Thursday, April 24, 2014

Bener Bisa Cek Kualitas HP dari Nomer Imei?

Beberapa waktu lalu sempet sibuk googling tentang cara mengecek kualitas Hp/Gadget yang aku punya. Cuma gegara, setiap beli Hp selalu aja labelnya Made in China, padahal belinya merk global. Maklum, aku kan termasuk awam di dunia teknologi yaa masuk okategori gaptek, hehe.
Belum lagi, pemikiran tentang barang made in China yang selalu digadang-gadang kualitasnya itu kurang bagus.
imei Hp sony experia tipo

Berawal dari situ, ketemulah aku sama beberapa artikel yang menyebutkan kalau kita bisa ngecek Hp kita kualitasnya bagus atau engga dengan cek nomer imei-nya. Nomer imei sendiri seperti identitas buat Hp kita. Nomer imei ada disetiap label yang tertempel di dus, dan juga tertempel dibagian belakang Hp. Bisa juga di cek langsung dari Hpnya dengan menekan *#06#, maka otomatis layar akan menunjukan nomer imei Hp tersebut, jika tidak tampil, kemungkinan besar Hp itu palsu atau Hp replika.

Beberapa artikel juga menyebutkan, jika urutan ke-7 dan ke-8 dari nomer imei adalah kode negara yang bisa menentukan kualitas Hp tersebut.
Tapi setelah baca artikel disini, aku pun akhirnya 'iseng' nyari tau kebenaran dari artikel-artikel sebelumnya yang sempat aku percaya juga.

kode dari imei bukan patokan
Screenshoot dari blog ini
Tapi, dari dua artikel yang aku baca tentang kode-kodean itu, ada yang agak janggal juga. Contohnya ini,
kode 04 buatan korea
Artikel yg menyebutkan kode 04/40 itu buatan korea dg kualitas terbaik. Sumber dari sini
kode 04 buatan asia
Artikel yg menyebutkan kode 04/40 itu buatan Asia dg kualitas buruk. Sumber dari sini
Tapi, kalau diliat dari Hp yang pernah aku pake, kebetulan dusnya masih ada.
Samsung B200 yg aku beli sekitar tahun 2009 kodenya 02, yang katanya kualitas jelek, tapi aku ngerasanya sih kualitasnya bagus-bagus aja kok selama aku pake 2tahunan.
Samsung B3310 yang kodenya 04 yang keterangannya simpang siur, antara bagus dan tidak, aku juga ngerasanya ini hp bagus-bagus aja :D

Sementara, untuk Hp Sony punyaku dan Nokia Asha punya Ibu, kodenya malah 05, yang ternyata keterangannya masih simpang siur juga. Antara buatan Amerika dan India dengan kuliatas antara bagus dan tidak.
kode 05 simpang siur
Aku sempet mikir, apa karena aku beli hp-hp ini bukan di gerai resminya? [belinya di counter yang ada di Jambu 2]. Tapi, setelah cek Hp sodara yang beli di gerai resminya, kodenya 05 juga kok.

Agak kurang kerjaan sih emang yah, ngecekin nomer imei satu-satu, haha.
Tapi, seneng aja ngebuktiin sendiri, kalau kode ke-7 dan ke-8 dari nomer imei itu gak bisa dijadiin patokan bagus atau engganya kualitas suatu Hp.

Ditambah, aku juga jadi paham kenapa, sekarang-sekarang ini kalau beli Hp, biarpun merk-nya global kaya Nokia, Sony sama Samsung labelnya Made in China.
Itu karena, biaya produksi, upah tenaga kerja dan biaya shipping dari China itu lebih murah dibanding negara-negara lain. Jadi, gak masalah kok biarpun label-nya made in China ^^

Untuk tingkat keawetan sendiri, tergantung orangnya juga sih.
Dan mesti diingat juga, dari sekian ribu produksian, pasti dong ada 1-2 produk yang ada 'cacat'nya [meski merk-nya global] yaa, siapa tau aja yang 1-2 itu yang 'kebetulan' beralih tangan ke tangan kita.

Jadi, kelau beli apa-apa harus lebih teliti lagi yaa #selfnoted

26 comments:

  1. Iya Mbak, emang tergantung orangnya deh kayaknya... saya pernah pake hp china yg harganya nggak lebih dr 300ribu juga awet2 aja sampe 2 taun lebih. Tapi di luar suara mp3-nya siihh... haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, intinya sih gimana orangnya yah
      aku juga kemaren2 pake hp china, awet ampe 2 tahun, ampe ilang malahan, hehe..

      Delete
  2. dulu pernah nyoba juga mbk cek no imei hehe...awt nggaknya tergantung yang makek kayaknya hehe...itu hp barunya yah???cieeee akhirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukaan mbak, itu mah hp udah lama, haha
      hp barunya hp china lagi :D

      Delete
  3. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjungannya, salam kenal juga ^^

      Delete
  4. mungkin kalo kaya aku si hp nya bakalan cepet ruksak,,, karna apabila galau tingkat tinggi HP yang di lembar hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kalau beli hp jangan yg mahal2, biar kalau rusak tinggal buang hehe

      Delete
  5. Bener juga tuh,kalau soal hp yah tergatung sipenggunanya itu sendiri,seberapa bagusnya atau seberapa mahalnya itu hp kalau sipenggunya ceroboh pasti cepat rusak.atau bisa juga lenyap begitu saja yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapp, betuuul, setujuuu bangeeet (y)

      Delete
  6. ngikutin ceritanya mbak rani tentang I mey ahh , , ,
    menarik dah kayaknya . .

    ReplyDelete
  7. aku baru tau bisa cek kuliats hp dari nomer imei/ tapi menurut aku emang tergantung orangnya kok, mau hp kualitas tinggi kalau orangnya ceroboh dan tangannya "jelek" ya tetep aja jadinya cepet rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seh, balik lagi ke tangan s penggunanya :D

      Delete
  8. Saya enggak pernah ngecek nomor IMEI sampai sedetail itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ini sh sayanya aja kurang kerjaan --v

      Delete
  9. Bener juga ya sist, sepertinya tergantung dari si pengguna HP itu sendiri. Saya aja yang cuma pake nokia jadul dengan layar yang cuma item putih doang persis seperti TV jaman dulu Alhamdulillah ampe sekarang masih eksis aja nie HP hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, benerkaaan gimana yg pakenyaa :D

      Delete
  10. wah aku malahan baru tau imei itu,,ah ternyata aku gaptek,,hape asal beli aja,,,yg penting bis buat telpon, sms, internetan, chating pake sosmed apapun,,beres deh,,harus banyak belajar ya ternyata..makasih dek Ran ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting cek imei di hp sama di dusnya sama apa engga ka :D
      terus biar lebih aman, belinya di gerai resmi aja^^

      Delete
  11. aku malah gak ngerti sama sekali Rani, biasanya beli hp di counter suatu merknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ka, kalau beli di gerai resmi sih udah pasti asli ka :D

      Delete
  12. Wah aku jadi tahu, makasih yah

    ReplyDelete