Saturday, November 12, 2016

Ada Apa Aja Sih Di International SWAM Expo 2016?

Halo hai Kawanii, Selasa, 08 November 2016 lalu, aku dan beberapa teman blogger menghadiri acara press conference International SWAM 2016 di ICE BSD – Tangerang. Hmm, pasti pada bertanya-tanya kan International SWAM itu acara apa?


Sejujurnya, aku juga baru tahu kemarin sih soal SWAM ini, padahal tahun ini merupakan tahun ke-7 digelarnya acara ini di Indonesia. Jadi, SWAM itu sebetulnya singkatan dari Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine (SWAM). Well, kalau selintas baca kata Aesthetic, entah kenapa aku mikirnya langsung ke operasi plastik! Muehehehe. Padahal, soal estetika di dunia kedokteran kan bukan cuma operasi plastik aja yak? Kebanyakan nonton drama korea sih kayanya mah ya :p

Acara press conference yang dibuka oleh penampilan penari zumba ini, menghadirkan pembicara, yang diantaranya adalah, ada Dr. Teguh Tanuwijaya sebagai ketua pelaksana International SWAM 2016, ada juga Dr. Abdul Razak Thaha, SpGK (President of PERDAWERI), Bpk. Darmawan Prasodjo (Deputi I Kepala Staf Kepresidenan), dan ada juga Bpk Dadang Rizki Ratman (Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Kementrian Pariwisata). Aku sempat bertanya-tanya sih, kenapa kok di acara kedokteran dibidang kecantikan gini ada perwakilan dari Kemenpar ya?


Akhirnya, pertanyaan itu tejawab sudah. Jadi, kalau selama ini aku tahunya wisata itu cuma ada wisata kuliner, wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, ternyata ada juga yang namanya wisata kesehatan! Yang mana maksudnya adalah, orang yang melakukan kunjungan ke suatu kota/negara yang tujuannya ya untuk kesehatan, seperti melakukan pengobatan atau apa gitu.

Nah, Indonesia ternyata juga mulai melirik wisata kesehatan ini. Apalagi, menurut Dr Teguh, beberapa waktu ke depan akan dibangun resort anti aging di Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Turis yang datang, pasti bakal menyisihkan waktu buat jalan-jalan juga kan selain buat perawatan? Maka, acara International SWAM 2016 ini juga bakal jadi gerbang untuk Indonesia menjadi Health Tourism Destination, khususnya di bidang anti aging – estetika. Oh well, potensi besar buat meningkatkan devisa negara, yes?


Untuk acaranya sendiri, International SWAM – Anti Aging Exhibition 2016 ini akan berlangung pada tanggal 2 – 4 Desember 2016, bertempat di ICE – BSD, Tangerang. Acara yang berlangsung selama 3 hari ini, akan berisi 2 event utama. Yaitu, International SWAM 2016 dan SWAM Aesthetic Beauty Expo. Aku jelasin sedikit lebih detail gambaran buat dua acara utamanya ini ya!

Yang pertama, International SWAM 2016, berisi acara seminar yang diperuntukkan bagi sekitar 2000 dokter (dari dalam dan luar negeri), dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan dalam bidang hal anti aging – estetika.

Dan sebagai sebuah seminar bertaraf international, i-SWAM 2016 tentu juga berkomitmen untuk menghadirkan para ahli di bidangnya, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Jadi, gak heran kalau International SWAM ini menduduki posisi seminar ke 3 terbesar di DUNIA! Wohoo, Indonesia wajib bangga nih.

Kerennya lagi, acara ini juga sekaligus menjadi barometer dunia estetika, karena selalu mengetengahkan materi-materi scientific terkini, mengupas tuntas tentang science behind aesthetic medicine, dan secara interaktif juga bakal dibarengin sesi 'anatomy dissection' dalam satu panggung secara berdampingan.

Hmm, jujur, aku mah gak paham istilah beginian, tapi yang pasti International SWAM 2016 ini akan jadi sarana yang tepat buat para dokter (di bidang anti aging – estetika) yang merasa perlu untuk upgarde skill, apalagi acara ini juga bersertifikat IDI lho! Mantep kan? Yang berminat buat join atau mau cari info detail terkait acara ini, bisa cek ke websitenya di www.swamexpo.com


Yang kedua, SWAM Aesthetic Beauty Expo 2016, nah kalau yang pertama khusus untuk para dokter, yang ini terbuka untuk umum nih. Tujuan utama dari Expo ini tidak lain, untuk mengedukasi masyarakat awam tentang pentingnya memperluas wawasan dan pengetahuan soal keamanan dan layanan estetika di Indonesia, supaya gak ‘asal’ dalam memilih layanan estetika yang dibutuhkan. Dan tentu, pameran klinik anti aging dan estetika bertaraf international ini juga punya tujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah bagi masyarakatnya yang mencari informasi atau membutuhkan wisata kesehatan.

Selain itu, ajang SWAM Aesthetic Beauty Expo 2016 ini juga, jadi sarana yang pas untuk para pebisnis bidang anti aging – estetika, pemilik klinik kecantikan dan kesehatan, salon dan spa, serta produk alat-alat kesehatan dan produk alat kecantikan untuk memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan produk baru, memperluas pasar dan jaringan/relasi bahkan juga menciptakan penjualan. Malah, artis-artis papan atas yang juga punya bisnis di bidang anti aging – estetika juga ikut ambil bagian lho di acara ini. Ada yang menjadi peserta pameran atau pun menjadi narasumber dalam talkshow.


Di acara press conference kemarin juga hadir para artis seperti, Bunga Zainal, Betran Antolin, Galih Ginanjar, dan beberapa artis lain. Hadir juga beberapa calon suami speaker untuk di acara seminarnya, di antaranya Dr. Kyungkook Hong (Dermatologist from Korea). Kalau yang asalnya dari Korea, kenapa terasa eye catching banget di mata yah? Bhahaha apabangetlah ini :3



Selain dua acara utama di atas, PT. Perdesti Global Medicom selaku pemilik dan penyelenggara International SWAM 2016 ini juga menggelar beragam competition menarik. Seperti, Line Dance Competition, Zumba Dance Competition dan ada juga Make up Competition yang mengusung tema Bali’s Enchanting Beauty berhadiah puluhan juga rupiah!! Gak ketinggalan, bakal digelar fashion show dan talkshow seputaran dunia anti aging – estetika juga. Be there yaa guys! ^^



8 comments:

  1. Yang pasti acara ini banyak yang cantik-cantik, dijamin deh bakal tambah cantik sepulng dari sini :)

    ReplyDelete
  2. udah yang ketujuh ya mbak acara ini. duh, aku kudet banget, swam 1-6 aku ga tahu sama sekali

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk org yg masih parno soal anto aging. ADa ketakutan kalau mau pakai produk2 anti aging. Sptnya orang-orang spt saya ini butuh banget bran storming semacam iSWAM ini

    ReplyDelete
  4. Wuah... acaranya disiapkan dengan maksimal, nih. Harus dikunjungi.... karena menarik sekali

    ReplyDelete
  5. Dooh,.. saya baru tau loh ternyata ada wisata Kesehatan juga

    ReplyDelete
  6. wuaa yang hadir di acara ini nanti pasti bakal dapat ilmu bejibun ya mba. Kalau awam bisa punya referensi tempat dan produk kecantikan yang ramah kulit. Duh pengen deh punya kulit kinclong kayak artis tapi ga bikin deg-degan...

    ReplyDelete
  7. bakal banyak produk yang kece kayaknya di sana :)

    ReplyDelete
  8. Wahh event kece nih. Gabole ketinggalan

    ReplyDelete