Thursday, January 14, 2016

Ternyata ... Begini Rasanya Ditolak!

Halo hai Kawanii, duuuh, judulnya ngenes banget ngga sih? Hahaha.
Tapi, asli deh yah yang namanya ditolak tuh emang ngga enak pake banget! Ada yang udah pernah ditolak? Atau malah jangan-jangan sering ? *ehhh

Pengalaman Ditolak membuat rekening

Jadi, cerita ini berawal dari keinginan aku buat buka rekening BCA [LAGI] di bulan Agustus lalu. Sebetulnya, hal ini udah lumayan lama juga aku pikirin. Tepatnya sih, sejak aku suka sekali-duakali dapat job review *uhuk yang seringnya buat transfer fee agency atau brand suka mintanya rekening BCA.


Beberapa kali sempat 'numpang' di rekeningnya sodara sih, tapi ya kok lama-lama ngerasa ngga enak juga. Mau bikin sendiri, tapi agak ragu juga. Soalnya, aku udah dua kali buka tabungan di BCA dan dua-duanya berakhir dengan mengenaskan :v

Lebih lagi, buat buka rekening BCA setoran awalnya minimal 500.000 dan potongan biaya admin per bulannya menurut aku sih cukup mahal. 3 hal itu yang bikin aku agak maju mundur tiap kali mau datangin itu bank BCA.

Sampai akhirnya aku dapat sedikit pencerahan tentang tahapan BCA Xpresi, sejenis tabungan juga, tapi yang ini bisa dibilang versi 'murah'nya. Karena, setoran minimalnya aja cuma 50.000 dan biaya admin per bulan cuma 5.000 aja. Dapat kartu ATMnya pun jelas beda sama ATM BCA yang standar. Yang ini, bisa ada fotonya tapi fasilitas ini cuma ada di cabang BCA tertentu aja. Tapi, gak dapat buku tabungan aja.

Ah, buku tabungan sih gak begitu penting buat aku. Toh, aku bisa kok catat sendiri, buat ngeceknya aku bisa aktifin fasilitas m-banking. Gampanglah itu. Makanya, pas udah yakin bangeeeet emang 'butuh' itu rekening BCA. Aku pun meniatkan diri buat buka rekening [lagi].

Sebelumnya, aku juga udah googling cabang BCA mana di Bogor yang bisa cetak ATM pake foto kita. Saking narsisnya sampe niat banget pengin bikin kartu ATM yang ada fotonya! HAHA.

Ternyata, di Bogor cuma BCA cabang Djuanda aja yang bisa. Okelah, dulu waktu pertama kali buka rekening BCA juga emang di cabang yang ini. Siang itu, sampailah aku di bank BCA, dan langsung ke lantai 2 buat nemuin customer service-nya.

Lagi asyik duduk ngantri, aku pun didatangi mbak teller yang tanya keperluan aku. Aku bilang mau buka rekening sambil tanya apa aja persyaratannya. Ternyata, ada persyaratan baru yang aku ngga tahu, yaitu tentang NPWP. Yes, Nomer Pokok Wajib Pajak. Dan aku aku ngga punya >.<

Waktu itu, aku udah bilang ke mbaknya kalau aku gak punya NPWP dan mbaknya gak bilang bisa apa ngganya. Cuma karena waktu itu aku kelupaan bawa KK, jadilah mbaknya minta aku datang lagi nanti buat bawa KK.

Selang beberapa hari, aku pun datang lagi. Dan sesuai permintaan, aku bawa itu KK. Kembali mengantri dan kembali didatangin mbak-mbak teller yang sebelumnya itu. Pastinya, dia lupa kalau beberapa hari sebelumnya aku pernah datang.

Dia pun cuma bolak-balik berkas yang aku bawa (KTP + KK) dan dia photocopy. Lagi-lagi aku tanya, bisa ngga kalau tanpa NPWP, dan mbaknya gak jawab -___- *ambigubanget

Gak lama, aku pun berhadapan sama mbak teller dan bilang kalau aku mau buka tabungan BCA Xpresi. Mbaknya sempat tanya soal kerjaan, aku bilang ngga kerja. Lantas, mbaknya tanya, ngapain mau bikin rekening? *yang rasanya saat itu terdengar seperti, lu pengangguran ngapain segala mau bikin rekening? huhu *sensitive detected


Ditolak buka rekening BCA

Aku pun jawab seadanya, ini lho mbak aku kan suka nulis, kadang suka dapat fee dan biasanya diminta rekening BCA. Dan setelahnya disusul dengan pertanyaan soal NPWP. Menurut mbaknya, kalau ngga punya NPWP sendiri, bisa pake NPWP orangtua, masalahnya, orangtua aku pun gak ada yang punya NPWP :#

Mbaknya sempat menawarkan kesepakatan "Yaudah mbak, bisa kita bikinin tapi buku tabungannya kita tahan dulu yah, sampai NPWPnya Ada" Lha? Setelah aku ingetin kalau aku mau bukanya tahapan Xpresi, mbaknya pun merubah kesepakatan. Rupanya mbak tellernya lupa.

"Yaudah, kalau gitu, kartu ATMnya yang kita tahan dulu. Nanti bisa diambil kalau NPWPnya udah ada. Jadi kaya barter gitu" Ini opsi terakhir yang dikasih mbaknya.

Sementara, di waktu dekat, rasanya gak mungkin juga buat ngadain itu NPWP. Ya kali, masa aku nyuruh-nyuruh Bapa atau Ibu buat bikin NPWP cuma buat buka rekening doang. Nyuruh-nyuruh orangtua kan dosa :s Akhirnya, aku pun ngga mengiyakan opsi terakhir dari mbak teller.

"Jadi ngga bisa ya mbak?" Tanyaku terakhir.

"Iya, ngga bisa"

"Okedeh, makasih yaaa"

Dan detik itu juga, aku merasa dunia gak adil banget.
Masa buat buka rekening bank aja ditolak gegara gak punya NPWP. Dari 3 tahun jadi pengangguran, baru kali itu aku ngerasa 'rendah' banget gegara gak punya kerjaan. Ternyata, jadi pengangguran itu emang pedih, Jendral!

Sebetulnya, kalau aja dari awal mbak teller yang pertama nyamperin itu bilang, aku gak bisa buka rekening di situ kalau gak punya NPWP, aku juga gak akan maksa. Dan pastinya, aku gak akan sampai kecewa kaya sekarang. Macam buang-buang waktu gitu kan jadinya, kalau dua kali datang tapi akhirnya gak ada hasil apa-apa. Fiuhhh.

Setelah googling, ternyata NPWP itu bukan syarat wajib kok buat buka rekening BCA. Sebetulnya bisa pakai surat pernyataan ngga punya NPWP. Cuma, emang setiap cabang punya kebijakannya masing-masing. Jadi, mungkin bank BCA Djuanda, gak nerima calon nasabah yang gak punya NPWP. Itu aja.

Dan, kalau aku masih mau punya rekening BCA ini, cuma ada dua opsi. Satu bikin NPWP, yang kedua coba di cabang yang lain. Tapi, rupanya aku butuh waktu beberapa saat, soalnya awal-awal masih berasa banget nyeseknya! Bhahaha.

Jadi, opsi yang mana yang aku ambil? Nanti aku ceritain di postingan selanjutnya yaa, Kawanii ^^

14 comments:

  1. udah dua kali dan gak bisa, hmm.. kalo kartu ATM ada fotonya keren juga tuh.
    gegara NPWP gak bisa bikin, ditolak emang beneran gak enak banget.
    jadi pengangguran emang pedih..

    ReplyDelete
  2. sabar ya ditolak mba-mba teller, mungkin dya bukan jodohmu dek
    kalo tebakan gw sih bikin dicabang lain kayaknya nih, kalo bener dapet apa? hadiah ya?

    ReplyDelete
  3. kalau dari awal dijelasin kan enak g bolak balik..semoga di cabang lain bisa ya mbak

    ReplyDelete
  4. Eh Raniiy bikin NPWP gampang lohh cobain deh bikin NPWP dulu... tapi kudu siap" jadi bangsa indonesia yg baik dan benar loh heheh... eemmm kayaknya kita senasib yah haha... aku juga pernah kyk gt tapi aahh ogah deh ke Bank itu lagi... mending aku ke Bank lain hehe... semangat yah... moga lancar.. oia meme ditolaknya wkkwkw... pizzz

    ReplyDelete
  5. itu mbaknya minim kata2 banget ya mbak, mungkin doi lg sariawan, hihihi
    semangat mbak

    ReplyDelete
  6. Sabar ya Raaan, semoga dapet jodoh eh bank yg lebih baik...

    ReplyDelete
  7. rekening BCA saya jg udah angus karena ga diisi isi

    ReplyDelete
  8. Ran.. ayo langsung bikin NPWP, percaya deh, ke depan nanti, NPWP ini akan sering dibutuhkan dan jadi syarat utk ina ini itu. Ayo, semangat!

    ReplyDelete
  9. aku belum pernah buka rekening BCA sih, tapi setahuku buka rekening itu ngga ribet lhoo..
    waktu SMP aja aku udah pernah bikin :3

    ReplyDelete
  10. Akumah pakai BCA biasa aja Neng... tabungan awalnya cuma 100 ribu kebetulan waktu itu supervisor BBCA-nya datang ke kantor tempat saya kerja, dengan modal surat pengantar dari perusahaan akhirnya saya bisa punya tabungan BCA tanpa persaratan yang njelimet walau saya bukan penduduk asli trempat itu KTP-nya aja KTP kampung :), padahal ditempat lain di bank yang sama persyaratannya seperti KK, surat domisili dan apalah - apalah... walau bukan BCA Xpresi tapi sama - sama BCA he... dan pembayaran penghasilan di blog lancar masuk ke rekening :)

    ReplyDelete
  11. Pernah bikin bca dan aku biarin hangus, skrg kemana2 enak pke BNI itupun dri kantor trf ke BNI dan ngak pnya npwp jga aku huahaha

    ReplyDelete
  12. derita pekerja lepas teh, tapi memang sebetulnya tanpa NPWP pun bisa karena sifatnya cuma optional. Saya buka rek BCA Xpresi cuma pake KTP sama NPWP alhamdulillah lancar.

    Semoga lekas sembuh dari kegalauan penolakan ^_^

    ReplyDelete
  13. Duuh, yang namanya diperlakukan seperti itu memang gak nyaman. Sabar ya mbak. Bener itu kata teman2, bikin NPWP gampang kok.

    ReplyDelete
  14. Iya memang tiap bank berbeda kebijakannya, daaan yang paling ribet dan selektif syarat2nya memang BCA Ran.
    Aku sering urusin anak2 dikantor yang bekronnya kebanyakn ga punya npwp, ngekos. Akhirnya tak kibuli pake surat keterangan wasiat dr kantor . Alhamdllh Lancar Jaya, ga pake lama (padahal dah beberapa kali anak2 tuh di Tolak, hiks kasian yaa)

    Ayo bikin NPWP sekarang Ran, gretong ko, buat urusan kedepannya biar gampang :D, Cemunguut !!

    ReplyDelete