Saturday, February 14, 2015

Mengurus SKCK dan Kartu Kuning di Pemda Bogor

mekasnisme pelayanan SKCK
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan kartu kuning, selalu identik dengan para pencari kerja, iyakan? Dua hal itu semacam surat wajib, selain surat keterangan sehat dan tentu surat lamaran kerjanya. Selain buat pencari kerja, ternyata dua surat ini juga syarat wajib untuk para calon pegawai negeri sipil yang udah lulus test.

Beberapa tahun lalu, waktu masih jadi salah satu pencari kerja, aku juga sempat disibukkan mengurus surat-surat ini. Setelah sekian lama gak bersentuhan sama hal-hal itu, kali ini aku kebagian tugas nemenin saudara mengurus dua surat itu di Pemda Cibinong untuk melengkapi berkas-berkas karena dia jadi salah satu yang lulus test CPNS tahun ini. FYI, jaman aku nyari kerja dulu, bikin SKCK cukup ke Polsek kecamatan lho, sekarang harus ke Polresta. Ini di Bogor sih, entah ya di wilayah lain, mungkin sama?

Nah, hal pertama yang harus dilakukan sebelum ke Polres adalah, pergi ke kantor desa/kelurahan untuk minta surat pengantar pembuatan SKCK (biasanya bayar 10rb-20rb), lalu pergi ke Kecamatan untuk minta tanda tangan (gak bayar). Setelahnya baru deh ke Polsek (kecamatan), jangan lupa yah bawa pas foto ukuran 4X6 (3-4 lembar), sekalian tes sidik jari (bayarnya 10rb, kalau di sini(Taman sari)). Dari Polsek itu baru deh kita ke Polres, jangan lupa siapin fotocopy KTP, akte kelahiran, sama surat rekomendasi dari Polsek, dan jangan lupa bawa pulpen (ini kebiasaan aku sih suka lupa bawa pulpen).
kantor pelayanan skck polres kabupaten bogor
Sampai di Polres Cibinong, kita langsung nyari tempat pembuatan SKCK. Tempatnya gak jauh kok dari pintu masuk, ada di sebelah kanan, tanya aja sama abang parkiran, dengan senang hati abangnya pasti ngasih tau. Karena kami ke sana menjelang libur natal, tempatnya sepi, atau emang lagi gak musim cari kerja ya?

Abis bilang mau bikin SKCK ke Ibu yang *nggg, lumayan jutek itu, Ibu itu pun meminta berkas yang dibawa saudaraku dan menyerahkan formulir yang harus dia isi. Di papan petunjuknya, kalau persyaratan lengkap, SKCK jadi dalam waktu satu jam aja.
mengurus skck di polres kabupaten
Tapi Alhamdulillah, kenyataannya lebih cepat dari itu saudara-saudara. Selesai mengisi dengan lengkap formulir tadi, SKCK-nya langsung jadi. Wah, kilat! Kereeen banget!! Setelahnya, kami ke fotocopy-an yang ada di ujung jalan dekat Masjid Polres dan kembali ke tempat awal untuk legalisir SKCK fotocopy-an tadi. (biaya SKCK 10rb + Legalisir 5rb = 15rb)

SKCK udah ditangan, sisanya masih harus ngurus kartu kuning (kalau ini aku belum pernah bikin). Karena aku sendiri ingat-ingat-lupa kantor disnaker-nya di mana, akhirnya abang parkiran lagi yang kita tanyain, hhi.
Kalau dari Polres Kab Bogor ini, kita tinggal lurus aja sampai ketemu marka buat puter arah, setelah puter arah, lurus, ketemu masjid ada belokkan ke kiri (Perhatiin aja marka jalannya, udah gede-gede kok), belok deh.
mekanisme pembuatan kartu kuning
Yang dibutuhkan untuk membuat kartu kuning ini adalah, fotocopy KTP dan pas foto 2X3 (2 lembar). Setelah menyerahkan dokumen itu, kita dipersilakan mengisi data di web infokerja.depnakertrans.go.id (jangan lupa meminta Username dan Password kepada petugas).
isian web disnaker

proses interview
Usai melengkapi data, beberapa saat petugas akan bertanya (semacam interview, tapi santai kok, gak formal-formal banget), akhirnya kartu kuning pun selesai dibuat. Cepat juga sih, yang memakan waktu agak lama cuma pas input datanya aja. Dan aku baru tau, pembuatan kartu kuning itu GRATIS ya ternyata, mana lagi petugasnya pun baik dan ramah, jadi bikin nyaman, TOP pokoknya, *pertahankan yaaah pak
jadwal dan persyaratan pembuatan kartu kuning

gratis

Cucu Setiawati
Cucu sama kartu kuningnya :D
Nah, teman-teman yang pernah bikin skck sama kartu kuning juga, boleh dong share gimana pengalamannya? Mungkin beda tempat beda juga mekanismenya ^^

45 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat Rani, maaf tadi komen salah alamat wekekekeke.....siwer bw nih :D
    Coba di Twit Ran, banyak yg butuhin info ini pasti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, makasih teh Ani, masih ngejar2 buat posting tantangan dari teh ani kan :D

      Delete
  2. Setuju sama Teh Ani, ini infonya keren banget! Dibikin kultwit di twitter pasti seru dan bermanfaat ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah sih bikin kultwit, nanti nyoba deh mbak.. makasih ya ^^

      Delete
  3. wahh bermanfaat sekali. dulu kalau di depok aku bikin skck pas ngelamar kerja masih ribet. tapi itu 8 tahun yang lalu sih. sekarang mah udah di mudahkan ya.. wehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, birokrasi makin ke sini udah makin membaik sih kalau menurut aku mbak, hehe

      Delete
  4. sy malah blm punya SKCK dn krtu kuning nih ,,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sama gak punya, buat apa atuh haha

      Delete
  5. Aaaaaaa bogorrr
    Jadi ingat tidur di atm stasiun bogor.

    SKCK itu sama dengan kartu kuning toh?
    baru tau ane mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kok bisa sampe tidur di atm?

      Nggg, saya gak bilang sama kok mas, dibagian mana saya bilang sama? hehe

      Delete
  6. Terimakasih sudah mempermudah dengan info ini. Salam dari sesama penduduk Bogor...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak Mutiah, duuh udah lama nih gak ketemu mak mutiah :))

      Delete
  7. saya udah10 tahun lebih ga tahu cara bikinnya
    abis, kalo pas lamar kerja ga pernah ditanya skck sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi biasanya kelengkapan aja sih mas, dan biasanya yang bikin pencaker2 newbie *ada emang yah* yaa begitulah ..

      Delete
  8. Dulu sebelum berangkat ke Yaman saya juga sempat bikin SKCK, tapi ternyata tidak dibutuhkan. Hmm, di daerah saya juga harus ke polsek (kabupaten).

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma persiapan aja siapa tau dibutuhkan yah mas, ooh berati kurang lebih sama yah prosesnya..

      Delete
  9. Nah nah ini yg aku cari. Blm pernah bikin

    ReplyDelete
  10. Jadi inget dulu, ngurus SKCK sendirian, Alhamdulillah lancar. Sekarang namanya masih SKCK ya? pelayanannya lebih oke sekarang ya, untuk kartu kuning juga. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, masih skck kok namanya hehe
      sama-sama ^^

      Delete
  11. Sangat bermanfaat untuk yang berdomisili di bogor. lanjutkan sobat... happy blogging!

    ReplyDelete
  12. boleh ga bikin kartu kuning dibogor tapi ktpnya bangka ? tlong info ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf yah baru bales..
      Pastinya sih aku ngga tau, tapi kalau perkiraan aja, kayanya bisa deh. dicoba aja kak ^^

      Delete
  13. Info nya komplit plus foto nya ya mba :)
    Btw Kartu Kuning jd kecil gt ya bentuknya skrg, kl dl mah gedean :D

    ReplyDelete
  14. Sepertinya lebih teratur dan nyaman. Dulu aku antrii lama, tempatnya sempit. Hehehe...

    ReplyDelete
  15. wah ini dulu kerjaanku waktu baru lulus kuliah
    tapi gak keterima2 jadi pns hak hak hak *ups

    ReplyDelete
  16. pasti kalo Dija sudah besar, ngurus surat surat gitu juga ya Tante?

    ReplyDelete
  17. kayaknya kalau dulu istilahnya SKKB, ya? Surat Keterangan Kelakuan Baik. *Jadul aja istilahnya :D

    ReplyDelete
  18. mikum.

    mau nanya klau sbtu minggu bkin surat kuning ttup gk ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabtu, minggu dan hari libur tutup ^^

      Delete
  19. semakin mudah pelayanan skck
    makasih infonya

    ReplyDelete
  20. ga usah minta surat pengantar dari RT RW gpp kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau SKCK mah perlu pengantar dari desa/kelurahan

      Delete
  21. akte kelahiran diganti dengan kartu keluarga bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau ya kalau itu, dicoba aja :)

      Delete
  22. Kartu kuning kok warnanya putih.. apa sama saja fungsinya..

    ReplyDelete
  23. hai.. mau Tanya kalau pembuatan SKCK di polres bogor bias di hari sabtu nggak ya?

    ReplyDelete
  24. selamat sore ..
    boleh minta alamatnya ngga ..??
    soalnya mau buatt kartu kuning terima kasih

    ReplyDelete
  25. waaah ternyata lumayan ribet ya mba buat skck nya, oh iya yang saya dapet info, emang bener ya di polsek cibinong/bojong gede bisa buat skck mba ?

    ReplyDelete
  26. alamatnya klo dari arah sukasari kemana ya buat bikin kartu kuning?

    ReplyDelete