Friday, October 16, 2015

Nusantara Sehat : Ajang Mengabdi Bagi Para Tenaga Kesehatan

Dear kawanii, beberapa waktu lalu aku sempat diajak untuk mengenal apa itu Nusantara Sehat, bersama puluhan blogger-blogger yang sudah tergabung dalam #SahabatJKN. Mungkin, teman-teman ada yang belum tahu apa yang itu #SahabatJKN, tapi kalau singkatan dari JKN sendiri, teman-teman sudah pasti hafal doong? Yap! Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), jadi tugas kami (Baca: #SahabatJKN) hanya membantu Puskom Kemenkes untuk bisa menyampaikan program-program yang terkait dengan JKN lewat tulisan, yang salah satunya melalu media blog ini. Kurang lebih, seperti itu penjelasan singkat mengenai #SahabatJKN, kalau teman-teman ingin bergabung, bisa lho gabung di grup facebook-nya terlebih dulu.

#sahabatJKN bincang santai soal Nusantara Sehat

Pagi itu, sekitar jam 9, aku sudah sampai di lokasi acara, tepatnya di Artotel Jakarta, yang ada di kawasan Thamrin. Setelah acara dibuka MC, sambutan pertama pun datang dari Kepala Puskom Publik Kemenkes, yaitu Ibu Murti, yang dipersilakan oleh narator, yaitu Eyang Anjari (@anjarisme). Dalam sambutannya, Ibu Murti sempat berkata, dalam menyikapi suatu hal, ada baiknya jika kita tidak hanya 'mendengarkan' dari satu pihak saja. Dalam hal ini, Puskom Kemenkes memberikan akses untuk masyarakat yang ingin mengklarifikasi hal-hal yang menyangkut dengan Kemenkes, melalui layanan hotline Kemenkes.

Kang Maman Suherman dan Ibu Diah

 Acara ini dihadiri juga oleh beberapa jajaran staff Kemenkes, yang salah satu narasumbernya merupakan staff khusus dari Kemenkes yang sekaligus psikolog, yaitu Ibu Diah (@adetje). Yang ngga kalah menarik, narasumber kedua hadir Kang Maman, yang sering nonton Indonesia Lawak Klub (ILK) pasti kenal betul deh siapa beliau ini, yes, beliau menjadi notulen di acara tersebut yang selain itu Kang Maman juga merupakan penulis buku, yang juga aktif berkicau di Twitter (@Maman1965), ya semacam selebtweet gitu deh *asyikkan bisa ketemu sama seleb, uhuuy! Selama kurang lebih 2 jam setengah, aku dan teman-teman menyimak obrolan santai tentang Nusantara Sehat ini dan membaginya di Twitter, dan membuat hastag #SahabatJKN hari itu jadi trending topic no 2 di Indonesia.

#sahabatJKN bincang santai soal Nusantara Sehat

Kesimpulan yang aku dapat dari acara hari itu, akhirnya menjadi sebuah judul dari tulisan ini. Nusantara Sehat, merupakan sebuah ajang pengabdian pada masyarakat bagi para tenaga kesehatan. Kenapa aku bilang pengabdian? Karena para tenaga kesehatan ini akan dikirimkan ke daerah-daerah terpencil di Indonesia, dengan tujuan membantu menguatkan layanan kesehatan yang ada di daerah-daerah terpencil, perbatasan dan juga kepulauan. Yup, kalau kamu seorang tenaga kesehatan baik itu Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Tenaga Gizi, tenaga Kesehatan Lingkungan, Ahli Teknologi Lab Medik, Tenaga Kefarmasian, atau Tenaga Kesehatan Masyarat, dan memiliki jiwa kerelawanan yang tinggi, ini saatnya kamu untuk ikut ambil bagian jadi team-nya Nusantara Sehat!

Tapi untuk menjadi team dari Nusantara Sehat, teman-teman akan mengikuti serangkaian proses seleksi calon berdasarkan resume, tes tertulis dengan esai, wawancara tatap muka, tes psikologi dan juga tes Focus Group Discuccion (FGD). Poin penting agar bisa lolos seleksi adalah, peserta harus bisa memperlihatkan kemampuan sosialisasi yang baik, memiliki inisiatif dan pengambilan keputusan yang baik, dan yang paling penting adalah peserta harus yakin bisa berkomitmen atas tanggung jawab yang telah disepakati dengan masa tugas selama 2 Tahun. Tapi jangan khawatir, karena jika sudah lolos seleksi, calon peserta juga akan diberikan pelatihan dan pembekalan terlebih dulu, agar lebih memudahkan peserta untuk bisa berinteraksi dengan petugas kesehatan setempat dan juga masyarakat sekitar, tentunya.

Saat ini, program Nusantara Sehat sudah masuk tahap perekrutan untuk Nusantara Sehat angkatan ke-2, sementara angkatan pertama sudah berjalan sekitar 5 sampai 6 bulan yang lalu. Proses pendaftaran tahap pertama diikuti ribuan peserta, dan hanya ratusan peserta aja yang bisa lolos. Wah, ternyata banyak juga yah yang tertarik buat jadi relawan tenaga medis di daerah-daerah terpencil gitu, SALUUUT!!! Segitu, Puskom Kemenkes belum mensosialisaikan program ini secara umum lho, baru sekitar area poltekes aja, tapi udah banyak yang berminat yah. Tapi, dari perekrutan pertama, ternyata yang masih kurang banyak pendaftarnya adalah dari kalangan Dokter Umum lho.

Pada saat acara, kami pun sempat diputarkan rekaman percakapan waktu Eyang menelpon salah satu team Nusantara Sehat yang ada di Kecamatan Long Pahangai, yaitu mbak Putri (@Puthe_PINS). Mbak Putri menjelaskan medan yang ia dan team lalui untuk bisa sampai ke lokasi penempatan. Butuh waktu sekitar 21 jam dari Samarinda, dengan melalui berbagai medan jalan, melintasi sungai Mahakam, dilanjut dengan berjalan kaki karena lokasinya tidak bisa terjangkau dengan kendaraan.

Dalam sebulan, Mbak Putri melakukan 8 kali puskesmas keliling dengan menggunakan speedboat, jarak terdekat bisa ditempuh dengan waktu 10 menit, dan terjauh sekitar 30 menit. Itupun kalau, sungainya lagi ada airnya, tapi kalau lagi kemarau kaya sekarang ini, perjalanan bisa sampai 6 jam lho ke satu lokasi dengan berjalan kaki, JALAN KAKI gaes! Perjuangan yang ngga mudah ya, tapi insyaAllah bermanfaat banget buat saudara-saudara kita yang ada di daerah terpencil yang masih sangat sulit untuk mengakses informasi tentang kesehatan.

Sejauh ini, di daerah sudah banyak yang mengertii soal 4 sehat 5 sempurna, tapi masih sangat sedikit yang mengerti soal hidup bersih dan sehat, menurut Kang Maman disela perbincangan hari itu. Iya juga yah, dan aku pikir untuk merubah pola pikir masyarakat itu ngga mudah, makanya perlu dilakukan proses pendekatan dulu, dan itu kenapa masa tugas bisa sampai 2 tahun.

Itu sedikit gambaran tentang Nusantara sehat, masih berminat untuk gabung? Teman-teman bisa lihat nformasi lengkapnya di www.nusantarasehat.kemkes.go.id atau twitter @Nusantara_Sehat dan Facebook page Nusantara Sehat.

#sahabatJKN bincang soal Nusantara Sehat
Foto dari twitter @mirasahid
Selebihnya, mari kita dukung dan ikut memantau jalannya program Nusantara Sehat ini. Teman-teman juga bisa ikut menyebarkan informasi ini, jika ada teman, saudara atau kenalan seorang ahli tenaga kesehatan yang kira-kira berminat bergabung menjadi team Nusantara Sehat ^^


Semoga bermanfaat yaaaa!


"Apa yang kau lakukan untuk dirimu sendiri adalah kesenangan, tapi apa yang kau lakukan untuk orang lain adalah kebahagiaan" – Kang Maman

"Kadang kala, cinta itu butuh ditantang. Dan Indonesia seperti rangkaian puzzle, yang kalau satu saja hilang, bukan lagi menjadi Indonesia. Maka, menyatukan Indonesia sebagai puzzle utuh adalah salah satu tantangan Cinta Indonesia" – Kang Maman. 

21 comments:

  1. Asyiknya bisa mengikuti acara seseru ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru bangeet acaranya, jadi nambah banyak informasi :))

      Delete
  2. Perjuangan banget, ya. Puskesmas keliling menggunakan speedboat. Banyak pahala yang ikut tim ini nih. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ka, bener2 perjuangannya ngga mudah team NS ini, demi menyehatkan bangsa :D
      aamiin aamiin

      Delete
  3. Wah, benar-benar perjuangan yang sangat hebat dan mulia.

    ReplyDelete
  4. Pengabdian itu... hidup .. hidup itu pengabdian.. dalam level yang lebih tinggi.. haha *lost focus

    ReplyDelete
  5. para pengabdi yang berjasa banget ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ka :) berjasa bangeet bangeet deh buat sodara2 kita yg ada di pelosok

      Delete
  6. Sungguh patutu disebut Pahlawan mereka ini, Luar Biasa Semangat dan Perjuangannya, salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya salut banget yah.. yuk kita bantu dukung teamnya Nusantara Sehat ini..

      Delete
  7. semoga dengan adanya program dari nusantara sehat bisa memajukan daerah pelosok dalam berkonsultasi kesehatan ya mbak, apalagi kan dokternya itu dikirim ke pelosok-pelosok ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga aja yah team Nusantara sehat jadi makin memudahkan saudara2 kita yang ada di pelosok buat dapat fasilitas kesehatan :)

      Delete
  8. Pengabdian sampai daerah terpencil y. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, karena kan daerah terpencil yang memang sulit untuk akses kesehatan yaa :)

      Delete
  9. Blm pernah liat di Jepara. Paling puskesmas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini team Nusantara sehat juga ada di puskesmas2 kok ka, tapi lagi konsen di daerah2 terpencil :)

      Delete
  10. Sebuah program yang harus terus berjalan, agar terwujud masyarakat yang sehat jasmani dan rohani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, ayo kita bantu dukung team Nusantara Sehat agar fasilitas kesehatan bisa merata ke seluruh daerah di Indonesia ^^

      Delete
  11. Ini bagus ni programnya, kalau di Tasikmalaya ada gx ya team seperti ini ? info nya dong mbak

    ReplyDelete