Thursday, June 30, 2016

Obral Obrol Tentang Vlog Dan Sakuku Di Acara Ngabuburit Bareng Blogger

Ngabuburit bareng blogger

Halo hai Kawanii, Ramadan tahun ini aku jarang banget deh yang namanya ngabuburit keluar rumah. Seringnya sih, ngabuburit di rumah aja sambil bantuin Ibu siapin menu buat buka puasa *pencitraan, ehhm* Tapi, ada yang beda nih dari aktivitas ngabuburit aku di hari ke 23 puasa. Berbekal undangan acara dari Blogger Perempuan Network, Selasa (28/6), aku beserta puluhan blogger jakarta dan sekitarnya datang ke acara Ngabuburit Bareng Blogger yang digagas sama BBlog dan Bank BCA.

Apa itu aplikasi Sakuku

Bertempat di resto Ocha & Bella, Jakarta Pusat, acara ngabuburit hari itu dibuka sama live acoustic performance. Suasana resto yang cozy, alunan musik, juga suara merdu dari penyanyinya pun melengkapi kenyamanan ngabuburit sore itu. Tuntas menyanyikan beberapa lagu favorit, acara pun benar-benar dibuka dengan hadirnya 2 MC kocak, yang sempat bahas dan tanya-tanya seputaran dunia blogging. Dan lalu ada sedikit sambutan dari Bapak Iwan dari Bank BCA, yang mana sambutannya terhadap blogger itu terasa hangat dan bersahabat banget.

Apa itu aplikasi Sakuku

Apa itu aplikasi Sakuku

Acara pun berlanjut dengan sharing session dari youtuber hits, Reza Sadha (@Rezafs), yang berbagi pengalamannya selama jadi vlogger. Pastinya, teman-teman udah tahu kan ya vlogger itu apa? Sederhananya, vlogger sama blogger itu hampir sama sih. Bedanya, kalau blogger sharing something lewat tulisan, kalau vlogger sharing something lewat video.
Vlogger yang udah punya subscribers hampir 60K ini, ternyata awalnya cuma iseng-iseng aja upload video. Bahkan video pertamanya itu direkam cuma pakai hp aja, yaiyaa sih namanya aja iseng gitu ya, yang ternyata banyak yang suka. Dari situ deh, Reza Sadha mulai debutnya di dunia vlogger.

Apa itu aplikasi Sakuku

Reza Sadha juga ngasih bocoran soal, gimana sih cara meningkatkan viewer youtube, terlebih buat vlogger pemula, yaitu dengan cara the power of socmed! "minta temen aja buat share-share video kita, kan kalau banyak yang share orang bakal penasaran juga, paksa aja paksa" Hehehe
Rada kocak sih ini tipsnya, ya tapi bener juga, cara terampuh emang maksimalin media sosial. Apalagi, facebook juga sekarang udah ada Facebook Ads kan, jadi kita bisa nge-boost postingan kita dengan mudahnya.

Jangan lupa kasih judul yang bikin orang penasaran dan kasih video thumbnail atau foto awal yang menarik buat videonya, tapi tentunya antara judul dan gambar awal harus nyambung yah sama isi video. Jangan macam jebakan batman. Gambarnya apa, isinya apa :v

Selain itu, eksplorasi hal yang mau kita share juga penting, bisa cari hal-hal uniknya, dan atau pengalaman baru juga bisa. Di sini lagi nemu kesamaan antara vlogger dan blogger, yaitu berlakunya istilah "content is the king". Yup, mau berbentuk tulisan ataupun video, konten tetaplah nomor satu, jadi penting buat nentuin konsep video yang mau kita bikin. Pun sama lagi seperti blogger, jadi vlogger juga butuh konsistensi dalam hal upload video. Dan yang gak kalah penting nih gaes, jadi vlogger kudu berani! Berani punya haters! Ahhh, ini sih udah resiko orang terkenal yee khaan :p

Apa itu aplikasi Sakuku

Selesai sharing session soal vlog, acara dilanjut dengan pengenalan inovasi terbaru dari BCA, yang bernama Sakuku. Kali ini, ada Mas Prima Utama Imanuel, yang kasih tahu lebih jauh tentang, Apa sih Sakuku tuh? Dari namanya aja, pasti dari kata SAKU yang identik sama kantong kecil di baju atau celana yang biasanya kita jadiin tempat buat nyempilin uang yaa kan? Nah, udah pasti, ini Sakuku juga kegunaanya sama, cuma bentuknya aja yang beda.

Jadi, Sakuku adalah aplikasi smartphone semacam dompet elektronik gitu. Fungsinya sih, hampir mirip sama Flazz, bisa buat bayar-bayar belanjaan juga, cuma kalau Flazz kan masih berbentuk kartu. Nah ini dibikin lebih sederhana lagi dengan bentuk aplikasi smartphone. Mengingat, orang-orang masa kini, hampir gak bisa lepas dari smartphone, aplikasi ini dijamin efektif, terlebih buat teman-teman yang suka kelupaan bawa dompet kalau pas keluar rumah.

Apa itu aplikasi Sakuku

Jaman beneran makin canggih yah, dari mulai orang belanja pakai uang tunai, beralih ke debit, kartu kredit, dipermudah lagi sama hadirnya kartu pembayaran praktis tinggal tap kaya Flazz BCA, ehh sekarang dikasih gampang lagi dengan hadirnya aplikasi Sakuku ini. #InovasiBCA nih emang bener-bener ajib deh ya! Tinggal kitanya aja kudu pinter-pinter menghasilkan rupiah.

Buat pengguna Android (OS 4.0 keatas) dan Iphone (iOS 7.1 keatas), Aplikasi Sakuku ini bisa di download dari Playstore ataupun Appstore, tinggal isi data diri + verifikasi, voila! Aplikasi Sakuku langsung aktif dengan nomor hp kamu yang jadi nomor pengenal Sakuku-nya. Gampang banget kaaan?

Nah, buat top-up atau isi saldo Sakuku ini juga cukup mudah kok, soalnya bisa via ATM BCA, Klik BCA dan bisa juga via M-Banking BCA. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini gak cuma berlaku buat nasabah BCA aja, buat non nasabah juga bisa. Cuma, kalau mau top-up, berarti tetap harus nebeng ke teman yang punya rekening BCA yaaa.

Saldo maksimal yang bisa diisi di aplikasi Sakuku ini maksimal sampai 1 juta rupiah. Selain buat bayar-bayar belanjaan (cek daftar merchant Sakuku, di sini), bisa juga nih buat beli pulsa, pulsa buat sendiri, buat oranglain atau beliin pulsa buat aku juga bisa kok *ehhh.

Apa itu aplikasi Sakuku
Sakuku Plus
Sebetulnya, selain dua hal itu, aplikasi Sakuku juga bisa digunakan buat tranksaksi perbankan, seperti transfer, split bill, dan jagonya nih bisa buat tarik tunai di ATM juga! Cuma, syaratnya, aplikasi Sakuku-nya harus di-upgrade ke Sakuku Plus. Tapi tenang aja, cara upgrade-nya juga gampang, buat nasabah BCA yang pakai fitur M-Banking bisa otomatis upgrade, bisa juga dengan cara input nomer kartu ATM BCA-nya, sementara buat non-nasabah BCA yang mau upgrade bisa datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat. Kalau udah upgrade ke Sakuku Plus, saldo maksimalnya bertambah jadi 5 juta rupiah. Lebihnya lagi, aplikasi ini juga bebas biaya admin bulanan.

Menurut aku, aplikasi ini beneran bakal bermanfaat deh buat aku. Kalau misal, lupa gak bawa dompet, aku tinggal topup Sakuku pakai M-banking, terus cari ATM BCA yang udah ada logo Sakuku-nya deh buat tarik tunai. Tapi sayang, aplikasi Sakuku belum tersedia di Windows Phone, jadi syediih :((


Well, saking serunya obral obrol tentang Sakuku, tahu-tahu udah maghrib aja. Setelah batal berjamaah, sholat maghrib dan makan. Acara masih berlanjut, dengan sesi pembagian doorprize, dan pengumuman pemenang live tweet juga instagram.

Apa itu aplikasi Sakuku
Menu bukaan
Apa itu aplikasi Sakuku
Photobooth
Apa itu aplikasi Sakuku

BCA

4 comments:

  1. ngabuburit nya seru
    aplikasi menarik, perlu nyoba mumpung THR masih hangat :)

    ReplyDelete
  2. Salam knal mba nova, kmrin akubjuga dateng ngabuburit.. hhee

    ReplyDelete
  3. Kalau vlog itu masih bingung ngeditnya biar uploadnya nggak lama.

    ReplyDelete
  4. Akuuu mau jadi Vlogger kakaknya :D

    ReplyDelete