Wednesday, August 12, 2015

Sirloin Steak Crispy Ala Ala

Dear Kawanii, waktu di acaranya Parade Cooking Demo Selera Indonesia, yang aku ikutin tepat diawal bulan Agustus ini, aku kan sempat jalan-jalan sebentar yah masuk ke area store HERO Supermarket Taman Anggrek. Niatnya sih, cuma mau foto sambil lihat-lihat aja, tapi yaaa namanya juga cewek, kadang ada aja belanjaan yang dibeli atas dasar ngga sengaja *ehh, iya ngga sih?  Maksudnya, ngga sengaja keingetan kalau di rumah ada beberapa resep yang udah lama banget cuma di-copy-paste di word. Kebetulankan, lagi di tempat yang berasa surga bangetlah yaah buat belanja bahan makanan. Semua yang aku butuhkan, tersedia di sini. Cuma sayang, Hero ngga jual pendamping! *statement ambigu *abaikan :p Jadi hari itu aku berhasil bawa pulang daging sapi (sirloin) yang kebetulan udah berbentuk slice, beberapa gram buncis, wortel, kentang dan beberapa bahan lain yang aku butuhkan.
HERO supermarket kualitas premium

Yes, untuk pertama kalinya aku nyoba deh tuh masak Steak! Dan kenapa aku tulis judulnya steak ala-ala? Karena, steak ini emang ala kadarnya. Ngga deng, maksudnya, ini cuma steak berbentuk daging tipis yang dibalut tepung itu lho . Bukan steak premium yang isinya full daging. Dan sangat perlu untuk diakui, diantara dua jenis steak yang ada, steak ala-ala ini lah yang cocok dilidah aku, da aku mah apa atuh :D Resep kali ini 100% dapat nyontek dari dapurnya Mbak Diah Didi, resep ada di sini. Di jagat blogosphere ini, dapurnya Mbak Diah ini ngga perlu diraguin lagi cita rasanya *tsaah *kok malah mirip promosi blog yah? halaah..

Daripada menclak menclok ke mana-mana lagi, langsung aja deh yaa aku tulis bahan dan cara membuat Sirloin Steak Crispy Ala-Ala ini.

**Pertama : Siapkan daging sirloin (aku kemarin belinya yang isi 3 lembar, udah tipis-tipis banget, jadi ngga perlu dipukul-pukul lagi takut dikira KDRT -___-), cuci bersih, lalu rendam daging dengan 1 sdm saus tiram,  ½ sdt merica bubuk dan sedikit air. Biarkan selama kurang lebih 30 menit.

**Kedua : Bersihkan wortel, buncis dan juga kentang, potong-potong sama panjang. Setelah itu, masuk ke proses membuat saus. Hal pertama adalah rebus 2 buah tomat, sambil menunggu kita bisa mencincang aneka bawang. 8 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, dan ¾ bagian bawang bombai, cincang halus atau bisa juga sih ditumbuk/ulek/blender aja. Waktu itu, aku ngga teliti baca resep, yang akhirnya itu bawang cuma dicincang kasar, yang pasti bikin hasil sausnya jadi ngga sempurna, hehe. Setelahnya, tomat yang sudah direbus, bersihkan kulit dan buang bijinya, lalu cincang *lagi-lagi diproses ini aku cincang kasar
hero supermarket bahan untuk membuat steak

**Ketiga : Panaskan wajan, beri mentega secukupnya, tumis aneka bawang yang sudah dicincang tadi sampai harum dan matang. Masukkan tomat cincang, 200 Ml air, 2 Sdm Saus tiram, 1 sdm merica bubuk, ½ botol kecil saos tomat, tambah garam dan gula secukupnya, juga kaldu sapi jika mau. Kemarin itu, aku pakai saus tiram sachet yang siap pakai dan sudah ada rasanya, mestinya sih ngga perlu tambahan garam lagi. Cuma karena ngga ngeh alias lupa, aku main masukkin garam aja. Alhasil rasa sausnya pun jadi agak asiiin *tolong yah, keasinan ini ngga perlu disangkutpautkan dengan mitos apapun :p Note : kalau masih belajar masak, ada baiknya rajin icip masakan sebelum menambahkan bumbu-bumbu, biar rasanya bisa pas.

**Keempat : Siapkan lagi wajan, goreng kentang ke dalam minyak yang lumayan banyak. Sambil siapkan panci untuk merebus wortel dan buncis, ngga perlu lama-lama, asal mateng aja *yaiyalaah. Sementara itu, tiriskan juga daging yang sudah proses rendam tadi.

**Kelima : Siapkan tepung crispy di wadah untuk membalut daging (aku beli tepung crispy siap pakai), untuk celupan siapkan 2 butir telur, kocok lepas. Masukkan daging ke dalam tepung crispy, celupkan ke dalam kocokan telur, lalu masukkan lagi ke dalam tepung crispy sambil dicubit-cubit biar hasilnya jadi ada keriwilnya. Jangan lupa, kibas-kibas dulu dagingnya biar tepung yang ngga nempel, berjatuhan.
resep dan cara membuat sirloin steak

**Keenam : Goreng daging yang sudah dibalut tepung dalam minyak panas yang banyak sampai warnanya kuning kecoklatan. Tapi yg aku ini warnanya agak gelap, kelamaan gorengnya :3
resep dan cara membuat steak crispy

**Ketujuh : Selesai deh! Masuk proses penyajian. Tata wortel, buncis, kentang goreng dan steak ala-ala nya di piring. Lalu, tuang deh sausnya! Yippi, Sirloin Steak Crispy Ala Ala pun siap dinikmati. Sebaiknya disajikan saat masih hangat yaaa.
Resep dan cara membuat steak crispy

Dua orang beruntung yang berkesempatan nyobain steak ala-ala ini adalah Bapa sama Ibu aku, hehe. Dan mereka bilang, ENAK *meskipun agak asin, masih bisa ditambahin gula sih, biar ngga asin banget. Eksekusi kali ini ngga bisa aku dibilang sukses 100%, tapi minimal kan ngga sampai gagal yah masakannya *membela diri. Kayanya kapan-kapan perlu buat bikin lagi, ada yang berminat lidahnya dikorbankan buat nyobainkah ? :v


Ahhh, akhirnya setelah sekian lama bisa main-main lagi di dapur, bisa ngerasain lagi nangis-nangis gegara cincang bawang, dan yang pasti bisa ngerasain lagi seneng dan bangganya bisa mengeksekusi satu resep masakan. Bytheway, aku nemu lagi nih satu resep makanan yang lagi pingin bangeet aku coba bikin, nanti aku share lagi yah kalau udah berhasil. See you next post, Kawanii !

24 comments:

  1. Whoaaaa....
    Salah banget ini pagi2 nongkrong dimari kemudian ngiler beraaat hehehe....

    Steaknya terlihat menggiurkan sekaliii...keren iiih...
    *melipir ke dapur buat ceplok telor soalnya di kulkas cuma itu doang isinya hehehe...*

    ReplyDelete
    Replies
    1. muehehehee..

      Kulkasnya isinya telur doang? mesti kulkasnya banyak yah, jadi tiap 1 kulkas isinya 1 jenis bahan makanan :v haha

      Delete
  2. Steaknya menggoda dan berhasil mengundang rasa lapar menjelang waktu tengah malam gini. Apalagi aku suka bangad sama wortel dan kentang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, bikin laper yah :D
      hayo cobain bikin sendiri steaknya mas, rasanya mesti beda dari yg dapet beli

      Delete
  3. chef Rany emang kerennnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaaa, makasiih kakak yg lebih kereeen :*

      Delete
  4. steaknya menggoda mbak,,nanti resepnya saya coba ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yees yes mbak, silakan
      saya siap lho kalau dikasih icip haha *ngarep

      Delete
  5. entah mengapa, liat foto terakhir bikin saya ngiler...

    bikinnya pasti lama, tapi pas di makan ga ada lima menit udah abis :)
    he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul banget !
      lama dan riweuh *soalnya yg masak amatiiran haha

      Delete
  6. huhuhuu.. lapar-lapar malah singgah kesini, tambah laper deh hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalau lagi kurang nafsu makan, bisa singgah lagi ke sini ya mbak :D

      Delete
  7. Raniii..., tak sia-sia jerih payahmu berburu ke banyak resto yaa, jadi pinter masak beginih
    Bikin kepengin euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih belum sampai tahap pinter mak tite, ini masih belajaar aja hihi

      Delete
  8. Wah steak crispy....sederhana dan renyah.

    ReplyDelete
  9. ya ampun kebetulan lagi puasa gini eeeeh postingannya steak .. enak bangeuuut keliatannya :( :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayan kan jadi ada inspirasi buat buka puasa heheee

      Delete
  10. pagi pagi belom makan udah liat steak:3 lemparin aja sini hahah

    ReplyDelete
  11. waah lamanyo gak main kesini, udah ganti template yaa mba...dan tambah pinter berkat resep keren ini :)

    ReplyDelete
  12. Wah, bisa dicoba nih, makasih sdh share resep, kebetulan bgt nih, sya penggemar steak :-)

    ReplyDelete
  13. wawawawa, mau dong dibuatin sirloin...

    ReplyDelete
  14. Tuh kan bikin laper kan yaa.. Eeh kalau ke asin nan itu katanya minta kawinn, rani siap??

    ReplyDelete