ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) Laptopnya Pengabdi #WorkFromAnywhere

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)

Sekitar 11 tahun lalu, waktu pertama kalinya merasa butuh punya laptop, salah satu hal yang aku pertimbangkan adalah beratnya. Waktu itu, aku bahkan belum tau kalau pada akhirnya laptop itu bisa bawa aku punya kerjaan yang bisa dikerjakan di mana aja. Alasan cari laptop yang ringan ya sesimpel males aja gak sih bawanya kalau berat banget tuh? Beban hidup aja udah berat, yamasa laptop juga harus berat? Ngga dong yaaa...

Maka, saat itu, laptop berlayar 11,6" menjadi pilihan aku. Dulu, rasanya tuh ukuran layar laptop ngaruh juga ke berat laptopnya, iya gak sih? Yang 10" tentu lebih ringan lagi, tapi di aku, layarnya terlalu kecil. Jadi, laptop dengan layar 11,6" rasanya udah jadi pilihan terbaik saat itu.

Begitu juga ketika butuh beli laptop kedua, karena laptop pertama hilang, dicuri orang. Hiks. Laptop berlayar 11,6" masih jadi pilihan karena .. yaampun laptop 14" tuh berat-berat banget kenapa sih?

Sampai setahun lalu, ketika kembali memutuskan untuk beli laptop ketiga, karena yang kedua sebetulnya aset kantor rasa pribadi HAHA. Laptop layar 11,6" tuh masih jadi salah satu pertimbangan aku, tapi sayang banget makin sini kayanya udah jarang nih ada seri terbarunya. Pilihannya jadi terbatas.

Kesan pertama kenalan sama ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)

Maka, ketika akhirnya kenalan sama ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) di acara Blogger Gathering Bogor, 2 Desember lalu, akutu kaya masih gak percaya. KOK BISA ADA LAPTOP 14" SERINGAN INI?? Asli, masih kerasa amaze nya sampai sekarang. Karena ini tuh laptop 14" ter-ringan yang pernah aku coba. Beratnya sekitar 1,39 kg dengan tingkat ketebalan yang cuma 16,9 mm. Saking ringannya, dipegang satu tangan gini juga aman banget!
ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
thin & light laptop
Faktor thin & light yang dimiliki ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) adalah salah satu alasan aku naksir berat sama laptop ini. Buat pengabdi #WorkFromAnywhere kaya aku sih ini penting banget ya. Kebayang asiknya bawa ini laptop ke mana-mana, dijamin gak akan bikin beban sama sekali!

Tapi tentu, ada banyak alasan lain yang bikin kenapa laptop ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) ini tuh menurutku, masuk kategori beli-able. Berikut aku spill beberapa alasan lainnya.

Layar OLED 2.8K yang manjain mata!

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) | Doc Pribadi
Sesuai namanya, laptop ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) ini dibekali layar OLED resolusi 2.8K dengan rasio layar 16:10, yang udah pasti akan kasih space yang lebih luas. Dengan layar yang lebih luas tentunya akan bikin kerja lebih nyaman dan harapannya tentu bisa bikin lebih produktif juga. Kalau ini laptop buat kerja aja nyaman, apalagi buat nonton? Yakan? 

Aku sempat coba juga buat nonton video resolusi 4K dan bener-bener visualnya tuh jernih banget, warnanya juga akurat! Rasanya buat teman-teman yang kerjanya di bidang edit video atau foto, laptop ini juga cocok deh. Soalnya color gamut atau rentang warna dari ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) itu tuh udah 100% DCI-P3 dan udah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Dilengkapi juga dengan teknologi HDR yang juga udah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Ini kalau klaimnya udah pake sertifikasi gini sih, udah jelas terbukti dong ya?

Poin plusnya, walaupun layar OLED-nya ini membuat kita nyaman dan betah berlama-lama di depan laptop. Kesehatan mata penggunanya tetap diperhitungkan juga dengan hadirnya fitur Eye Care, yang dapat mengurangi paparan radiasi bluelight dari gadget. Lagi lagi hal ini gak cuma klaim, tapi juga terbukti sudah dengan sertifikasi yang didapatkan dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Terfavorit buat aku, layarnya ini udah touchscreen juga, jadi buat navigasinya tuh bisa lebih sat set lagi.

Konektivitas tanpa batas dengan port yang super lengkap

USB Type A di ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
USB Type-A | Doc Pribadi
Ini lagi yang bikin tercengang. Wkwkwk.

Di saat laptop lain bersaing buat meminimalisir port, ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) justru hadir sebaliknya. Port-nya masih banyak dan lengkap banget! Bahkan USB type A-nya aja masih ada. Iya, itu lho port yang biasanya buat harddisk atau flashdisk, yang udah jarang banget bisa ditemuin di laptop-laptop terbaru.

Port lainnya ada, Combo Audio Jack (3.5mm), Micro SD Card Reader, 2 USB Type C yang punya dual-function, bisa buat power delivery dan DisplayPort juga. Sisanya ada port HDMI. Lengkap banget gak sih? Udah gak perlu bawa-bawa dongle lagi kalau selengkap ini mah.

Port lengkap ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
Port super lengkap  | Doc Pribadi
Itu yang perkabelan, dari segi nirkabel, ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) ini udah dilengkapi sama teknologi terbaru, WiFi 6E, jadi bisa dapet jaringan yang lebih whoosh. Selain itu ada Bluetooth 5 juga, buat koneksi ke mouse atau TWS sih amaaan banget.

Desain elegan, mewah, nan berkelas!

Hadir dengan warna Jade Black, bikin ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) terlihat elegan. Ditambah, logo monogram "A" yang diukir secara presisi di belakang layar laptop ini juga menambah kesan elegan di laptop ini. Bodi laptop (sampai keyboard-nya), berbahan aluminium yang ringan tapi tetap tangguh. Kalau soal tangguhnya gak usah diragukan ya, karena udah berstandar US Military Grade.

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
ErgoSense Keyboard | Doc Pribadi
Bahas soal keyboard, laptop ini juga dibekali teknologi ErgoSense Keyboard yang kasih pengalaman ngetik yang nyaman selayaknya ngetik pakai keyboard PC desktop. Fitur backlit keyboard yang selain berfungsi saat ngetik di tempat minim cahaya, juga bisa kasih kesan mewah. Bergeser sedikit ke area touchpad yang dilapisi oleh lapisan hydrophobic yang bikin sentuhannya lebih halus dan responsible.

Menariknya lagi, touchpad yang biasanya cuma berfungsi buat navigasi, di sini ASUS kasih lebih dengan hadirnya fitur NumberPad 2.0, fungsinya sih udah jelas ya buat akses input angka yang cepat, dan ya secara visual jadi menarik ajaa.
ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
Fitur NumberPad 2.0 | Doc milik @lala_mynotetrip
Selain itu, ada fitur 180° ErgoLift hinge yang bikin layar ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) ini bisa dibuka hingga 180° memudahkan banget kalau mau unjukin hasil karya atau kerjaan ke rekan maupun client. Part yang gak boleh aku skip buat spill itu, ini laptop punya fitur login pakai sidik jari di tombol power, kelaaas!!
ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
Fitur 180° ErgoLift hinge

Penunjang kerja terbaik untuk #WorkFromAnywhere

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
Sebagai pengabdi #WorkFromAnywhere, meeting online udah pasti jadi bagian yang tidak terpisahkan. Selain jaringan yang mumpuni, kualitas kamera dan audio juga bisa jadi penentu prestasi ditiap pertemuan. Nah, soal ini, kamera dan audio ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) juga sangat bisa diandalkan.

Kameranya udah pake teknologi 3DNR, yang kasih efek wajah terlihat lebih cemerlang meski di tempat yang minim cahaya sekalipun. Didukung teknologi ASUS AI Noise-Cancelling, jadi nih yang area rumahnya ramai dilewati motor ataupun yang pedagang, gak perlu khawatir karena suara-suara dari luar itu bakal keredam.

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) juga didukung daya baterai 75Wh, yang diklaim bisa tahan sampai lebih dari 9 jam**! Misal 8 jam buat kerja, 1 jam-nya buat nonton sih masih bisa banget, guys! **Klaim berdasarkan uji baterai menggunakan PCMark 10 Battery Benchmark pada mode Modern Office.
ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
Office Home & Student 2021 asli & lifetime | Doc Pribadi
Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.

Dilengkapi Office Pre-Installed

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Performa andal di kelasnya

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)
AMD Ryzen 5000 series | Doc Pribadi
Kalau dari segi fitur udah cukup brutal, gimana soal performa? Menurutku sih ya, kalau diliat dari spesifikasinya, ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) ini udah cukup andal di kelasnya. Ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 5 5625U dengan konfigurasi 6 core dan 8 thread, dan dibekali juga dengan GPU internal AMD Radeon™ Graphics. Dengan RAM 8GB LPDDR5, memory 512GB (SSD), bikin laptop ini udah siap banget buat diajakin multi-tasking.

Spesifikasi lengkapnya bisa dicek di tabel ini ya:

Main Spec.

Zenbook 14 OLED (UM3402)

CPU

AMD Ryzen™ 5 5625U Mobile Processor

(6-core/12-thread, 16MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

8GB LPDDR5

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 550nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

Up to 1080p FHD camera

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified

Battery

75Wh, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimension

31.36 x 22.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.39 Kg

Colors

Jade Black

Price

Rp11.999.000

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty


kalau mau cek di website bisa langsung aja ke asus.com/id atau bisa juga cek video singkat aku hands-on laptop ini di Instagram aku yaaa ^^

No comments