Tuesday, June 4, 2013

Ditilang? Gak Usah Takut Sidang

Sumber : Dari sini

Buat pengguna motor, terlebih yang baru "terjun" ke jalan. Pasti dong pernah ada rasa takut kalau kena tilang. Apalagi kebetulan, belum punya SIM. Terus, boncengan sama temen dan temennya itu gak pake helm. Pas ketemu Sang Penilang, tuh rasanya pengen langsung ilang seketika itu juga, biar lolos dari pengawasan :D Aku banget ini sih :p

Mau cerita dikit nih,



Dulu, waktu aku belum punya SIM pernah kena tilang di daerah Muara, Bogor. Disitu, aku ngajak "Damai" Sang Penilang. Biasanya kalau "Damai" aku kasih 20.000 juga mau, *sempet beberapa kali kena tilang soalnya*. Yang kali ini beda, waktu aku bilang gak ada duit lagi terus minta sidang aja. Dia langsung ngeluarin semacem berkas gitu, isinya tentang pasal-pasal pelanggaran lalu lintas beserta dendanya. Aku liat denda untuk pelanggaran karna gak punya SIM itu 1.000.000, WOW. Banyak banget yah 0.nya? secara, kan aku disitu masih polos-polosnya *hueeek* jadi percaya ajaaa deh >.<. Iya, akhirnya Sang penilang minta saya pulang dulu buat ambil uang sementara STNK Motor ditahan, isssh. sebenernya ada sih uang yang dia pinta, ah yaudah aku ke tempat yang jualana bensin aja. Sengaja nukerin uang puluhan sama ribuan :D *iseeng bangeet*. Terus balik lagi deh ke tempat tadi, ngasih uang 40 lembar seribuan (ini dia-nya minta segitu). STNK pindah tangan lagi, dalem hatiku bilang "Gajinya pasti lebih dr segitu, lah uang receh aja masih mau, heraaaan!!" sumber : dari sini

Oke, dari cerita ini, sebetulnya gak patut ditiru. hehe.
Damai sama sang Penilang sama aja ngedukung tindak korupsi, tapi ini menjadi pilihan banyak masyarakat indonesia. Karena apa? yaah karena lebih instan aja, gak ribet. Kan banyaknya orang suka yang instan, seperti aku :P
Tapi, satu hal yg bikin aku rela melepas uang 40rb itu... Liat denda yang nominalnya sampai 1jt itu. Padahal, tanpa aku sadari waktu itu, jumlah denda itu Denda Maksimal, sekali lagi ingat yaaah Denda Maksimal. Kadang, ini juga dijadiin "senjata" sama Sang Penilang. Biar masyarakat yang gak tau, jadi takut dan nurut aja apa kata dia.

Terus, kalau ditilang mesti gimana?

Yah, gak gimana-gimana, minta aja surat tilangnya. Tunggu deh Dua Minggu sampai Sidang.

Sidang? Sereeem bangeet sih pake sidang segala, kan katanya sekarang bisa minta Slip Biru sama Sang Penilangnya, jadi bisa dibayar via transfer ke rekening BRI yang langsung masuk KAS negara. Jadi, gak perlu "damai" apalagi sidang. yaaa kan? Bisa kaan?

Memang sih, dari informasi yang aku dapet juga gitu. Tapiiii, kenyataan di lapangan gak kaya gitu.
Aku pernah di tilang terus minta Slip Biru, Sang Penilang bilang gak ada yang namanya Slip Biru. Oke, karena aku lagi gak mau berdebat, juga hal ini masih dipertanyakan kebenarannya a.k.a masih kontroversi, jadi ngapain jugakan di debatin? buang-buang tenaga dan waktu.
Jadi, yowess, ikut sidang ajaa.

Sidang tuh gimana sih? Ribet yah? lama yaaah?

Sidang, pasti kepikirannya sidang yang kaya di tv-tv gitu kan yah. Jadi satu-satunya orang yang diperhatiin dan jadi orang yang ngerasa dipojokin banget *lebai :p*
kenyataannya engga kok, tenang ajaa. Sidangnya banyakan kok, rame malah :D
Tenang disini bukan berarti kita gak ngerasa "bersalah" yah. Yah, intinya jangan terlalu takut yang berlebihanlah yaah.
Yang Nyidang juga kan manusi, punya hati punya perasaan.

Intinya, pas sidang, kita harus ngakuin kesalahan kita dan pastinya tahu apa kesalahan kita. Liat disurat tilang, dikasih pasal berapa, cek deh di internet isi pasalnya apa (biar sinkron aja). terus Kasih alesan yang masuk akal biar di"Kasianin", hehe Jangan tengil pokonya. Iya,iyaain aja.

Dok. Pribadi

Dari pengalamanku ikut sidang untuk bebasin SIM gara-gara bonceng Ibu, Ibunya gak pake helm.
aku jawabnya, waktu itu aku lagi buru-buru, jadi kelupaan --".
Yaudah, cuma gitu, cuma ditanya kesalahan apa yg udah kita buat, terus kenapa alasannya.
Udah deh beres, dan bayarnya juga waktu itu 30.000 aja, benerkan cerita di atas, kalau yang dikasih liat itu Denda Maksimal, denda pastinya belum tentu segitu. Tergantung dari segimana berat pelanggaran kita.

Terus gimana kalau gak mau Sidang?

Yaah jangan sampai ditilang, yaaa taat makanya :D
* Pake helm jangan lupa yang SNI, kalau boncengan jangan bertiga, yang dibonceng harus pake helm juga, jangan lupa nyalain lampu utama di siang hari.

* Pastiin, kaca spion terpasang sempurna, lampu-lampu (utama, sign, rem) masih nyala, klakson, tutup pentil tuh kali kurang satu, hehe, Knalpot standar.

* Pastiin STNK gak ketinggalan, terus jangan males bikin SIM ! ini penting, jangan "nembak" juga. Bikin SIM gak susaah kok, cumaa emang Lamaaaaaaaaa banget , karena antriiiii.nya, yaa sabar ajalah. Kalau udah ada SIM kan enak, berarti cara mengemudi kita udah di-akuin. Sekali lagi, bikin SIM jangan Nembak !!

Ooke, gimana?
Ini sedikit pengalaman aku tentang tilang dan sidang, semoga bermanfaat :D


37 comments:

  1. masih suka damai, lebih gampang. hahhahahahahhaha

    ReplyDelete
  2. pernah ketilang juga yah ..? sama bisa lihat nich ceritaku

    http://www.masroqib.com/2013/11/tips-dan-trik-terhindar-dari-tilang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pernah, tapi gak sampai puluhan kali lhoo :p

      Delete
  3. bener tuh, say lebih pilih sidang, dihati jg lebih sreg, uang jelas masuk kas negara, pernah ngalamin..

    bikin sim jg mudah, nggak perlu lewat calo, murah lagi, yg penting jalurnya bener pasti gampang, itu jg mnunjukkan kmampuan kita (teori dan praktek)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Pernah gak ya? engga kayanyaaa.. hehehe takut ke kejar :p

      Delete
  5. Ini aku barusan kena tilang. Takut banget.. biasanya klo ragara sim kena denda brapa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru bales,
      kena 1 pasal aja kan gak punya SIM? Saya gak tau sih denda skg ini berapa satu pasalnya, tapi gak akan lebih dari 50rb deh kayanya..
      Gak usah takut, sidangnya gak nyeremin kok, yg penting sadar sama kesalahan dan tunjukin kalau kamu ngerasa salah..

      Dan kalau bisa setelahnya langsung bikin SIM yah, bikin SIM gak susah kok :)

      Delete
  6. Wahh ak kena tilang mobil nih .. dapet slip warna merah ..

    ReplyDelete
  7. saya sih kalau liat bpk2 polisi pinggir jalan langsung terasa deg-deg ser aja dan trus putarbalik gak jadi dech pergi ke tempat tujuannya hehehe

    ReplyDelete
  8. Kalo pasal 281(1) kira2 berapa ya mba??

    Tolong di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sekitar 50rb satu pasal, itu pun kalo ikut sidang dan mengaku salah :)

      Delete
  9. Berpa ya mba kira" bayar dendanya Pasal 281 jo Pasal 77

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sekitar 50rb satu pasal, itu pun kalo ikut sidang dan mengaku salah :)

      Delete
  10. kadang kalo lagi buru-buru bawaannya males aja kalo mau di sidang, dan jalan tengahnya biasanya minta damai. tapi yang kayak gini gak boleh dilestarikan, kalo damai bearti kita sama aja nyuruh oknum itu buat selalu praktekin kayak gitu

    ReplyDelete
  11. kalau kena pasal 281 dan 291 kira" berapa yah kena dendanya...terus kalau sidang harus bawa ktp yah...mmohon infonya

    ReplyDelete
  12. Trimakasih atas informasi nya dan membuat artikel yg mengarahkan ke yg baik
    Saya jga baru kna tilang mau proses sidang hiksss

    ReplyDelete
  13. Barusan bgt kena tilang.. aku nebeng tmn nah aku gk pake helm karena deket dr kost ke kantor.. kl untuk yg bw mtr (tmn ku) it lengkap semua..

    Akhirnya suruh sidang tgl 12 feb 2016 gak enak sm tmn ku yg mau nangis. Gara2 aku sim dia ditahan. Mau tanya dong brp ya kira2 bayar nya dn sidang ny gmn ? Brp lama ya waktu sidang nya


    Mohon info nya ya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Eri,
      Saya gak tahu persis saat ini untuk satu pasal bayarnya berapa, tapi kira-kira 50ribu atau bisa jadi kurang dari segitu. Sidangnya, seperti yang udah saya ceritain diatas, sidangnya gak gimana-gimana kok. Dan kalau datang tepat waktu persis kaya yg ditulis di surat tilang, gak akan lama kok, sebentar juga beres :))

      Delete
  14. Kalau sidang kan harinya d tentuin, kalau jam nya gmna?? D tentuin gx ,atau bisa jam berapa ajj

    ReplyDelete
  15. Biasanya tempat sidang nya dimana ?

    ReplyDelete
  16. Baru aja kena tilang di kota magelang, kalau sudah lupa urusannya ya sudah nasib, padahal sudah dihimbau kalau bakal ada razia resmi (biasanya gak resmi dan gak ada surat perintah :0 ) di daerah magelang. Semua lengkap cuma kurang spion cm kepasang satu, harus sidang tanggal 17 maret di pengadilan kota, semoga tidak kena denda maksimal, bisa kering nih dompet :D

    ReplyDelete
  17. Baru Kemarin Kena Tilang Sueee Banget,
    oya mau nnya Nih, Berapa yah Denda Yg Kena 2/3 pasal sekaligus, soalnya saya pas kena tilang, Ga Pkai Helm,STNK,Dan SIM..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian aja Gak pakai motor, hehe

      Delete
  18. Aku pernah ditilang gara-gara gak punya SIM, damai habis 30ribu,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang segitu semua, atau lagi pas aja 30 rb?

      Delete
  19. kalo kena tilang karena gak punya sim ikut sidang dendanya brapasih mba
    tolong bales ya deg degan nihh

    ReplyDelete
  20. Kalo sidang, dendanya berapa? Aku gapunya sim.. soalnya masih 13 tahun

    ReplyDelete
  21. Baru kena tilang melanggar lalu lintas dan gak pnya sim, hhhh
    Kira2 brp ya denda tilangnya, tapi hanya 1 pasal doank yg d tulisnya...
    Psal 287 ayat 1.

    ReplyDelete
  22. Wah ku juga baru saja ketilang
    Kesalahannya gak bawa stnk,gak punya sim,yang dibonceng gak bawa helm, tuc kalo sidang berapa ya...

    ReplyDelete
  23. Klw gk punya sim trus ikut sidang kira2 brpa yah biaya nya gan?
    Mohon infonya trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak tau denda minimal berapa, tapi mungkin masih dibawah 50.000

      Delete
  24. Maaf nih mba mau tanya, aku baru ketilang pasal 287 gara gara masuk jalur cepat dan 281 belum punya sim , aku terima sidang dipengadilan, pas check digugel pasal 281 max 1juta jadi panik kalo mau sidang dendanya hampir segitu, gamungkin kan ya mba sampai segitu?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba, itu denda maksimal kok, gak akan sampai segitu. Yang penting pas sidang, jawab jujur aja dan nerima kalo emang salah. gak usah pake calo yah, santai aja :))

      Delete