Saturday, May 2, 2015

5 Tempat Kuliner Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi




Dear Kawanii, Aku kira setelah dua kali dapat kesempatan buat berkunjung ke Kota Bandung, itu udah cukup buat aku. Tapi justru, kesempatan kedua yang datang, malah bikin aku mulai merangkai mimpi-mimpi kecil buat bisa ke sana lagi, sampai mimpi aneh semacam suatu saat bisa bolak-balik Bandung suka-suka. Mau ngapain? Ya ngga tahu sih, namanya aja mimpikan :p

Faktor pendukung yang bikin aku pingin ke Bandung lagi adalah, karena aku belum ngerasa maksimal kulineran di Bandung. Waktu Maret 2014 itu, aku cuma sempat makan Sosis Bakar di sekitaran Masjid Raya Bandung, makan Baso Akung [salah satu baso yang ngehits di Bandung] yang ada di Jl Lodaya no 123, sama bawa pulang pisang bolen punyanya La’rissa yang ada di Jalan Terusan Jakarta no 77.
Kuliner Bandung

Terakhir, pas ikut workshop TB diawal Maret lalu, meski 3 hari tapi aku cuma sempat makan seblak (yang rasanya tetap enakan buatan aku) sama sebelum pulang sempat makan Mie Kocok Bandung di pinggiran jalan dekat hotel. Rada nyesel juga sih kemarin, kenapa ngga nekat aja jelajah Bandung sendirian, tapi rasa kangen sama Ibu waktu itu susah buat dikalahin ternyata, hiks.
Kuliner bandung

Makanya, aku bercita-cita, semoga kapan waktu sehari-dua hari bisa nge-Bandung gratis lagi, buat nuntasin cita-cita kulineran yang baru sampai tahan ditulis ini. Kalau sebelumnya aku lupa terus buat googling, kali ini ngga boleh kelupaan lagi. Jadi biarpun belum tahu kapan perginya, minimal ada catatan dulu nih tempat-tempat kuliner di Bandung yang wajib buat aku datangin nantinya. Ini dia daftar nama tempatnya,

1. Sumber Hidangan di Jalan Braga, toko roti yang menjual kue, es krim dan juga aneka makanan ini udah ada sejak tahun 1929. Selain karena letaknya di Braga (satu tempat yang belum sempat dikunjungi juga pas ke Bandung), menurut hasil googling, makanannya enak-enak dan harganya murah, terus tempatnya yang khas tempo dulu juga pasti jadi spot asik buat foto-foto.

2. Bakso Semar di Jalan Semar, Jalan Cihampeulas, Jalan Veteran sama di Jalan Pungkur ini diklaim sebagai rajanya bakso urat. Sebagai salah satu pecinta baso, perlu banget buat nyobain baso ini dan diliat dari rate harga sih stardar, makanya mari kita coba !

Kuliner Baso di Bandung
Foto dari Jalansanasini.com
3. Surabi Waroeng Setiabudi di Jalan Dr Setiabudi no 175. Pembakaran surabi di sini masih pakai tungku tradisional gitu, biasanya makanan yang dimasak pakai tungku itu citarasanya nambah enak. Diliat dari foto sih, ngga akan meleset lagi deh, pasti enak.

Foto dari Ceritaperut.com
4. Yogurt Cisangkuy di Jalan Cisangkuy, sekitaran Gedung Sate. Cafe dengan pilihan minuman Yogurt yang punya banyak varian rasa ini menyajikan yogurt + buah sesuai pilihan kita. Karena suka juga nih sama Yogurt, sekali-kali nyobain yogurt lain dari yang biasa aku minum, sah-sah aja kan yah.

Foto hasil googling // milik selbyfood.blogspot.com
5. Mochilok di Jalan Sekeloa no 31. Mochi ini salah satu makanan yang aku suka banget juga. Pingin cobain karena namanya unik, dan mereka juga punya tagline yang ngga kalah unik. "Dont Judge a mochi by its Cilok"hihi, lucu aja sih bacanya. Mochilok ini adalah inovasi lain dari mochi, standar mochi kan isinya dari kacang gitu ya? Nah, kalau ini isinya es krim, hmm langsung kebayang aja gimana yummy-nya si Mochilok ini.
Foto dari ceritaperut.com//milik sebandung.com
Sebetulnya masih banyak sih tempat yang pingin ditulis, tapi kalau ditulis semua ngga akan cukup waktu satu hari buat icip-icipnya, bahkan mungkin harus bawa cadangan perut, hehe. Kelima tempat ini adalah hasil milih-milih dari banyaknya tempat rekomen kulineran di Bandung dari blognya Ceritaperut.com.

Soal tempat udah terencana, tinggal soal waktu sama satu lagi, mau naik apa ya ke Bandungnya? Naik motor pernah, naik bis udah, naik kereta... bisalah yah tapi masalahnya kalau naik umum, repot nantikan di sananya, mana belum tahu pasti juga lokasi kelima tempat yang mau aku datangin itu. Mau minta anter teman-teman yang ada di Bandung, mending kalau aku ke sananya pas weekend, kalau pas hari kerja? Pasti pada sibuk juga.

Paling asyik sih naik mobil yah, bisa bebas jelajahin tempat-tempat kuliner di Bandung. Dan pastinya bakal lebih asyik lagi kalau perginya itu naik mobil yang punya desain 'kekinian' macam Toyota Agya *biar bisa ngegaya dikit gitu. Selain keren buat gaya, mobil Toyota Agya ini juga ramah lingkungan dan irit bensin lho #catet. Hal yang terpenting, soal keamanan, Agya udah punya dual SRS air bag, seat belt yang mumpuni, dan ada fitur terbaru yaitu  ISOFIX, buat keamanan optimal pas pasang child seat.


Ditambah lagi, passenger seat-nya model baru yang pasti bakal nyaman banget, fitur audio juga oke punya, plus kabinnya juga luas. Terakhir, Agya juga punya bagasi yang cukup luas, bisa banget buat simpen barang dan oleh-oleh, muat banyak pastinya.


Mobil Toyota Agya ini, selain asik buat dibawa kulineran ke Bandung pastinya bakal oke juga kalau buat dipakai sehari-hari. Apalagi, Agya juga menggunakan mesin 1000CC yang diklaim mudah buat perawatannya, cocoklah buat anak muda yang ngga mau ribet. Duuh, kok jadi kepingin kredit punya mobil Agya ini, ada pilihan warna biru metalic-nya pula, makin bikin kesem-sem deh! Semoga sih tercapai nih nge-Bandung sama Agya :))



Nah, teman-teman ada rekomendasi tempat kuliner yang lain ngga nih yang ada di sekitaran Bandung? share dong di kolom komentar ^^

27 comments:

  1. Mochiloknya kyknya enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga penasaran sama rasanya hehe

      Delete
  2. Neng, aku kepengin minumanya tuuuh, sgeer amaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yogurt yah mak tite, pastinya sih seger banget *kebayang

      Delete
  3. Jrg kulineran aku, suka makan rumahan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, aku juga kadang2 aja kok ka kulinerannya :D

      Delete
  4. Wah... pas bangad nih... bisa dijadikan sebagai referensi biar gak capek-capek lagi nyari lokasi kuliner.

    ReplyDelete
  5. Mochilok itu kayanya yang bikin saya paling mupeng Mba, menggoda bangat... hehehe

    catat dulu akh, semoga bisa kesana klo ke Bandung :)

    ReplyDelete
  6. Mochilok itu keliatannya gede amat, ya? Ukurannya standar mochi apa lebih besar, sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih besar lagi mak Nunik, seukuran mochi semarang itu lhoo :D

      Delete
  7. jadi mupeng sama kulineran ala bandung :)

    ReplyDelete
  8. terimakasih mba infonya, jadi gampang nih kalau nyari tempat kuliner di bandung
    ga pusing lagi deh :D

    ReplyDelete
  9. Wah tempatnya pada di daerah Bandung utara ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakah? Kirain Bandung Kota inih :))

      Delete
  10. Bakso Semar tahh yang juara mah :))

    ReplyDelete
  11. Wahh itu lima tempat kece di Bandung. Tambah 2 lagi mba, Kopi Ireng di Dago Pakar dan Caffee Gallery Art di Lawang Wangi, enaknya kesana kalau malam, keceeeeeee banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa, makasih kak udah nambahin, tapi itu tempatnya angkotable ngga kak? hehe

      Delete
  12. Saya tertarik dengan tulisan anda saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete