Tuesday, October 7, 2014

Suasana Bali Di Pura Jagattkarta Bogor



Dear blogger, mungkin ada yang udah tau kalau di Bogor ada bangunan pura yang berdiri megah di kawasan sekitar Ciapus-Tamansari, Kab.Bogor. Aku gak tau pasti kapan pura ini pertama kali ada, tapi sejak awal, banyak orang yang 'berwisata' ke pura ini. Kesan yang selalu aku tangkap adalah, "mirip kaya di Bali", iya sih aku juga liat di foto-fotonya mirip kaya di Bali gitu. Tapi, biarpun jarak  dari rumah ke pura ini gak jauh, aku malah baru ke sini di akhir bulan september lalu! hhi.

Jadi Minggu lalu, seorang temen rumah yang lagi hobi foto, ngajakin maen aku sama sodara aku sekalian foto hunting *sebut aja deh kaya gitu ya :p*. Pura, yang katanya bagus buat foto-foto jadi tujuan kita. Karena ternyata, bukan aku doang lho orang Ciapus yang belum pernah main ke tempat ini [padahal temen yang rumahnya jauh aja udah pada pernah main ke Pura ini].

Ba'da ashar, kita berlima jalan [naik motor sih, gak jalan juga :p]. Sore hari emang waktu yang tepat yah buat jalan-jalan, apalagi cuaca juga mendukung banget.
Cuma butuh waktu beberapa menit aja buat sampai ke tempat ini. Di tempat parkir motor sih, keliatannya rame juga yang berkunjung.
tata tertib di pura ciapus
Karena ini tempat ibadah, jadi ada tata tertibnya :)

suasana depan pura
Masih di depan pura
Pura Jagattkarta Bogor
Di dalem juga ada plang TATIBnya
Sebelum masuk, kita diharuskan memakai semacam tali dari kain berwarna kuning dan diikat di pinggang yang disediakan pengurus pura.
Pura Jagattkarta Bogor
Sejauh mata memandang :D
Dari sini, kami berjalan ke arah kanan [sesuai petunjuk pengurus pura], tapi aku yang baru pertama kali ke sini, agak heran juga dengan adanya pembatas untuk pengunjung.
Pura Jagattkarta Bogor
Perhatiin yg aku buletin
Padahal setau aku, dulu sih boleh aja ke sana [di depan pelataran pura-nya], soalnya aku suka liat foto temen ada yang foto disana. Akhirnya, aku sama temen-temen nyoba buat kesana lewat pintu gerbang utama yang di depan tadi.
Belum tuntas gerbang utama kita lewatin, petugas pura datang dan bilang kalau batas untuk pengunjung umum cuma sampai setengah tangga aja, gak boleh masuk. Tapi aku liat di dalem ada beberapa orang yang lagi foto-foto. Menurut pengurus puranya sih, yang di dalem itu yang lagi beribadah. Tapi aku liat, beberpaa orang yang asik foto-foto itu memakai kerudung, ah entahlah...

Karena masih penasaran, aku tanya lagi sama pengurus pura, kenapa kok gak boleh ke dalam, padahal cuma pengen foto aja. "Dulu sih memang boleh, tapi sekarang udah gak boleh, salah pengunjungnya juga sih bikin ulah", jawabnya. Dari situ aku ngerti, mungkin banyak pengunjung yang gak mengindahkan tata tertib yang ada, padahal sayang banget, view-nya bagus banget yang di dalem ituuu.
me on gerbang pura ciapus
gerbang utama
berwisata ke pura
Gagal selfie disini gegara di 'usir' hhi
Yaudah, akhirnya kita balik ke tempat seharusnya, yang ada batas pengunjungnya itu, dan menguapkan harapan buat bisa foto-foto di pelataran depan puraa, hiks.
Tapi pada akhirnya, kita tetep ajaa asiiik seru-seruan, ketawa-ketawaan sampai lupa kalau harus menjaga keheningan hhe.
Sengaja aku bawa tongsis, semenjak beli rasa-rasanya baru kali ini itu tongsis berkerja.
Dan yees, kita yang tadinya berlima nambah jadi bertujuh, dan asik ber-welfie riaa sampai pura-nya tutup! yes, kita jadi pengunjung terakhir yang pulang, sekitar jam 5'an.
anak-anak kiara lawang
Here we are! ^^
anak-anak gang sawo
Welfie seruuu, berkat tongsis :p
taken by ndoy Twenty nine photograhpy
Photo taken by Ndoy
Pulang dari Pura, kita gak langsung pulang. Tapi ngopi-ngopi asik di tempat yang gak jauh lokasinya dari pura, di tempat ini ada sebuah warung dengan beberapa tempat lesehan yang pemandangannya hijau banget! Hamparan pepohonan yang membentang luas bener-bener memanjakan mata! Bikin hari yang seru jadi tambah seru :D
puncaknya orang ciapus
Pemandangannya bikin segeeer!
Di tempat ini, acara foto-foto masih berlanjut, tapi sayang keseruan hari itu harus di akhiri karena hari udah makin gelap. Lagian, bosen juga lama-lama, foto aja ampe bingung mau gaya kaya gimana lagi! haha.

Mau cobain suasana Balinya Ciapus? ayoo main kesini :))
Gak ada tiket masuk, cuma kasih seikhlasnya aja.

17 comments:

  1. kayak di Bali ya auranya heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ka, katanya sih gituu, soalnya aku kan belum pernah ke Bali nya hehe

      Delete
  2. beneran seperti di Bali,,,,keren juga ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ka, jadi gak perlu jauh2 ke Bali ya, tapi masih pengen juga sih nyobain mendarat di Bali kaya kak Dwi :D

      Delete
  3. Wah senangnya bisa merasakan susana kawasan sekitar Ciapus-Tamansari, Kab.Bogor dengan cita rasa "BALI". Namun memang BALI memang indah bangeds. (bukan bingit kalau saya mah- soalnya menurut pendapat saya "bingit" terkesan dipaksakan" jadi bahasa Gaul-red). Saya sudah liat foto fotonya mba Ani. Wah keren cekaleeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kang, saya kan belum pernah ke Bali yaa minimal Bali KW-nya udah pernah deh ya, apalagi tempatnya gak begitu jauh dari rumah hhe..

      ada lagi kang yang lebih maksa itu, binggo, bingiit gitu lhoo :p

      Delete
  4. Ran, aku pengen kesana, ajakin dong :D

    ReplyDelete
  5. aduuuhh... pengen ke sanaa mbaak... sejuk sekali sepertinya... *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mbak, ayo mainmain ke Bogor nanti aku ajakin ke sini :)

      Delete
  6. Aku pengen ke sini juga ... kapan-kapan anterin aku ke sini ya rani :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeh banget mak Astri, kabar-kabarin aku yaa kalau lagi main ke Bogor :D

      Delete
  7. Ternyata di Bogor ada puranya juga, ya. Memang mirip di Bali. *padahal saya belum pernah ke sana*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong, saya juga belum pernah.. toss yaa :D

      Delete
  8. ciyeee....mainannya tongsis niii sekarang... :p
    wah asyik ya bs main ke pura. saya mah ke pura pas duluuu doang, itupun di bali, hiyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kaa, kasian kalau s tongsis dibiarin nganggur :p

      nah lebih asiik dong ke pura yang ada di Balinya, aku baru nyampe di Bali KW-nya aja :P

      Delete
  9. kemaren tanggal 9 nov gk jadi ikut gara-gara ada halangan. Pura bukanya dari jam brp sampai jam brp ran...? pengenlah nanti ke sana

    ReplyDelete