Friday, March 29, 2019

5 Kuliner Suryakencana Yang Wajib Kamu Coba!

5 Kuliner Suryakencana Yang Wajib Kamu Coba!

Halo hai Kawanii, Sebagai orang yang lahir dan besar di Bogor coret, selalu ngerasa seneng dan bangga setiap kali ada teman luar Bogor yang bilang kalau makanan di Bogor tuh enak-enak dan ngangenin kaya aku :p Sebut aja Toge Goreng, Soto Mie, Asinan Bogor, Roti Unyil, Lapis Talas, semua rasanya sedap-sedap.

Di Bogor sendiri, ada banyak banget sentra kuliner yang bisa dicoba. Ada Pandu Raya, Bangbarung, Taman Kencana, juga di sepanjang jalan Pajajaran.

Kalau aku sendiri, tempat paling favorit buat kulineran di Bogor ada di kawasan Suryakencana. Suryakencana ini bisa dibilang Chinatown-nya Kota Bogor. Sepanjang jalan Suryakencana sampai Gg. Aut, melimpah ruah penjaja makanan bak surga kuliner. Tinggal pilih aja mau makan apa, semua makanan dijamin enaaak.

5 Kuliner Suryakencana Yang Wajib Kamu Coba!
Kawasan Kulineran terfavorit se-Bogor Raya!
Soal kehalalan? Tenaaang, meskipun termasuk daerah pecinan, ada banyak makanan halal yang bisa ditemui kok di sini. Kalau sekiranya ragu, bisa banget lho nanya dulu ke yang jual. Kalau masih ragu? Yaaa mending gausah. So simple, yes?

Kalau dibanyak artikel, rekomendasi jajanan Suryakencana biasanya ada di Gg. Aut, kaya Soto Mie Pak Kumis atau Soto Kuning Pak Yusuf. Kalau versi aku, jajanan Suryakencana yang paling aku rekomendasikan ada di Jalan Rangga Gading, dekat kampus Kesatuan.

Aku emang jarang sih jajan ke Gg. Aut, sesekali aja buat njajal yang katanya rekomen. Hasilnya sih tetap sama, favoritku tetap jajanan Kesatuan. Hahaha. Tergantung selera sih emang ya. Lagian, yang namanya enak dan ngga enak kan relatif.

Tapi, kalau jajanan di Kesatuan ini mah worth to try sih kalau menurutku. Biarpun masuknya street food tapi rasanya ngga kalah sama jajanan resto atau cafe, malah mah ada makanan yang rasanya ngalah-ngalahin makanan cafe. Wkekeke. Percaya ngga? Jangan percaya dulu deh ya sebelum coba sendiri :p

Jadi, ini dia 5 Kuliner Suryakencana yang wajib kamu coba kalau lagi plesiran ke Bogor. Lets check it out >>>

1. Baso Bening


Ada banyak penjual baso bening gerobakan di sekitar Suryakencana – Gg. Aut, kayanya sih semua rasanya mirip-mirip. Tapi, langganan aku tentu aja yang amangnya mangkal di deket kampus Kesatuan.

Yang bikin aku suka makan baso di sini karena kuahnya tuh gurih tapi ngga micin banget. Gurihnya dari sumsum sapi asli (keliatan di kuahnya ada serpihan (((serpihan))) sumsumnya gitu). Buat basonya ada 2 jenis, ada baso halus dan baso urat, favorit aku selalu mintanya baso urat aja, dan ukurannya tuh kecil-kecil. 1 Porsi baso bening harganya Rp. 13.000,- Btw, biarpun namanya baso bening, tetap tersedia saos kok buat yang suka. Aku sih sukanya bening aja.

2. Lumpia Basah


Sama seperti penjual baso bening, penjual lumpia basah di Suryakencana juga ada banyaaak. Sebelum mengklaim lumpia basah kesatuan adalah yang terenak aku udah sempet cobain beli lumpia basah di abang gerobakan yang lain. Dan yang cocok sama lidah aku emang yang di Kesatuan ini. Bumbunya tuh selalu kerasa pas, minta pedes, pedesnya juga pas. Harganya juga murah kok, Rp. 7.000 saja.

3. Kue Rangi


Kue Rangi yg putih; yang Ijo Kue Ape

Aku jarang sih beli Kue Rangi, kadang-kadang aja. Aku rekomendasiin buat dicoba karena kue ini termasuk kue langka, wkekeke. Dan, malah aku baru tau dari Wikipedia kalau Kue Rangi ini tuh kue tradisional khas Betawi.

Sepertinya karena Bogor deketan sama Jakarta, jadi makanannya ya mirip-mirip gitu lah ya. Kaya Bir Kocok, aku pikir Bogor aja yang punya, eh ternyata Jakarta juga ada kok bir kocok, cuma suka beda-beda sedikit bahan campurannya. Buat kue rangi ini sih kayanya sama. Satu bungkus Kue Rangi di Kesatuan harganya Rp. 10.000,- mahal sih dibanding waktu aku SMP mah (yakaleeee) :v

4. Aneka Jajanan Minuman/Es


Dari semua jajanan di atas, minuman tentu jadi pelengkap yang ngga boleh ketinggalan. Bukan apa-apa sih, bisi keselek (takut tersedak) aja :p Beberapa jajanan es yang aku rekomendasiin nih. Sebelah Amang Baso ada yang jual Es Doger dan Es Podeng, itu 2-2nya layak dicoba.

Sebelahnya ada Es Cendol, tapi menurut aku sih rasanya kurang. Kalau es cendol, mending beli yang di depan Toko Buku AA, di situ es cendolnya JUARA!! Tapi kalau lagi pengen minuman yang asem seger, bisa cobain Es Jeruk yang ada di sebelah penjual Lumpia Basah, rekomen dan harganya juga murah, Rp. 6.000 saja. Rata-rata sih minuman harganya segituan.

Ohya, ada 1 lagi, minuman terrrfavorit aku Thai Tea, lokasinya persis depan Grand Swalayan, namanya Chalis Thai Tea. Yang ini harganya Rp. 12.000,- untuk ukuran besar, yang kecilnya Rp. 8.000 apa Rp. 10.000 gitu lupa. Yang bikin seneng beli di sini karena free topping. Aku paling suka dipakein bubble thai teanya. Tambah enyaaak. Di tempat lain belum nemu ada yang bisa dipakein bubble gini.

5. Asinan Bogor


Asinan Bogor yang paling terkenal itu emang Asinan Gedung Dalam. Tapi sampai umur lewat seperempat abad gini, aku bahkan belum pernah coba sekalipun itu Asinan Gedung Dalam. Wkekeke. Kayanya lebih karena lokasinya yang agak jauh kalau dari Pasar Bogor.

Jadi, aku kalau lagi pengin asinan belinya di tempat terdekat aja, yang di jalan Suryakencana, persis sebelahnya toko buku Ataka. Harga per porsi Asinan Bogor di sini Rp. 22,000,- Biasa aku beli asinan buah, soalnya aku ngga terlalu suka asinan sayur. Rasanya sih kemungkinan sama enak dan segernya kaya Asinan Gedung Dalam (nanti deh, sesekali kucoba beli Asinan Gedung Dalam yak. Biar tau).

Yang pasti sih, Asinan Bogor yang biasa aku beli asli asinan bukan tipu-tipu. Soalnya suka ada kan yang tipu-tipu. Yang kuahnya dipakein gula buatan itu lho, ngga enak blasss.

Nah, itu dia 5 Kuliner Suryakencana yang bisa kamu coba kalau lagi main ke Bogor. Sebetulnya sih masih ada banyak kuliner Suryakencana tuh, cuma kalau ditulis semua takut kalian pegel bacanya. Enaknya sih langsung aja kulineran bareng, gimana? :D

Soal penginapan mah gampaaang, ada banyak hotel di Bogor yang bisa kita cari lewat aplikasi Pegipegi. Urusan cari mencari hotel bisa selesai dalam sekali klik, anti ribet-ribet club lah pokoknya kalau booking hotelnya lewat Pegipegi mah. Ditambah, Pegipegi tuh sering banget kasih harga diskon lewat promo-promonya. Jadi bisa dapat hotel dengan harga termurah, kalau gini jatah jajan jadi bisa lebih banyak deh. Asyik, kan?



Kalau Kawanii, ada kuliner Bogor favorit atau yang pengen dicoba ngga? Kasih bocoran dong, apa dan belinya di mana, kali aja aku bisa cobain juga. Share di komen yaaa^^

No comments:

Post a Comment