Thursday, November 21, 2013

Cara Balik Nama Motor Di SAMSAT Kabupaten Bogor

Cara Balik Nama Motor di Samsat Kabupaten Bogor

Ini sebetulnya pengalaman lamaku di tahun 2012 lalu, udah pernah aku tulis juga di Blog-ku yang satu lagi. Tapi berhubung sekarang blog itu udah aku ubah jadi privateblog, jadi aku re-post aja di blog ini ya :) Biar kalau ada yang mau balik nama kendaraan juga, minimal ada gambaran lhaa yaa ^^

Berawal dari Bapak yang butuh motor buat angkut dagangannya sampai ke pelanggan, Bapak pun membeli sebuah motor matic berwarna merah dalam keadaan second alias bekas. Motor matic keluaran tahun 2005 itu rasanya terlalu -tua- buatku. Tapi, apa daya? Aku harus rela tukar pakai, motor Honda Revo-ku dengan motor Yamaha Mio ini. Alasannya sederhana, karena motor matic lebih rentan rusak kalau dipakai angkut ayam potong banyak-banyak. Dari sinilah semuanya dimulai *jengg jengg*...

Waktu liat nama dan alamat di STNK motor itu, wuihhh yang punya rumahnya daerah puncak Cisarua. Ya masa tiap mau bayar pajak mesti samperin dia cuma mau pinjem KTP? Lagi, Ciapus-Cisarua kan jauh juga. Berniatlah aku buat balik nama motor ini jadi atas nama aku, kebetulan bulan itu (Juni 2012) ada program pemutihan, jadi buat BBN (Bea Balik Nama) tuh GRATIS.

Kamis, 07 Juni 2012 jam 08.00 pagi aku pergi dari rumah ke Samsat induk Kab. Bogor yang letaknya di kawasan Pemda Cibinong
Alamatnya di Jalan Kelurahan Tengah (PEMDA) Cibinong Bogor, No Telp/fax (021) 8758924.
Gak ketinggalan, STNK, KTP sama BPKB udah siap di tas, jangan lupa motornya juga dibawa yah! hehe.
Kurang lebih 1 jam aku sampai di tempat ini,
Tampak depan kantor samsat kabupaten bogorgambar dari google
Langsung ke tempat fotocopy, letaknya kalo dari gambar di atas ada di sebelah kiri paling pojok, dari pintu masuk udah keliatan kok. Cukup bilang -mau fotocopy buat BBN- (abang fotocopy-nya udah hafal betul berapa lembar yang harus difotocopy berkas-berkasnya) Oh iya, selain butuh STNK, KTP, sama BPKB, kwitansi pembelian motor juga dibutuhkan. Tapi jangan khawatir, karena kwitansinya bisa sekalian bikin di tempat fotocopy-an ini. Info aja, disini sekali fotocopy dikasih harga 500/lembar.
Aku gak itung sih berapa kali abang itu fotocopy berkas-berkasnya, semuanya jadi 15.000(1)
Mungkin perinciannya :
1 Materai (buat dikwitansi) = 7000
Fotocopy = 3000
Biaya bikin kwitansi pembelian = 5000 *ini mungkin lhoo ya :p*

Beres fotocopy, langsung ke tempat gesek motor. Di deket parkiran motor ada tenda, nah disitu tempatnya abang-abang penggesek motor berada. Langsung jujur aja bilang mau gesek motor, terus kasih deh berkasnya. Balik-balik berkasnya jadi gini, hasil gesek motornya di bagian paling bawah gambar ini.
Formulir cek pisik"tinggal bayar biaya cek fisiknya aja", kata yg ngecek.
Sebetulnya, cek fisik tuh gak bayar (teorinya), kadang ada yang tanpa diminta pun ngasih uang, 5000-10.000. Niatnya sih kalo s abangnya gak minta mau aku kasih 10.000, ehh abangnya minta (seolah-olah cek fisik bayar itu ketentuan, padahalkan aslinya engga) jadi yaudah aku kasih aja 5000(2) 

Abis cek fisik, langsung ke tempat pengesahan cek fisik, gedungnya sederetan sama tempat fotocopy-an tadi, cuma yang paling ujung aja (sebelah kanan, dari foto pertama postingan ini).
Setelah masukin berkas, aku nunggu 10-15 menit, dan keluarlah berkas tadi dalam keadaan kaya seperti ini..
formulir cek pisik setelah pengesahan*dibubuhi banyak stampel*
Dari sini aku ke gedung arsip, adanya di samping tempat pengesahan cek fisik ini. Tapi gak sampingan banget, lumayan berjaraklaah..
Masukin berkas lagi, dan aku menemukan pemandangan seperti ini,
keadaan gedung arsip*saking banyaknya motor bertebaran, berkasnya aja ampe numpuk-numpuk gini yaa*
Nunggu sekitar 15-20 menit, terus namaku dipanggil. Sejurus kemudian, Ibu itu bilang "5000 yaaa". Yaaa, okelaah, gak gampang kali ya nemuin arsip yang udah diem di gedung itu selama bertahun-tahun. Jadi disitu bayar 5000(3)
Dan isi berkasnya adalah,
arsip identitas motorIsinya berkas identitas pembeli pertama, dll.
Dari situ, langsung ke  tempat pelayanan BPKB, tempatnya sebrangan sama tempat cek fisik tadi, dan tempatnya panaaas bangett, jadi gak sempet foto formulirnya waktu itu, hehe. Isi formulirnya cuma identitas kita sama identitas motornya. Disini bayar 110.000(4) *ini resmi biaya buat pembuatan BPKB, dan BPKB bisa di ambil 2 minggu setelahnya di Polres Kab. Bogor (masih di wilayah Pemda juga).
Buat ngambil BPKB-nya nanti, aku dikasih secarik kertas seperti ini,
Kwitansi pengambilan bpkb
Selesai? Belum --"
Langkah selanjutnya, aku balik lagi ke tempat awal (fotocopy-an, bukan mau fotocopy yaa) tapi ke dua loket yang ada di sebelahnya fotocopy-an. Masukin berkas ke loket sebelah kiri, di tandatanganin terus di kasih formulir, pindah ke loket sebelahnya dikasih formulir juga. Kaya gini,
formulir data diri dan motor

formulir data gak perlu lengkap2 banget, yang intinya aja isinya
Beres isi form, masuk lah aku ke ruangan sebelahnya, wishh udaah banyak yang antri ternyata. Waktu itu jam udah nunjukin jam 11 siang, pasti lama banget karena kepotong jam istirahat(12.00-13.00).
Sambil iseng, aku main-main aja keluar, sambil ngecek motor juga. Terus aku nemu spanduk yang tulisannya bikin aku ketawa sendiri,
pelataran parkirSpanduk sih tulisannya gini, kenyataannya? :)
Lumayan sih, hiburan sambil nunggu yaa. Gak berasa waktu udah nunjukin jam 13.00, tapi loketnya belum buka juga. Setengah jam setelahnya baru dibuka, sambil berharap kalo namaku yang pertama dipanggil. Alhamdulillah, bener aja namaku yang pertama dipanggil, asiiikkk..
Disini aku bayar, 227.000(5)
struk pembayaran pajak
Dengan rincian,
BBN-KB = 0 (Ini yang dimaksud GRATIS, kalo gak gratis biayanya 10-20% dari harga pembelian motor, misal kalo beli motor harganya 6jt, biaya balik namanya jadi 600.000)
PKB = 113.900 (ini pajak pokok)
SWDKLLJ = 32.400
Adm STNK = 50.000
Adm TNKB/Plat = 30.000

Dari sini nunggu (lagi) sampai STNK-nya jadi, kurang lebih butuh waktu setengah jam buat liat STNK yang udah berganti nama itu.
STNK baruu

Dan yang terakhir, tinggal ke tempat pengambilan plat nomer *katanya, kalo dulu plat aja keluarnya bisa lama, tapi sekarang udah canggih, bisa langsung jadi deh* Tempatnya ada di deket parkiran motor, nunggu sekitar 10 menit langsung jadi. dan bayar (lagi), 5000(6). Gak ngerti juga ini uang buat bayar apa, kan Adm TNKB udah ya 30.000. Mungkin penyetaraan pendapatan aja yaa >.<

Dan Finish !!!

Gimana? Ribet yaaa? bangett  deh jawabannya, tapi seru lhoo jadi punya pengalaman sendiri ^^
Ohiya, disana juga banyaaak bertebaran orang yang jual jasa alias calo, awalnya aku gak paham gimana bedainnya. Lama-lama sih keliatan juga, rata-rata mereka gaya pakaiannya rapi (kemeja+celana bahan), satu lagi mereka bawa hekter :D
Dan dari perbincangan singkat sama salah satu calo, katanya buat BBN biasanya kena biaya 550.000 dan beres dalam waktu satu jam, SATU JAM? Really? Ya iyalah, orang sistemnya 'nikung', jadi aku mikirnya ini juga nih yang bikin aku nunggu lama, keduluan sama yang nikung! haha.

Sewaktu nunggu STNK, aku ketemu dia(calo tadi) lagi. Dan dia menyapa dengan gaya sedikit ngeledek, hehe

"masih disini aja? saya udah beres beberapa orang daritadi. Makanya, kata saya juga tadi saya bantuin.."

Aku iseng aja nanya, "emang kalo dibantu bayarnya berapa?"

"Kalo ke 'dalem'nya sih 50.000, kalo ke saya sih ya berapa aja. Soalnya yang di dalem yang repot kocarkacir" Ohh gituuu, dan dia pun berlalu meneruskan 'kerjaannya'

Calo, mereka nih nguntungin sih kalo menurut aku. Karena mereka bisa mengefisienkan waktu orang yang bersangkutan. Apalagi buat orang yang gak mau ribet, pasti ngebantu banget.
Aku juga termasuk orang yang gak mau ribet sebetulnya, tapi aku suka aja nikmatin prosesnya.

***
Selama disana, aku pribadi sih ngerasanya kerepotan cuma gegara pindah-pindah tempatnya tuh gak berurutan. Dari depan ke belakang, belakang menclok ke tengah, dari tengah ke belakang lagi, ke tengah lagi, baru ke depan lagi. Kalo dibikin peta jadi muter-muterkan ya ? --"

Masalah ngantri, udah biasa juga. Namanya bayar-membayar pasti ada antrinya. Bayar listrik antri, bayar cicilan motor antri, jadi ya sama bayar pajak juga antri, jadi sabar ya ? :)

Masalah pungli (pungutan liar) kayanya udah gak perlu dibahas lagi deh, udah jadi rahasia umum :) gak tau juga kebiasaan kaya gini berakhirnya kapan, hehe..

Total uang yang keluar hari itu 1+2+3+4+5+6= 367.000 ^^

38 comments:

  1. apa beda cara balik nama disetiap kota?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan sama aja ya boss . .

      Delete
    2. iya, kayanya sama aja yaa^^

      Delete
    3. Sama aja kayaknya. Kalo saya sih biar ga bingung tanya2 ama tukang fotokopi sekalian lengkapin dan susun berkas ama dia. Emang mahal sih, sekali motokopi ama nyusun dan isiin berkas biasanya si tukang fotokopi minta 5rb. Tapi sepadan lah, daripada ribet :)

      Delete
  2. terima kasih, artikel ini sangat membantu ^_^

    ReplyDelete
  3. trima kasih yah artikelnya, kebetulan saya juga mo ngurus bbn di kab bogor...

    ReplyDelete
  4. Thanks ya sharing pengalamannya... bermanfaat banget... kebetulan mau ngurus juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ^^
      semoga lancar dan sabaar nunggu prosesnya :D

      Delete
  5. makasih banget infonya. jadi bisa urus sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipsip, urus sendiri lebih okee :D

      Delete
  6. rencana awal maret 2015 mau cabut berkas bisa di info almat dan ancer2nya klo naek bis dari semarang turun mana ya gan...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mksdnya mau cabut berkas di Bogor?
      ngg.. turun terminal baranang siang, lanjut bis lagi aja ke Cibinong (tanya aja di terminal bis jurusan ke cibinong) turun di PEMDA, dr depan naik ojek ajah bilang ke SAMSAT..

      Delete
  7. Ijin share ya.. mau ngejalanin takdir balikin nama si agnes (baca: vario)

    ReplyDelete
    Replies
    1. feel free to share ^^
      aseek, smoga lancar yak balik nama s agnesnya :))

      Delete
  8. teh rani, sy heru, sy rencana mau balik nama (ciawi-ciapus) & kebetulan pajak/plat habis 23//02/15, KTP asli si pemilik lama ga ad & sdh hilang jejaknya jga tu org, & setiap bulan ap ada bbn free, mohon petunjuk & infonya teh, nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Heru, sebelumnya mau nanya, selama ini bayar pajak tahunan gimana kalau ngga ada KTP? Atau motornya dibeli baru setahunan kemaren aja?

      Susah yah kalau gak ada KTP pemilik asli -__- satu-satunya hal yang bisa aku saranin cuma pake jasa calo. Tapi yaa gitu, perlu keluar uang lebih.. atau kalau mau repot sedikit, coba tanya langsung ke SAMSAT, gimana caranya balik nama tapi gak ada KTP dan masih bisa ikutin prosedur (tanpa calo)

      setiap bulan apa ada bbn free? Ngga ada, BBN gratis itu kalau pas lagi ada program pemutihan aja, itupun ngga tau setiap berapa taun sekali adanya,
      patokan untk biaya BBNnya sendiri antara 10-20% dr harga (perkiraan) motor tsb.

      Delete
    2. beli tgl 27/2/15 pajak hbis 5 taunan 23/2/15, kira2 calo ny pda sadis g y teh...? hehe...

      Delete
  9. Lagi cari" cara buat balik nama eh ketemu blog ini, ternyata yg punya teman SMA gua, wkwk
    Ini gua Wiranda, masih ingat kan Ran?
    eh omong" lu tahu gak cara balik nama dari Jakarta ke Bogor, Ran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha, masih Ingetlah, belum pikun gw :p

      Sorry yak br bales, baru buka blog lagi 😁

      Kalo Dr Jakarta-Bogor berarti mutasi,
      Gw Blum pernah sih mutasi Mah, tp pernah denger Dr temen, caranya cabut berkas dulu Dr daerah asal, abis itu baru deh Lu ke samsat yg di Bogor, kabupaten/kotanya..

      Delete
    2. Kirain lu lupa haha
      Yaaah malas banget gua urus ke Jakarta-nya kalau gitu T︵T wkwk
      Eh, Ran G+ masih suka lu mainin gak?
      G+ gua add ke circle lu dong, Ran...

      Delete
    3. yeee, nanti nambah maleus pas bayar pajaaknya, ayok mutasii.. Bogor-jakarta mah tinggal loncat kalii hahaa

      masih kok, cuma emang lagi jarang dibuka hhi,
      okaay, udaah gw add circle ^^

      Delete
  10. terimakasih atas artikelnya,besok mau otw samsat nih

    ReplyDelete
  11. terima kasih infonya
    bagaimana mutasi motor dg baik
    thanks ya

    ReplyDelete
  12. kira2 bbn free nya masih berlaku ga yah???
    sampai kapan?????

    ReplyDelete
  13. bbn free di samsat bogor sampai 31 Des 2015

    ReplyDelete
  14. Teh, kalo F nya bogor kota, byr pajak nya bisa @samsat yg dipemda gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Bogor kota harus di Pemkot Bogor dong, pemda cuma buat kabupaten. Kecuali, bayarnya di SAMSAT online, baru bisa. Itu pun bayar pajak tahunan aja, bukan pajak 5 tahunan, apalagi balik nama :)

      Delete
    2. Mbak pean apa tinggal di bogor? Bingung mo cabut berkas dak ada sodara dibogor

      Delete
  15. Bagus sekali kakak, informasi yang bermanfaat untuk mengurus surat-surat kendaraan bermotor di Bogor.

    ReplyDelete
  16. Klw hari sabtu buka gak yah samsat cibinong aku mau bbn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Yoga, maaf baru bales. Kayanya kalau Sabtu, tutup atau mungkin setengah hari sih. Saya kurang hafal juga untuk jadwal sekarang, tapi cari aman sih mending pilih antara senin sampai jumatlah

      Delete
  17. untuk BPKB sendiri bagaimana mba? saya pernah denger kalau BPKB setelah balik nama mesti ambil ke Bandung ya? bener gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga kok, saya ambil di polres Kab Bogor :) Kalo diprosesnya emang langsung di Bandung, itu kenapa butuh waktu 2 minggu buat ngambil laginya :)

      Delete