Friday, November 6, 2015

Dari Situs Jual Beli Mobil Sampai Belajar SEO


Halo hai Kawanii, hari Rabu (4/11) kemarin, aku dapat kesempatan buat hadir di satu acara Blogger Gathering yang seru dan bertaburan hadiah! Berlangsung di Tartine Resto FX Sudirman, acaranya dikemas dengan santai dan apa yang disampaikan benar-benar menarik buat diikuti. Lebih lagi, ini acara dipandu sama satu MC cantik yang super ngocol (baca : lucu) dengan gaya ceplas ceplosnya.

3 hal yang jadi topik di sesi sharing kali ini adalah, pengenalan tentang situs jual beli mobil terpercaya, yaitu mobil123.com, dilanjut sama tips aman mengemudi dari Mbak Shintaries, dan sesi terakhir yang pasti disuka banget sama blogger yaitu, SEO sharing dari Mas Rizky. Yang bikin acara ini seru dan bertaburan hadiah adalah,
karena baru aja sesi sharing dimulai, kita-kita udah dapat pertanyaan dan yang jawab dapat hadiah. Terus begitu selama sesi sharing, kita yang hadir jadi ngerasa beneran dilibatkan, ngga cuma sekadar dijadiin pendengar doang :p.

Pertanyaan pertama yang langsung bikin blogger rebutan buat jawab adalah, "kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang buat membeli mobil?". Secara yah, yang namanya beli mobil kan gak semudah dan semurah beli pulsa di aku *laah malah promosi. Tentunya akan butuh pemikiran yang cukup panjang dengan pertimbangan yang cukup matang *tsaah semacam milih pasangan gitu yah. Dan, kebanyak orang akan beli mobil disaat mereka ngerasa benar-benar butuh, makanya sekalinya beli kalau bisa sih #JanganSalahPilih. Kecuali, kalau emang kamu orang kaya yang uangnya gak berseri (saking banyaknya), mau salah pilih juga gak masalah. Tinggal hibahin ke orang terus kamu beli lagi mobil baru, hihi.
Mobil123.com, situs terpercaya jual beli mobil

Balik ke pertanyaan awal itu, tentunya tiap orang punya jawabannya masing-masing dong? Yes! Tapi menurut mobil123.com rata-rata waktu yang dibutuhkan seseorang untuk beli mobil (dari proses research sampai beli) itu sekitar 1,9 bulan. Wooh, kalau aku pribadi sih, kayanya bakal butuh waktu yang lebih lama deh, mau beli hp aja mikirnya lama, apalagi beli mobil :3

Tapi sebetulnya, kalau kita udah tahu mau cari mobil yang kaya gimana (dari mulai harga, spesifikasi plus segala printilannya, semacam asuransi) yaa pasti gak akan butuh waktu terlalu lama juga. Apalagi, sekarang udah ada mobil123.com, yang bisa banget bantuin proses pencarian ini jadi lebih mudah. Kenapa? Yuk simak terus ulasan aku yaaa.

situs jual beli mobil, mobil123.com

Lewat situs mobil123.com, gak perlu lagi ngecek satu-satu website setiap merk mobil yang mau kita cari, karena di sini, semua merk mobil berkumpul di satu tempat, lebih efisien dong pastinya? Makin banyak pilihan, biasanya kita suka makin pusing juga milihnya, iya ngga sih? Nah, mobil123.com punya fitur compare product, jadi kita bisa bandingin beberapa mobil langsung sekalipun lintas merk, terus tinggal pilih deh mana yang kira-kira pas sama kriteria mobil yang kita mau. Selain ada informasi harga dan spesifikasi mobil, situs mobil123.com juga kasih kemudahan buat teman-teman yang pingin bayar mobilnya secara kredit, karena ada estimasi soal biaya angsuran, lengkap sama fitur kalkulator leasing-nya juga, mantap!

Itu kalau udah ada pilihan mobil yang mau dibandinginnya yah, kalau ternyata belum ada, banyak juga fitur yang bisa teman-teman pilih. Mulai dari langsung isi kolom search (bisa dari kondisi mobil baru/bekas, merk, jenis mobil, sampai lokasinya), atau langsung gunakan fitur riset mobil dengan cara input merk dan tipe bodi mobil, termasuk harga minimal dan maksimal dari mobil yang mau kita beli nantinya.

Ohiya, situs mobil123.com ini bukan cuma ngasih fasilitas buat yang mau beli mobil aja lho, gaes. Tapi juga ngasih kemudahan buat kamu-kamu yang mau jual mobil, enaknya nih pasang iklan di mobil123.com gak dipungut biaya apapun, bahkan kalau mobilnya terjual, gak perlu keluarin uang buat komisi, karena beneran gratis.
riset mobil, situs jual beli mobil

situs jual beli mobil, mobil123.com

Terus, transaksinya gimana? Yaaa, secara situ belinya mobil bukan beli cilok, se-meyakinkan apapun iklannya tetep aja harus didatangin langsung, bayar kalau itu mobil udah pasti keliatan. Intinya, jangan pernah beli kcuing dalam karung *jadi ini sebenernya beli mobil, beli cilok, apa beli kucing sih? #labil. Yaaa pokoknya, jangan mau deh kalau diminta transfer duluan, biarpun dikata buat DP, sebelum kita lihat langsung kondisi mobilnya kaya gimana, catet! Tambahan, yang lagi cari motor baru atau bekas, juga bisa lho cari-cari di mobil123.com.

Setelah sesi pengenalan dan juga tanya jawab tentang situs mobil123.com selesai, acara langsung dilanjut ke sesi tips aman mengemudi dari Mbak Shintaries. Mbak Shinta ini, bawa mobil udah dari SMA, dan pas umur 17 tahun udah ngatongin SIM! Yes, pengemudi yang baik berawal dari kesadaran untuk buat SIM, setuju? *iyain aja ya biar cepet.

Obrolan pembukanya, membahas tentang kesalahan umum dalam hal pemasangan child seat. Menurut Mbak Shinta, child seat, terkhususnya untuk bayi, posisi memasangnya harus berhadapan dengan jok mobil, biar kalau kejadian hal-hal yang tidak diinginkan, kondisi bayi tetap lebih aman.

child seat, car seat, safety riding
sumber foto dari sini
Selebihnya, menurut Mbak Shinta [lagi], tips mengemudi yang aman itu sebenarnya cuma 4 doang, yaitu :

1. Jangan menggunakan atau melewati bahu jalan saat berkendara. Karena takutnya di bahu jalan itu ada jomblo yang lagi bersandar kendaraan yang lagi istirahat atau apa, kan bisa nabrak. Makanya suka ada anjuran "gunakan lajur kanan untuk mendahului", jadi? Nyalip sih boleh aja, asal main cantik :p

2. Jangan menggunakan lampu hazard secara sembarangan ! Karena lampu hazard cukup digunakan pas lagi keadaan darurat aja. Kalau cuma keadaan jalanannya hujan, jalanannya gelap atau berkabut sih ngga masuk kategori darurat. Nyalain lampu hazard gak akan berpengaruh apa-apa, selain bikin pengendara yang dibelakang bingung.

3. Jangan mainin gadget pas lagi berkendara, entah itu cuma ngetik atau telponan, bisa bahaya karena konsentrasi kita akan terpecah dan bisa bikin kita gak konsen lagi nyetirnya. Jadi, mending ke pinggir dulu ajalah kalau emang penting banget.

4. Jangan lupa pasang seat belt, ini termasuk yang penting tapi kadang disepelekan juga yah.

Search Engine Optimization

Sesi terakhir juga gak kalah kece nih buat diikutin, tentang SEO alias Search Engine Optimization atau secara sederhananya, satu cara mengoptimalisasi blog kita biar bagus dimatanya search engine.
Dari sharingnya Mas Rizky, ada 3 point yang mempengaruhi posisi blog kita di mata search engine (dalam hal ini google), adalah user signal, kualitas on page, dan kualitas off page. Apa aja itu?

1. User signal yang dimaksud adalah, mengukur seberapa bermanfaatnya blog kita bagi orang lain. Om google tahunya dari mana? Tentu dari aktifitas lalu lalang di blog kita juga. Nah, semakin betah orang lama-lama di blog kita (yang mengindikasikan pengunjung membaca lebih dari satu blog post), posisi kita di search engine bisa semakin bagus. Buat ngecek, rata-rata berapa lama orang stay di blog kita, kita bisa cek pakai google analytic (silakan googling untuk cara pasang google analytic). Yang paling mendasar, pastikan judul dengan isi tulisan harus saling berkaitan.

2. Kualitas On Page, maksudnya optimalisasi dari 'dalam' blog itu sendiri, seperti usahakan masukkan kata kunci (keyword) di dalam judul, dan jangan terlalu sering mengulang kata kunci, cukup letakkan di awal, tengah dan bagian akhir saja. Internal link (menyisipkan link url tulisan dari blog sendiri) juga ternyata berpengaruh, hal ini juga bisa membuka peluang pengunjung membuka blogpost kita yang lain kan. Tambahkan gambar agar lebih menarik dan jangan lupa beri alt+image yang sesuai dengan foto atau gambarnya. Dan yang pasti gunakan template yang simple dan mobile friendly, karena saat ini sudah banyak yang buka blog dari hp.

3. Kualitas Off Page, ini bisa berupa backlink atau linking dari website luar. Backlink yang kita dapat bisa mempengaruhi kepercayaan google ke blog kita, tentunya makin banyak makin bagus. Gimana caranya? Tentu semuanya dari konten.

Dari ketiga hal ini, tetep konten itu rajanya! Dan menurut mas Rizky, konten yang bagus adalah konten yang pembahasannya tuntas, mau sepanjang apapun. Intinya, kita harus bisa membuat konten yang bikin pengunjung dengan sukarela nge-share tulisan kita! Kalau konten kita di share banyak orang, itu berarti blog kita bermanfaat dan kalau udah bermanfaat... yaa di situ sisi SEO-nya.

Maka dari itu, jangan terlalu mikirin SEO, pikirin aja dulu itu konten ! *mengecam diri sendiri

tips aman mengemudi
Mbak shinta
SEO Sharing
Mas Rizky

Setelah acara sharing sesion, dilanjut acara makan siang, dan di tutup dengan serangkaian kuis lucu-lucuan yang gak berenti bikin ketawa-tawa, sampai pembagian dua doorprize berupa modem sama hp! Ciamik banget kan?

Semoga dari sepanjangnya tulisan ini bisa kasih sedikit manfaat buat Kawanii semua yaa ^^

32 comments:

  1. Senang sekali bisa ikut acara semacam ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbak, jd bisa dpt ilmu :D

      Delete
  2. Rani ngehits banget deh, sering banget ikut acara-acara keren. Aku yang tinggal di pelosok nusantara ini iriiiiiiii :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cupcup *pukpuk intaaan
      jangan iri iri ahh ntaan, kamu juga kan bisa kebagian ilmunya :D :D

      Delete
  3. membuat konten yg 'berisi' itu perjuangn bnget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget bangeeett kak, jadii mari berjuang :D

      Delete
  4. Sampai saat ini msh belum begitu paham SEO. Kudu belajar dikit2 nih.
    Thanks eniwey buat liputannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa pelan-pelan juga bisaa, aku juga belum begitu banyak paham sih :))
      yes, semoga bermanfaat ya ^^

      Delete
  5. Ngiklan gratiss? Baik hati banget situs mobil ini ya, Raan. Tanpa dipungut biayaaa pulaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kak, saluut aku geh, bisa kasih akses buat ngiklan gratis gitu ..

      Delete
  6. Wah, bunda belum bikin nih, lampu mati semalam #alesan, trus ngurusin pot2 tanaman nih yang udah waktunya diganti medianya. tapi ya, minggu ini kudu jadi. Insya Allah nantti malam mulai menggarap postingan. Keren kontennya, Ranii

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah yaah bund, sekarang udah selesai kan postingnya.. konten bunda juga kecee :D

      Delete
  7. Jadii, Rani jual Pulsa? *dibahas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu.um maakkk, hahaha
      sambil menyelam minum aer :v

      Delete
  8. jadi, rani dapat dorpize apa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngarepnya sih dapet doorprize yg isinya dia, tapi gak ada kak *ehh *curcol :v

      Delete
  9. wah serunyaaaaa acaranya, aku gak bisa datang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyaah kak, bukannya udah daftar ya kemarin? kirain aku kaka datang

      Delete
  10. Wah seru banget ,ada sesi blajar seo ya mbak. Ilmu yang bermanfaat banget buat para blogger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, insyaAllah bermanfaat banget ilmunya :))

      Delete
  11. Dapet ilmu banyak dari Blogger Gathering .. beli mobil tak harus ke showroom... tinggal online lewat website, bisa membandingkan antara mobil a dan b... dapat ilmu dari pakar seo, lumayan buat modal untuk menjalani sebuah kompetisi di mesin pencarian. apalagi dapat doorprize...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, paket komplit banget kaaan :D

      Delete
  12. Asyik ya, Ran? Bisa dapat ilmu, makan gratis, godie bag hihihi....
    Jugha bisa kopdar kitaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa teh ini acaranya asyik dan seru bangeet :D

      Delete
  13. Wah, ilmu seo-nya bisa mulai dipraktikin nih.Tfs, mak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mak :D
      smoga bermanfaat ya ^^

      Delete
  14. Replies
    1. hihi paket lengkap ya acaranya :D

      Delete
  15. langsung praktek buat SEO-nya :D

    ReplyDelete
  16. ini website mobil123 kok lucu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. interface nya lucu yaah :D navigasinya juga gampang lhoo

      Delete