Cara Bayar Pajak Di Samsat BTM

Samsat Online
gmbr dr sini
Sesuai yang aku bilang semalem, kan mau nyeritain pembayarannya. Tapi, ada hal yang ternyata, Oh, aku baru tauu :D

Intinya, bayar Pajak itu kudu superrrr sabar kalo buat antrinya. Kalo sistemnya sih gak ribet kok, cukup siapin STNK asli + KTP Asli. Inget aja, KTPnya harus sesuai nama di STNK. Daftar (di Loket 1 bagian pendaftaran, ada dipojok kanan kalau dari arah datang)-Nunggu (duduk manis aja dulu)-dipanggil-Bayar(di loket 2)-ambil STNK yang udah diperpanjang(loket 3)-Kelar.. Mudahkan? yang bikin 'males' yaa nunggunya itu, pokoknya sabar aja deh !!

Nah, untuk tempat pembayaran ini buat di Bogor yah.


Untuk wilayah Kota Bogor, alamatnya di Jl. Ir. Djuanda No 4 Bogor, No.Telp / No.Fax : (021) 8758924 (Ini deket hotel salak, ada kok plangnya, lurus aja)
Untuk wilayah Kabupaten,seperti aku ini di Alamat : Jl. Kelurahan Tengah (PEMDA) Cibinong Bogor, No.Telp / No.Fax : (021) 8758924, tempatnya 'agak' sedikit susah ditemukan juga dijelaskan. hehe

Tapi, sekarang udah, mungkin selangkah lebih maju. Karena apa? karena udah ada Samsat Outlet atau Samsat Online. Buat di Bogor, ada di Bogor Trade Mall, lumayankan tuh bisa bayar pajak sambil cuci mata :D.
Letaknya ada di Lantai UG, kalo masuk dari parkiran Basement silakan naik Lift pertama, berhenti di UG belok kiri, udah keliatan samsatnya, kalo masuk dari pintu utama naik eskalator sekali itu udah lantai UG jalan deh luruuus arah Ramayana Store, jangan masuk ke Ramayananya yah:p, belok kanan aja. Keliatan deh samsatnya, kalo masih bingung juga? tanya satpam aja, apa mau minta anter? hehe

Disini, bayar pajak dari wilayah manapun, entah itu kota/kabupaten, apa dari luar Bogor, selama kota.nya masih cakupan JAWA BARAT bisa bayar disituu... Mungkin, online-nya tuh dibagian ininyaaa. Coba bener-bener di Online-in yah, bayarnya via bank *misal* jadi dateng kesitu STNK udah di cetak n di sahkan, tinggal ngambil aja gitu.. #ngayaaal dikit :p
Tapi, katanya lagi sih bayar di Bank bisa, tapi bank Jabar aja, kalo ini aku belum coba... dan satu hal, yang bisa dibayar disini pajak tahunan aja, kalo pajak 5 tahunan harus di induknya.

Terus, gimana ya itung pajak yang kita bayarnya?

Yaah liat aja di STNK-nya, untuk pajak tahunan yang diliat nominal PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) + SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan di Jalan). Biasanya tiap taun sih pasti beda-beda, kebanyakan yang bilang selalu naik, tapi ada juga kok yang turun..

Kalo pajak 5 taunan di tambah biaya admin STNK (50.000) dan TNKB (Tanda Nomer Kendaraan Bermotor)30.000. Kemungkinan sama semua kali yah, nominalnya. Yah kira-kiranya segini dehhh..
Terus mekanismenya rada-rada nyerempet kaya Cara Balik Nama Motor. Tapi cuma di bagian cek fisik sama nunggu plat jadi aja.

Gimana? udah jelas belum?
Semoga bermanfaat yah, cerita "Oh, aku baru tau"-nya dilanjut lagi dipostingan selanjutnya ^^

UPDATE (17/06) : Kemaren aku kan bayar pajak lagi di samsat BTM ini, sambil nunggu aku iseng tanya apa tiap hari ini samsat selalu rame (soalnya tiaaap kali kesitu selalu rame), dan ternyata dalam seminggu ada 1 hari yang termasuk lengang, yaitu hari Minggu. Jadi, kalau mau sedikit lengang kalian bisa datang kesini di hari Minggu.

Kalau untuk hari biasa, usahain datang pagi aja (sekitar jam 9'an) karena kalau datang siang nunggunya bisa lama, apalagi kalau diawal bulan, pasti lama banget.

Samsat Outlet ini buka setiap hari, Senin-Jum'at dari jam 09.00-15.00. Sabtu-Minggu juga buka, tapi cuma setengah hari, jam 09.00-12.00^^



Sumber : http://www.dispenda.jabarprov.go.id/index.php/learning/samol

43 comments

  1. terima kasih ya infonya.....sayah malah belum tau, belum punya kendaraan motor sih, punya sih tapi dikasih perusahaan yang bayar pajaknya ya perusahaan juga, jadi sayah gak tau caranya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mang yono :)
      semoga bermanfaat buat nanti2 ya hehe
      trimakasih kunjungannya ^^

      Delete
  2. sekarang masih ada ga, mau coba bayar disana

    ReplyDelete
  3. Mbak klo plat tasik bisa di cibinong bayar pajaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cibinong kayanya engga bisa yah, kalo di BTM kemungkinan besar bisa, karena satu wilayah jabar..

      Delete
  4. Thanks to you, neng Rani :)

    ReplyDelete
  5. ibnu amsyah s10/20/14, 1:57 PM

    mba saya stnk alamat kota bogor .....
    kalo bayar di samsat ci binong bisa gak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf ya baru bales,
      Kalau alamatnya kota bisa ke samsat kota aja mas, yang di sebelah hotel salak^^

      Delete
  6. nice info.. thanks...

    ReplyDelete
  7. kalo mau cepet datang pagi2, dan jangan sampai KTP aslinya ketinggalan spt yg saya alami, sudah lama2 ngantri eh KTP asli nya ketinggalan jadinya pulang dulu dan antri lagi..tapi untungnya prosesnya tidak terlalu lama. Tapi untuk perpanjangan STNK 5 tahunan (ganti STNK) bisa ga ya di BTM Bogor? atau harus ke Samsat Cibinong? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener banget.. ktp aslinya wajib :))

      kalau yang 5 tahunan ke samsat induk mas..
      Kalau kota, yang di deket hotel salak. Kalau kabupaten di Cibinong :)

      Delete
  8. Makasih infonya cantik...salam kenal....nice info

    ReplyDelete
  9. mba rani kalau saya telat satu hari bayar pajak mobil tahunan apakah bisa di btm bogor?

    ReplyDelete
  10. Ngga Ada, soalnyakan cuma melayani pembayaran pajak tahunan aja ^^

    ReplyDelete
  11. beneran y hari sbtu sama minggu jg buka??? soalnya saya kerja dijakarta...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukaa, tapi kalau sabtu-nya tanggal merah libur, dan kemungkinan hari minggunya pun libur..

      Delete
  12. nih yang dicari dari tadi
    rumus denda pajak motor
    thanks ya

    ReplyDelete
  13. Mba sekarang tempat bayar pajak di btm masih di lantai UG apa sudah pindah ?
    Dan klo stnknya kabupaten bisa ga ya bayar d btm mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih udah pindah ke lantai 2, sekat D'cos, tapi saya belum crosscheck langsung..
      Bisa kok di BTM :)

      Delete
  14. Punteb teh mau tanya juga.
    Saya kan pnya motor plat B jkt slatan. Trus mau dimutasi ke bogor. Paling kena biaya berapa ya teh? Trus proses langkah pertamanya harus gimana dulu? Htr nuhun teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. biayanya mah saya kurang tahu yah, tapi kalau proses mutasi, setahu saya, bisa dengan cara cabut berkas dulu di samsat sebelumnya (Jakarta) baru abis itu ke samsat kota/kab bogor buat mutasi deh ^^

      Delete
  15. Mbak klo gada ktp aslì gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ga bisa deh :)) tapi dicoba aja tanya lgs di sana

      Delete
  16. hatur nuhun inpohnya neng

    ReplyDelete
  17. salam kenal th rn

    ReplyDelete
  18. Teh mw tnya klo bayar pajak di btm khusus kab. Bsa ga ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, saya juga dr kabupaten bayarnya di situ

      Delete
  19. Teh, maaf mau nanya,, kalo bayar pajak STNK motor plat B Jakarta Barat,, di samsat online BTM bisa ga ya??? Ditunggu jawabannya teh, makasih...

    ReplyDelete
  20. Maap sya cuma mau jdi org yg prtama ngucapin Hbd buat Rany..krna sya yakin ultahnya bulan ini.moga sukses slalu yah..dri penggemarmu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizky, terima kasih banyak ya ucapannya ^^

      Delete
  21. Teh mo nanya nih.klw di btm stnk bekasi kota atw kab.bekasi.bisa di perpanjang disana ga..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekasi, masuk Jawa Barat kan ya? Kalo masuk, berarti bisa :D

      Delete
  22. Mba maap aku orng sukabumi punya motor flat B ,bisa gk di byar pajak tahunan di sukabumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bisa sih harusnya, B kan Jakarta, udah beda provinsi.

      Delete
  23. Bantu pencerhan nya gan..klow motor plat f suka bumi stnk sma plat nya udah habis..apakh bisa bayar pajak/perpanjang stnk dan plat di pemda cibinong gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau STNK, kayanya ngga bisa deh. Harus di Samsat Induk di Sukabumi. Kalau pajak tahunan doang kemungkinan bisa :))

      Delete