Wednesday, May 1, 2019

Intip Inspirasi Dari 9 Pemenang XL #AsliJago The Winners League



Halo hai Kawanii, walaupun bukan (atau belum?) jadi bagian dari pelaku bisnis, tapi ngga ngerti kenapa dari dulu aku seneng banget setiap kali bisa nyimak sesi sharing dari para pelaku bisnis, khususnya dari para pelaku bisnis UMKM. Karena seringnya, ceritaan teman-teman UMKM itu unik-unik dan punya spiritnya masing-masing yang tentu aja mudah menular. Itu karena biasanya, pelaku bisnis UMKM ini memulai bisnis mereka dari mimpi, dan juga hobi. Sering banget merasa terpukau sama ceritaan mereka yang memulai bisnisnya dari hal-hal yang mereka sukai. Itu sih kuncinya menurutku, selain tentunya dibutuhkan juga keberanian untuk memulai.

Spirit dan inspirasi itu kembali aku temui di acara Business Sharing bersama XL Business Solutions, Rabu (24/04) lalu. Bertempat di Kantorku Coworking Space, acara bisnis sharing ini sebetulnya ditujukan untuk para pemenang #AsliJago The Winners League. Awalnya, aku tuh juga bingung #AsliJago The Winners League ini tuh apa sih? Ternyata, setelah dijelaskan lebih jauh, #AsliJago The Winners League ini adalah sebuah kompetisi khusus UMKM yang diadakan oleh XL Business Solutions. Dalam hal ini, XL ingin mendukung para pelaku bisnis UKMK untuk mengembangkan bisnisnya ke skala yang lebih besar.



Kompetisi #AsliJago The Winners League ini sendiri sudah berlangsung sejak Desember 2018 sampai Januari 2019. Dari hasil penjurian, saat ini sudah terdapat 9 Jagoan dari masing-masing kategori yang di lombakan. Sini kukasih bocoran ke 9 pemenangnya ya, siapa tau salah satunya langganan Kamu buat belanja :D

1. Yang pertama, untuk kategori kuliner ada @Sushi_Kita


Berawal dari kesukaan owner sama makanan Jepang tapi ngga suka makanan mentah, akhirnya terinspirasi untuk menghadirkan Sushi Kita. Sushi Kita tuh maksudnya Sushinya orang Indonesia. Jadi, meski namanya Sushi, makanannya tetap makanan Indonesia banget, yang sudah tentu makanannya matang. Terlebih dari itu, Sushi Kita juga punya misi untuk mengenalkan makanan Indonesia dengan cara yang berbeda.

2. Yang kedua, untuk kategori Fotografi dan Videografi ada @socialkreatif

Fardi Yandi dari @Socialkreatif
Yang kusuka dari Socialkreatif ini adalah taglinenya mereka "memanfaatkan kreatifitas yang berdampak sosial". Jadi, mereka ini bisnisnya dibidang foto produk untuk UMKM. Bukan cuma foto sih, tapi lebih ke membantu brand lokal menyediakan konten untuk sosial media mereka. Selain itu, mereka juga memiliki misi untuk menggandeng para fotografer di Indonesia agar bisa memiliki penghasilan.

3. Yang Ketiga, untuk kategori Fashion ada @bitsandbobs.id

Angela Asriana dari @bitsandbobs.id
Lewat Statement Bags dan Stationery yang mereka jual, mereka ingin menciptakan sebuah “wadah” untuk anak muda agar dapat menunjukkan siapa diri mereka dan apa yang mereka ingin lakukan. Jadi, barang dipakai bukan hanya karena fungsi tapi juga bisa jadi media untuk mengekspresikan diri. Wah, ini sih cuco beud buat millennials kaya kita (((kita))) :p

4. Yang Keempat, untuk kategori E-commerce ada @Kunantaid

Untuk Kun Anta ini menjual produk personal care kaya sabun, pasta gigi, sampo dan lain-lain, yang menjamin semua produknya punya kandungan yang aman dan juga sehat karena diproduksi dari bahan-bahan yang alami. Kaya sabun dari minyak kelapa atau dari minyak zaitun. Waaah, menarique nih buat dicoba! Ada yang udah pernah coba produknya KunAnta belum? Bisa kali kasih testi di komen yaaa

5. Yang Kelima untuk kategori Event Organizer ada @Lalamarket.id

Yang bikin takjub luarrr biasa foundernya ini gadis manis berumur 17 tahun! Kerens banget! Buat Lala Market ini salah satu yang mereka lakukan adalah bikin event atau bazar pakaian bekas. Kenapa pakaian bekas? Ini karena mereka sadar, produk fashion adalah salah satu penyebab limbah terbesar di dunia. Jadi, event ini digagas dengan tujuan mengurangi sampah dari baju. Salut lagi kan akutu! Mana kepikiran kalau baju juga bisa jadi sampah pada akhirnya, huhu.

6. Yang Keenam untuk kategori Travel ada @PukuCamper

Indra Parameswara dari @pukucamper
Puku Camper ini merupakan The First Camper Van Rental in Bali! Waaagila sih, otomatis bikin kangen Bali! Dan PukuCamper ini hadir untuk mereka-mereka yang ingin merasakan explore Bali dengan cara yang berbeda. Asli sih, aku pribadi mah langsung minat banget pengin coba. Apalagi, misinya Puku Camper ini bukan cuma sekadar sewain mobil van tapi lebih ingin membantu memajukan daerah pariwisata Bali yang lainnya. Biar orang yang traveling ke Bali mainnya ngga ke tempate-tempat wisata mainstream mulu gitu lah. Tertarik buat coba? Jangan lupa ajak-ajak aku yaaa.

7. Yang Ketujuh untuk kategori Art ada @Gulaliku

Sebuah brand yang membuat produk kolektibel berbahan dasar kayu, seperti jam atau hiasan-hiasan gitu. Uniknya, mereka ini berdasar sama 4P, Planet-People-Profit-Planet. Maksudnya, apa yang mereka jual berawal dari planet (kayu), akan mereka jadikan sesuatu yang berguna untuk manusia dan menghasilkan profit, dan profit yang didapat itu akan di”kembalikan” lagi ke planet lewat program #One2TreeGrow. Jadi, setiap 1 produk yang dijual akan ada 1 pohon juga yang ditanam. Kereeens!

8. Yang Kedelapan, untuk kategori Automotive ada @Vespapaintart

Berawal dari hobi corat-coret di jalan raya a.k.a bikin mural, kemudian muncullah ide buat bikin corat-coretnya lebih berfaedah dengan cara restorasi motor klasik semacam vespa. Biar vespa yang udah karatan bisa dibikin cantiks lagi.

9.  Terakhir, untuk kategori Teknologi ada @ProHR.id

Sebuah software yang digunakan untuk mengganti sistem HRD yang saat ini masih tradisional menjadi sistem HRD yang berbasis aplikasi/online.


Setelah menyimak profile singkat dari 9 pemenang #AsliJago The Winners League kami pun diberi penjelasan tentang peranan XL Business Solutions dalam membantu para UMKM mengembangkan bisnis mereka dalam hal layanan telekomunikasi. Berbagai layanan XL Business Solutions antara lain: mobile communication, fixed connectivity, mobile advertising, cloud & data center dan juga Internet og Things (IoT).

Salah satu layanan yang ditawarkan ada Paket XL Biz yang sudah dilengkapi dengan Office 365 untuk membantu menjawab komunikasi bisnis tanpa batas sehingga kinerja UMKM dapat lebih produktif dan efisien. Harga yang ditawarkan juga cukup ramah, dari mulai Rp. 49rb sampai Rp. 499rb. Bisa pilih mana yang sesuai kebutuhan, ya kaan.


Untuk para pemenang #AsliJago The Winners League sendiri, selain mendapatkan hadiah berupa uang tunai juga diberikan semacam pelatihan-pelatihan singkat yang tentu akan sangat membantu dalam hal pengembangan bisnis mereka. Gimana? Teman-teman tertarik atau justru merasa tertantang buat ikut XL #AsliJago The Winners League juga? Tungguin tahun depan deh ya. Mudah-mudahan ada lagi. Dikecein dulu aja bisnisnya dari sekarang yes!

Untuk info lebih lanjut bisa cek website XL https://www.xl.co.id/id/bisnis atau di Instagramnya mereka di https://www.instagram.com/xlbusinesssolutions/ ^^



No comments:

Post a Comment