#CeritaBandung : Dari Alun Alun Sampai Braga



Waktu bikin tulisan 5 kuliner Bandung yang wajib dikunjungi, aku sama sekali belum ada rencana ataupun gambaran bakal ke Bandung lagi di bulan yang sama. Tepatnya bulan Mei, aku nulis diawal Mei dan *tringg menjelang akhir Mei aku menjejak lagi di Bandung, kadang hidup se-ajaib itu memang yah :D

Acara inti yang mau aku datangin digelar tanggal 28-29 Mei, tapi aku sengaja datang ke Bandung lebih awal demi menuhin keinginan buat kulineran ke 5 tempat yang aku tulis itu *niat pisan. Tapi, ngga ngoyo juga sih harus ke-limanya dicobain, yaa minimal 2 atau 3 tempat cukuplah yah. Asyiknya, karena datang lebih awal, selain bisa kulineran aku juga bisa sedikit nostalgia waktu keliling Bandung setahun yang lalu. Plus, bisa menuntaskan langkah ke tempat yang setahun lalu belum sempat aku singgahin, Jalan Braga.

Keliling bandung, jalan braga, jalan jalan bandung

Sekitar jam 12 siang, bis BELA UTAMA yang aku naikin sampai dengan selamat di Terminal Leuwi Panjang. Turun dari Bis, aku langsung ke halte Damri yang letaknya masih di dalam terminal juga. Tujuan pertama aku tentu Jalan Braga, berbekal arahan dari @bangaswi, buat sampai ke Braga dari Leuwi Panjang cukup naik Damri aja sekali. Soal bis-nya yang mana sih, tinggal tanya aja. Aku naik, dan beberapa menit berlalu bis-nya udah mulai penuh, amang supir injek gas, tanda siap berangkat. Jalanan waktu itu ngga macet, amang supir bawa bisnya juga lumayan pelan, aku jadi bisa nikmatin jalanan Bandung lebih santai. Setelah melewati beberapa belokan, amang supirnya bilang "alun-alun * alun-alun"  Eh, Alun? Masjid Raya dong yah? Wah,  Aku langsung sigap ikut turun sama penumpang lain yang juga turun di Alun. Niat awal mau turun di Braga, terpatahkan karena sayang aja kalau harus ngelewatin kesempatan buat bisa masuk ke Masjid Raya, tempo hari ke sini cuma bisa main di Alunnya aja.

Jalanjalan bandung, keliling bandung

Puas ngiterin Masjid Raya, aku keluar niatnya mau ngadem di Alun dan langsung terpesona liat perubahan yang ada. Dari suasana sampai tampilannya, jaaaauh berbeda dari setahun lalu aku ke sini, makin cantik dan makin bikin aku jatuh cinta sama tempat ini. Mulai dari ada taman bunga warna-warni, di area pelataran Masjid yang disebut alun-alun itu juga terhamparan rumput sintetis yang hijau dan bersih. Siang itu, biarpun cuaca cukup terik, tapi banyaaak warga yang keliatan banget lagi asik nikmatin suasana Kota-nya. Para anak kecil bebas berlarian, melepas tawa sambil mengejar bola yang mereka tendang sendiri. Sementara para orangtua, terlihat asik menikmati tawa bahagia anak-anaknya. Dan seolah terbawa perasaan (ahelah pake baper segala!), tiba-tiba aja aku ngebayangin bisa main ke sini bareng keluarga kecil aku suatu saat nanti, wkwkwk *skip
bandung juara alun alun bandung

jalanjalan keliling bandung sehari ke alun aja

perbandingan, perubahan bandung, bandung juara
Kiri : Maret 2014 | Kanan : Mei 2015
Tadinya, pingin banget ikutan duduk santai di Alun, tapi rasanya kaki gatel pingin diajak jalan. Akhirnya aku jalan ke arah... ahh aku ngga tahu arah, pokoknya aku jalan iseng aja sambil cari-cari apa kek yang bisa dijepret. Ternyata, euforia peringatan 60Th KAA tempo hari, masih berasa lho berkat sisa-sisa atribut yang masih terpasang, di beberapa bagian jalan. Di sini juga ada banyak kursi taman, tempat sampah, lengkap sama petugas kebersihan yang terus usaha biar kotanya selalu bersih, sambil kasih pesan manis, lewat tulisan yang ada di baju mereka. Kaya gini,
kota bandung bandung bersih bandung bermartabat
"Bantu Kami Membuat Bandung Bersih"
rumah makan padang di bandung
Berasa Dejavu liat ini, soalnya pas lewat jembatan penyebrangan di Bogor
sebelum naik bis liat plang ini juga cuma ngga sempet foto aja..
perayaan 60 tahun KAA di bandung
Patung2 Jerami sisa 60Th KAA
Sampai seseorang yang sedari tadi aku tunggu, ngabarin kalau dia udah sampai di sekitaran Alun juga. Yap, persis kaya tahun lalu, dengan ngga tahu malunya, aku minta  ditemenin keliling Bandung, sama siapa lagi kalau bukan sama Akang-akang dari Xriders Bandung (XB). Malah, yang ini lebih ngga tahu malu, karena aku minta ditemeninnya full selama ada di Bandung, wkwkwk *ngelunjak. Tapi, ya aku bersyukur banget, walau aslinya ngga punya siapa-siapa di Bandung, tapi berkat ikut komunitas jadi ada lah yang bisa dianggap saudara.
Walau tadinya rada pesimis, bakal ada yang nemenin apa ngga karena aku jalannya di hari kerja. Beberapa dari XB nyatanya emang pada kerja sih, tapi betapa beruntungnya aku, karena adaaa aja orang yang bersedia merelakan diri buat nemenin aku wara-wiri selama di Bandung. Sebutlah dia Firman Marwansyah, salah satu Xriders Bandung yang sempet aku sasarin waktu ke Curug Cilember beberapa bulan lalu. Gitu kan baiknya saudara-saudara aku di Xriders Bandung, udah disasarin aja masih mau-maunya direpotin, hahaha.

Pas udah ketemu, aku langsung minta anter ke Braga dong, yang sebenernya bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Alun, cuma jalanannya agak berbelit aja, katanya sih. Sampai di Braga, ternyata kita parkir tepat di tempat yang emang mau aku datangin, yaitu Rumah Makan Sumber Hidangan, dan... aku malah ngga tahu mau beli apa di situ -__- akhirnya aku cuma nyobain es krimnya yang *ngggg biasa aja sih rasanya mah. Tapi, seneng aja karena semacam "mission accomplished" gitu. Ini langkah pertama, kayanya perlu ada langkah kedua deh buat ke sini lagi kapan-kapan, karena sekarang udah tahu kue apa yang mau dicobain *berkat ka Ayu, hihi
Sumber Hidangan
Snow White from Sumber Hidangan
Braga kota tuanya bandung
Salah satu sudut Braga
Dari Sumber Hidangan, kita jalan ke pertigaan yang ngga jauh dari situ, itu lho yang ada tulisan B-R-A-G-A-nya. Niatnya mau foto di situ, terus hujan, akhirnya kita balik lagi deh ke tempat parkir motor, dan ajaib dong hujannya berhenti, ternyata itu cuma hujan yang kebawa angin doang.

elektrik parking
tadiny mau coba ini, tapi ngga jadi, hehe
Nah, di pinggiran RM Sumber Hidangan ini, ada banyak lukisan yang dipajang penjualnya, diantara sela-sela lukisan itu ada kursi, yang sebelum aku dudukin sempet aku pikir kalau itu kursi jualannya abang tukang lukisan *biasa nemu di Bogor mah begitu. Ternyata, itu kursi fasilitas umum dari pemkot Bandung, padahal tadi nemu banyak kursi juga yah di Alun, tapi ngga kepikiran kalau yang di sini juga termasuk fasilitas umum. Asyik banget yah di Bandung ini, ngga ada lagi cerita, duduk sembarang di pinggir jalan cuma karena ngga nemu tempat duduk. Warganya juga asyik diajak kerjasama, ngga ada acara kursi di rusak atau dicorat-coret, bersiih!

Sempet duduk beberapa menit di situ, sambil mikir keras mau ke mana lagi abis dari Braga. Bukan ngga ada tujuan, tapi justru karena banyaknya tujuan yang pingin aku datangin dan harus bisa atur waktunya biar bisa ke kejar semua *maruk. Sebelumnya, aku sih udah tanya tempat wisata di Bandung yang ngga jauh-jauh amat dari Bandung Kota, akhirnya kita menyepakati satu tempat, dan aku sebut ini jalanjalan dadakan. Horeeee!!
Rani novariany, Novariany adventure
Selfie dulu biar ngga dibilang hoax :v *alesan



Mau tahu ke mana jalanjalan dadakannya? Tunggu cerita selanjutnya yaaaaa, Kawanii...

40 comments

  1. Wih saya kira mak Rany tinggal di Bandung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal di Bandung masih jadi cita-cita teh hehe

      Delete
  2. Hahaha... kasihan juga sama akan Xriders Bandung, mau aja di sasarin. Udah muter-muter malah cuma beli es krim.

    Di tunggu cerita dadakan selanjutnya ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disasarinnya mah udah lama :v

      siaap mas :))

      Delete
  3. huaaa... saya yang KTP Bandung malah belum pernah foto2 ke tempat2 di atas setelah KAA... menyedihkan...

    eh, Ranii... itu patung maung yang lagi berdiri, pinjem yaaa... buat bahan postingan, maungnya udah hancur sekarang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sempet aja yah teh? hehe
      iya silakan teh, dipake aja :))
      ahh iyakah udah hancur? ishh sayang banget yaaa -__-

      Delete
  4. Aku pernah sendirian menelusurinnya tempat2 legendaris jalan kaki, dari Braga, museum KAA, alun-alun, kopi aroma banceuy, sumber hidangan. Lumayan menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di Braga belum tuntas sebenernya mak, baru sedikiit aja hehe.. asik nikmatin waktu sendiri yah mak,

      Delete
  5. Aku belum sempat ke Braga, Ran. Kapan2 ke sana lagi ah :D

    ReplyDelete
  6. Cakepnya masjid raya Bandung. AKu penasaran banget pengen datang ke Bandung setelah Pak Ridwan Kamil jadi walikota nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa cakep banget emang mak,
      Hayu atuuh #visitbandung seruuu hehe

      Delete
  7. Subhanallah itu masjid bagus, pasti adem di sana... Bikin khsuyuk ibadah.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul banget kak, kalo ngga inget mau main mah, pengennya lama2 aja di dalem hehe

      Delete
  8. Terakhir ke Bandung tahun 2012....tapi nggak mampir ke tempat2 itu, menyedihkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti ada kesempatan buat mampir lagi ke bandung ya mbak :)

      Delete
  9. aku ke Bandung cuma satu kali..mampir ke masjidnya itu..ternyata Bandung emang bagus ya, kapan2 mau ke Bandung ahhhh

    ReplyDelete
  10. Snow whitenya... Uenak keliatannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma keliatannya aja, aslinya sih biasa hehe

      Delete
  11. wah Ranny habis jalan-jalan ke Bandung lagi ya

    ReplyDelete
  12. wah mba Ranii itu snow whitenya manggil-manggil nih :P di daerah braga tuh banyak yang jual lukisan keren2 loh mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha hayu samperin yuk snow white nya :D
      iyaa kemaren juga liat keren bagus22, biar saya ngga terlalu paham lukisan tapi cakep2 aja diliatnya :D

      Delete
  13. Bandung!!!!
    Masih merupakan list yang akan kudatangi entah tahun kapan. hahaha.
    Enaknya jalan-jalan itu emang ada yang nemenin. Biasanya juga aku nyulik seseorang. Haha. Lumayanlah ada yang diajak ngobrol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semogaaa segera bisa berkunjung ke Bandung yah ka, eh siapa tahu kita ke bandung barengan haha
      iyees, betul banget kaa, biar ada temen ngobrol yah

      Delete
  14. masjid raya bandung sekarang keren ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, tepatnya sekarang nambah kereen kak :D

      Delete
  15. masjidnya bagus ya,, si mbak udah maen ke bandung lagi aja nih,,gak ajak-ajak lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus bangeeet,
      kalo diajakin harus mau ikut tapi yah? hehe

      Delete
  16. pada kreatif ya patung dari jerami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung kan emang kotanya orang kreatif hehe

      Delete
  17. kaya lapangan bola ya mba alun-alunnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, mirip lapangan bola tinggal dipakei gawang aja hehe

      Delete
  18. Wah ane ketinggalan nih, ane tidak pernah ke bandung. Rasanya pengin ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum aja mungkin mbak :D semoga kapan2 bisa main ke Bandung yah :)

      Delete
  19. mesjidnya subhanalloh indah banget ...

    ReplyDelete
  20. Kalo bs ke jabar, pengen ke peneropongan aja

    ReplyDelete
  21. Waahhh keduluan sama Ranii

    ReplyDelete
  22. Bandung tambah keren aja .... abis baca jadi tambah kepingin main lagi ke Bandung...

    ReplyDelete