Saturday, November 22, 2014

Satu Hari Lebih Dekat Dengan Bea Cukai

Dear Kawanii, lama gak nulis sesuatu di sini, kali ini aku mau cerita satu proses belajar yang baru dalam hidupku. Ternyata dengan menjadi blogger bisa bikin pengetahuan aku bertambah meski aku gak kuliah. Pelajaran yang bahkan sebelumnya gak pernah terlintas untuk aku pelajari, tapi bisa aku dapat berkat ngeblog. Kali ini kesempatan belajar itu datang dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Soekarno-Hatta yang mengundang blogger dalam rangka Hari Anti Korupsi.
one day tour blogger

live performance
Hari selasa (18/11) sekitar pukul 7 pagi aku dan kedua teman blogger yang sama-sama berangkat dari Bogor sampai di sekitaran ITC Cempaka Mas dan bertemu dengan blogger lain yang sudah sampai lebih dulu. Dari sini kita dijemput bus dari pihak bea cukai. Setibanya di KPPBC yang terletak di area cargo bandara, aku dan semua undangan mengisi daftar hadir dan sempat foto bersama. Setelahnya kita langsung menuju aula tempat berlangsungnya acara. Acara dibuka oleh sebuah band yang para personelnya tidak lain adalah karyawan bea cukai sendiri, aku dan teman-teman blogger menyantap sarapan yang telah disedikan sambil ditemani alunan merdu sang vokalis.

Acara dipandu langsung oleh Bapak Sofyan Helmi yang memang dalam kapasitasnya sebagai Kepala Seksi Penyuluhan dan Informasi. Kemudian ada sambutan dari Bapak Iwan selaku ketua panitia, dilanjut dengan Bapak Okto yang menyampaikan materi.

Sebelum menghadiri acara ini, pengetahuanku tentang bea dan cukai hanya sebatas tulisan bea cukai di bungkus rokok yang biasa aku jual di warung. Mungkin buat orang yang sering pergi ke luar negri atau yang suka impor barang, pasti udah gak asing lagi dengan urusan bea cukai ini ya. Karena, disinilah peran bea cukai sebagai pihak penentu boleh tidaknya suatu barang masuk ke Indonesia. Menarik! Ternyata gak bisa sembarangan yah bawa atau beli barang dari luar negeri. Tapi bukan berati susah lho ya, asalkan barang yang dikirim atau dibawa lengkap perizinannya dari beberapa pihak terkait, barang bisa dengan mudah masuk ke Indonesia. Makanya, kalau mau kirim atau bawa barang dari luar negri hal pertama yang harus dipastiin itu urusan perizinannya, petugas bea cukai cuma memeriksa kelengkapan perizinan. Jadi, gak salah banget kalau barang-barang yang masuk tanpa izin ditahan petugas. Buat mastiin gak ada barang ilegal yang masuk ke Indonesia. Kedepan, bea cukai juga melakukan perubahan agar sistem perizinan bisa dilakukan secara online, untuk lebih memudahkan.

Selain perizinan ada juga hal lain yang dibahas, hal ini lumayan sensitif karena menyangkut sama uang, hehe. Jadi barang yang masuk itu entah dikirim atau dibawa penumpang ada biaya yang harus di bayar, semacam pajak gitu kali ya, ini namanya pungutan impor. Tapi, ada kebijakan yang mengatur pembebasan pungutan impor dengan ketentuan barang yang dibawa nilainya gak lebih dari 250 USD/orang atau 1000 USD/keluarga/kedatangan itupun kalau barangnya bukan barang dagangan yah. Kalau ternyata nilai barang yang dibawa lebih dari ketentuan, otomatis harus bayar lagi. Yaa, kalau sanggup belanja banyak di luar negri, masa iya gak sanggup bayar biaya impor di negara sendiri, kan malu :p

Yang gak kalah penting adalah kinerja dari pihak bea cukai yang udah gak diragukan lagi. Banyak kasus penyelundupan narkotika dan obat berbahaya yang berhasil digagalkan dan para pelakunya langsung diserahkan ke pihak yang berwajib. Kebayang kan gimana kalau barang haram itu bisa dengan mudah masuk Indonesia?
Kemarin, pihak bea cukai juga mewanti-wanti untuk tidak 'terlalu baik' jika ada penumpang tidak dikenal yang ingin menitip barang bawaannya di bandara. Karena bisa saja itu modus untuk menyelundupkan barang terlarang. Jangan sampai niat baik berbuah kerugian untuk kita sendiri. Harus selalu waspada ya :)
para pelaku penyelundupan yang tertangkap di bandara
Hari itu juga, aku berkesempatan menyaksikan langsung jumpa pers yang digelar pihak bea cukai yang telah berhasil menggagalkan 7 kasus upaya penyelundupan narkotika. Para pelaku lengkap dengan barang bukti diperlihatkan di sana. Salah satu modus terbaru adalah, menyelundupkan shabu dengan cara dibentuk jadi lilin, ada juga yang membawanya dalam wadah arak.
BCSoetta
Usai acara jumpa pers, kami diajak untuk masuk ke Kantor Tukar Pos Udara, menyimak penjelasan langsung bagaimana proses pengerjaan barang-barang impor yang dikirim melalui pos. Dari barang datang, diperiksa mesin xray, sampai barang yang diperiksa langsung untuk penentuan bea cukai, sampai di packing ulang. Semua butuh waktu dan ketelitian. Kami juga sempat masuk ke salah satu perusahaan jasa titipan DHL, cara kerjanya pun kurang lebih sama.

Waktu menunjukan jam makan siang, kami pun dipersilakan kembali ke aula. Makan siang bersama ditemani alunan musik dari panggung depan. Usai makan dan sholat, kami masih diajak ke terminal 2d melihat langsung proses pemeriksaan barang bawaan penumpang. Tapi sayang, saat itu bus kehilangan arah bus yang satunya lagi. Sang supir gak tau mau kemana, akhirnya kita diantar kembali ke ITC Cempaka Mas. Dan bisa kembali ke Bogor sebelum gelap.
Acara blogger ke KPPBC Soetta
Semoga semua perubahan dan gebrakan baru dari KPP Bea dan Cukai ini bisa menular ke beberapa kantor instansi pemerintahan yang lain. Agar pandangan negatif yang mungkin selama ini melekat perlahan bisa luntur karena adanya aksi nyata untuk berani bereformasi. Satu yang paling aku ingat kata-kata dari Pak Iwan, "Reformasi bea cukai adalah harga mati! Tidak akan ada lagi yang berani korupsi, saya jamin!!"


Nah, buat teman-teman yang mau mencari informasi lebih banyaaak tentang bea cukai bisa akses websitenya di http://www.beacukai.go.id/. KPP Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta juga punya website khusus, yang bisa diakses di http://www.bcsoetta.net/ (bisa juga melakukan pelacakan barang kiriman yang melalui PJT)
Kalau misal teman-teman menemukan ada pejabat atau pegawai bea cukai yang menyalahgunakan wewenang atau melanggar disiplin, bisa kirim email pengaduan ke pengaduan.beacukai@customs.go.id.


Ranii Novariany
Numpang narsis :p

24 comments:

  1. bner bner manfaat bgt ya kunjungan kemaren, alhamdulillaaah berkah dari nge-blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ka, alhamdulillaah yaa, banyak manfaat yg bisa kita ambil :D

      Delete
  2. wah sepertinya seru banget ya acaranya dan yang lebih penting lagi pasti dapat pengalaman yang berharga dari acara tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget, jadi tambah2 pengalaman dan ilmu :))

      Delete
  3. Pengalaman pertama buat Ima juga dan fungsi bea dan cukai ternyata menarik pisan, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa teh, menarik dan bermanfaat ya :))

      Delete
  4. Wah keren juga acaranya, kok saya gak diajak ya? Eheheh :D
    BTW, memang benar blogging bisa membuka jalan kita ke banyak ilmu dan pengetahuan; dan memang benar ilmu itu tempatnya bukan di kampus, tapi di usaha kita sendiri untuk belajar di mana pun tempatnya. Salut deh sama kamu yang semangat ngeblog dan cari ilmu :)

    Have a nice week :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan saya juga diajak orang mas :p

      iyaa bener bangetm kita bisa menemukan ilmu dimanapun yah :D
      makasih yaaa :))

      Delete
  5. Seneng banget bisa dateng acara iniii... berasa banget ini kepala nambah informasi, hihihi...

    ReplyDelete
  6. aarrrkkk irri bangett,seru banget bisa masuk kantor bea cukai dan langsung lihat pers confrence para penyeundup hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gausah iri ka, kan aku bagii nih ceritanya di blog :D :D

      Delete
  7. Selamat untuk pekerja Bea Cukai yang bisa menangkap penyelundup, semoga makin gigih kerjanya

    ReplyDelete
  8. Ringkes padet paparan nya Mak Ranii...cool! Semoga bertambah lagi ilmu kita yaa...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mak, biar selesai di satu postingan :) aamiin

      Delete
  9. Keren... informatif banget dik... nambah wawasan....

    Sebelumnya saya ga tau apa apa soal beacukai...

    ReplyDelete
  10. pastinya seneng ya dek Ran ada acara begituan apalgi sama par blogger jadi makin betah deh,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ka, jadi selain nambah imu nambah temen jugaa :D

      Delete
  11. waw keren nih, pasti seru ya apalagi sama para blogger ... manteb .. manteb nih

    ReplyDelete
  12. keren, mantep, pokoke top markotop lah mbak rani, informatif banget dapet ilmu lagi deh dari rani

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak, smoga bermanfaat yah :D

      Delete