Saturday, January 6, 2018

Panduan Sebelum Membeli Kain Batik Asli Indonesia

Panduan Sebelum Membeli Kain Batik Asli Indonesia

Kain batik adalah salah satu produk Indonesia yang paling populer di manca negara. Selain karena motifnya cantik dan beragam, jenis ini dibuat dengan cara berbeda. Seni membatik telah menjadi budaya di Indonesia. Karena pengerjaannya unik, kain ini juga perlu perawatan khusus.

Macam-macam kain batik yang mudah ditemui di pasaran


Pada proses membatik, tidak semua jenis bahan dapat digunakan. Kain nan cocok perlu memenuhi beberapa persyaratan khusus. Misalnya: tidak mudah rusak karena dibatik dan dapat diberi warna pada suhu dingin. Supaya lebih jelas, berikut ini jenis kain cocok sebagai kain batik:


1. Mori merupakan kain tenun benang kapas yang diputihkan. Mori terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:

  • Mori Primissima: jenis kain kualitas paling tinggi dengan spesifikasi nomor benang yg halus, tepal benang tinggi, serta anyaman rapat.
  • Mori Prima: kualitas sedang, spesifikasi sedikit kasar dan tebal lebih redah.
  • Mori Biru: mori berkualitas rendah dengan karakter benang tebal, serta kerapatan kasar.
  • Mori Voalisima: memiliki kualitas setara mori primissima, namun ketebalan benang lebih rendah.

2. Grey merupakan tenun benang kapas yang tidak diputihkan. Grey memiliki warna alami dan terdiri dari beberapa jenis:

  • Blancu: tenun kapas olahan pabrik.
  • Tenun ATBM: tenun kapas hasil olahan alat tenun.
  • Tenun Gedhog: tenun serat kapas yang dioleh dengan alat tenun tradisional.

3. Rayon merupakan serat hasil regenerasi serat selulosa. Keunggulannya, warna berkilau.
4. Kaos Kapas ialah katun hasil rajutan.
5. Sutra terbuat dari serat protein. Sutra terkenal berkualitas tinggi karena teksturnya halus dan warnanya indah.


Keunggulan batik tulis asli vs batik print

Meskipun relatif lebih mahal, batik tulis memiliki keunggulannya sendiri. Berikut ini adalah keunggulannya dibanding jenis cetak:
  • Eksklusif, karena tidak diproduksi massal sehingga tidak banyak yang punya model serupa.
  • Motifnya khas dan unik. Meski terdapat pengulangan motif dalam satu kain, setiap bentuknya akan berbeda. Hal ini karena proses penggambaran dilakukan secara manual menggunakan tangan.
  • Permukaan kedua sisinya memiliki kualitas warna serupa. Berlaku pada jenis motif yang digambar dengan cara dicelup.
  • Mengandung nilai seni tinggi. Proses pengerjaannya rumit dan detail saat membuat desain. Dimulai dari penggambaran desain di kain, penyantingan, lalu pewarnaan.
  • Saat memakainya muncul kesan bernilai lebih. Itu karena feel bagi pemakai akan berbeda dengan jenis motif cetak printer.

Pasar online kain batik yang terjamin keasliannya

Tertarik mencari batik asli? Kini ada inovasi yang memungkinkanmu membelinya dari pengrajin langsung. Situs jual beli Qlapa menyediakan fasilitas untuk menjembatani pengrajin dengan pembeli. Kamu tak perlu repot cari barang unik ke tempat-tempat produksi. Selain itu, perlu takut mendapat barang palsu.
Di Qlapa, seluruh produk diseleksi satu per satu sehingga barang yg kamu dapat pasti asli dan berkualitas. Selain kain batik, ada pula beragam barang kerajinan tersedia di sini, di antaranya: pakaian, furnitur, perhiasan, aksesoris, hingga perabot. Kamu bisa memodifikasi dan mengatur model pesananmu sendiri loh! Untuk pembayaran, dana akan ditahan pihak pengelola situs terlebih dahulu. Apabila barang sudah sampai di tanganmu, uang akan dikirim ke pengrajin sehingga meminimalisir resiko penipuan.

Batik Lasem
Motif Batik khas Lasem, Indonesia

Cara merawat kain batik agar tidak mudah sobek

Karena dibuat dengan teknik khusus, jenis kain ini juga perlu perawatan spesial. Berikut adalah cara merawat batik agar warnanya tetap awet.
  1. Gunakan sabun khusus untuk mencuci batik.
  2. Bahan alami seperti lerak atau daun tanaman dilem dapat digunakan pula sebagai pengganti sabun. Cukup remas bahan tersebut sampai berbusa dan tambahkan air.
  3. Jangan gunakan deterjen saat mencuci. Penggosokkan juga sebaiknya dihindari.Selain itu, cukup rendam dengan air hangat untuk mencuci bahan yang tidak terlalu kotor. Bila terkena noda makanan, dapat digunakan sabun mandi atau kulit jeruk.
  4. Hindari penggunaan mesin cuci.
  5. Tidak perlu memeras saat akan menjemur. Penjemuran juga sebaiknya dilakukan di tempat teduh dan diangin-anginkan.
  6. Saat menjemur, bagian tepi batik ditarik perlahan agar serat yang terlipat kembali lurus.
  7. Hindari menyetrika batik secara langsung. Jika kusut, semprotkan air dulu sebelum disetrika.
  8. Jangan semprotkan pewangi secara langsung. Sebaiknya tutup batik tulis dengan koran sebelum disemprot cairan pewangi.
  9. Simpan menggunakan plastik.

Tidak punya waktu beli kain batik di toko? Coba ini!

Proses membatik terlihat rumit. Kalau kamu tidak hobi di bidang seni, tentunya akan kesulitan membuatnya sendiri. Untungnya, saat ini ada situs yang dapat memungkinkanmu memesan kain batik di qlapa langsung dari pengrajinnya!
Qlapa menyediakan aneka barang kerajinan mulai dari pakaian hingga perabot. Kamu tinggal mengaksesnya melalui situs atau apps Android dan iOS. Selanjutnya, barang akan langsung dikirim ke rumahmu. Bagaimana soal keamanan dan jaminan kualitas? Qlapa menjamin seluruh produk di dalamnya adalah produk branded. Selain itu, dana akan ditahan sementara oleh pihak Qlapa sampai item benar-benar sampai di tangan pembeli.

2 comments:

  1. Aku suka banget batik, kebanyakan dipake buat celana.
    KAlo beli suka bingung,pengen semua motif batik indonesia banyak bangeeet. Oiya aku suka juga intip2 di qlapa, lucu2 atulaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan akuuu yang suka naksir sama model celana yang dipake teteh ahahahaa.
      Iyaa bener, kalo beli batik suka bingung yak, bagus-bagus semuaa.

      Delete