Thursday, October 6, 2016

Penting Gak Sih Belajar Tentang Hukum?

Belajar hukum di Justika.com

Halo hai Kawanii, kalau ngomongin hukum, siapapun pasti gak akan ada yang mau terjerat atau terlibat sama yang namanya kasus hukum, iya kan? Sebagai awam, tentu yang bisa kita lakuin cuma berusaha untuk gak ngelakuin hal-hal yang berpotensi membuat kita berurusan sama hukum.

Udah terpeta dengan jelas apa yang akan terjadi kalau sampai terbawa urusan hukum (dalam konteks ini, urusan hukum yang terbawa sampai pengadilan), terlebih kalau lawan kita adalah orang "punya". Sekalipun posisi kita benar, gak bisa jadi jaminan kalau kita akan bisa selamat dengan mudah dari jerat hukum. Duh, kan baru bahas dikit aja udah terasa ngeri gini, sih.

Mungkin, itu kenapa, kebanyakan dari kita, lebih memilih jalur kekeluargaan dari pada jalur hukum untuk menyelesaikan sebuah masalah atau sengketa. Jalur kekeluargaan dirasa lebih aman, ketimbang harus berurusan sama hukum yang terkesan ribet dan 'njelimet itu.

Tapi tentunya, meski menempuh jalur kekeluargaan, peran hukum tetap berlaku dong. Dan dalam konteks ini, hukum berperan sebagai aturan-aturan tentang hak dan kewajiban kedua belah pihak, agar tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari.

Makanya, sekali pun kita merasa maleus berhubungan sama yang namanya kasus hukum. Penting buat kita, tahu hukum atau aturan dasar sesuai bidang yang kita butuhkan. Karena, ya bicara soal hukum ini kan luas banget yah, ada bermacam-macam. Yang pasti, dalam beberapa hal setiap kita pasti butuh kok sama hukum, tinggal sesuaikan aja sama kebutuhan kita.

Nah, kalau misal kita gak tahu hukum sama sekali? Ya bahaya dong, kita bisa dengan mudah dibohongi orang.

Belajar hukum di Justika.com
pict from Pixabay
Contoh sederhananya, aku deh sebagai pengendara motor, minimal harus tahu hukum atau aturan-aturan yang berlaku di jalan raya. Malah, harusnya aku juga tahu pasal-pasal yang berlaku di UUD tentang berkendara.

Awalnya, aku mikir, ngapain juga belajar soal pasal-pasal itu kan? Soalnya, seingatku, belajar tentang pasal tuh biasanya tugas hafalan buat pelajaran PKn jaman sekolah dulu. Yang ternyata, belajar tentang pasal berkendara juga penting, biar kalau kita kena tilang, kita tahu apa aja kesalahan kita, kena pasal berapa dan berapa kisaran dendanya. Jangan sampai kita kena tilang, terus karena panik dan gak tau apa-apa, malah membuka celah buat oknum yang tidak bertanggung jawab buat manfaatin ketidaktahuan kita.

Soalnya aku pernah nih, beberapa tahun lalu kena tilang dan posisinya waktu itu belum punya SIM. Aku udah berpikir buat ikut sidang aja, gak mau damai-damai gitu. Eh, malah disodorin lembaran tentang pasal-pasal dan dendanya, yang tertulis kalau gak punya SIM dendanya itu sampai 1juta, sementara dia cuma minta uang damai sekitar 40rb.

Karena saat itu, aku masih polos-polosnya *hueks* ya akhirnya aku pilih damai aja sih. Yang akhirnya, belakang aku tahu kalau denda 1juta merupakan Denda Maksimal, aslinya sih gak segitu. Ya hampir setara sih sama uang damai yang aku kasih, tapi kan kalau ikut sidang, minimal uangnya masuk kas negara bukan masuk kantong Bapaknya :3

Bahkan nih, aku pernah juga kena tilang lagi, tapi waktu itu aku udah punya SIM dan sangat PD buat ikut sidang. Dan ya, itu kali pertama aku ngerasain yang namanya sidang di Pengadilan. Kejadian lucunya adalah, sebelum masuk ruang sidang, ada orang yang nawarin diri buat bantu proses sidang ini biar berjalan lebih cepat.

Dia tanya, bawa uang berapa, setelah aku sebutkan cuma sekian puluh ribu. Orang itu cuma bilang, "yaudah ikut sidang aja". Mungkin, kalau orangnya panikan atau udah takut duluan sebelum sidang, pasti bakal terima-terima aja tawaran dari orang ini kan? Untungnya aku sih tetap bersikukuh buat ikut sidang yang ternyata, yaelah cuma gitu doang kok! HAHAHA Songong!

Well, Itu emang contoh kasus hukum skala cetek, yang pasti proses penyelesaian di pengadilannya juga gak seribet dan semenakutkan seperti yang aku bilang diawal. Point pentingnya cuma, sealergi apapun kita sama hukum, belajar hukum, minimal basic mah perlu! Bahkan nih, punya informasi soal lembaga-lembaga bantuan hukum yang ada di Indonesia juga gak kalah penting lho.

Biarpun kalau cuma urusan sidang tilang doang mah gak perlu pake segala pengacara. Tapi, kita hidup ini gak sendiri kan? Ada sodara, keluarga, tetangga, kerabat, yang siapa tahu aja kapan waktu tiba-tiba membutuhkan bantuan hukum.

Kaya aku nih, seumur-umur gak pernah tuh ada kepikiran buat punya teman atau kenalan seorang pengacara. Karena kan, duh amit-amit jangan sampai gitu kan ngebutuhin jasa mereka dalam hal apapun. Kalau bisa mah, apa-apa diselesaikan dengan damai aja deh.

Tapi ternyata, satu waktu ada juga lho yang nanya ke aku, "Ran, punya teman atau kenalan pengacara gak?" Tanya seorang teman yang waktu itu mau ngajuin proses cerai. Hmm, agak sedih juga sih karena gak bisa bisa bantu apa-apa.

Udah gitu, gak mungkin juga kan saat itu aku jawab dengan enteng "googling aja", jawaban standar yang biasa aku pake kalau mentok kasih jawaban. Masalahnya, nyari pengacara kan gak bisa sembarangan, apalagi di internet. Mana kita tahu kan itu pengacara beneran apa abal-abal, kompeten apa ngga, intinya nyari pengacara gak bisa sembarangan.

Tapi, gak bisa bukan berarti gak mungkin juga yaa gaes! Di jaman yang semuanya udah serba online ini, nyatanya ya emang bisa juga nyari pengacara via online, malah berbentuk semacam marketplace gitu!

Iya tau, marketplace kan identik sama tempat jualan yah. Ya ini juga kurang lebihnya gitu sih, karena berbentuk marketplace, so kita bisa nemuin lebih dari 1 pengacara di sana. Dan bisa memilih pengacara mana yang cocok sama kriteria yang kita cari. Kereeen gak?

Sini aku kasih tahu, jadi webnya itu adalah www.justika.com yang sebetulnya masih merupakan bagian dari hukumonline.com. Bedanya, tentu Justika.com ini lebih ke tempat untuk mencari Pengacara/Advokat, Notaris maupun Penerjemah.

Belajar hukum di Justika.com

Bedanya lagi, kalau di hukumonline.com saat konsultasi yang akan jawab pertanyaan kita adalah team dari Hukum Online. Kalau di Justika.com akan dijawab langsung oleh para pengacara/advokat yang sudah terdaftar di Justika.

Seperti yang udah aku bilang sebelumnya, di Justika.com kita bisa nemu lebih dari 1 pengacara. Karena, sistemnya tuh gini, kita nulis dulu nih persoalan hukum yang lagi kita hadapi, lengkap sama berapa budget yang kita punya. Setelahnya, para Pengacara/Advokat yang sudah tergabung di Justika.com bakal ajuin proposal penawarannya mereka. Nah, kita tinggal pilih deh yang sesuai sama kriteria yang kita mau, dan tentu yang budgetnya juga sesuai sama kantong kita.

Kerennya lagi, Justika.com juga punya jasa Pengacara/Advokat pro bono alias gratis. Karena sebetulnya, tujuan awal pembuatan website ini memang diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan hukum tapi terkendala soal biaya.

Jadi, kalau kamu, saudara atau teman kamu ada yang butuh #bekinghukum coba deh cari atau minimal konsultasi aja dulu sama team-nya Justika.com. Di sana juga ada opsi untuk chat langsung sama adminnya. Dan walaupun, webnya masih beta version tapi udah cukup user friendly kok^^

Belajar hukum di Justika.com

103 comments:

  1. jawabannya.. penting mba. hehe..

    ReplyDelete
  2. yang lebih penting tahu kemana kita harus "datang, berkonsulasti, dan mencari bantuan"saat terkena masalah hukum nih. platform justika bagus banget buat membuka pasar "praktisi hukum" bagi yg membutuhkan

    ReplyDelete
  3. Hadirnya justika bnr2 bantu banyak org yg butuh beking hukum ya. Eh tp banyak jg mahasiswa hukum yg manfaatin web justika buat riset malahan. Hihi

    ReplyDelete
  4. pro bono ini sebenarnya udah dari dulu sih ya ada, hanya yang konsultasi hukum secara gratis ini bikin aku tertarik buat nyoba :)

    ReplyDelete
  5. Wah ini sangat membantu, syukurlah ada justika.com sekarang siapapun bisa paham hukum dan gak ketipu lagi karena gak ngerti. Bayar masa pengacaranya transfer gitu donk ya?

    ReplyDelete
  6. Awalnya baca pasal2 hukum buang waktu ya? Tapi penting supaya kita tahu acuan pembelaan diri dan mawas diri juga

    ReplyDelete
  7. beneran deh, sejak tahu Justika aku jadi belajar soal hukum. Ngga mau jadi orang buta hukum terus terusan

    ReplyDelete
  8. perlu ya kalau kita suatu waktu berhubungan denagn hukum seperti jual beli tanah atau yang lainnya

    ReplyDelete
  9. Belajar hukum itu penting banget kak kalau misalnya nggak paham malah bahaya :(

    ReplyDelete
  10. Emang keren ya Justika.com, kalau ada pertanyaan, langsung dijawab ama praktisi hukum yang diperlukan

    ReplyDelete
  11. Semakin nyadar kalau belajar dan memahami hukum itu penting banget. Karena berbagai persoalan tentu tidak akan terlepas dari yang namanya hukum :)

    ReplyDelete
  12. Penting banget, donk. Dengan belajar memahami aturan dan peristiwa hukum, kita ga akan gampang takut lagi jika harus berhadapan dengan hukum. Juga akan jadi pedoman bagi langkah dan gerak kita agar tidak bertentangan dengan hukum itu sendiri, kan? :)

    ReplyDelete
  13. Perlu banget belajar hukum biar ga dibodohin orang.

    ReplyDelete
  14. Aku alergi duluan ngedenger kata hukum. Bayanginnya aja pasti ribet dan njelimet. Udah gitu first impression denger kata belajar hukum yg muncul di bayanganku pasal2 semua yg pastinya bikin pusing pala berbi hehehe

    Wow trnyata ada juga ya solusi hukum yg kekinian. Mamacih sharingnya rani:D

    ReplyDelete
  15. Penting rani, tapi jangan sampai tersangkut hukum ya, ngerihhh

    ReplyDelete
  16. Aku kalau dapet surat perjanjian seringnya langsung tanda tangan aja, apalagi kalau surat perjanjiannya puanjaaanggg... padahal kan harusnya dibaca dan dimengerti dulu yaa. Jadi jawabannya: penting banget belajar hukum :)

    ReplyDelete
  17. Well, aku pikir belajar hukum itu penting, meski bukan anak hukum, paling nggak kita tahu basic-nya. Bener kata kamu, Ran, sebagai pengendara sepeda motor, kita perlu tau aturan-aturan dasarnya jadi akalu ada apa-apa di jalan, kita bisa membela diri atau bersikap sesuai aturan UU atau hukum yg lainnya. Btw, kenapa ya anak hukum itu cakep-cakep ya? Heheh

    ReplyDelete
  18. Penting, belajar hukum itu perlu, biar kita tau klo suatu waktu tertimpa masalah, kita tau harus lari kemana, mengatasinya seperti apa, gak pake hukum liar, yang nggak adil sama orang kecil yang gak punya duit.

    ReplyDelete
  19. Aku duluu suka banget belajar hukum jaman jaman belajar PKN waktu SMA. Gurunya cakep sih wkwkwkkw. Btw dengan adanya justika begini orang awam pun bisa belajar hukuum yaaah.

    ReplyDelete
  20. Wah, ini bermanfaat bgt..
    Penting bgt buat kita tau ttg hukum meskipun cuma konsultasi, prosesnya pasti gampang kan?

    ReplyDelete
  21. Penting banget, ya.
    Justika ini ngebantu banget orang kayak kita yang awam hukum. Mau beli sesuatu juga kan kadang perlu bantuan hukum

    ReplyDelete
  22. penting sih tahu hukum tapi ngeri hehehe.. tapi kalau udah ada web gini kayaknya mudah ya

    ReplyDelete
  23. meski ga mahir dan mengerti bener. tapi memang kudunya kita melek hukum ya mba. biar ga kagok klo tiba2 kena kasus hukum ringan..

    ReplyDelete
  24. mudah banget penggunaan aplikasinya, kita bisa pilih pengacara yang sesuai budget lagi

    ReplyDelete
  25. Penting banget donggggg :))
    Sayangnya banyak yang malas belajar hukum atau berurusan dengan hukum karena alasan ribet. Padahal hukum itu terjadi di keseharian kita, dan semoga saja kehadiran Justika akan mampu memenuhi kebutuhan hukum masyarakat Indonesia ya, mbak :)

    ReplyDelete
  26. penting banget melek hukum di zaman morat marit kayak gini.

    ReplyDelete
  27. kak halooo salam kenal,
    belajar hukum itu penting karena... saya mahasiswa hukum *eh lho salah*
    engga deng, melek hukum itu perlu karena semua yang kita lakukan ada aturan mainnya. nah kalo kita ngelanggar tentu dong ada sanksinya. justika ini keren banget menurutku karena dia bisa bikin hukum itu terjangkau (selama ini kan urusan hukum kayanya out of reach banget untuk awam) hehehe

    ReplyDelete
  28. Penting banget nih utk tau dan sedikit belajar ttg hukum, semoga dgn adanya layanan seperti ini, memberikan kita opsi yg banyak utk dibantu soal hukum yah..

    ReplyDelete
  29. Pokoknya penting banget belajar Hukum, minimal agar bisa berargumen kalau orang kecil seperti kita jadi obyek "pemerasan" oleh oknum tertentu. pokoknyaa puenting....walaupun hanya baca buku Pengantar Ilmu Huku ( PIH ) mbak..:)

    ReplyDelete
  30. aku udah buka justika.com, lengkap banget ya, jadi portal khusus yang bisa bantu soal hukum dan mudah dimengerti juga buat awam, gak ribet..

    ReplyDelete
  31. Kalau aku ngerasa penting banget buat belajar hukum, mba :)

    ReplyDelete
  32. Makin gampang nih ya kita belajar tentang hukum klo ada justika.com ini. Orang awam pun penting ya terus belajar apa2 tentang hukum.

    ReplyDelete
  33. Keren yoo bisa konsultasi online plus bisa belajar hukum juga.

    ReplyDelete
  34. jadi inget mba, pas dateng sidang tilang, eh sampe pengadilan isinya calo semua.. jadi makin takut karena ditakut-takutin calo.. hadeuhhh

    ReplyDelete
  35. Wahh... Baru tahu kalau denda tilang bisa jutaan. Tapi kalau melek hukum atau tau tempat bertanya yang tepat tentang hukum, lumayan melegakan yaa..

    ReplyDelete
  36. Sejujurnya aku awam banget sama masalah hukum, alhamdulillah ada aplikasi ini jadi terbantu, bisa konsultasi sekaligus belajar

    ReplyDelete
  37. penting juga lah supaya ga dibohongi orang

    ReplyDelete
  38. Menurut saya penting Mba agar kita gak gampang dibodoh-bodohin oleh oknum yang katanya tahu hukum

    ReplyDelete
  39. penting untuk disosialisasikan nih, biar masyarakat jadi melek dengan hukum.

    ReplyDelete
  40. Ibu rumah tangga macem aku juga mesti melek hukum yaa.

    Tfs Rani

    ReplyDelete
  41. Wah baru tahu kalau ternyata ada pengacara online. Semoga semua masyarakat bisa terbantu karena kemudahan yang diberikan justika. Belajar hukum emang perlu walau cuma dasar2 doank ya, Mbak.

    ReplyDelete
  42. Penting banget nii, kudu disebarluaskan biar kita melek..makasih pencerahannya Ran..

    ReplyDelete
  43. Setuju, penting at least dasar-dasarnya deh supaya paham dan ga "dikerjain" orang

    ReplyDelete
  44. Yaa jelas penting donk belajar hukum.. Dalam Islam juga kan kudu tahu hukum. Spt belajar usul fiqh dan fiqh.

    ReplyDelete
  45. Iya, marketplace identik dengan jualan ya Siiisst..Sekarang semuanya dipermudah ya dengan aplikasi, hukum pula. Kereen.

    ReplyDelete
  46. penting banget tau hukum, jadi kita tau apa yg harus kita lakukan dalam menghadapi masalah yg berhubungan dengan hukum

    ReplyDelete
  47. Ikutan komen ah ....
    Belajar hukum tuh penting lohh mba rani.
    Untuk alasannya, udah dijawab sama komen komen yang diatas yaaa ☝��️☝��️

    ReplyDelete
  48. Perlu sekali. Karena ketidaktahuan kita akan hukum membuat kita salah bersikap ketika berhadapan dengan persoalan hukum dan kadang membuat orang lain memanfaatkan ketidaktahuan Kita untuk kepentingannya sendiri. Dengan belajar Hukum kita tahu apa hak san kewajiban saat kita berhadapan dengan persoalan hukum.

    ReplyDelete
  49. Hukum sudah bisa diakses via online ya Ran, efek teknologi. semoga semua pada sadar peraturan biar gak terkena hukum yg berlaku. Justika.com ini solusi yg ingin tau seluk beluk hukum ya

    ReplyDelete
  50. pas banget nih, temenku lagu perlu beking hukum juga, thank you ya infonya bermanfaat banget nih :*

    ReplyDelete
  51. Aku terus terang malas berurusan dengan hukum :(

    ReplyDelete
  52. kalo ditanya penting apa ngga, sebenernya jawabannya penting ya, walopun ngga sampe daleeemm banget tapi setidaknya yang umum2 tuh kudu ngerti juga, supaya faham

    ReplyDelete
  53. Belajar hukum penting banget, apalagi puisi saya pernah diambil orang. Kalau ada online begini, konsultasi jadi mudah ya.

    ReplyDelete
  54. Menurut saya sih penting belajar Hukum supaya gak dikibulin yang ngerti hukum... Bila perlu Hukum disosialisasikan ke masyarakat luas ... :)

    ReplyDelete
  55. Udah pernah denger justika sebelumnya. Klo pake sih blm. Setuju dong klo ngerti hukum itu penting. Nanti dipi coba berselancar ke web justika ya

    ReplyDelete
  56. Sekarang zaman makin canggih aja... mau cari bantuan hukum seperti pengacara udh bisa lewat justika. Hadirnya justika semoga semakin membantu masyarakat banyak ya

    ReplyDelete
  57. hukum. penting banget untuk dipelajari.makasih sharenya

    ReplyDelete
  58. Hukum itu ngeri2 sedap yak.... Untung skrg dah jaman online jd bisa intip2 justika.com deh...

    ReplyDelete
  59. Waah seriusan ada marketplace sekeren ini? Waah, pasti bantu banget untuk orang-orang yang butuh bantuan hukum tapi budget terbatas yaa..

    Dan bener banget mba, kita sebagai warga negara nggak boleh buta hukum karena hukum di negara ini belum adil. Jangan sampai jadi korban. Waspada, waspada..
    Hehe.. :)

    Thanks sharingnya mbaa :)

    ReplyDelete
  60. Menurut saya Penting banget belajar hukum.

    Semoga dengan adanya web justika, masyarakat semakin terbantu.

    ReplyDelete
  61. Pentiingg! Bagus ini webnya biar kita ga buta buta banget tentang hukum.

    ReplyDelete
  62. Dengan adanya justika.com, masyarakat awam sepertiku mudah untuk berkonsultasi akan masalah hukum

    ReplyDelete
  63. Kehadiran lembaga hukum yang dapat membantu kita pada suatu saat nanti, bila kita mengalami masalah yang berhubungan dengan hikum dan keadilan, tentulah sangat melegakan. Setidaknya kita sudah punya alamat yang tepat untuk mendapatkan pertolongan pertama disaat kita mengalami masalah hukum na.ntinya

    ReplyDelete
  64. Setuju, minimal basic hukum kita tau lah, ya. Tapi mungkin karena merasa udah ribet duluan jadi kadang kita cuek tentang hukum :)

    ReplyDelete
  65. Penting banget. Tulisannya sangat komplit dan enak dibaca.

    ReplyDelete
  66. Kita selesaikan secara kekeluargaan aja, ya. Biasanya sering denger kata-kata seperti itu. Entahlah apa karena memang mau win-win solution, ga mau ribet sama urusan hukum atau mungkin ada yang ngakal, ya? Kalau naik motor aku sih cuma jadi pennumpang aja. Taunya dikit aja soal aturan berkendara. Kayak pake helm, nyalain lampu dsb. Sisany mah entahlah hehehe

    ReplyDelete
  67. Justika ini bagus bangat sehingga masyarakat yang butuh bentuan hukum bisa lebih mudah mengaksesnya dimana saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  68. Kalo menurut saya penting banget belajr hukum

    ReplyDelete
  69. Wah, baru tahu kalo denda tilang ga besar ya, ran. Kirain bisa sampai ratusan ribu. Polisinya untung tuh, ran. Tapi kebanyakan memang karena ga tahu hukum jadi banyak yang kecele dengan denda semacam itu ya.

    ReplyDelete
  70. Penting mbak, supaya gak gampang diakali :)

    ReplyDelete
  71. Suka banget ma postnya. Jadi keinget pas aku sekeluarga kena masalah hukum.

    ReplyDelete
  72. Saya sebagai org awam hukum, perlu juga sedikit tau hukum

    ReplyDelete
  73. Justika.com bermanfaat untuk orang awam lebih melek hukum ya mbak :)

    ReplyDelete
  74. Semoga dengan adanya sistem in9 masyarakat jadi gak takut berurusan sama hukum, ya. :)

    ReplyDelete
  75. pentinggg aku walau cuma ibu rt paling ga kudu tau itu ttg hukum :")

    ReplyDelete
  76. Bagus ini web jadi memudahkan semua orang melek hukum

    ReplyDelete
  77. Jadi skg udh tahu nih kalo mau tny2 soal hukum...g kudu dtg ke kantor pengacara dulu ☺

    ReplyDelete
  78. Penting banget, Ran. Abahku pernah "nginep" selama 2 hari di Polres Semarang karena buta hukum dan hanya beritikad baik memenuhi panggilan sebagai saksi. Gak taunya, pas nyampe sana Abahku malah terus jadi tersangka. Kasus perdata yang sebenernya Abahku gak ada urusannya. Sedih banget kalau inget itu :(

    ReplyDelete
  79. Huahahaa..emang ya paling sering tuh ditilang, dan urusannya melanggar hukum kena sanksi berhubungan ma sidang (ngemalesin ya) Ran..

    Tapi beneran loh aku yang buta hukum, jadi kebantu dan mulai faham dengan adanya Justika.com ini. Meski sebenernya ga mau juga kesandung hukum, minimal kalo ada yang tanya aku bisa jawab dikiit (tak serahin ke Justika.com) deeh..xixixiu

    ReplyDelete
  80. Saya pernah masuk pengadilan sbgai saksi gara2 rmh kemalingan. yg saya takutin n bikin sebel adl ngeliat muka malingnya, pengen nonjok :)

    ReplyDelete
  81. Penting banget melek hukum ya. Karena kalau sampai kita melanggar hukum juga kita gabisa berdalih, "Lha... saya ndak tau...". Duh...jangan sampai deh. bagus banget ya ini inovasinya.

    ReplyDelete
  82. Wah, sepakat banget ini. Biarpun warga biasa dan mungkin kesehariannya jauh dari dunia hukum, tapi minimal kita harus tahu hukum-hukum basic. Kalo punya tanah ya tahu hal-hal mendasar mengenai tanah dalam UU Agraria, punya sepeda motor dan sering berkendara di jalan musti tahu hukum tentang lalu lintas.

    Jadi inget dulu sempat rame-rame soal blangko merah sama blangko biru. Kalo ditilang biasanya kita kan hooh aja disodorin blangko merah sama polisi, terus keseringannya damai. Ternyata kita punya hak bayar sendiri ke rekening negara pake blangko biru, atau ikut sidang. Dan namanya sidang, kita juga boleh naik banding. Hihihi, seru kali ya ada sidang nggak bawa SIM sampe naik banding.

    Adanya layanan semacam Justika bikin kita jadi lebih mudah nih buat nyari layanan hukum. Paling nggak buat konsultasi. Katanya ada yang ngasih jasa konsultasi gratis kan ya? Asyik! :)

    ReplyDelete
  83. Justikaaaa...
    jd inget Jessica #plak

    ReplyDelete
  84. Penting banget. Biar wawasan hukum meningkat.

    ReplyDelete
  85. Marketplace para advokat, kece juga ya. Bisa cek di sana aja buat cari advokat.

    ReplyDelete
  86. ya paling tidak ngerti lah dikit dikit biar nggak di permainkan sama orang.
    kadang kita ngerti aja masih bisa dipermainkan orang, apalagi awam.

    ReplyDelete
  87. wah penting banget kalo menurut aku. Btw aku udah buka justika ini, lengkap ya..

    ReplyDelete
  88. Konsultasi hukum lebih mudah dan privacy lebih terjaga y jadinya

    ReplyDelete
  89. bisa menjadi referensi yg bermanfaat nih.
    jadi, beking hukumnya bisa menyentuh semua lapisan masyarakat ya.

    salam
    @nuzululpunya

    ReplyDelete
  90. penting banget, terimakasih infonya ya Rani.😍😘

    ReplyDelete
  91. Penting banget, Ran. Biar ga dikibuli orang dan ga dipermainkan kalau ga tahu hukum. Tapi kalau ada yang bantuin mah asyik banget....

    ReplyDelete
  92. Jadi lebih banyak belajar istilah dan seluk beluk dasar hukum ya mbak

    ReplyDelete
  93. Dikit2 kudu melek hukum biar gak "dibodohi" org yg lbh pinter

    ReplyDelete
  94. Pengen nyobain konsultasi hukumnya TFS :)

    ReplyDelete
  95. sangat penting untuk dibagikan ;)

    ReplyDelete
  96. Wah,
    Asyik banget sekarang pengacara pun ada marketplace-nya memudahkan kita untuk cari2 info secara online yah...melipir dulu ah kesonoh :))

    ReplyDelete
  97. Setuju, Mbak. Penting belajar hukum, Mbak. Minimal yang berkaitan sama kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  98. Denger kata hukum,.bawaanya langsung pusing aku mah,.hehe. harus pnya konsultan emang

    ReplyDelete
  99. Penting banget. Belum terlambat belajar sekarang :)

    ReplyDelete