Tuesday, November 8, 2016

Mudahnya Membuat NPWP Online

Cara Membuat NPWP Online

Halo hai Kawanii, ngomongin NPWP alias Nomor Pokok Wajib Pajak. Sekitar satu tahun lalu, aku pernah ngalamin hal kurang menyenangkan hanya karena gak punya NPWP, yaitu sempat ditolak waktu ngajuin pembukaan rekening di sebuah bank.

Waktu ceritain hal ini di blog, beberapa teman bilang "bikin aja sih Ran, gampang kok bikinnya".. Hmm, its okee, bikin NPWP mah emang gampang banget, aku juga pernah nemenin saudara bikin NPWP dan emang mudah. Yang gak mudah itu, kenyataan kalau bikin NPWP buat yang gak kerja alias yang pengangguran atau yang kerja tapi freelance itu SUSAH!! Karena... Ya sebetulnya kalau gak punya penghasilan tetap kenapa harus punya NPWP?

Tapi, gimana dong, kadang NPWP ini dibutuhin juga buat urusan administrasi beberapa hal. Seperti aku, butuh buat bikin rekening bank. Seperti Bapak, yang akhirnya butuh NPWP buat kelengkapan dokumen pas ngajuin pinjeman ke Bank. Seperti juga Kamu, yang aku gak tau Kamu mau ngapain bikin NPWP?? Curhat sini, siapa tau jodoh *ehhh :v

Tapi, beberapa kali aku nemuin kasus, ternyata sekarang NPWP juga dibutuhkan untuk orang yang mau atau akan melamar kerja. Hmm, ternyata untuk kasus begini, pihak pelayanan pajak ngasih kemudahan dengan, cukup memasukan nama dan alamat perusahaan tempat akan melamar kerja. Padahal, secara logika, apalah bedanya pelamar itu sama aku, sama-sama pengangguran. Bedanya cuma, dia mah mau ngelamar kerja, aku mah ngga -___- Entah kerasa gak adil aja sik.

Walau di sisi lain, yaaa ada bagusnya juga sih, karena dengan begitu orang yang baru mau ngelamar kerja gak dipersulit urusan administrasi NPWP. Gak kebayang juga, udah mah baru mau ngelamar kerja, eh bikin NPWP aja dipersulit. Cuma dari sudut pandang aku aja sih yang merasa gak adil, aku yang kerjanya freelance gini merasa sangat ter-diskriminasikan bhahahahaha. You know what i mean, freelance itu cuma bahasa kerennya aja, aslinya sih kerja serabutan, apa aja dikerjain :p

Sampai akhirnya, pencerahan itu datang dari seorang teman, yang ngakunya sih kembarannya RAISA :p Jadi hari itu, kita lagi ikut satu acara yang sama. Pas masuk waktu break, kita selonjoran sambil ngobrol ngalor ngidul. Perhatian aku sempat teralihkan waktu liat email dari salah satu online shop yang ngasih mega-discount buat pembelian Samsung Galaxy J series tapi dengan syarat belinya harus pake kartu kredit tertentu. Hiyaakkk, jangankan kartu kredit, NPWP aja aku gak punya, kataku, ngedumel dalam hati.

Terus, malah iseng nanya Raisa, "Tar, kamu punya NPWP?" btw, Raisa ini nama panggilannya Astari :v
Tari jawab punya, dan berujung dengan curhatan yang aku ceritain diawal tulisan ini. Terus Tari bilang, "Bikin online aja Ran, Tari juga bikinnya online kok dan kayanya gak ada masalah soal kerjaan". Gak pake nunggu nanti, saat itu juga langsung buka laptop dan minta bantuin Tari buat bikin NPWP via Online.

Jadi, langkah pertama, buka website https://ereg.pajak.go.id/ daftar menggunakan email aktif. Setelah itu, cek email buat aktivasi pendaftaran (cukup klik link yang dikirim di email). Setelah itu, udah deh tinggal isi data-data yang dibutuhkan. Buat yang bertanda bintang (*) itu artinya harus diisi, nah soal kerjaan gak ada tanda bintangnya (*) jadi aku merasa aman :D Terus aja ikutin isian yang diminta, sampai proses input nomer token untuk langkah terakhir sebelum kirim data permohonan NPWP secara Online ini (nomer token akan terkirim ke email)

Abis itu tinggal nunggu aja, permohonan kita diterima atau ngga via email. Cuma hitungan menit, aku langsung dapat email notifikasi dari ereg pajak itu, kalau permohonan pembuatan NPWP punyaku DITERIMA! Horaaay!! Senang bukan main rasanya, setelah pernah gagal dan akhirnya berhasil jugaaa *terharu

Di email notifikasi, ada keterangan kalau SKT dan NPWP akan dikirim ke alamat tempat tinggal, jadi langkah selanjutnya aku cuma perlu aja, karena buat nomor NPWP-nya mah aku udah dapat. Tapi, tunggu punya tunggu, itu NPWP gak kunjung ada yang nganterin jugak *duh Urusan kirim-kirim berkas gini, agak susah kayanya kalau ke pedalaman mah yak *sadarlokasi

KPP Pratama Ciawi
Jadi Ciawi itu SINGKATAN yaaa :D
10 hari setelah pendaftaran, akhirnya aku inisiatif aja datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ciawi, yang lokasinya sih gak di Ciawi, malah ada di Jalan Dadali No 14, Tanah Sareal *gak terlalu jauh dari GOR Pajajaran. Niatnya sih mau nanyain aja dan siapa tahu bisa diambil langsung.

Alhamdulillahnya BISA, malah mbak yang ada di meja informasi itu bilang gini, "meskipun pembuatannya online, tapi tetap disarankan buat pengambilan datang langsung ke kantor pajak sesuai yang tertera di email"

Proses pengambilannya juga gak susah kok, cuma diminta fotocopy KTP aja plus ngisi formulir pencetakan ulang NPWP, dengan mencantumkan nomer registrasi yang kita dapat via email. Setelahnya, tinggal nunggu dipanggil, gak lama kartu NPWP pun udah ditangan, lengkap dengan reminder dari mbak petugas pajaknya "Mulai tahun depan, wajib lapor pajak tahunan ya. Minta bukti potong (apa yah kemarin tuh namanya, lupa) dari bagian keuangan di tempat kerjanya" Aku mengangguk dengan pasti!


Sebelum pulang, penasaran. Aku nanya lagi ke Mbak yang ada di meja informasi, "Mbak, kalau gak kerja gak bisa bikin NPWP yah?" Mbaknya jawab dengan pasti juga, "Ngga bisa mba" Owh, Okaay, aku berlalu sambil dalam hati bilang, gak tau aja mbaknya, aku bikin NPWP gak pake nyinggung soal kerjaan tuh pas ngisi formulir *nyengiir


Terima kasih Direktorat Jendral Pajak, fasilitas pembuatan NPWP secara online ini sangat sangat memudahkan ^^ very appreciate ~ 

8 comments:

  1. sekarang bisa bikin via online ya, ran. enak banget jadi gampang, ga pake lama. hehe

    ReplyDelete
  2. Sekarang membuat apasaja gampang ya karena sudah ada sistem online, semoga saja dipergunakan dengan baik ya

    ReplyDelete
  3. aku udah daftar npwp online mba..udh dpt nomornya juga... tapi belum ngambil kartunya , jauh... tempatnya..

    ReplyDelete
  4. Suamiku waktu bikin NPWP dipermudah gara2 ternyata petugasnya itu temen suami. Padahal sih gak minta dipermudah juga, cuma temennya pengertian bgt, wahahaha.

    ReplyDelete
  5. Kalau NPWP online ada syarat2 yang mesti dilampirkan gak, mbak?

    ReplyDelete
  6. waw ternyata bisa bikin online ya, nanti aku bikin deh, siapa tau tengkulak padi nanyai NPWP ke sayah :)

    ReplyDelete
  7. kemaren temenku ada yang bingung pas mau buat NPWP secara online, akhirnya dia nyerah deh, hehehe

    ReplyDelete
  8. nah kebetulan ni mau bikin npwp buat rek tabungan, mau datang langsung lumayan jauh, nyoba online dulu sapa tau bisa.

    ReplyDelete