Saturday, December 5, 2015

3 Tempat Jajanan Di Bogor Langganan Rani



3 Jajanan Bogor Recomended

Halo Hai Kawanii, rasanya kangeeen banget pingin beredar lagi nycicipin jajanan Bogor yang lagi nge-hits. Kayanya, foodies di Bogor mulai menggeliat nih gaes, buktinya udah mulai banyak bermunculan cafe-cafe baru di Bogor. Beberapa udah sempet aku cobain, tapi lebih banyak yang belum dicobainnya sih. Soalnya, ini hobi hunting makanan, masih jadi hobi musiman aja, kalau lagi mau yaa jalan, kalau lagi males sih, yaa dadah byebye aja. Kaya sekarang nih, ada kali 3 bulanan ini aku gak keliaran nyari tempat makan baru yang potensial buat dicobain. Padahal, ada satu-dua mah daftar tempatnya, cuma belum nyempetin aja sik.

Tapi kalau ada yang nanya soal tempat makan rekomen di Bogor, aslinya aku tetep suka bingung juga mau kasih rekomen tempat yang mana. Karena, ya itu tadi, emang belum banyak tempat makan di Bogor yang udah aku cobain. Itupun, beberapa masih aku ragukan buat direkomen karena, ya rasanya begitu-begitu aja :3
Dan lagi pula, aku kan termasuk orang yang setia yah *uhuk *branding jadi biasanya, kalau udah nemu tempat yang cocok buat beli satu jajanan, tiap mau beli lagi, aku pasti balik ke tempat yang sama. Dan karena terbiasa sama satu tempat aja, biasanya aku juga jarang cocok kalau nyobain satu jajanan itu di tempat lain. Paling ya, nyoba-nyoba aja gitu, gak sampai jadi langganan.

Ini dia 3 tempat jajajan di Bogor yang sering banget aku datangin alias langganan berat, cekidot >>>

1. Martabak Afo, Jalan Suryakencana


Karena udah kebiasa dari kecil, kalau mau martabak, dibeliinnya martabak yang di sini, jadi sampai sekarang, buat aku, ini martabak yang paling juara dari martabak lain yang pernah aku coba setelahnya. Ini emang cuma martabak pinggir jalan yang dijualny apake gerobak doang, tapi aku berani jamin rasanya 100% ENAK :D Serius deh, makanan enak gak selalu berasal dari tempat yang mewah, makanan pinggir jalan aja buanyaaak banget yang enak-enak.

Martabak Afo

Favorit aku di sini martabak keju, dan serunya beli ½ porsi aja bisa lho, karena di rumah paling aku sama Ibu aja yang hobi makan martabak, kalau Bapak jarang-jarang. Varian martabak di sini emang gak banyak banget layaknya martabak kekinian yang mulai menjamur itu, cuma yang aku suka banget, rasa martabak di sini konsisten, alias gak berubah dari jaman aku piyik sampai se-jumbo saat ini :v Meski pun yang jualnya ‘ngkoh-‘ngkoh, tapi aku yakin banget kalau ini martabak halal. Lebih lagi, ‘ngkoh yang jual juga ramah luar biasaaa, dan keramahannya itu pun sangat-sangat-sangat konsisten *saluut!

Gerobak martabak ini bsia ditemuin di sekitar Jalan Suryakencana, tepatnya di pinggiran toko Mas Cianjur. Aku gak tahu pasti ini ‘ngkoh bukanya jam berapa, yang pasti sih sore aja, lewat dari jam 4 dan biasanya jam 8 atau kurang juga udah tutup (gimana abisnya aja kayanya), dan libur di hari Minggu. Kisaran harganya dari 45.000-60.000 per satu loyang.

2. Mie Ayam Pangsit, Jalan Suryakencana

Pangsit Basah Surken

Masih di sekitar Jalan Suryakencana, sebetulnya, kalau cuma tempat makan mie ayam aja mah, ada beberapa yang jadi langganan aku. Tapi, kalau soal beli pangsit basahnya aja, udah pasti cuma ini satu-satunya tempat yang aku jadiin langganan. Karena, asli deh yah, suka susah lho nyari tukang mie ayam yang ‘rela’ kita cuma beli pangsit basahnya doang. Yang secara kenyataan, sebetulnya si pangsit ini kan cuma semacam pelengkap aja, hihi. Makanya, pas nemu amang yang ngebolehin aku cuma beli pangsitnya aja, ngapain juga aku cari amang-amang yang lain kan? *nyiahahaha

Mie Ayam Pangsit Bogor

Ini juga masuknya jajanan pinggir jalan, lokasi tepatnya, persis di depan Gereja Bethlehem, gak jauh dari pusat jajanan kampus Kesatuan. Karena ada di daerah pecinannya Kota Bogor, aku juga sempat tanya soal kehalalannya, dan menurut amangnya ini halal kok. Soal mie ayamnya, aku pernah coba juga, so far mie nya cukup enak, tipis-tipis gitu, tapi aku mah tetap kukuh sukanya pangsit basah aja. Satu porsi mie ayam/pangsit basah dihargain 10.000 aja, Dan amang ini libur tiap hari senin.

3. Pempek, Jalan Pahlawan

Pempek Bogor
Lupa bangeet nama toko (?) pempek yang satu ini apa, segitu sering bolak-balik beli (maaf yah aku emang suka gak peka :v), tapi yang pasti lokasinya ada di sejajaran RS Melania, Bondongan – Jalan Pahlawan, persis sebrangnya Polsek.
Gak ada yang istimewa sih dari tempat makan Pempek ini, cuma emang pilihan pempeknya lebih lengkap aja dari pada tempat aku beli pempek sebelumnya, hihi. Harganya juga standar, sekitar 6000-7000 per pcs, ini harga buat pempek yang unyu-unyu, gak tahu kalau yang jumbo itu, lupa ngecek harganya, karena emang tiap beli selalu beli yang unyu.

Favorit aku, pempek adaan, ikannya tuh kaya berasa banget. Selain itu paling beli yang keriting sama kulit ikan, yang lenjer sama kapal selam gak begitu suka. Pernah juga cobain tekwannya, tapi aku gak begitu suka juga, akhirnya ya balik beli pempek lagi aja kaya biasa :3

Gak tahu ini tempat tutupnya jam berapa, soalnya pas ke sini agak malem sekitar setengah 10an juga masih buka. Dan, tiap ke sini, gak pernah pas kebetulan tokonya libur, jadi aku gak tahu deh liburnya hari apa, kayanya sih buka tiap hari deh.

Soal pempek, aku punya satu cita-cita yang belum kesampean, yaitu makan pempek palembang di Palembangnya langsung! Kapan yah :')
***

Okaay, itu dia 3 tempat jajan yang jadi andalan kalau aku lagi kepingin makanan-makanan itu. Pastinya, masih ada banyaaaak banget yang jual martabak, mie ayam sama pempek se-Bogor yaa, tapi 3 tempat ini emang udah punya porsinya sendiri di hati dan lidah aku *ngook

Aslinya sih selain emang udah cocok aja sama rasanya (karena terbiasa), yang paling penting, ketiga tempat jajanan ini lokasinya pas di jalan-jalan yang sering aku lewatin kalau lagi “turun gunung” alias keliaran di Bogor Kota. Maklum lah yaa boo', rumah di gunung, jadi sekalinya ke kota, mesti ada aja jajanan yang dibawa pulang :v



Kalau Kawanii, pasti punya tempat jajan langganan juga dong ya? Apa malah lebih suka cari tempat yang beda-beda kalau mau jajan sesuatu? Hayuk, boleh di-share juga di sini ^^

15 comments:

  1. Nah...mie ayam beginian aku berani traktir...maksimal 1 mangkok per orang. Minum minta gratis sama si mamang.

    ReplyDelete
  2. ada beberapa lokasi jajanan Bogor yang pernah di mampiri saat ada kerjaan di Bogor, sayangnya belom semua tempat dimampiri euy

    ReplyDelete
  3. martabak emang paling merakyat. dikota besar, dikota kecil, martabak the best..

    ReplyDelete
  4. wiih mantap tenan. ngomong soal bogor pingin banget ke bogor belum kesampaian.
    kalo aku sih kalo udah nemu tempat yang enak, nyaman yaudah setia pasti tak jadiin tempat langganan.

    oh ya ngmong-ngomong salam kenal.

    ReplyDelete
  5. Saya rasa kamu ini tipe orang yang bakal kerasan tinggal di Bandung hiyahaha...

    ReplyDelete
  6. Aaaaakh :D jajanan langganan yang enak banget mbak :D semuanya menggota :D apalagi martabak :3 legit-legit gimana gitu :D

    ReplyDelete
  7. Semoga cita-citanya makan pempek langsung di Palembang tercapai, Mbak Ranii.

    ReplyDelete
  8. paling seneng pempek :D

    ReplyDelete
  9. hehehe..saking seringnya sampe lupa nama warungnya. tos duluuu hehe

    ReplyDelete
  10. Aduh, kok jadi tiba-tiba kepengen martabak sama pempek, ya? Hihihi :D

    ReplyDelete
  11. Ih Rani jajanannya berat euuuy...

    ReplyDelete
  12. wahaha saya juga anak bogor mbak

    Sekarang sih di Indra Prasta dan jalan pandu raya yang makanannya lagi pada ngehits

    ReplyDelete
  13. Rany, omong-omong, kalau soal jajanan gini, tentunya butuh orang lain sebagai pembanding rasa kan? Hihihi moduuus nih
    Tuuh mie nya jadi rrkomend deh buat mba Arin, heehe

    ReplyDelete
  14. Duh mupeng. Belom pernah nyobain semuanya kalo ke Bogor soalnya selama ini jajannya di tempat jajan yang mainstream. Nanti kalo ke Bogor lagi mau nyobain aahh.

    ReplyDelete
  15. Catet ah, siapa tahu mau main ke Bogor :D

    ReplyDelete