Tuesday, December 24, 2013

Resep Membuat Seblak ala Ranii

Gak bisa share link tulisan ke fb ternyata emang berpengaruh banget yah buat blog.. Tapi, yaudah ahh.. lupain aja :) anggap aja gak terjadi apa-apa yaaah.. Gimana pun nulis mah tetep harus jalan ^^

Nah, daripada galau terus mikirin hal itu mending nulis resep 'cemilan yang lagi aku suka banget ini.
Nama makanannya, SEBLAK ! Ada yang gak tau Seblak? Seblak itu terbuat dari kerupuk mentah yang direndem aer terus dibumbuin yang biasanya superrr pedes. Hmm, aku termasuk salah satu pecinta pedes lho..
Pertama kali nyobain seblak, dari hasil beli di kios yang berspanduk "Jual seblak dan makaroni khas Bandung" Woow, makanan khas Bandung toh? wajib nyoba yaaa..
Dan rasanya emang superrr pedes, enak, ketagihan deh. Hampir setiap kali ngelewat kios ini, aku pasti mampir. Lama-lama Ibu penjual seblak dibantu sama mungkin sodaranya, terus rasanya tuh jadi 'beda'. Lain koki lain masakan yah emang..

Dari situlah aku googling dan ketemu blog ini, dengan sedikit modifikasi jadilah seblak ala Ranii seperti ini
Begini resepnya, siapkan bahan-bahannya..

1. Segenggam kerupuk mentah [kerupuk yang biasa dipake bubur], yang ukurannya kecil warnanya kuning bening. Rendam di air mentah juga selama 2-3 jam. (ketinggian air = ketinggian kerupuk]
Kiri setelah di rendam 2 jam, kanan baru direndam
2. Bawang merah, bawang putih, kencur, di uleg halus. Cabe rawit merah [sesuai selera bisa 10-20], haluskan juga.

3. 1 telur kocok-kocok, 1 bks penyedap rasa.

4. Panaskan minyak goreng, masukan bumbu halus sampai harum. Masukan telur kocok [mirip mau dadar telur, tapi ini di ancurin telurnya]. Jangan lama-lama, masukan kerupuk beserta air rendamannya.
Disusul cabe halus, beri penyedap secukupnya, biarkan sampai air agak mengering, jadi deh..

 Silakan dicicipii yaa ^^ :D

44 comments:

  1. gimana ya rasanya... blm pernah nyobain... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya pedes pedes sedepp ka :D
      cobain dehh, hehe

      Delete
  2. Wah baru dengar ya SEBLAK nih. Hmmmmm bener bener Kurang Gau; saya ini . HIeiehieie. Kalau ke Bandung terakhir sih tahun 2010 yang lalu saat saya ikut dalam delegasi Indonesia, dalam froum International Youth COnference.

    Kalau diliat dari fotonya sekilas MIRIP SIOMAY ya mba e. Hmmm. Pengen coba juga nih. Kalau mba Ani yang buat pasti sedap donk ya. Kalau PEDES? Wah ternyata SELERA kita sama ya. Penyuka PEDAS :))) We have something in common here

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhe, ini makanan dari daerah sih Kang, makanya belum terkenal :D

      Nah samaan suka pedes *tooss*
      berarti wajib nyoba seblak nih kang ^^

      Delete
  3. Hmmmm kental banget jadinya y Mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, soalnya sampai airnya mengering :D

      Delete
  4. dulu waktu di penjara suci,sering bikin begini ustadzahku mbk,,,g tau namanya,ealah itu toh namanya seblak hehehe,,maknyus memang aplge kl dimakan pas anget2,siap2 air galon,,pedessss hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. penjara suci? pesantren mksdnya ka? hehe

      iyaaa enaknya di makan anget2 ka, mantaaapp ya(y)

      Delete
  5. kerupuk udang bisa nggak ya? :D
    sudah beberapa kali bewe. eh , banyak juga yang share tentang seblak. apalagi kalau ujan maemnya pedas2.. hmmm nikmat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nyoba..
      tapi katanya kalo kerupuk udang, enaknya dicampur sambel pempek, rasany jadi mirip kaya pempek ka..

      Iyaa, pas kan skg musim ujan hihi

      Delete
  6. Saya pertama kali coba ini sekitar beberapa bulan yang lalu lho mak.... dan begitu nyoba alamaaaaak enak niaaan, Pedas2 gimana gitu ya mak.... gurih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ketagihan mak? hehe iya aku jg udaah lama suka, tapi baru sempet posting skg :D

      Delete
  7. boleh nyicipin gk nih, mbk Ranii. jadi penasaran, soalnya baru kenal kali ini yang namanya seblak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeh doong :D
      ayoo di colek aja 'gambarnya' hehe --v

      Delete
  8. Baru tau ada sambel dari kerupuk mentah. Hmmm rasanya kayak apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, ayok dicobain biar tau rasanya :D

      Delete
  9. waaahhh mantabh sekali resepnya....
    senggol sithik joss...
    mau donk...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi silakan dicicipi 'gambarnya' :D

      Delete
  10. kirim yah hehe, blm prnah makan aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dikirim gambarnya :D --v
      cobain bikin ka, gampang deh bikinnya..

      Delete
  11. SEBLAK itu kaget ketika ketemu seseorang ya? :)
    Walau pernah kuliah di Bandung, saya gak pernah makan SEBLAK. :( Nyesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yah? *gak connect :p*

      haha sayang banget, ayo atuh pindah lagi ke bandung :p

      Delete
  12. belum pernah coba,, apa sejenis kerupuk pedes gitu ya? biasa dijual bungkusan, lengket-lengket gitu? *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kerupuk pedes, tapi ini kerupuknya basah..
      makannya juga enak anget2, kalo dingin kurng enak.
      cobain bikin ka di rumah, enak dehh ..

      Delete
  13. Dek Ran,,,minta donk,,,,lempar ke Surabaya ^_^

    ReplyDelete
  14. belum pernah makan aku.. kalo segala yg pedas2 n telur2 gitu mah kesukaanku,hehe..
    bagi doooong raniii... hehehe

    ReplyDelete
  15. Seblak tuh kalau bahasa jawanya sapu lidi hehe

    ReplyDelete
  16. Kunjungan perdana mbak
    kunbal ya..n follow juga
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaa ^^
      sudah kunjungan balik barusan :))

      Delete
  17. hahahaha,, SEBLAK,, nama sebuah makanana yg sangat unik menurut saya.
    tau gak dari mana asal mula nama makanan seblak itu???
    SEBLAK dalam bahasa jawa artinya pecut, githek, atau cambuk.
    kenapa kemudian di namakan jadi sebuah nama makanan, ini karena ada ciri khas makanan ini adalah PEDAS. , mangkanya setelah makan rasanya kaya di cambuk, kaya di tampar tuh bibir, merah melanda.

    nice posting...!!!
    dan terimakasih saya jd tahu makanan khas daerah lo.

    ReplyDelete
  18. Mksh resepnya ya ran :) hrs dicoba nih
    Psti mantappp

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak :D
      Mantaaap banget buat yang suka pedes..

      Delete
  19. Di warung dekat rumah temanku jual seblak ceker pedas. mantap banget makannya . Bikin bibir merona merah kepedasan. Iya, kerupuknya dikasih ceker rebus plus kuah rebusan ceker. Untuk sambalnya, cabai kering direbus bentar lalu diblender hingga jadi sambal. Ehm, jadi lapar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, kalau aku biasanya bikin seblak ceker tapi gak pake kerupuk, cuma ceker aja, cuma bumbunya masih sama hhe..
      Mantaaap deh pokoknya yah ka :D

      Delete
  20. di tambah sayur biar lebih sehat :-) bisa pke kol atau sawi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya dikasih sayur caisim, hhe

      Delete
  21. Ih, jd pengeeen..tp kalau saya gak pernah bikin pakai bawang merah.. apa lebih gurih ya kalau pakai itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sih gituu mbak, soalnya aku belum pernah bikin tanpa bawang merah.. cobain ajaa bikin :D

      Delete
  22. bisa gak ya seblak tanpa bawang merah heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. misi, ikut jawab juga yak..
      kalau pengalaman pribadi..rasanya lebih sedap klo tambah bawang merah dripada tidak pake bawang merah.. hehe

      Delete