa ketemu kaliaannn? huhuuuu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen ketemu intuun jugaak, kapaan yah >.<

      Delete
  7. hihi.. akhirnya kita foto bareng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyees, akhirnyaa kan kita ketemu jugaa *masa iya deketan ngga bisa ketemu*

      Delete