Thursday, August 9, 2018

Asuransi Sekaligus Berwakaf Jadi Lebih Mudah Dengan Asuransi Brilliance Hasanah Maxima


Halo hai Kawanii, kalau bahas soal wakaf, apa sih yang terlintas dibenak teman-teman? Mungkin, rata-rata kepikirannya langsung ke tanah, ya? Soalnya dari dulu orang taunya wakaf itu ya cuma berupa tanah, yang kemudian dimanfaatkan untuk dibangun masjid ataupun pekuburan. Yang ternyata, saat ini, wakaf ngga hanya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial aja, tapi juga bisa dibuat produktif, seperti untuk pembangunan sekolah maupun Rumah Sakit. Terlebih, dana wakaf yang dikumpulkan dan dikelola dengan baik, bisa menjadi investasi strategis yang "keuntungannya" bisa digunakan untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat ekonomi lemah.

Dengan kata lain, semakin banyak orang yang berwakaf, maka hal itu ngga cuma bermanfaat untuk dirinya sendiri (pahala yang ngga terputus), tapi juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Dalam skala besar, bisa bermanfaat untuk negara, karena wakaf juga bisa membantu mengentaskan kemiskinan di negara ini. Tapi, masalahnya, ngga semua orang bisa berwakaf, apalagi wakaf tanah. Lah, rumah aja masih numpang sama orangtua, cem mana mau beli tanah buat diwakafin?

Eits, tenaaaang. Sobat missqueen ngga perlu risau. Sekarang, kalau mau berwakaf ngga harus nunggu sampai kebeli tanah dulu kok, pakai uang juga bisa. Ngga usah banyak pun, semampunya kita aja dulu. Asal diniatin mah insyaAllah bermanfaat. Masih inget dong sama peribahasa lawas, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit? Sedikit dari 1 orang, lama-lama bisa jadi banyaaak kalau yang ikutannya banyak juga, ya tho? Apalagi menurut data yang ada, potensi wakaf di Indonesia itu bisa mencapai Rp. 180 Triliun. Tapi, tahun 2017 lalu, dana yang terkumpul baru mencapai Rp. 400 Miliar aja.

Melihat potensi itu, PT. Sun Life Financial Indonesia, sebagai pelopor produk asuransi syariah di Indonesia, menghadirkan produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima. Di mana produk ini tidak hanya menawarkan manfaat proteksi dan investasi, tapi sekaligus memberikan manfaat wakaf juga. “Besar harapan kami agar produk ini tidak hanya bisa membantu untuk merencanakan keuangan masa depan tapi juga bisa sekaligus memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah wakaf”, ujar Bapak Norman Nugraha (chief agency officer syariah Sun Life Financial Syariah), di acara press conference yang digelar pada hari Senin, 06 Agustus 2018 lalu.


Btw, sebetulnya produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima ini bukan produk baru dari Sun Life. Produk asuransi berbasis syariah dengan manfaat wakaf ini sudah ada sejak setahun lalu. Kini, produk Asuransi brilliance Hasanah Maxima hadir dengan fasilitas baru, yaitu “wakaf berkala”. Jadi, kalau sebelumnya manfaat wakaf hanya bisa disalurkan saat pewakif (orang yang berwakaf) meninggal dunia. Kali ini, dana wakaf bisa langsung disalurkan sejak pembayaran kontribusi (atau disebut premi pada asuransi konvensional) pertama sampai seterusnya (berkala).

Hal tersebut, sesuai dengan tagline Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima, yaitu #WakafPastiKiniNanti. PASTI tanpa potongan (100% disalurkan), PASTI aman, dan PASTI dalam hal penyaluran dan penggunaan dana wakafnya.

KINI, seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, dana wakaf langsung ditunaikan sejak pembayaran kontribusi pertama. Dan, seperti manfaat asuransi pada umumnya, produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima ini juga dilengkapi dengan 4 manfaat lain, yaitu manfaat meninggal dunia, manfaat kecelakaan, manfaat investasi, dan juga manfaat bonus.

Manfaat dari asuransi dan investasi ini yang NANTI-nya bisa diwakafkan. Untuk besarannya, nasabah bisa mewakafkan sebesar 45% dari santunan asuransi, dan 30% dari manfaat investasi. Adanya batasan maksimal ini sesuai dengan fatwa DSN-MUI yang menyatakan, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris.

Selain manfaat, Sun Life Juga melengkapi fasilitas Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan agen yang berdedikasi dan tersertifikasi wakaf yang secara resmi dikeluarkan oleh Sun Life, bekerja sama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Jadi, para agen ini ngga cuma paham soal produknya tapi juga dibekali wawasan terkait jenis wakaf dan peruntukannya. Dengan begini, secara ngga langsung, Sun Life sudah turut membantu meningkatkan literasi wakaf di Indonesia. Kereeen!

Dalam hal mengelola penyaluran dana wakaf, Sun Life bekerja sama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya, yaitu, Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf dan 174 lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia. Sebagai salah satu mitra pengelola wakaf terpercaya, Dompet Dhuafa menyambut baik amanah serta kerja sama yang terjalin dengan Sun Life. Bertempat di Penang Bistro, Sun Life dan Dompet Dhuafa secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama untuk proses penyaluran wakaf ini.


Dan karena concern Sun Life tertuju pada sektor pendidikan juga kesehatan. Untuk project pertama ini, Sun Life akan menyalurkan dana wakaf untu membantu mendirikan fasilitas di salah satu jaringan rumah sakit berbasis wakaf milik Dompet Dhuafa, yaitu Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur.

Menurut data, Kabupaten Lampung Timur masih masuk kategori daerah tertinggal di Provinsi Lampung. Mudah-mudahan dengan adanya fasilitas kesehatan yang memadai, bisa meningkatkan kesehatan warga Lamtim. Kalau udah pada sehat, insyaAllah kan bisa produktif untuk bikin LamTim jadi #LebihBaik yes? Sebagai informasi tambahan, RS maupun sekolah yang dibangun oleh Dompet Dhuafa, itu GRATIS untuk kaum Dhuafa ya.

Dan, satu kalimat yang aku suka banget dari Drg. Imam,

"Orang yang paling berbahagia, adalah orang yang berhenti nafasnya tapi mengalir terus amal pahalanya" – Drg. Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Philantrophy.
Cunggg yang mau jadi orang yang paling berbahagia jugak!!



No comments:

Post a Comment