Friday, June 14, 2013

Agar Facebook Bebas dari Cracker

Beberapa bulan lalu ada seorang teman yang kasih tahu aku kalau akun facebook pacarnya kena Hack. Dia sempat panik, dan aku yang Gaptek ini cuma bisa bilang, biasanya balik lagi akunnya dalam beberapa hari. Ini yang ngehack, golongannya tukang Online shop penjual gadget. Yang maraaaak banget, suka tag-tag foto handphone yang harganya jauuuh dari harga pasaran. hiiii, udah nipu jadi Cracker pula. hhi dasaaar yah !!!

Hacker atau dalam bahasa Indonesia disebut peretas ini adalah
orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.
Sementara Cracker itu Hacker juga, tapii berniat jelek seperti merusak, kalo hacker cuma mau mencoba sekuat apa sistem keamanannya.
Nah, saya baru tau ini dari temen yang komen karena aku dengan PD-nya nulis hacker, soalnya emang gak ngertii sih :p

Dari situ, aku juga mulai mengantisisapi (baca :antisipasi) supaya jangan sampe ini akun facebook yang cuma satu-satunya diambil alh oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti mereka,hhe bahasanya :p
Yang aku tahu cuma setiap akun yang kita miliki mesti beda-beda passwordnya, olalaa, aku kan pelupaaa >.< bisa-bisa aku bikin akun kemudian gak bisa dibuka lagi karena lupaa.. huhu Pas lagi asiik ikutan kuis click2&win-nya tabloid Pulsa aku nemu artikel tentang cara agar akun facebook tidak di-hack, langsung deh di klik dan posting aja disini biar aku gak lupaaa caranya. Ini aku repost aja yaa ^^

Agar akun Facebook tidak dihack oleh para hacker, sebenarnya ada beberapa cara yang perlu dilakukan. Apa saja? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara agar akun Facebook tidak di-hack:

1. Jangan menerima pertemanan yang mutual friends-nya sedikit
Jika mutual friends-nya sedikit, maka bisa jadi orang itu berniat jahat untuk mengambil akun Facebook yang Anda miliki. Selain itu, jika ada seorang hacker yang memiliki 3 akun Facebook di pertemanan Anda, maka bersiaplah beberapa lama lagi akun Facebook akan dihack. Untuk itu, terimalah teman yang dikenal saja atau mutual friends-nya sudah banyak.(Untung gak semua friend request di confirm :D, mudah2n amaan )

2. Jangan sembarangan memberikan email Facebook
Jangan pernah memberikan email kepada publik secara bebas. Email Facebook kamu sebaiknya hanya diketahui oleh diri sendiri atau teman-teman terdekat saja. Jangan memberikan email kepada orang yang baru dikenal dari Facebook. Tujuannya adalah agar akun Facebook Anda tidak mudah dihack.(siap-siap ke setting privacy account)

3. Buat kata sandi yang aneh
Agar tidak dihack, buatlah kata sandi atau password yang aneh namun mudah diingat. Misalnya, 10_Delta. Jangan menggunakan kata sandi yang berhubungan dengan diri Anda atau memakai huruf atau angka saja karena sangat mudah ditebak oleh hacker.( kata sandiku gak aneh, kalo aneh takutnya malah lupaa >.< hhe) Oke, ini aja tips yang aku dapet. Semoga bermanfaat :D Sumber : itoday, wikipedia

5 comments:

  1. Ranii, ini postingan yang kudu bunda baca dengan menyimak nih, hehe...isinya bagus dan mengarahkan yang baca supaya ber-hati2. Md2an gak terjadi dengan akun bunda,kapanpunj. Nice posting, I like it, Ranii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iyaa jangan sampe yaah bun..
      makasiiih yaa bundaaa udah mampiir ke blog akuuu :D

      Delete
  2. Tambahan info kak, sebaiknya jangan buka fb di warnet, kalau terpaksa setelah selesai main fb clear password u di pengaturan > keamanan > sandi tersimpan. Cari nama fb u, lalu di clear. Biasanya di situ banyak2 password fb dan email orang2. Jd kalau gk hati2 bs kena hack.
    Sebetulnya sih meskipun menggunakan cara-cara yang di berikan mbak ranii, tetap aja fb masih bisa di hack kalau orang2 itu udah master/ahlinya. Apalagi orang tersebut menggunakan dengan cara java cricpt, html,php. Pasti fb mbak ranii 100 % kena hack deh. Yah berharap aja gk kena hack.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. iyaa yah, nantii cara2ny saya tambahin deh k artikel ini biar lebih lengkap ..
      yaa smoga aja gk ada cracker yg isengiin fb ku,:D

      Delete