Saturday, September 6, 2014

Nyicip Rasa Sulawesi Lewat Festival Kuliner Serpong 2014



Di Summarecon Mall Serpong
Rumah adat Sulawesi
Festival Kuliner Serpong 2014 - Denger istilah festival kuliner rasanya langsung bayangin gimana serunya bisa icip-icip banyak makanan cukup di satu tempat. Makanya, pas tau temen-temen blogger dari Bogor mau pada datang ke acara ini, aku minta ikut aja. Alhamdulillah, salah satu temen Blogger ada yang berbaik hati mendaftarkan aku, dan malah ngajakin buat berangkat bareng. Kita berangkat dari Bogor sekitar jam 1, karena acaranya dimulai jam 3 sore. Tapi, sayang kondisi jalan yang gak bisa diprediksi membuat kita datang terlambat.

Summarecon Mal Serpong baru bisa kita pijak lantainya sekitar jam 4 sore. Sementara itu, temen-temen blogger yang datang lebih awal udah diajak jalan-jalan mesra naik bis khusus untuk sampai ke SDC (Summarecon Digital Center). Beruntungnya, masih ada beberapa blogger lain yang juga datang terlambat, asiikkan jadi ada temennya, hehe. Sementara nunggu rombongan yang lagi jalan-jalan, kita-kita ini yaaa lebih dulu nyatronin tempat berlangsungnya acara Festival Kuliner Serpong 2014 yang ada di area parkir selatan Summarecon Mall ini.
Fasilitas dari Summarecon
Fasilitas Shuttle bus yang menghubungkan Summarecon Mall Serpong-Summarecon Digital Center-Scientia Square Park

sambil menikmati waktu menunggu
Tema Festival Kuliner Serpong 2014 kali ini adalah Sulawesi Nyamanna’... Pe Sadaap. Aku pikir, pasti isinya makanan sulawesi semua, secara dekorasinya aja udah serba Sulawesi. Ternyata eh ternyata meski tema dan dekorasinya bernuansa Sulawesi, di dalem itu isinya tetep Indonesia banget karena ada banyak juga makanan khas daerah lain. Semisal ada Asinan Bogor Nyonya Lenny, sebagai warga Bogor seneng dong tentunya makanan khas daerahnya ada di sini juga. Belum lagi, jajaran jajanan yang biasanya ada di pinggiran jalan juga ada di sini. Semisal cilok, cimol, kue pukis, rujak beubeuk(tumbuk), kerak telor, yaaa banyak deh pokoknya. Aslinya sih kaya surganya makanan, pecinta kuliner bisa betah berlama-lama di tempat ini.
Suasana pengunjung FKs 2014
Aku yang mulai kehabisan tenaga karena perjalanan yang lumayan melelahkan (padahal sih cuma duduk manis di mobil), akhirnya cuma menghabiskan waktu menunggu sambil perhatiin orang-orang yang sibuk lalu lalang di Summarecon Mal Serpong. Tepat sih memang, waktunya pas weekend, cuacanya pas cerah, acara dan tempatnya juga pas buat didatengin, dan emang pas banget kalau ini mall banyak pengunjungnya. Aku liat banyaaak banget keluarga yang keliatannya sengajain 'jajan' di Festival Kuliner Serpong yang cuma di gelar sampai 7 September ini. Ah, makin gak sabar nunggu bisa icip-icip nih.
Festival kuliner serpong 2014
Ini Alat transaksinya...

Festival kuliner serpong
Kartu tadi bisa didapatkan di Loket ; Untuk jajanan gerobak pembayaran dilakukan di kasir

Dan pada waktunya, rombongan blogger yang abis jalan-jalan datang juga. Tapi, karena aku datang terlambat jadi masih butuh waktu buat bisa dapetin free voucher 100K buat  icip-icip jajanan di dalem. Sementara yang lain udah berhamburan dan kembali bawa menu pilihan masing-masing. Gak lama, baru deh aku bisa registrasi ulang yang akhirnya voucher di tangan. Yes, mari jajaaaan...
Di festival kuliner serpong 2014

Yang pertama mau aku beli pastinya makanan khas Sulawesinya dong. Sempet galau sih, antara Sop Konro sama Mie Cakalang karena kedua tempat ini sama panjang antriannya tapi akhirnya pilihan jatuh sama sop konro meski antrinya gila-gilaaan (pertanda makanan yang banyak peminatnya).
Pegel karena bermenit-menit berdiri antri terbayar pas Sop Konro Bakar udah nangkring depan mata. Tapi belum sampai suapan pertama, temen-temen blogger minta foto dulu. Eh, bukan minta foto sama aku deh tapi minta foto Konro-nya haha *Kalah tenar*. Yes, inilah sensasinya jadi blogger, makanan belum wajib santap kalau belum di foto.
Konro bakar yang yummy
Konro bakar tapi tetep dapet kuah sopnya lhoo
Akhirnya, suap demi suap daging iga sapi bakar berteksur lembut dengan bumbu kacang yang yahuud dipadu kuah sop hangat bisa aku nikmati juga. Dengan harga cuma 33000, aku udah dapet konro yang besar jadi aku makannya tanpa nasi, kebayang aja kalau pake nasi kenyangnya kaya apa.
festival kuliner serpong 2014
Festival Kuliner Serpong 2014 ; menjelang malam suasananya jadi romantis.

serunya menjelajah FKS 2014
Usai melahap tuntas konro bakar, tiba waktunya buat eksekusi makanan lain buat dibawa pulang. Tapi karena pilihan makanannya banyak sementara waktu terbatas, aku malah kebingungan sendiri di dalem. Akhirnya aku melipir ke stand Lumpia Sulawesi yang kebetulan lagi gak begitu antri, aku beli 2 lumpia dan 2 pastel. Di sebelah stand Lumpia ada stand Klapertart tapi aku lebih tertarik buat antri di stand sebelahnya, yaitu stand yang jual Bubur Manado dan uniknya mereka jual pisang goreng yang dicocol sambel. Tapi aku cuma beli Bubur Manadonya aja, abis penasaran sama rasanya. Terakhir, karena waktu udah mepet dan yakin udah ditungguin yang mau pulang ke Bogor, aku abisin sisanya buat beli sop duren (padahal mah di Bogor juga ada --")

Pas mau keluar area FKS ini, aku malah tergiur bangeeet pengen nyoba cilok, tapi sayang vouchernya udah kosong, mau diisi bisa-bisa pulang pagi aku (saking antrinya). Jadi, ya udah sampai sekarang itu cilok masih menari-nari indah aja di pikiran aku :p

Dan alhamdulillah sebelum tengah malam aku udah mendarat cantik di rumah tanpa tangan kosong.
blogger preview invitation
Makasih ya Summarecon Mal Serpong buat goodiebag-nya, buat Kopi Toraja-nya, juga buat free vouchernya ^^

Festival Kuliner Serpong 2014 di summarecon Mall Serpong
Nah, buat temen-temen yang mau ke sini ayo deh mumpung masih ada sampai tanggal 7 September. Tapi kalau udah gak keburu, siap-siap tahun depan yah! Soalnya acara Festival Kuliner Serpong ini merupakan acara tahunan dari Summarecon Mal Serpong.


Tulisan Ini Diikutsertakan dalam Summarecon Mal Serpong Culinary Writing Competition

45 comments:

  1. Replies
    1. sini sini Mbak icip icip konronya :D

      Delete
  2. Ke Sumarecon Serpong dari Bogor naik apa gampangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren sih aku naik mobil rentalan ke Summareconnya..
      Kalau naik umum dari Bogor naik kereta ke Tanah Abang, turun dan naik lagi kereta yang ke Serpong, turun di stasiun Rawa Buntu terus lanjut naik angkot ke arah perum kalo gasalah, bisa turun di depan mallnya :D hhe

      Delete
  3. seru abis ya... masih brasa pengen ksana lagi mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kak, ehss kaka kan masih ada free vouchernya kan? ayoo besok sehari lagi kan ..

      Delete
  4. Wow, daging iga sapi bakar! Sudah lama sekali saya enggak makan itu. Namanya rada aneh, ya: Sop Konro. Pasti rasanya lebih "aneh", he-he-he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm justru rasanya nendaaang bangeet mas hha:D

      Delete
  5. ada makanan kapurung dan sinoleh gk mbak rani ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada ya mas, tapi kemaren aku sih gak nemu *atau lupaaa hhe

      Delete
  6. wah wah ada rani, kok gak mampir sih, eh :D

    ReplyDelete
  7. Huhuhu postingan ini lagi, iri akuuu, seandainya dekat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejauhan yah mak ini :)
      semoga deh ntar2 di kota terdekat mak Rahmi ada acara kaya gini yaaah

      Delete
  8. Wah...asyik ya bisa menjelajahi festival kuliner yang ada di Summarecon Mall Serpong... Apalagi di sana kita bisa mendapati beberapa makanan khas selera nusantara... Kira2 ada makanan khas Palembang gak ya? Sayang sekali tempatnya jauh sekali sehingga aku gak bisa mengunjunginya... Aku hanya bisa mengikuti serunya festival ini melalui tulisan2 para blogger yang sudah menjajakkan kaki dan mencicipi beragam kuliner nusantara di sana... Nice post...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya makanan palembang juga ada mak..
      dan keliatannya makanan khas seluruh indonesia diadain disini :D

      Delete
  9. Sayangnya makanan favoritku gak ada .......... Sop Sodara sama kue Barongko :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga makanan khas lain yg belum ada ya mak.. kirain aku udah ada semua disana..

      Delete
  10. foto-fotonya Rani masih terang ya, aku kebagian yang malam. oh ya foto halbil belum aku kirim ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak aku kebagian foto2 pas masih siang..
      iya kak, kemaren udah satu ya :)

      Delete
  11. wah di foto-fotnya ada rumah tongkonan sama kopi Toraja, itu dari kampung halaman aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa? Kopi toraja-nya juga aku udah coba lhoo :D

      Delete
  12. Ran, buat Cilok dewe ayook. :D
    Asyik goyang lidah keknya nih. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa yah kak? belum pernah coba akuuu..
      coba googling resepnya dulu yak :D

      Delete
  13. Pengen banget nyicip konronya. Dulu waktu ke Makassar nggak sempet ngobain konro. Sayang tempat festivalnya jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang banget yah mak Ika, smoga nanti berkesempatan nyoba konro nya langsung di makassar yah mak :))

      Delete
  14. Cucu Setiawati9/12/14, 3:50 PM

    Sistaa kayanya sop konro bakarnya enak banget tuuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelaaas enaak cyiin.. kan gretengona eike nyobanya haha *tapi emang beneran enak :D

      Delete
  15. wah untung saya jauh,,kalau dekat pasti ikutan icip-icip hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah gak apa-apa pak kan seru icip-icipnya :D

      Delete
  16. waaaa ngiler konro bakarnya kayaknya kok enak lezat ya wkwkwk mau donk raniiyy hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. seriusan emang enak banget ini mas, haha
      ayo cobain langsung di makassar yaah :D

      Delete
  17. Wahahahah memang saya KUDET alias kurang Apdet. Ketinggalan ada infoh lomba seperti ini. HIEhiehiheie. Padahal catatan kuliner saya buanyak Hiehiehiehiehe Ya wis blum rezeki Wahahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. tapi persyaratannya harus datang langsung juga kang ke acaranya..
      udah diumumin juga nih kemaren :D

      Delete
  18. kangen dengan makanan sulsel, mudah-mudahan bisa mudik bulan ini.

    ReplyDelete
  19. wah enak ya mbak ya, gak usah jauh2 ke Sulawesi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa nih mbak, ada acara kaya gini tuh enak banget emang.. jadi gak usah jauh2 kesana:))

      Delete
  20. masakan khas Sulawesi bikin ngiler aja nihhh....meski bukan orang sana tapi sumpah saya suka banget sama makanannya, seperti cotto makassar, sop konro dll...sukses bwt kontesnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak, sayang banget aku belum nyoba yang cotto makassar sama mie cakalang, padahal pengen banget hikss

      Delete
  21. Enaknya di Jakarta itu mall nya besar2 & bagus2

    ReplyDelete
  22. maulah ikutan kak, saya hobi makan nih, tapi sayang jauh banget dari Medan,...

    semoga memang kontesnya ya, salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi kalau pun deket, acaranmya udah sekarang mah :D

      alhamdulillah belum menang, pengumumannya udah kemaren..
      Salam kenal juga ya ^^

      Delete
  23. Huaah... kalo di Surabaya sih yang sering ngadain Festival Kuliner kayak gini ya Jawa Pos :D

    ReplyDelete