Saturday, June 25, 2016

Menginap Di Batiqa Hotel Cirebon


Batiqa Hotel Cirebon

Halo hai Kawanii, perjalanan ke Cirebon awal bulan Juni lalu, benar-benar perjalanan paling mendadak yang pernah aku lakuin. Tapi, karena yang ngajak emang traveller banget, yaitu Mba Donna Imelda, aku sih yaaa santai-santai aja. Gak mikirin bakal jalan ke mana, nginep di mana, bahkan jalannya sama siapa aja, aku tahunya juga pas udah diperjalanan menuju Gambir.

Dan lagi, aku gak terlalu mikirin hal-hal begitu, aku sih ke mana aja dibawanya hayuk. Yang penting nyampe aja dulu ke Cirebon. Udah ada teman nge-tripnya aja udah syukur banget. Karena ngepas juga sih, beberapa waktu lalu emang pengin banget menjejak di Cirebon, tapi bingung mau sama siapa :# Kalau sendiri, selain belum pernah ngelakuin yang namanya solo-traveling, juga suka rada susah diperijinan orangtua juga sih.

Batiqa Hotel Cirebon

Siang itu, aku beli tiket kereta untuk pemberangkatan jam 19.45 dan diperkirakan bakal sampai ke Cirebon sekitar jam 22.55. Tapi, berkat kereta yang telat datang, aslinya aku baru sampai di Stasiun Cirebon, tengah malam lewat dikit. Untungnya sih, Mba Donna udah bilang bakal jemput di stasiun, yang ternyata, yang jemput bukan mba Donna dooong! Tapi, Bapak supir dari Batiqa Hotel Cirebon. Hiyaampun, pas keluar stasiun "disambut" Bapak supir yang bawa-bawa nametag Batiqa, berasa jadi ‘tamu penting’ seketika whehehehe.

Karena udah lewat tengah malam, jadi jalanan udah sepi banget. Kurang dari 10 menit, aku udah sampai di depan hotel Batiqa, dan langsung disambut ramah sama staff yang bukain pintu mobil. Atuhlah, berasa princess banget ini :v
Selangkah masuk hotel, masih disambut senyum ramah dari dua staff yang 24 Jam standbye di meja resepsionis. Aku pun langsung tanya lift-nya di mana, karena kalau kamarnya sih aku udah tahu dari Mba Donna, “kamar 318”.

Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa Hotel Cirebon
Interior didominasi Batik Mega Mendung, khas Cirebon 
Batiqa Hotel Cirebon
Filosofi nama BATIQA, Batik Quality "A"
Malam itu, setelah bersih-bersih dan ganti baju, aku langsung deh selonjoran di kasur empuknya Batiqa hotel. Biasanya sih, aku kalau ke mana-mana, malam pertama nginepnya tuh suka gak bisa tidur. Nah, pas ke Cirebon ini mah beda, malam itu juga aku bisa tidur dengan nyenyak, tahu-tahu udah pagi aja! Entah efek kecapean atau emang suasana kamarnya yang nyaman. Padahal, kamar yang aku tempatin itu type Superior Room lho, udah nyaman banget, apalagi nempatin yang Suites Room yak.

Batiqa Hotel Cirebon
Bed in Superior Room
Batiqa Hotel Cirebon
Bed in Suites room
Ternyata, type kamar Superior dan Suites di Batiqa Hotel Cirebon itu, bedanya cuma di luas kamarnya aja. Mayoritas isi dan semua fasilitas seperti cooler, tea bar, working space, deposit box, Tv Channel, dan toiletries-nya sama kok. Cuma di kamar type suites ada tambahan satu set sofa juga. Jadi, kalau tidurnya cuma sendiri atau berdua, bisa pilih yang superior aja, nah kalau bawa keluarga baru deh pilih yang suites.

Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa Hotel Cirebon

Untuk kamar mandi, air panas dari shower cukup stabil. Di depan kamar mandi ada wastafel, merangkap meja rias. Yang nyenengin, di depan lemari itu ada kaca setinggian badan, ahh aku suka banget ini! Tapi yah, yang lebih nyenengin, hotel ini gak pelit colokan! Bisa nemu lebih dari 4 colokan listrik, buat aku yang tiap kali jalan selalu butuh nge-charge hp, kamera ataupun notebook dan kadang suka rebutan colokan sama teman sekamar, hal ini jadi ngebantu bangettt. Love it!

Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa Hotel Cirebon

Buat sarapan dan urusan makanan, Batiqa Hotel punya Fresqa Bistro yang ada di sebelah area lobby. Pilihan makanannya gak terlalu banyak, tapi cukup variatif. Ada nasi beserta lauk pauknya, roti dengan beberapa pilihan selai, bubur nasi, bubur kacang ijo, ceral dan buah-buahan segar juga tersedia. Untuk minuman, dari aneka jus, air mineral, susu, teh dan kopi juga ada. Nah, kalau mau telor mata sapi, bisa by request ke staffnya Fresqa Bistro.

Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa Hotel Cirebon

Untungnya nih, kita nginep di sini pas hari Rabu, jadi bisa icip-icip steamboat-nya Fresqa Bistro deh! Menu ini gak tiap hari ada soalnya, cuma hari Rabu dan Kamis di jam makan siang dan makan malam aja.Harganya, mulai dari 149K untuk 2 orang, dan 249K untuk 4 orang.

Batiqa Hotel Cirebon
Kuah kaldu dan kuah Tom yam
Batiqa Hotel Cirebon
aneka seafood, daging, dan sayuran
Batiqa Hotel Cirebon

Kalau mau coba barbeque-nya, cuma ada setiap sabtu malam aja alias malam minggu. Konsepnya, all you can eat dan cuma 78K aja. FYI, Fresqa Bistro ini nerima tamu walk in juga lho, jadi orang Cirebon kalau mau 'numpang' lunch atau dinner di sini bisa banget.

Sayangnya nih, Batiqa Hotel Cirebon belum punya kolam renang, tapi buat yang suka olahraga gak usah khawatir karena masih ada fasilitas GYM di lantai 2, meskipun alatnya masih terbatas juga sih. Fasilitas lainnya, Batiqa punya 4 Meeting Rooms, dan punya WIFI yang koneksinya wush wush banget. Selain itu, antar jemput dari dan ke Stasiun Cirebon, itu juga masuk fasilitas dari hotel bintang 3 ini.

Batiqa Hotel Cirebon

Buat lokasi, hotel ini cukup strategis. Dekat sama beberapa Mall ngehits di Cirebon, kaya CSB atau Grage Mall. Apalagi ke tempat wisata Gua Sunyaragi, deket bangetaaan. Ke Keraton Kasepuhan Cirebon juga gak begitu jauh kok. Strategislah.

Next post, aku bakal ceritain udah ke mana aja jalan-jalan selama 2 hari di Cirebon yaaa ^^

Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa Hotel Cirebon
Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.
Phone : 0231-833-8000 | Fax 0231-833-8008
Email : reservation.cirebon@batiqa.com
Website : www.batiqa.com

2 comments:

  1. Senang punya travelmate kayak kamu, ran... acara staycation di Batiqa dan keliling Cirebon makin berkesan.

    ReplyDelete
  2. Makasih tupisannya Rani kebwtulan ada rencana nginep di Batiqa

    ReplyDelete