Sunday, June 9, 2013

Cara Bayar Pajak Di Samsat BTM

Samsat Online
gmbr dr sini
Sesuai yang aku bilang semalem, kan mau nyeritain pembayarannya. Tapi, ada hal yang ternyata, Oh, aku baru tauu :D

Intinya, bayar Pajak itu kudu superrrr sabar kalo buat antrinya. Kalo sistemnya sih gak ribet kok, cukup siapin STNK asli + KTP Asli. Inget aja, KTPnya harus sesuai nama di STNK. Daftar (di Loket 1 bagian pendaftaran, ada dipojok kanan kalau dari arah datang)-Nunggu (duduk manis aja dulu)-dipanggil-Bayar(di loket 2)-ambil STNK yang udah diperpanjang(loket 3)-Kelar.. Mudahkan? yang bikin 'males' yaa nunggunya itu, pokoknya sabar aja deh !!

Nah, untuk tempat pembayaran ini buat di Bogor yah.


Untuk wilayah Kota Bogor, alamatnya di Jl. Ir. Djuanda No 4 Bogor, No.Telp / No.Fax : (021) 8758924 (Ini deket hotel salak, ada kok plangnya, lurus aja)
Untuk wilayah Kabupaten,seperti aku ini di Alamat : Jl. Kelurahan Tengah (PEMDA) Cibinong Bogor, No.Telp / No.Fax : (021) 8758924, tempatnya 'agak' sedikit susah ditemukan juga dijelaskan. hehe

Tapi, sekarang udah, mungkin selangkah lebih maju. Karena apa? karena udah ada Samsat Outlet atau Samsat Online. Buat di Bogor, ada di Bogor Trade Mall, lumayankan tuh bisa bayar pajak sambil cuci mata :D.
Letaknya ada di Lantai UG, kalo masuk dari parkiran Basement silakan naik Lift pertama, berhenti di UG belok kiri, udah keliatan samsatnya, kalo masuk dari pintu utama naik eskalator sekali itu udah lantai UG jalan deh luruuus arah Ramayana Store, jangan masuk ke Ramayananya yah:p, belok kanan aja. Keliatan deh samsatnya, kalo masih bingung juga? tanya satpam aja, apa mau minta anter? hehe

Disini, bayar pajak dari wilayah manapun, entah itu kota/kabupaten, apa dari luar Bogor, selama kota.nya masih cakupan JAWA BARAT bisa bayar disituu... Mungkin, online-nya tuh dibagian ininyaaa. Coba bener-bener di Online-in yah, bayarnya via bank *misal* jadi dateng kesitu STNK udah di cetak n di sahkan, tinggal ngambil aja gitu.. #ngayaaal dikit :p
Tapi, katanya lagi sih bayar di Bank bisa, tapi bank Jabar aja, kalo ini aku belum coba... dan satu hal, yang bisa dibayar disini pajak tahunan aja, kalo pajak 5 tahunan harus di induknya.

Terus, gimana ya itung pajak yang kita bayarnya?

Yaah liat aja di STNK-nya, untuk pajak tahunan yang diliat nominal PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) + SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan di Jalan). Biasanya tiap taun sih pasti beda-beda, kebanyakan yang bilang selalu naik, tapi ada juga kok yang turun..

Kalo pajak 5 taunan di tambah biaya admin STNK (50.000) dan TNKB (Tanda Nomer Kendaraan Bermotor)30.000. Kemungkinan sama semua kali yah, nominalnya. Yah kira-kiranya segini dehhh..
Terus mekanismenya rada-rada nyerempet kaya Cara Balik Nama Motor. Tapi cuma di bagian cek fisik sama nunggu plat jadi aja.

Gimana? udah jelas belum?
Semoga bermanfaat yah, cerita "Oh, aku baru tau"-nya dilanjut lagi dipostingan selanjutnya ^^

UPDATE (17/06) : Kemaren aku kan bayar pajak lagi di samsat BTM ini, sambil nunggu aku iseng tanya apa tiap hari ini samsat selalu rame (soalnya tiaaap kali kesitu selalu rame), dan ternyata dalam seminggu ada 1 hari yang termasuk lengang, yaitu hari Minggu. Jadi, kalau mau sedikit lengang kalian bisa datang kesini di hari Minggu.

Kalau untuk hari biasa, usahain datang pagi aja (sekitar jam 9'an) karena kalau datang siang nunggunya bisa lama, apalagi kalau diawal bulan, pasti lama banget.

Samsat Outlet ini buka setiap hari, Senin-Jum'at dari jam 09.00-15.00. Sabtu-Minggu juga buka, tapi cuma setengah hari, jam 09.00-12.00^^



Sumber : http://www.dispenda.jabarprov.go.id/index.php/learning/samol

139 comments:

  1. makasih ya infonya.....jadi bayar di btm plat kabupaten atau kota bisa ya?
    salam kenal ya dari orang bogor juga... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bisa kok :)

      Salam kenal juga yaah kang ^^

      Delete
  2. bpkp asli perlu d bawa juga gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbb yah...
      kalo bayar pajak tahunan aja sih gak usah :)

      Delete
  3. kalo bayar pajak 5th an harus ada yg di fotocopy ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, stnk ktp sama bpkb rangkap 2. tapi lebih enak fotocopy di samsatny karna abang fotocopy.ny udah tau mana yg harus difotocopy :)

      Delete
    2. Mohon penjelasanya.saya punya mobil pajak 5 tahun mati maksud saya ingin bayar pajak 5 tahun sekalian balik nama.dan plat nya pasar minggu ingin jadi plat F bogor cibinong semantara nama orang pertama PT....itu bagai mana caranya terimakasih

      Delete
    3. Oh, kalau itu masuknya Mutasi mas, saya belum pernah mutasi, jadi gak bisa jelasin gimana prosesnya..

      Ada baiknya, datang langsung ke Samsat Kab Bogor di Pemda Cibinong, di sana ada bagian khusus mutasi, mas bisa tanya langsung prosesnya gimana di sana.. Maaf yah gak bisa bantu banyak, makasih ^^

      Delete
  4. terima kasih ya infonya.....sayah malah belum tau, belum punya kendaraan motor sih, punya sih tapi dikasih perusahaan yang bayar pajaknya ya perusahaan juga, jadi sayah gak tau caranya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mang yono :)
      semoga bermanfaat buat nanti2 ya hehe
      trimakasih kunjungannya ^^

      Delete
  5. Makch info nya, sangat membantu skali,, plat sukabumi jd bisa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo bisa sdikit membantu pa ^^

      Delete
    2. kalau mau bayar 4 tahun sekaligus gmn mbak? apa caranya sama dgn yg 5 thn ? trims

      Delete
    3. Kalau pajak 5 tahunan itu, STNK-nyaa..
      jadi kalau bayar 4 tahun sekaligus, tapi STNK-nya belum jatuh tempo (masih berlaku) tata cara bayarnya seperti pajak tahunan aja :)

      Delete
  6. Kalau jam krja samsat yg d btm kpn za mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. [Kalau gak salah]
      Senin-Jumat sampai jam 3..
      kalau hari sabtu cuma setengah harii kayanyaa.. nanti saya cek ulang deh :)

      Delete
  7. Mank mba tgl dmn, ciapus y (asal tebak). .hmm. . ngrep0tin nie hehe. . .iya mba s0al'y klo sya walking2 di btm hehe ska lewat tp k0q keseringan tutup ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di ciapus..
      ah masaa? Hari kerja buka terus kok..
      Ini Samsat di lantai UG yaah, bukan yang dilantai LG..

      Delete
  8. Mba klo ngitung denda pajak'y bsa ga? S0al'y sya cma pgn pazti aja mba. . .bsa bntu itungin ga?
    Masa brlaku 05 Des 2012
    PKB = 155800
    SWDKLLJ = 35000
    prhitungan sya c sktar Rp. 450.000 bner g y mba, mh0n bntuan'y? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari hasil googling sih, perbulan dikalo 2% dari PKB..
      kalau telat satu tahun berarti 24%'an dari PKB..

      mungkin sekitaran segitu, saya gak pernah itung denda sih soalnya :)

      Delete
  9. mbaaa klo KTP nya atas nm orng lain bs nembak ga ?aku kan belinya second

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah kalo yg nembak2 gitu saya gak tau deh >.<
      pinjem aja KTP yang punyanya, saya juga suka pinjem ktp..

      Delete
  10. sekarang masih ada ga, mau coba bayar disana

    ReplyDelete
  11. Kalo plat no nya B depok bisa ga d situ ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Depok masuk Jawa Barat, bisa ko :))

      Delete
  12. Rani thx infonya :)
    antrinya lama ga raan ??? :(

    ReplyDelete
  13. Mbak klo plat tasik bisa di cibinong bayar pajaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cibinong kayanya engga bisa yah, kalo di BTM kemungkinan besar bisa, karena satu wilayah jabar..

      Delete
  14. Kirain minggu tutup... Thx bgt info nya......... Salam tegar beiman... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru minggu hari pamungkas tuh, hhe
      Salam tegar beriman juga ^^

      Delete
  15. Thanks to you, neng Rani :)

    ReplyDelete
  16. pajak motor orang tua saya di BTM dan stnk nya juga atas nama orang tua .
    apa aja yah persyaratan bayar pajaknya ? apa stnk harus bawbawapktplasliang tua + fotocpy ktpnya + stnk asli .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup STNK sama KTP yang namanya sesuai dengan yang terteras di stnk, itu aja mas yang perlu dibawa :)

      Delete
  17. ibnu amsyah s10/20/14, 1:57 PM

    mba saya stnk alamat kota bogor .....
    kalo bayar di samsat ci binong bisa gak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf ya baru bales,
      Kalau alamatnya kota bisa ke samsat kota aja mas, yang di sebelah hotel salak^^

      Delete
  18. nice info.. thanks...

    ReplyDelete
  19. kalo mau cepet datang pagi2, dan jangan sampai KTP aslinya ketinggalan spt yg saya alami, sudah lama2 ngantri eh KTP asli nya ketinggalan jadinya pulang dulu dan antri lagi..tapi untungnya prosesnya tidak terlalu lama. Tapi untuk perpanjangan STNK 5 tahunan (ganti STNK) bisa ga ya di BTM Bogor? atau harus ke Samsat Cibinong? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener banget.. ktp aslinya wajib :))

      kalau yang 5 tahunan ke samsat induk mas..
      Kalau kota, yang di deket hotel salak. Kalau kabupaten di Cibinong :)

      Delete
  20. Saya mau prpjng pjk tahunan,tpi bpkbnya blm ada,blm lunas he he..di prlukan ga..?sya mau ke tmpat yg di btm aja.. Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tahunan gak perlu BPKB kok mas, cukup STNK sama KTP aja :))

      Delete
  21. Makasih infonya cantik...salam kenal....nice info

    ReplyDelete
  22. Teh kalo plat B jakarta timur bisa ga bayar di BTM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga bisa deh, kan beda provinsinya :))

      Delete
  23. Numpang tanya teh..kalo bayar pajak tapi saya ga ada ktp asli pemilik motor sebelum saya gimana yah..alnya orangnya udah pindah ga tau kemana..kira2 bisa nembak ktp di tempat ga yah..?mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga tau kalau soal nembak menembaknya, soalnya saya bukan sniper, hehe
      Coba ajah datang ke SAMSATnya langsung dan tanya sama petugasnya, gimana caranya kalo ngga ada KTP ^^

      Delete
  24. mba rani kalau saya telat satu hari bayar pajak mobil tahunan apakah bisa di btm bogor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf yah baru bales, bisa kok :))

      Delete
  25. Klo besok buka ya ga coz sabtu besok kan tgl merah... hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di mall sih harusnya buka :))

      Delete
    2. Thx teh infonya... sabtu kmaren tutup krna tgl merah sy udah k BTM hehehe dan hri ini senin ikut ngantri jam 9 udah rameeeee jd klo mo pd byr hrs pg bngetttt.

      Delete
    3. oh ya? wah maaf yah, saya belum pernah sih bayar pas tangga merah >.<
      tapi hari Minggu buka kok, malah katanya lebih sepi..

      kalau hari biasa iyaa, biasanya pagi2 juga udah antrii panjang banget. tapi di samsat induknya malah lebih lama biasanya..
      saya kadang ambil jam siang aja, kalo beruntung, siangang udha mulai sepi

      Delete
    4. Minggu kmaren jg libur coz sabtunya tgl merah jd minggu d liburin juga... oia mayan senin kmaren nunggu 1jam prosesnya g ribet g usah fotocopy ksh ktp n stnk trus nunggu pas d panggil tinggal bayar... kelar dech...

      Delete
    5. Saya kiraa, kalo yg di Mall tanggal merah tuh ngga libur lho.. Biasanya tujuannya bikin di Mal kan kaya gituu, cuma kalo samsat beda kali yaah hihi.. makasi ya bagi infonya kalo tanggal merah, mereka libur

      Iyaa, sejam mah termasuk cepeet..
      bener, lebihnya ituu ngga perlu potocopy :D

      Delete
  26. Kalo telat 2 tahun biisa gak di outlet btm

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum waktunya ganti STNK sih, bisa kok :)

      Delete
  27. Jadi kalo motor indramayu bisa bayar pajak di btm ya tehteh ranii ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru bales,

      Bisa kok, masih Jawa Barat kan :D

      Delete
  28. Teh saya telat byar pjk satu tahun mo dbyar besok sklian thn skrg, bisa gk? Sya dri sumedang tpi posisi sya d bgor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama bayar pajak tahunan, bisa kok, kan Sumedang masuk Jawa Barat juga :))

      Delete
  29. Klo di BTM ada fasilitas cek fisiknya gak Teh Ranii..?

    ReplyDelete
  30. Ngga Ada, soalnyakan cuma melayani pembayaran pajak tahunan aja ^^

    ReplyDelete
  31. beneran y hari sbtu sama minggu jg buka??? soalnya saya kerja dijakarta...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukaa, tapi kalau sabtu-nya tanggal merah libur, dan kemungkinan hari minggunya pun libur..

      Delete
  32. nih yang dicari dari tadi
    rumus denda pajak motor
    thanks ya

    ReplyDelete
  33. Kalo bayar pajak awal gapapa kan?

    ReplyDelete
  34. maaf gan mau tanya,motor saya udah pas 1 tahun,kira-kira tahun sekarang bayar pajak brapa??trus klo lewat jatuh tempo bagai mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek aja di STNK nominal PKB nanti tinggal tambah nominal swdkllj-nya..
      paling kena denda, tergantung berapa lama kelewatnya ^^

      Delete
  35. Terima kasih infonya,sangat berguna.

    ReplyDelete
  36. lumayan membantu
    sabtu minggu buka, kecuali libur nasional

    ReplyDelete
  37. Ka kalo saya bayar pajaknya telat bisa d btm ga? Baru klewat 2 hari sh saya lupa, kalo minggu jg buka ga ya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok :)
      sabtu minggu buka, kalau bukan hari libur nasional..
      Ohiya, informasinya sih tempatnya pindah ke lantai 1.. *tapi saya sendiri belum tahu langsung, belum ngecek lagi :)

      Delete
  38. Mantab ,, hatur nuhun nya teh informasinya sangat berguna sekali..
    masih di lantai UG ya teh,, hari ini saya mau kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. punten baru bales, kalau tidak salah tempatnya sudah pindah ke lantai 1 atau 2 gitu. Cuma saya belum cek langsung :)

      Delete
  39. Plat sukabumi bayar pajak 5 thn an, ganti plat nomer bisa ga kalo di BTM ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa, bisanya cuma bayar pajak tahunan, kalau pajak 5tahunan (ganti STNK) harus ke samsat Induk

      Delete
  40. Baru mau bayar pajak mobil pertama kali, tp kabupaten bogor..bisa di BTM jg teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bls, bisa kok di btm :)

      Delete
  41. mbak, aku pajaknya telat setahun
    bisa bayar di situ juga gak ?

    info teman saya di mal cileungsi hanya melayani pajak yag gak telat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok kalau masih pajak tahunan, asal bukan yang 5 tahunan itu, yang ganti STNK. Di coba aja :)

      Delete
  42. Mba sekarang tempat bayar pajak di btm masih di lantai UG apa sudah pindah ?
    Dan klo stnknya kabupaten bisa ga ya bayar d btm mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih udah pindah ke lantai 2, sekat D'cos, tapi saya belum crosscheck langsung..
      Bisa kok di BTM :)

      Delete
  43. teh klo samsat outlet/gerai samsat bogor kabupaten alamat nya dmn.trim,'S

    ReplyDelete
  44. Teh klo bayar pajak telat masih bisa bayar di btm.ga yah...mobil 2bulan telat motor 1bulan..gimana tuh bisa di btm?thx yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok di BTM kalo masih pajak tahunan

      Delete
  45. pagi Teh...saya dari Bandung,kalau bayar pajak tahunan kendaraan saya di bogor bisa gak..dan kalau telat 3 hari kena denda ga..haturnuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punten baru bales, bisa kok, samsat online yg di Bogor, bisa untuk sewilayah Jabar. telat 3 hari udah masuk denda kayanya, cuma gak besar kok ^^

      Delete
  46. Punten teh mau tanya kali bpkbnya masih disekolahin bisa teh? Sama pake ktp foto copynya bisa? Karna hilang dan lagi di urus teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bayar tahunan aja kan?
      Kalo pajak tahunan gak perlu BPKB.

      Foto copy KTP? belum tahu ya, cuma coba aja pake surat kehilangan dari kepolisian atuh, kali aja bisa :)

      Delete
  47. Punteb teh mau tanya juga.
    Saya kan pnya motor plat B jkt slatan. Trus mau dimutasi ke bogor. Paling kena biaya berapa ya teh? Trus proses langkah pertamanya harus gimana dulu? Htr nuhun teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. biayanya mah saya kurang tahu yah, tapi kalau proses mutasi, setahu saya, bisa dengan cara cabut berkas dulu di samsat sebelumnya (Jakarta) baru abis itu ke samsat kota/kab bogor buat mutasi deh ^^

      Delete
  48. kalo telat bayar pajak motor, bayarnya di samsat keliling bisa ga? comment secepatnya yah terimakasih

    ReplyDelete
  49. Mbak klo gada ktp aslì gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ga bisa deh :)) tapi dicoba aja tanya lgs di sana

      Delete
  50. makasih Neng info nya yg bermanfaat, terbukti bnyk yg respon. Btw sy mo byr PKB plat Bandung tp tinggal di Jkt berarti ke BTM yah? mgkn tau keluar tol mana (dr tol jagorawi)& terus ke arah mana? hatur nuhun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih bisa kang :))

      Kalau keluar dari tol jagorawi, bisa ambil arah ke kanan (tugu kujang) dari situ lurus aja. Sampai pertigaan (Pangrango Plaza) belok kiri. dari situ lurus aja, terus ambil kiri lagi. Jadi kaya ngiterin Kebun Raya aja. Dari situ. Lurus terus, nanti juga keliatan BTMnya ^^

      Delete
  51. Teh klo bayar pajak 5 tahunan (ganti stnk) d btm bisa gk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tulisan ini udah ada kok jawabannya. Mangga dibaca lagi aja, pelan2 :)))

      Delete
  52. hatur nuhun inpohnya neng

    ReplyDelete
  53. mau tanya teth akang kalau pajak telat 4 bln gmn masih bisa di urus di samat online kah Hatur nuhun.

    ReplyDelete
  54. salam kenal th rn

    ReplyDelete
  55. mau tanya teh klo motor saya pajak y mati 2 thn apa bisa bayar di btm.nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya bisa kalau belum abis pajak STNK nya mah..

      Delete
  56. Teh mw tnya klo bayar pajak di btm khusus kab. Bsa ga ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, saya juga dr kabupaten bayarnya di situ

      Delete
  57. Teh...kalo plat luar daerah..mau bayar di bogor bisa ndak? Misalkan bali...bayar d btm? Bisa ndak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bisa kalo Bali, bisanya cuma untuk yg satu provinsi aja :))

      Delete
  58. Teh, maaf mau nanya,, kalo bayar pajak STNK motor plat B Jakarta Barat,, di samsat online BTM bisa ga ya??? Ditunggu jawabannya teh, makasih...

    ReplyDelete
  59. Ba novi,kendaraan saya kan plat D mau perpanjang di btm bisa kan? Terus nanti begitu beres bayar saya langsung dpt stnk baru yang sudah di perpanjang apa cuma struk yg hrs di tuker ke samsat..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, biasanya sih dapat stnk baru yg sudah diperpanjangnya pak :))

      Delete
  60. mbak maaf mau tanya untuk pajak yg terlambat 2 tahun apakah bisa bayar di samsat BTM

    ReplyDelete
  61. Mba mau nanya dtempat ini bisa mutasi kepemilikan g?? Platnya bandung

    ReplyDelete
  62. Kendaraan saya gada ktp pemilik ptama.a,
    Dah gtu plat depok jga, kira2 bisa ga yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja dulu, tanya langsung ke petugas samsatnya yaaa :)

      Delete
  63. Mba kalao stnk Cianjur ktp Cianjur di bayar di samsat online Bandung bisa kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar pajak sebelum jatuh tempo bisa gak...misalnya seminggu sblum jtuh tempo

      Delete
  64. Harus ktp asli ya? Kalo bawa nya ktp foto copy saja bisa tidak ya utk bayar pajak tahunan?

    ReplyDelete
  65. Maap sya cuma mau jdi org yg prtama ngucapin Hbd buat Rany..krna sya yakin ultahnya bulan ini.moga sukses slalu yah..dri penggemarmu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizky, terima kasih banyak ya ucapannya ^^

      Delete