Sunday, June 7, 2015

Tentang Perjalanan : Pertama Kali Ke Bandung Naik Bis



Halo hai Kawanii, ngerasa bersyukur banget karena ternyata di tahun 2015 ini, aku bisa sampai dua kali buat menjejakkan kaki di kota yang selalu aku bilang kota impian itu. Yes, kalian yang udah sering main-main di blog ini pastilah hafal betul kota yang aku maksud. Kota mana lagi kalau bukan Kota Bandung. Karena jujur aja, waktu pertama kali bisa sampai di Bandung tahun lalu, ngga pernah deh kepikiran kalau setahun kemudian akan bisa main lagi ke kota ini. Jadi, semuanya berasa kaya keajaiban, dan bikin aku tambah percaya, impian atau keinginan yang ditulis itu, bisa lebih besar kemungkinan terwujudnya.

Tapi, tulisan kali ini bukan lagi mau ngomongin soal mimpi aku yang sederhana itu, tapi lebih ke perjalanannya aja sih. Mungkin buat sebagian orang, perjalanan itu ngga penting-penting amat, tapi buat aku pribadi, perjalanan adalah sesuatu yang harus dinikmatin betul-betul.
Bis Bogor Bandung
Foto dari bismania.com
Mungkin, kalau waktu itu, aku ngga ditinggal travel karena kesiangan, aku ngga akan punya pengalaman pertama pergi sendirian ke Bandung dan naik bis *yaampun, naik bis aja hebooh! Harap maklum yah teman-teman, semua hal yang masuk kategori pertama kali itu, selalu berasa istimewa buat aku. Soalnya suka ada moment deg-degannya gitu kan diawal, hihi.

Jadi pagi itu, setelah fix ditinggal travel yang juga berarti ditinggal satu-satunya teman yang tadinya mau barengan ke Bandung, aku langsung cek lagi jadwal keberangkatan travel selanjutnya. Ternyata, jam terdekat pun udah full-booked, sementara aku harus sampai Bandung sekitar jam 12 siang. Sebetulnya, sebelum mutusin buat naik travel, pilihan aku ke Bandung emang mau naik bis. Tapi karena teman yang mau bareng itu ngajak naik travel, ya aku ikut aja. Mungkin hal ini yang bikin aku ngga panik dan langsung kepikiran kalau satu-satunya angkutan yang bisa bawa aku ke Bandung, ya cuma bis. Yang bikin agak deg-degan diawal itu mungkin karena aku sendiri. Biarpun udah biasa ke mana-mana sendiri, ya tapi tetep ajalah, ini perjalanan lumayan panjang, karena Bogor-Bandung ngga sedekat Bogor ke Jakarta.
bis bogor bandung
Yang pasti, biarpun ada beberapa kekhawatiran yang aku pikirin, tetep aja sih aku jalanin juga. Dari tempat travel aku melangkah mantap ke Terminal Baranang Siang, cari bis tujuan Bandung, naik dan cari tempat duduk yang menurut aku strategis. Dan selalu, pas udah duduk, aku pasti langsung keingetan omongan Bapak, yang bilang supaya aku ngga kebiasaan tidur kalau naik kendaraan umum. Mungkin maksudnya biar aku bisa selalu waspada. Tapi kadang, kalau udah kecapean bangeeet sih, misal pas perjalanan pulang, aku suka ngga sengaja ketiduran juga sebentar mah, hehe *labil
Tapi ngga buat kali ini, sepanjang perjalanan yang memakan waktu 3 jam itu, aku usaha supaya bisa melek terus. Dari mulai mainin hp, sampai sesekali mandangin apa yang bisa diliat sambil nerbangin pikiran melayang ke mana-mana *berlaga galau tapi ngga bengong yaaa.

tas ransel
Bagusnya sih itu bis penumpangnya ngga banyak *maapin ya abang supir, aku malah seneng, tapi itu bikin aku jadi bisa duduk sendiri dan cuma sebelahan sama tas ransel. Ngga ada tuh ceritanya, ada orang ketiduran terus ngga sengaja 'nempel' ke kita kaya di film-film *korban sinetron pisan. Ataupun adegan-adegan lain yang sempat terlintas diawal, ngga terjadi sama sekali, semua baik-baik aja, Alhamdulillah.

Pengalaman pertama waktu itu, bikin aku jadi lebih berani lagi, karena pas dapat kesempatan buat nge-Bandung [lagi] diakhir Mei kemarin, aku langsung mantap mau naik bis aja. Malah sampai niat banget mau datangin 5 Tempat Kuliner di Bandung pakai angkot kalau misal ngga ada temen yang bisa nganter. Sampai riweuh nanya-nanya rute angkot sama BloggerBDG @bangaswi. Untung beliau baik dan tahu rute-rute angkot di sana, sekalipun aku nanyanya muter-muter.

selfie of me
Bukti perjalanan kemarin lebih santai,
inget buat selfie dulu :p
Perjalanan ke Bandung naik bis buat yang ke-dua kalinya ini jadi berasa lebih santai dan akhirnya cita-cita aku buat keliling Bandung tuntas sudah Tahun ini. Meskipun emang belum semua pelosok Bandung aku datangin, tapi aku ngerasa yang kemarin itu udah sangat-sangat lebih dari cukup. Cuma, kalau nanti [kapan-kapaan] ada kesempatan buat main ke Bandung lagi, aku mau cobain naik kereta. Biarpun rada ribet, tapi pengen coba, nanti kalau kesampaian aku ceritain lagi di sini ya :)

Setelah Bandung, akhirnya aku kepikir buat nerusin mimpi aku buat sampai ke kota lain lagi. Yes, aku pingin banget sampai ke Jogja. Udah dari setahun lalu sih kepinginnya mah cuma emang belum ada kesempatan aja. Ngga muluk-muluk buat bisa kelilingin Jogja, yaaaah minimal bisa menjejak tanah Jogja-nya aja dulu, doain yah, Kawanii!

Sementara ini, mimpinya cukup digantung dulu deh yaa, karena sepulang dari Bandung kemarin, ada banyaaak banget cerita yang pingin aku bagi di blog ini. See you next post, Kawanii ^^

50 comments:

  1. Jadi inget pengalaman tahun 2009 akhir, saat itu untuk pertama kalinya aku naik bis dengan waktu tempuh 8 jam ke daerah tujuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, 8 jam :D pasti lebih pegel yah mas hehe

      Delete
    2. Bukan cuma pegal, hampir mau copot pinggang saya. Apalagi yang digunakan saat itu adalah bis pariwisata yang gak bisa di atur kursinya sesuai kemauan kaya bis sekarang ini.

      Delete
  2. Aku belum pernah naik angkutan umum sejauh itu sendirian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe aku juga baru sampe bandung aja jauhnya >.<

      Delete
  3. wah mbak nova ke bandung naik bis sendirian?? hehehe salut dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, salut apalah mbak, saya cuma duduk manis aja di bis hehe

      Delete
  4. Siap meluncur ke Bogor pake Bus....hehehe :D

    ReplyDelete
  5. Waktu saya kerja di cilacap dulu, saya sering naik bis Jogja-Cilacap. Naik efisiensi... Menyenangkan bisa naik bis... Melihat pemandsngan dari kota ke kota...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa enaknya naik bis tuh gitu, bisa sambil liat2 jalanan kota yg dilewatin, apalagi kalau jauh perjalanannya :))

      Delete
  6. Hihihi. . .
    Sejak ngeBlog, saya malah jarang bgtt yg namanya pakai jasa travel, Ran. Lebih sering pakai Bis. Soalnya, banyak pengalaman yg didapat dan suasananya pun selalu beda. :)

    Semoga bisa sampai jogjes, yes!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sih ka bisa lebih nikmatin perjalanannya yah :D

      aamiin, makasih doany kak idaah :))

      Delete
  7. aku pernah ke bandung naik bis tapi engga sendirian di temenin mama hehe abis nya aku engga berani berpergian sendirian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, ini sih aku juga diberani-beraniin aja :D

      Delete
  8. Bandung memang selalu menyenangkan untuk dikunjungi, ngangenin kotanya :)

    ReplyDelete
  9. waahhh.. petuah Bapaknya penting banget tuh... saya sering ketiduran meski cuma seperempat jam pake angkot :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake angkot juga suka ketiduran teh? wah bahayaaa atuh, pelan2 coba ilangin kebiasaan gitu teh, sering2 ngantongin permen aja, biar kalo ngantuk ngemut permen ajaa

      Delete
  10. Bandung emang asik ya dek Ran..Surabaya Bandung butuh berapa jam ya...kira2 pantat panas nggak ya...hahaha..pastinya ntr muka jadi kumus2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngga tau sih ka berapa jam, yang pasti lamaa banget emang hehe

      Delete
  11. gampang kan perjalanannya. Selamat Rani lulus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. horeee lulus :D udah layak buat dikasih ijin jalan lebih jauh lagi yah kak :D

      Delete
  12. Selamat, Ran. Udah bisa menaklukkan rasa takut untuk pertama kalinya naik bis. Kalo dari tempatku ke Bandung butuh 5 jam. Eh ternyata Bogor-Bandung tuh lama juga ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe naik bis nya lumayan sering sih ka, yg pertama kali naik bisnya sampe bandung :p
      Kalo duu mah iya, katanya dr bogor ke Bandung juga 5 jam, cuma karena udah ada cipularang jadi lebih cepet ka segitu teh

      Delete
  13. Bandung, kotanya cantik penuh pesona lokal, belum tuntas juga sih ngerasain Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Bandung Cantik bangettt, aku sih kayanya udah cukup hehe biarpun ngga nolak kalo diajak ke bandung lagiii

      Delete
  14. ke kuningan yuk mba...kampung halamanku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doaaiin mbaak,semoga kapan2 bisa sampai di kuningan :D

      Delete
  15. Coba waktu mau ke Bandungnya koling saya.. pasti saya jemput *sotoy* Main lagi aja atuh yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran nih teh mau jemput?? aku mah semangat da kalau ke Bandung :D

      Delete
  16. Kebayang perasaannya Rani ketika ditinggal travel and lalu berani mutusin naik bis sendirian.. Semga kesampaian ke Jogja ya Rani.. Aku dulu pernah naik bus sendirian malam dari Medan ke Banda Aceh.. dan perjalanan malam selama sekitar 9 jam-an itu aku nggak tidur karena terus waspada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, aamiin aamiin, makasih yaaa doanya :))
      Wohoo, aku kalau malam kayanya belum berani juga mak, waspadanya harus lebih ekstraa kan yah..

      Delete
  17. kalo aku kok lebih nyaman naik travel yaaaa, dan deket ama rumah pangkalan nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik travel emang pasti lebih nyaman doong mas Cum :D

      Delete
  18. yaampun mbaaa itu pasti capek dijalan deh o..o
    ya meskipun setelah itu capeknya terbayar sih sama suasana Bandung, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepaaat bangeeet kak, biarpun cape tapi terbayar lunaaas :D :D

      Delete
  19. Aku ke jogja udah, bandung blm. Naik bus siap bangkotan rani hahaha, pegel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalikannya kalo gitu kak haha
      wkwk turun dr bis udah tua gitu yah

      Delete
  20. pergi sendirian ke bandung ? ya amppuun berani bangeet .. kalau saya sih ga berani lebih baik diem dirumah kalau ditinggal travel -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, diberani-beraniin aja sih ini juga, karena emang ada keperluan :D

      Delete
  21. saya paling jauh naik bus cuman sampai ke surabaya

    ReplyDelete
  22. Kapan-kapan ke Tasik dong mba, kalau mampir ke tasik nanti aku ajak makan nasi TO deh khas Tasik yang terkenal :)

    ReplyDelete
  23. Kalo mau ke bogor dari bandung naik apa ya yang biasa kamu pake ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku naik bis mba, dari terminal lewi panjang. Atau kalo mau pake travel juga bisa, cipaganti..

      Delete
  24. Hello Mba Rani, salam kenal...
    aku mau nanya, pas pertama kali naik bis bogor-bandung itu, bis nya ngetem lama gak ya ?
    Apa bus nya nunggu penumpang penuh baru jalan atau gimana yah ?
    Soalnya aku mau ke bandung naik bus, cuman aku takut kalo bus nya itu ngetem lama di terminal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Sherly, salam kenal kembali ^^

      Ngga sih mba, jadi bis yang bogor-bandung itu ada jadwalnya, setengah jam sekali kalau gak salah. Jadi ada jadwalnya gitu, kalo biar ga lama sih datangnya agak ngepas ke waktu mau berangkat aja. Misal mau naik yg jam 8, datangnya jam 8 kurang 5/10 menit..

      Delete
  25. Tadinya mau naik travel apa teh Rani? Nuhun pisan.

    ReplyDelete
  26. Teh bisa anterin ke bandung ga? Pengen nyari daerah Lokasi toko di Jl. Dr. Djunjunan No.127 Pajajaran. Cicendo Kota Bandung tapi ngeri soalnya gatau daerah bandung wkwk

    ReplyDelete