Friday, October 31, 2014

Belajar Investasi Langsung Dari Pakarnya

Hari Sabtu (25/10) lalu, aku berkesempatan untuk menghadiri acara Seminar Pasar Modal bertajuk #Investasicerdas yang diselenggarakan oleh Mandiri Sekuritas bekerja sama dengan Bursa Efek Jakarta. Undangan ini aku dapat dari komunitas yang aku ikuti, yaitu Kumpulan Emak Blogger (KEB). Di acara tersebut aku bersama sekitar 20 peserta lain diberikan edukasi tentang dunia investasi beserta teman-temannya (pasar modal, saham, trading, dan lain-lain). Acaranya sendiri diadakan di Gedung Main Hall IDX yang berada di kawasan Jalan Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan.
Acara Investasi Cerdas bersama Mandiri Sekuritas
Sekitar pukul 10 pagi, acara dimulai dengan sambutan dari Mas Aji (Pihak BEJ) dan Mbak Ira (Mandiri Sekuritas). Dilanjutkan dengan pembicara pertama yaitu Mas Deri Yustria. Awalnya, aku pikir seminar ini akan sedikit membosankan karena temanya kan memang gak main-main ya, tentang investasi gitu lho. Tapi pemikiran itu langsung runtuh waktu Mas Deri mulai bersuara. Gaya Mas Deri menyampaikan materi asik dan santai, yang gak kalah seru beliau ini kocak bangeeet, ada aja celotehnya yang bikin ketawa. Pun begitu, materi tetap tersampaikan dengan baik dan jelas.


Acara investasi cerdas
Sudut-sudut unik di gedung IDX
Yang paling aku ingat, pembicaraan Mas Deri diawal, kurang lebih seperti ini,
Sebenarnya, investasi itu merupakan i yang ketiga. Karena sebelum berinvestasi, masih ada dua i yang harus diketahui. I yang pertama adalah 'insyaf', maksudnya insyaf dalam hal apa? Dalam hal berbelanja. Terkadang disadari atau tidak, kita itu pasti pernah atau mungkin sering berbelanja hal yang gak penting, yang dibeli hanya atas dasar suka bukan karena butuh. Kalau terus dibiarkan, lama-lama kita bisa menjual barang yang kita butuh hanya untuk barang yang kita suka. Wah, bener juga yah? Harus buru-buru insyaf nih aku sebelum terlambat.
Acara investasi cerdas
Kemana uang hasil kerja kita????
Sementara, i yang kedua adalah irit. Yaa, karena berinvestasi itu harus menggunakan uang lebih. Logikanya, gimana mau punya uang lebih kalau bisa irit aja engga. Dikit-dikit jajan, dikit-dikit jajan, jajan kok dikit-dikit? *ehh

Menurut Mas Deri, berinvestasi itu seperti kita menanam pohon. Bergantung pada bibit, butuh proses dan waktu, ada resiko, butuh disiram dan diberi pupuk, dan terakhir tentunya berharap cuaca baik. Masing-masing memiliki penjelasannya tersendiri, tapi intinya investasi itu bukan produk instan. Gak ada investasi tanpa resiko, gak ada investasi yang menjanjikan uang berkali kali lipat hanya dalam sekejap, kalau ada yang kaya gitu, itu udah pasti investasi abu-abu alias investasi yang gak benar.

Tujuan berinvestasi itu mungkin untuk mendapatkan kekayaan, tapi sesungguhnya tujuan utama dari investasi adalah melindungi aset yang kita punya agar nilainya tidak berkurang. Semisal, saat ini kita memiliki uang 10 juta, kalau uang itu hanya disimpan, 10 tahun kedepan sudah bisa dipastikan nilainya akan berkurang, iyakan? Coba kalau diinvestasikan dengan tepat, niainya tidak akan berkurang bahkan bisa bertambah.
investasi cerdas bersama mandiri sekuritas

Selain itu, poin penting dalam berinvestasi menurut Mas Deri adalah, Manage Risk atau mengecilkan kemungkinan merugi. Bagaimana caranya? Tentunya dengan belajar dan terus belajar, karena saat ini sudah ada sekolah pasar modal yang diadakan oleh BEJ.

Sesi kedua, ada Mas Fahd dari Mandiri Sekuritas, yang memberikan edukasi tentang investasi saham. Dari tips-tips memilih perusahaan, strategi untuk pemula, dan cara-cara dasar mempelajari trading saham. Di sesi ini, ada juga Mbak Venus dan Mbak Viona yang menceritakan pengalaman pribadi mereka dalam dunia berinvestasi saham dari awal memulai sampai beliau-beliau ini mendapatkan manfaatnya, yang tentunya tidak instan dan butuh pengorbanan itu, hehe.

Beberapa tips yang aku catat dari mas Fahd juga dua narasumber adalah, cari perusahaan yang ada disekitar kita, yang produknya kita temui dan kita pakai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, juga perusahaan yang kira-kira beberapa tahun kedepan masih ada, belajar dari yang sudah berpengalaman, belajar dari internet, dan yang paling penting adalah kenali psikologis diri sendiri. Ya, namanya juga jual/beli, logikanya kalau kita beli sesuatu diharga mahal, nah tiba-tiba harganya turun dan kita berpotensi merugi, udah pasti degdegan gimana gitukan. Nah, kita yang harus tau gimana caranya mengatur emosi saat lagi kaya gini.

Untuk trading saham, poin dasar yang aku tangkap sih intinya kita beli disaat harga turun dan jual disaat harga sedang naik. Selisih harga ini yang nantinya akan jadi profit untuk kita. Ya, kalau diprikir-pikir mah, susah susah gampanglah yaaa. Gampang kalau kita udah nemu 'celah'nya.

Acara makin seru, setelah break makan siang kita langsung diajak praktek. Semacam simulasi trading saham, dan kita dikasih modal 50juta tapi uangnya bohongan, hhe.

Jujur, ikutan acara ini aku jadi pengen coba secara real dag-dig-dug-nya masuk dunia investasi saham. Beruntungnya, setelah ikut acara ini, semua peserta dikasih kesempatan buat buka rekening di Mandiri Sekuritas plus dikasih modal awal sebesar 250.000. Wow banget kan? Kereen yah Mandiri Sekuritas, gak cuma mengedukasi secara teori tapi juga memberi kesempatan untuk masuk lebih dalam lagi di dunia investasi.

Setelah usai seminar, kita semua diajak untuk masuk ke Galeri Sejarah yang sarat tekhnologi tinggi.
Isi galeri sejarah atau museum sejarah
Di sini, ada buku pintar, ada layar-layar touchscreen yang bisa menambah banyak pengetahun kita tentang investasi maupun tentang sejarahnya. Yang unik lagi, di pojok Galeri Sejarah, ada photocorner macam photobox, dan foto yang sudah jadi bisa langsung dikirim via email. Canggihkan! Ini hasil foto punya aku sama emak-emak KEB.
photo dari gedung IDX

Sesi terakhir, kita foto bersama di depan layar interaktif yang selalu update harga-harga saham.
Seminar Investasicerdas
Sumber foto dari sini
Alhamdulillah, ngerasa beruntung banget dapat kesempatan belajar investasi langsung dari pakarnya. Memang udah lama sih pengen belajar tentang investasi saham ini. Sekarang, selain belajar ngumpulin sedikit demi sedikit uang, juga harus belajar nysisihin waktu buat belajar dan terus belajar untuk berinvestasi.

Terimakasih untuk Mandiri Sekuritas (@Mandiri_OLT) dan Bursa Efek Jakarta (@IDX_BEI) untuk acara kereen ini. Makasih juga untuk Simbok Venus (@Venustweets) untuk undangannya via KEB (@emak2blogger). Dan tentunya, makasih yaaa KEB untuk kesempatannya ^^

Buat teman-teman, yang mau update info seputaran investasi dan teman-temannya, silakan follow aja langsung yah twitter-nya IDX sama Mandiri :))

22 comments:

  1. mbak rani gimana seh resepnya bisa ikutan kegiatan yang keren2 kaya gini? oya resep 3i nya aku hapalin yaa insyaf,irit, inventasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka Harii maaf banget baru bales, ikut acara gini dapat dari komunitas kak, sesekali sempetin ikutan acara kopdarnya, kenalan tambah temen, nanti juga psti ada yg ajak2 ke acara kak :D

      Delete
  2. Oh, ya. Komunitas Emak Blogger itu khusus perempuan, ya? Kalau yang khusus laki2 ada nggak, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, sepertinya belum ada mas, minat bikin komunitas khusus bapak-bapak? hhi

      Delete
  3. Wah manteb deh Neng Bloger yang satu ini, sudah merambah dunia investasi rupanya, nanti bentar lagi jadi Juragan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi baru mengawali dg belajar ilmunya aja kok mang, mumpung ada kesempatan buat belajarnya juga :)

      Delete
  4. wah dek Rani udah muali sibuk lagi,,,baguslah,,seneng deh,,moga blognya rajin diisi kegiatan2 yg nambah pengetahuan gini ya,,,,yuhuuu,,,slam blogwalking dek Ran,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng ya mbak ngeliat yang muda - muda semangatnya RUAR BIASA

      Delete
    2. makasih yaa ka dwi, iya nih lagi tersendat2 updatenya kak, hiiks

      Delete
  5. Rany ikutna ya kemarin, aku ragu2 jadi aja gak daftar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ka alhamdulillah aku ikutan :)

      Delete
  6. wah suka ama 'i' insyaf, irit, investasi... good article dear :)

    ReplyDelete
  7. wah acaranya asyik mak. pengen banget bisa ikutan kayak gini sayang jauh,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga nanti ada acara serupa di daerah mak susan yaaa :)

      Delete
  8. Acaranya seru dan syarat akan ilmu, mantap deh spesial buat emak2 yg harus selalu "insyaf" dalam hal budgeting :D

    ReplyDelete
  9. Waah. . .ada yang mau menanam saham nih. :)
    Kamu langsung buka gak, Ran? Mayan 250ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kaaa, langsung dibukain juga :D

      Delete
  10. Wih sesi simulasinya menarik ^^

    ReplyDelete