Friday, March 3, 2017

Mengintip Harga Tripod Jobi Gorillapod

Halo hai Kawanii, kalau lagi jalan-jalan, suka kepikiran pengin bawa tripod deh. Maksudnya sih, biar gampang kalau mau ngambil foto sendiri, gak perlu ngerepotin minta tolong orang buat motoin. Tapi, kadang yang jadi pertimbangan, bawa tripod tuh lumayan berat dan tentu makan tempat juga kan?

Biarpun nih, dikata tripod yang aku punya itu udah masuk kategori lightweight tripod tapi mah tetep aja beratnya sampa sekiloan kurang dikit. Bayangkaaan, jalan sambil bawa-bawa beban sekilo, belom ditambah kamera dan perintilan lain yang udah pasti nambah-nambah beban hidup bawaan.

Harga Tripod Jobi Gorillapod

Waktu beli, emang gak kepikiran nyari yang ringan banget sih, soalnya udah ketebak kalau yang ringan pasti harganya mahal. Ada harga ada rupa toh? *nyengir* Jadi belinya emang yang sesuai budget dan yang paling sesuai itu yang harganya paling murah *nyengir lagi*

Lagian suka motonya juga masih sekadar jepret iseng-iseng aja, jadi rasanya bakal sayaaang banget kalau harus beli yang mahal. Apalagi, aku juga belum paham banget fungsi yang sesungguhnya dari tripod ini selain buat ngambil foto sendiri, belom paham juga mau ke arah mana photography-nya, mungkin kalau mengarah ke foto landscape gitu, baru deh tripod bakal benar-benar dibutuhin kali ya?

Landscape Photography
photocredit: pixabay.com
Tapi, kemarin itu sempat liat temen bawa-bawa tripod elastis yang bentuknya mirip gurita tapi namanya Gorilla(pod) itu. Kayanya kalau buat jalan-jalan, model tripod yang kaya gitu lebih masuk akal buat dibawa-bawa deh ya dari pada tripod biasa. Tapi keliatannya gorillapod punya temen aku itu, cuma bisa menopang kamera-kamera ringan, kaya action cam atau kamera digital gitu. Kayanya gak bisa kalau buat DSLR, kalau buat Mirrorless kemungkinan sih masih bisa.

Karena penasaran, akhirnya googling deh. Ternyata, gorillapod ini tuh ada beberapa jenis, sesuai peruntukannya, gak khusus buat kamera yang ringan aja, ada yang buat DSLR juga. Cuma, memang gorillapod ini juga ada yang asli sama yang KW-nya.

Nah, kalau yang KW sih, aku rada sangsi ada yang beneran bisa buat SLR apa ngga, hehe. Mengingat harganya yang jauh beda. Tapi kalau yang asli sih, udah pasti gak meragukan lagi, malah ada gorillapod yang bisa menopang kamera SLR + Lensa Zoom! Kalau liat fisiknya, gak sangka banget lah ya, keliatan ringan dan ringkih tapi ternyata kokoh.

Soal harga, seperti yang aku bilang sebelumnya, ada harga ada rupa, tripod ini juga harganya lumayan mahal, walau gak sampe yang jutaan banget. Tripod Jobi Gorillapod biasa berkisar diharga Rp. 500.000; Sementara Tripod Jobi Gorillapod yang buat SLR itu dikisaran harga Rp 600.000 – 700.000. Tapi ini harga yang asli yah, yang merknya Jobi. Kalau merk-merk lain sih harganya gak segini, cuma ya itu tadi, kekokohannya masih perlu dipertanyakan. Kecuali, buat kamera ringan kaya kamera action cam gitu, beli gorillapod yang harganya pas di kantong juga gak ada yang perlu dikhawatirkan.


Eh, apa beneran mending beli action cam-nya aja ya? Kayanya lucu deh buat dipasang di helm, asik kan buat dokumentasiin perjalanan kalau lagi explore Bogor sama Mobira. Gak perlu yang mahal-mahal kayanya GoPro kayanya, yang Xiaomi Yi juga 'keliatan'nya sih udah bagus hasil fotonya. Cuma emang kalau belom minjem punya orang, belom bisa mastiin sih! Jadi kayanya perlu ada action cam yang jadi 'korban' buat dipinjem dulu sebelum beli, hehehe. Ada yang mau minjemin? Dengan senang hati lhooo ^^

6 comments:

  1. Luar biasa juga harganya,
    meskipun mahal tapi kalo kualitasnya ok, boleh deh :D

    ReplyDelete
  2. malaah fokus pengen action cam xiomiyi.. aamiin..

    ReplyDelete
  3. mayan sih, ga bakal patah klo buat poto2 doang mah

    ReplyDelete
  4. Tripod emang penting banget buat yang hobi foto landscape karena bisa menahan guncangan sehingga hasil fotonya maksimal. nice info

    ReplyDelete
  5. Hmmm, mungkin saya butuh satu untuk fotografi di studio saya :)

    ReplyDelete
  6. wahh.. kliatannya berkualitas banget ya.., tapi tiap yang namanya barang berkualitas pasti harganya mahal ya huhu.. T_T

    ReplyDelete