Wednesday, June 24, 2015

Apa Takjil Favoritmu?

Dear Kawanii, beberapa waktu lalu aku sempet ngadain survey seruseruan tentang Takjil Favorit di facebook. Ide ngadain survey kaya gini, berawal dari statusnya mak Winda a.k.a Emak Gaoel yang emang udah sering banget bikin survey-survey kaya gini, katanya sih buat membangun hubungan samawa baik sama temen di sosmed gitu, lebih lengkapnya teman-teman bisa baca postingan emak gaoel disini.

Karena menjelang bulan puasa, akhirnya aku bikin survey tentang Takjil Favorit, lengkap sama foto narsisnya kalau ada. Dari 21 orang yang sumbang komentar tentang takjil favorit mereka, cuma beberapa orang aja yang punya koleksi fotonya, bahkan cuma ada satu orang yang setor foto narsis bareng takjil. Mungkin karena waktu itu belum masuk bulan puasa kali yah, makanya pada ngga punya foto takjil. Kalau sekarang diadain lagi, mungkin ada beberapa yang kirim foto narsis bareng takjinya, hihi.

es buah takjil bulan ramadhan

Dari sekian komentar yang masuk, ada beberapa jawaban yang akhirnya bikin pertanyaan baru di kepala aku. Sebenarnya Takjil itu apa sih? Sesempit pengetahuan aku, takjil itu kan berupa kurma, kolak, es buah dan teman-temannya yaa. Tapi ternyata ada juga lho yang jawab, kaya semacam gorengan atau mie ayam. Nah, itu masuk takjil atau bukan yah?

Hasil dari googling menyatakan, ternyata telah terjadi pergeseran makna dari kata Takjil itu sendiri. Jadi, yang sebenarnya, Takjil/Ta'jil itu bukan makanan melainkan arti kata dari "Penyegeraan". Yap, seperti yang kita tahu, menyegerakan berbuka puasa adalah hal yang wajib, bukan?

Nah, aku ngga tahu deh tuh awalnya gimana, sampai kata takjil saat ini diasumsikan sebagai makanan untuk berbuka puasa, seperti yang aku pahami selama ini. Tapi kadung terlanjur memaknainya seperti itu, ya kita mah bisa apa atuh? *Lhaaa

bihun gorengan sambel
menu berbuka hari pertama
Aku pribadi, ngga punya sih takjil (versi makanan) yang jadi favorit, apa aja yang disediain Ibu buat berbuka, ya aku makan. Seringnya sih paling yang ada itu kaya es, baik itu es campur ataupun cuma es sirup aja. Makanannya paling gorengan sama bihun/mie, sesekali ada kolak itu juga kalau Ibu yang bikin. Udah lama ninggalin kebiasaan beli-beli segala macem cuma buat buka puasa, karena mulai 'sadar' kadang beli apa-apa tuh cuma karena lapar mata doang, yang akhirnya malah mubazir, ngga kemakan.

Well, ini nih teman-teman aku yang udah ikut sumbang komentar tentang takjil favorit mereka. Mulai dari yang jawab pake foto dulu yaah ^^
Nuraini Syalafiah ni takjil wjib drmh klo puasa spesial bkin bwt ranran haha
menu berbuka puasa takjil favorit
Risol + lontong dan Es Timun Suri
Mas Mf Abdullah 
Kalo ane sich apapun takjilnya, yg penting bisa buka bersama keluarga itu merupakan kebahagian yang tak tertandingi, baik itu keluarga yang tercipta karena adanya hubungan darah maupun keluaraga yang dipertrmukan lewat tali silaturrahmi, makya sering cari buka bersama dimanapun tempatnya... minimal nebeng di masjid terdekat... hehehe soalnya sering sedih kalo buka puasa sendiri...
buka puasa bareng blogger bandung
Buka puasa bareng blogger bandung beberapa tahun lalu...
Dewi Rasa Esti
Ta'jil untuk berbuka puasa disarankan yg manis2 trlbh dahulu ... Dan saya memilih "Teh Manis Hangat" selain untuk pelepas dahaga, dya juga brperan sbg pmberi energi ke dlm tubuh kita.. Perut tdk akan berdisko lg stlah kita meminum teh hangat ini, stlah itu prgi sholat, baru deh makan nasi
Puasa berkah, perut terjaga, ibadahpun tak trtinggal
Puasa berkah, perut terjaga, ibadahpun tak trtinggal
menu berbuka favorit
Mak Dwina Takjil wajib ya kue dan buah...Belinya di bunderan Yasmin, bnyk macemnya dan uenak2! xD
menu berbuka favorit
 Mak Tanti Neng Amelia
Takjil buka puasa di keluargaku standard, Ranii Novariany - gorengan dan teh manis panas! Di hari pertama sampai ke 10 sih, masih semangat belanja ini itu. Kolak aja sampe tiga macam. Di hari selanjutnya ... gorengan dan teh manis sudah cukup ^^
menu berbuka favorit

menu berbuka favorit
Kolak Pisang
Ka Asri SariYg jelas buka puasa dgn takjil apaapun pasti nikmat krna qta udh puasa sehri penuh mnhan hawa dan nafsu...
Kang Deni Upaykolek ubi ajaah
LoekmaNh Yhaqhin BHiesha lebih seger mh Es buah klo buka puasa..djamin merem melek...hha
Mak Riana 'Inna' WulandariKurma ajah. Harus kudu wajib. 3 biji jg cukup. Ga ada fotonya euy
Ka Ayu OktarianiTeh Manis Anget
Ka Desi NamoraSop buah ran,fotonya di laptop hihi
Ka Melly FeyadinAku sih gada takjil favorite. Krn setiap buka puasa yg penting ada air putih satu gelas. Klopun maksa harus ada favorite yaaa selain air putih musti n kudu ada kurma. Satu bijipun gpp. Fotonya ntr ya..nunggu beli kurma dulu di indomart 
Mak Nefertite Fatriyantisop buah tanpa susu, sedikit gulaahehehe, ketahuan umurku kan Ranii Novariany
Bang Rahab Ganendra
Kolak Telo
Ka Imam Juno
sirop marjan + kelapa muda + es
Ka Hani Ssop buah atau bubur kacang ijo pacman emoticon Tapi kurma selalu standby sih dek, Ramadhan atau bukan.
Ka Dwi Puspitakolak kacang ijo, cukup satu aja macemnya takut nggak dimakan kan eman...
Mak Diah Woro SusantiBihun goreng plus sambal kacang sama bala bala, minumnya teh manis.. 
Foto ga ada.. kburu bablas hihihi
Ka Winny Widyawati Es kelapa Ran. Sayang gak ada fotonya
Intan Novriza Kamala SariKurma, sup buah, cendol, kolak pisaang, mie ayaaamm.. aaakkkkk
Mak Ratna AmaliaMartabak daging en es buah, neng Ranii Novariany. Jadi ditunggu kiriman takjilnya yahhh
Dari komen-komen di atas, ternyata ES masih jadi pilihan favorit yaaa. Basahin tenggorokan yang kering dengan minum es emang nyegerin sih, tapi kalau aku, yang pasti pertama kali diminum itu air putih dulu, baru deh minum es, biar perutnya ngga kaget, hihi.


Nah, kalau 'takjil' favoritnya Kawanii di sini apa nih? Share ayoo di kolom komentar :D

46 comments:

  1. Menu takjil favoritnya pada beragam yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, seberagamnya karakter orang-orang hehe

      Delete
  2. saya mah tetep, es ketimun suri aja udah lebih dari cukup
    setelah itu udut (ups, jangan ditiru)
    ha ha ha

    abis taraweh baru makan yang berat2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk cowok teuteup yah yg paling ditungguin mah rokok! haha

      iya sih, kalo makan berat dulu, tarawehnya suka ngantuk yah mas hihi

      Delete
  3. Ya Allah..pagi2 langsung lihat beginian...merem melek nih mata ...hahahaha

    ReplyDelete
  4. Ayo, Ran...buka puasa di rmhku. Nanti kamu yang bawa takjil nya yaaa....:)

    ReplyDelete
  5. kayanya kalo puasa, apapun enak mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sih bener ya, semuanya berasa enak :v

      Delete
  6. Kalo aku sukanya kolak pacar cina sama kolak biji salak :)
    sudah ku folbek ya Rani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah paporitnya ortu aku :D
      sipp mak, makasih ya ^^

      Delete
  7. Kalau di rumah cukup pake teh manis dinging udah cukup. Kalau pengen sesekali minum es kelapa :D

    ReplyDelete
  8. aku langsung makan aja hehee.. minumnya teh anget. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah ngga biasa langsung makan, hihi

      Delete
  9. Takjil favouritku... Air putih hangat...

    ReplyDelete
  10. Takjilnya bikin laper semuaaa.... takjilku, air putih dan jus buah :-)

    ReplyDelete
  11. kolak & puding yang paling sering aku bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau coba dong kolak sama puding buatan mak lid :D

      Delete
  12. Gak punya takjil favorit tp kolak pisang ama ubi suka banget kalau ada hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo suka banget itu ngga masuk favorit yah? hihhi

      Delete
  13. kalo aku teh anget dulu Ran. Soalnya punya radang jadi harus minum yang anget dulu baru boleh es. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bagusny asih minum yg anget2 duluu yah ka ;)

      Delete
  14. Kok saya ngga baca statusmu ini ya, Ran? Ngga ikut ngisi, dong. Hahaha

    Btw, takjil favorit saya saat ini tuh Kelapa Muda tanpa es. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. statusnya ketumpuk mungkin waktu itu hehe'
      kalo aku sukanya yg pake es :D

      Delete
  15. tak jil favourit keluarga saya es kelapa muda dan lobi santani mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, lobi santani? kaya apa itu yah? sepertinya enaak :D

      Delete
  16. samaan mbak,paling takjil dikeluargaku juga gorengan sama kolak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. teteup yaah, gorengan selalu ada :D

      Delete
  17. gorengan sama es kelapa hehehe

    ReplyDelete
  18. meni geunah kitu...kabitaaa.
    takjil urang, mireglosor

    ReplyDelete
    Replies
    1. mie glosor masuk takjil mak een? haha

      Delete
  19. paling favorit ya es

    paling seneng sama es timun suri tuh.. enak rasanya
    sama laksan atau celimpungan

    oh ya, sempet nyoba es kacang merah sama es pisang ijo
    ternyata enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa banyakk banget yah macem2 es itu, tapi kalau aku malah kurang suka sama es timun suri hhihi

      Delete
  20. kalau saya favorit sih yang anget empuk manis :D asal jangan es .. kalau puasa rentang kena flu jadi harus hatihati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, makanya banyak yg kena flu yah, tapi makan es udah kaya hobi kalo pas puasa hihi

      Delete