Thursday, June 23, 2016

5 Tips Mudah Agar Kulkas Awet

5 Tips Mudah Agar Kulkas Awet

Halo hai Kawanii, beberapa waktu lalu kulkas di rumah sempat mengalami kerusakan. Ngga tahu kenapa, bagian bawah itu kehilangan fungsi pendinginnya, sementara bagian atasnya masih berfungsi dengan baik, masih sukses merubah air jadi es batu. Soal kerusakannya kenapa, aku sih gak ngerti. Mau nyari tukang service kulkas juga gak tahu kemana nyarinya, akhirnya itu kulkas rusak di jual dan beli yang baru.

Gak mau kejadian itu terulang di kulkas yang baru, akhirnya aku nyari tahu apa aja sih yang bisa bikin kulkas kita rusak. Ternyata, salah satunya karena kurangnya perawatan! Hiyaaampun, iya yah, apa-apa tuh kalau ngga dirawat pasti rusak, sama kaya hubungan Kita yang kurang terawat akhirnya putus juga *ehhh Oke Skip.

Dari hasil googling, dapet deh nih 5 tips sederhana perawatan kulkas biar awet dan gak cepat rusak. Sengaja ditulis di blog biar gak kelupaan, dan siapa tahu bermanfaat juga buat teman-teman.

Buka Pintu Kulkas Seperlunya
Jangan terlalu sering buka tutup pintu kulkas, soalnya ini bisa ngasih peluang udara dari luar masuk ke dalam kulkas dalam jumlah yang banyak. Dan hal ini bisa berakibat suhu kulkas naik. Kalau udah gini, kulkas butuh usaha ekstra buat nurunin suhu ke titik suhu dasar kulkas tersebut.

Isi Kulkas Secukupnya
Yang sering nge-Comline di hari kerja pas pagi-pagi, pasti tahu deh gimana kondisinya desek-desekan di kereta, AC yang biasanya kerasa dingin aja, seketika jadi gak berasa. Pengap dan gerah. Nah begitu juga kulkas, kalau isinya kebanyakan, ini juga bisa berakibat suhu kulkas bakal naik, dan lagi-lagi ini akan bikin kulkas jadi kerja lebih keras buat dinginin makanan ataupun minuman yang ada di dalamnya. Berarti, kulkas juga butuh ruang kosong biar sirkulasi udaranya lancar gitu yah?

Hindari Meletakkan Benda Panas ke Dalam Kulkas
Ini sih biasanya kalau bikin ager, panas-panasan suka langsung masukin ke kulkas, biar cepet beku. Ternyata hal ini berakibat mesin kulkasnya bakal menyerap lebih banyak energi listrik dan bikin token listrik jadi cepet abisnya. Huft. Pantesan aja!

Matikan Kulkas Jika Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama
Ini penting nih buat yang mau mudik. Kulkaskan ‘makan’ listriknya gede, kalau dimatiin dulu bisa ngehemat biaya listrik juga kalau kita perginya lama.

Bersihkan Kulkas Secara Rutin
Aha! Ini bagian paling mudah tapi justru suka males gitu yah buat dilakuin.Padahal, perawatan ini yang justru penting kan. Kalau sering dibersihkan, kita bisa terhindar dari bakteri dan kuman yang bisa bersumber dari makanan busuk gara-gara kelupaan, udah lama naro makanan di kulkas.

Tapi masalahnya, bersihin kulkas secara rutin juga butuh effort yang lumayan, coba yah ada jasa service kulkas yang gak cuma bisa memperbaiki kulkas tapi juga terima jasa merawat dan bersihkan kulkas juga? Hmm, tapi jangankan nyari jasa service buat perawatan kulkas, kadang buat service kerusakan aja bingungkan cari di mana?

 Sejasa.com


Eits! Itu sih dulu. Kalau sekarang aku udah gak bingung lagi. Di jaman serba online gini, apa-apa bisa banget dicari di internet, termasuk nyari jasa tukang service. Adalah, Sejasa.com platform service marketplace yang bisa memudahkan kita buat nemu penyedia jasa service kulkas terpercaya. Asyiknya nih, kita bisa milih penyedia jasa yang sesuai sama budget kita plus juga bisa nyari yang dekat sama rumah kita.

Caranya juga gampang banget, tinggal masuk ke webnya Sejasa.com, isi form request service kulkas terus jelasin deh detail jasa yang kita butuhkan. Nanti bakal dapat daftar estimasi harga dan beberapa pilihan penyedia jasa yang ada. Selain itu, kita juga bisa baca review dari costumer Sejasa.com yang udah pernah menggunakan jasa tersebut.

Kalau mau lihat hasil kerja penyedia jasanya, tinggal cek aja di halaman business profile. Lengkap banget deh nih Sejasa.com, nyari penyedia jasa yang sesuai sama kantong kita jadi kerasa lebih mudah. Horaaay!!

4 comments:

  1. Aku suka gak sabaran masukin makanan yang masih agak panas.. Pantesan kulkas di rumah suhunya dah gak dingin lagi.. Mau beli lagi mikir2 krn harganya lumayan mahal..

    ReplyDelete
  2. wii..baru tahu kalo masukin makanan panas ke kulkas nyerap energi listrik ya

    ReplyDelete
  3. Duh! Saya sering masukin agar2 juga, Mbak, di dalam kulkas. Besok lagi biarin agak adem dulu kali ya. Terima kasih ya, Mbak, utk infonya.

    ReplyDelete
  4. kalau bersehin kulkas itu bysanya 1 bln sekalai tau gmna ya mbk yg bagus?

    ReplyDelete