Wednesday, October 25, 2017

Sun Life Edufair 2017: Mendidik Dengan Cinta Untuk Generasi #LebihBaik

Sun Life Edufair 2017

Halo hai Kawanii, hari Jumat (20/10) lalu, aku berkesempatan untuk hadir di acara Sun Life Edufair 2017. Dari namanya aja kalian pasti udah bisa tebak dong ini acara apa? Yaash! Ini acara pameran pendidikan, gaes :D Eh, mimpi apa Rani datang ke acara pameran pendidikan? Mau kuliah kah?

Eits, jangan salah, kalau yang biasanya ngadain pameran pendidikan itu universitas. Nah, Sun Life Indonesia, justru bikin acara pameran pendidikan khusus untuk Sekolah Dasar.


Yeah. Dengan kata lain, ini emang acaranya untuk para orangtua. Tapi yang masih calon orangtua juga sah-sah aja toh buat ikut? Apalagi rangkaian acaranya juga cukup menarik. Gak cuma ada pameran sekolah-sekolah SD aja. Tapi juga ada Parenting Talkshow, yang udah pasti ilmunya bermanfaat banget dong.

Sun Life Edufair 2017

Siang itu, kebetulan pengisi talkshow di hari pertama ada Kak Seto. Yes, dari zaman aku kecil sampai sudah mau seperempat abad, beliau masih aja dipanggil Kakak #AkuIri :p

Bertempat di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Kak Seto membuka sesi Talkshow bertema “Mendidik Dengan Cinta”, dengan sebuah “dongeng”. Sebuah cerita yang ringan tapi syarat makna. Kak Seto menceritakan beberapa sosok bernama “Rudi”, yang kesemua “Rudi” sukses dalam bidangnya masing-masing. Yang mengisyaratkan kalau, semua anak itu mempunyai kemampuan dan kecerdasan yang berbeda-beda. Setiap anak itu istimewa.

Sun Life Edufair 2017

Menurut Kak Seto, salah satu hak anak adalah BERMAIN. Belajar pun juga bisa sambil bermain, bisa sambil bernyanyi ataupun mendongeng. Intinya, belajar yang paling efektif adalah belajar dalam suasana gembira. Setuju dong? Kak Seto juga meyakini setiap anak pasti SUKA BELAJAR. Jika ada anak yang gak suka belajar, sudah pasti ada yang “salah” dengan lingkungannya. Pun begitu kalau ada anak yang nakal, sudah pasti ada yang “salah” juga dengan lingkungannya.

Dan yang aku akan ingat betul perkataan Kak Seto, anak bukan orang dewasa versi mini. Jadi jangan mudah marah sama anak. Ini kayanya PR baku banget deh kalau nanti punya anak. Harus mikir dari sekarang gimana biar gak gampang marah sama anak. Huhu
Terlebih, anak juga merupakan peniru yang baik. Maka dari itu, tugasnya orangtua dan pendidika adalah untuk menjadi IDOLA bagi anak-anak. Harus jadi teladan gitulah.

Sun Life Edufair 2017
Salah satu metode bermain sambil belajar
1 kunci sukses mendidik anak dari Kak Seto, orangtua zaman sekarang HARUS KREATIF! Kak seto juga kasih masukan buat bukibuk yang suka marahin anaknya. Kalau lagi kesel jangan lagi lampiasin ke anak, tapi lampiasinnya dengan NYANYI aja :D Kalau kata Mba Oline sih, Smule-an aja di kamar *niceidea, right?

Intinya sih Kak Seto menegaskan untuk stop kekerasan pada anak. Karena impian seorang anak itu cuma ingin rumah dan sekolah yang ramah anak. Anak-anak juga hanya harus pintar atau kreatif, tapi lebih penting dari itu, anak-anak harus BAHAGIA. Dan biar anak BAHAGIA, didiklah anak dengan CINTA. *tsahhh

Asyiknya nih, cara penyampaian Kak Seto dalam talkshownya itu ngga flat. Jadi, aku anteng aja ngikutin talkshow yang berjam-jam ini. Padahal biasanya aku mudah bosan. Mungkin karena Kak Seto juga bawain talkshownya diselingi nyanyi sama nari juga! Dan terbukti sudah, belajar dengan suasana gembira itu emang efektif. Gak cuma buat anak-anak. Buat aku yang sudah gak anak-anak ini juga sangat efektif. Ihiiy!

Sun Life Edufair 2017

Sesi kedua diisi sama Ibu Shierly Ge, selaku Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, yang menjelaskan lebih banyak tentang latar belakang diadakannya SunLife EduFair, yang tahun ini merupakan tahun kedua digelarnya acara ini.

Seperti yang aku bilang diawal, Sun Life EduFair ini acara pameran pendidikan sekolah dasar. Kenapa menyasar sekolah dasar? Yaa karena selama ini belum ada aja pameran pendidikan untuk sekolah dasar. Dan walaupun Sun Life itu bukan dari lembaga pendidikan. Tapi kan yang namanya sekolah, udah pasti erat kaitannya dengan keuangan kan?

Di sinilah peran Sun Life Indonesia, yaitu untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki perencanaan keuangan terutama untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, yang udah pasti, tiap tahun tuh makin naik, yes?

Sun Life Edufair 2017

Jadi, di Sun Life EduFair 2017 ini, selain para orangtua bisa melihat-lihat dan bertanya secara langsung ke stand Sekolah-sekolah SD terbaik di School Exhibition. Di ajang ini, orangtua juga bisa bertemu secara langsung dengan pakar pendidikan, psikolog, dan ahli perencanaan keuangan dari Sun Life. Wah, kapan lagi kan bisa langsung konsul 3 hal sekaligus dalam satu waktu.

Selain melibatkan orangtua, acara ini juga tentu melibatkan anak-anak dong. Justru anak-anak di sini adalah “peran utama”nya. Acara ini memberi kesempatan untuk anak-anak menampilkan bakat mereka. Ada yang bernyanyi, menari, nge-drum, sampai yang stand up comedy juga ada.

Sun Life Edufair 2017

Dibeberapa stand sekolah, juga menyediakan permainan edukatif yang banyak diminati anak-anak, seperti permainan Lego. Yang pasti, konsep acaranya ini playfull banget deh.
Selain, parenting talkshow, school exhibition, school performance ada juga sesi Brigthter Class, semacam ajang untuk kasih profile dan info tentang sekolah lebih detail aja.

Total sekolah dasar yang tergabung di acara SunLife EduFair 2017 ini ada 25 Sekolah Dasar terbaik yang ada di wilayah Jabodetabek. 20 diantaranya merupakan sekolah formal, dan 5 diantaranya adalah sekolah informal (semacam sekolah khusus untuk mengasah bakat/keterampilan gitu).

Sun Life Edufair 2017
"Sansan" yang Lucu dan Menggemaskan :D
Dalam acara ini, selain mengenalkan maskot Sun Life EduFair 2017 yang bernama “SUNSON”. Sun Life juga meluncurkan sebuah portal Bright Education. Yang menurut aku sih, ini Sun Life Edufair versi online :D. Karena isinya juga mencakup yang ada di edufair kemarin.

Aku yakin portal ini pasti sengaja dibuat untuk memfasilitasi para orangtua yang belum sempat hadir ke acara Sun Life Edufair 2017 kemarin. Keren sekali! Gak percaya? Nih aku jelasin ya, fitur-fitur yang ada di portal Bright Education.


  • Fitur Sekolah, berisi informasi lengkap tentang sekolah-sekolah yang berpartisipasi di Sun Life Edufair 2017.
  • Fitur Perbandingan, di sini orangtua bisa langsung membandingkan sekolah satu dengan sekolah lainnya, untuk mendapat pilihan sekolah yang tepat.
  • Fitur Kalkulator, nah ini fitur untuk estimasiin biaya sekolah yang dibutuhkan, buat nyusun perencanaann keungan juga bisa nih.
  • Fitur Artikel, berisi artikel-artikel informative seputar dunia pendidikan, anak, dan perencanaan keuangan.



Yuk, kita bersama-sama menjadikan anak-anak Indonesia sebagai Generasi yang #LebihBaik ^^

Sun Life Edufair 2017
Penyerahan piagam penghargaan kepada sekolah-sekolah yg sudah ikut berpartisipasi di acara Sun Life Edufair 2017

Sun Life Edufair 2017
stand yg dibuat menarik dg beberapa tema berbeda

Sun Life Edufair 2017

Sun Life Edufair 2017

4 comments:

  1. Iyaaa ya,...biasanya universitas yang bikin edufair. Di sunlife.edufair semuanya sekolah dasar. Keren ihh

    ReplyDelete
  2. Materinya menarik ya Ran
    Bikin melek para orang tua bagaimana mendidik anak dengan baik

    ReplyDelete
  3. Sepakat dengan Kak Seto. Anak-anak suka bermain dan belajar. Jadi harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti bermain :)

    ReplyDelete
  4. Materi yang dibawakan kak seto itu ngena banget, aku suka, wawasanku jadi bertambah

    ReplyDelete