Monday, February 16, 2015

Resep Membuat Makaroni Skotel Kukus ala Ranii

Dear Kawanii, setelah sukses memberanikan diri buat posting satu tulisan bertema kuliner, tepatnya semacam review tempat kuliner di bogor. Kali ini masih seputaran makanan, tapi bukan beli alias masak sendiri! Yes, thats amazing!! secara seorang Rani kan jaraang banget masak, liat aja label berkategori masakmasak di blog ini, isinya cuma 2 postingan (dan akan jadi 3 setelah postingan ini). Aku itu, cuma minat sama masakan yang gampang dibuat, bahan-bahannya gampang dicari dan tentunya makanan itu yang aku suka. Itu pun kalau mood masaknya lagi datang, kalo enggak sih ya cukup tau makannya ajalah :p

Menyoal makaroni, ngingetin aku sama masa SMA dulu. Hampir setiap jam istirahat yang aku beli pasti makaroni ini, harganya 2000 udah pake dikasih saos sachet pula. Sempat juga aku nyobain Macaroni Panggang (MP) Bogor, itupun dapat gratis karena ada teman yang kerja di sana. Tapi, sesuka-sukanya aku sama makaroni panggang, gak sampai kepikiran buat bikin sendiri, soalnya kepikiran bakal ribet kalau di panggang-panggang. Sampai akhirnya aku nemu resep makaroni skotel kukus di blognya Emak Riweuh [Mak Inna]. Tertariklah aku dengan kata dikukus itu, pasti gampang nih bikinnya. Mulai deh mantengin resepnya dan kayanya cuma ada satu bahan yang awam buat aku, yaitu oregano. Akhirnya, sebelum beli bahan-bahan, aku tanya dulu sama Mak Inna di mana kiranya aku bisa nemu itu yang namanya oregano! Emang sih, gak mungkin itu oregano ada di matrial, tapi kalo nanya kan ketemunya bisa lebih cepat, iya toh? *okeskip
Fotonya kurang cantik tapi rasanya oke kok :p

Setelah bahan-bahannya lengkap, langsung deh aku praktek. Ini bikinnya sekitaran bulan September 2014, dan sampai sekarang belum nemu resep yang menarik buat di coba lagi *alasaan padahal mah males aja sih :p

Nah, langsung aja yah ini aku kasih bahan dan cara memasak makaroni kukus skotel ala Ranii :

1. 1 bungkus makaroni elbow ukuran 225gr, rebus sampai matang, tiriskan. 1 bungkus keju kraft, parut dan sisakan sekitar 1/4 buat topping. 1 kaleng kecil kornet. 1 bawang bombay ukuran besar + 4 siung bawang putih, iris.


2. 1 kotak susu UHT Tawar 250ml. Keju slice (ini tambahan aja sih, soalnya keju kraft yang aku punya engga 1 kotak, udah dicemil duluan) potong-potong untuk topping. 4 butir telur (1 telur pisahkan kuningnya aja untuk olesan). Oregano (perlunya sedikit aja sih).  Sisanya, bahan yang engga ada di foto, mentega untuk menumis, garam dan merica secukupnya, dan pala bubuk sedikit.

3. Pertama-tama, tumis bawang bombay dan bawang putih, masukkan kornet, aduk sampai harum dan kornet matang. Masukkan susu cair, aduk. Beri garam, merica, pala bubuk dan oregano secukupnya (yang secukupnya ini yang butuh -feeling- lebih dalam memasak *cieee). Aduk rata.

4. Masukkan keju parut, aduk lagi. Masukkan makaroni yang telah di rebus. Aduk-aduk lagi. Matikan kompor dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
5. Sambil nunggu adonan dingin, kocok 3 butir telur (bisa tambahkan merica dan garam, kalau adonan makaroninya kurang garam). Siapkan juga loyang ukuran sekitar 20x20, jangan lupa oleskan mentega.
6. Setelah adonan dingin, masukkan kocokan telur, setelah terauk rata, masukkan ke dalam loyang. Beri toping keju dan olesi kuning telur (aku ngoles kuning telurnya agak belibet sih). Selesai! adonan siap dikukus kira-kira selama satu jam lebih, yaa dikira-kira aja sampai matang.
7. Setelah yakin matang, angkat dan makaroni kukus siap dihidangkan! TARAAAA.. Silakan dicicip.. *fotonya
Dari hasil uji coba ke Ibu sama saudara sepupu sih, katanya enak. Tapi emang serius, resep makaroni kukus dari Mak Inna ini emang enak kok! Gak percaya? Coba aja praktek bikin di rumah masing-masing yah teman-teman ^^




** NB : Buat mak Inna, makasih yaa buat resepnya dan makasih udah mau di-riweuh-in nerangin lebih detail proses masaknya di whatsapp

9 comments:

  1. Hmmm..aq mau ikutan nyoba ahhh. Smoga setan malas pergi jauh ;)

    ReplyDelete
  2. Mau nyoba nih Ran kapan2.
    Oreganonya beli di mana? Blm pernah beli juga soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di swalayan2 yg lumayan besar juga ada kak

      Delete
  3. Bookmark ah terus nyoba bikin kapan2 maaci ya udah share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama :D nyicip yah ntar hehe

      Delete
  4. Sepertinya enaaak (emang enak kali kak) haha
    udah lama nih dirumah gak bikin skutel beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaak dong, ayo kak bikin, nanti aku mampir haha

      Delete
  5. "Dari hasil uji coba ke Ibu sama saudara sepupu sih, katanya enak."
    nah lho, belum terverifikasi tuh, sama rekan2 blogger lainnya
    coba mbak, kirim ke rumah saya, biar bisa disebut enak :)

    *kompor

    ReplyDelete